lifestyle

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah

Penulis:   | 

Tips Bleaching Rambut – Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak boleh terlewatkan untuk dirawat agar selalu tampak indah.

Selain dirawat agar tetap sehat, rambut juga perlu ditata supaya penampilan semakin sempurna.

Ada banyak gaya rambut yang kerap dicoba, khususnya para kaum hawa. Mulai dari gaya potongan rambut, warna cat rambut, hingga jenis rambut seperti keriting ataupun lurus. Salah satu gaya rambut yang cukup diminati adalah coloring atau pewarnaan rambut.

Mewarnai rambut diyakini cukup membantu meningkatkan penampilan agar terlihat lebih menarik. Ada banyak warna yang bisa dicoba, mulai dari warna ge, lembut, hingga terang.

Akan tetapi, tidak semua jenis rambut bisa diwarnai dengan mudah. Ada beberapa jenis rambut yang susah diwarnai, alhasil warna yang diaplikasikan ke rambut tidak keluar.

Biasanya, masalah tersebut terjadi akibat rambut yang sudah pernah diwarnai hitam sebelumnya. Sehingga, warna terang lainnya tidak bisa diaplikasikan lagi.

Oleh sebab itu, agar pewarnaan rambut berhasil maka harus dilakukan tahap awal yang disebut dengan bleaching.

Bleaching rambut adalah proses menghilangkan warna asli rambut demi membuat warna rambut baru lebih terlihat dan tahan lama. Dengan demikian, warna rambut terang yang akan diaplikasikan ke rambut akan berhasil.

Prosedur ini menggunakan larutan kimia yang mengandung hidrogen peroksida dan oksidan. Saat proses bleaching rambut dimulai, zat alkali akan membuka kutikula rambut sehingga menimbulkan rekasi oksidatif pada korteks rambut dan melarutkan warna alami rambut.

Oleh karena itulah, proses bleaching biasanya dilakukan di salon kecantikan, karena memang ada tahapan yang harus dilakukan sebelumnya agar rambut tidak rusak.

Namun, jika kamu ingin melakukan proses bleaching sendiri di rumah, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu tips-tips berikut ini.

Baca juga: 4 Manfaat Baik Daun Sungkai, Dianggap Bisa Obati Covid-19?

1. Siap dengan segala resiko

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah!

(foto: adobestock)

Tips awal yang harus kamu lakukan adalah memantapkan niat sebelum bleaching dan siap dengan segala resiko yang akan ditimbulkan kemudian hari.

Mengingat resiko yang ditimbulkan saat bleaching rambut adalah membuat rambut rusak, maka sebelum melakukannya kamu harus siap dengan resiko tersebut.

Dengan demikian, secara tidak langsung kamu akan selalu menjaga dan merawat rambutmu setelah melakukan proses bleaching agar resiko rambut rusak tidak terjadi.

2. Pastikan rambutmu dalam kondisi sehat

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah!

(foto: adobestock)

Setelah siap dengan segala resiko yang akan ditimbulkan setelah melakukan proses bleaching, tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah pastikan terlebih dahulu kondisi rambutmu, apakah sehat atau tidak?

Dikatakan dalam kondisi sehat disini artinya adalah rambut tidak dalam kondisi kering sehabis pewarnaan, pengeritingan, atau smoothing. Sebab, Jika rambutmu dalam kondisi seperti itu maka nantinya akan rusak secara permanen.

Jika rambutmu dalam kondisi yang tidak sehat, sebaiknya jangan memaksakan untuk melakukan proses bleaching rambut agar hasilnya tidak mengecewakan.

3. Hindari mencuci rambut sebelum bleaching

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah!

(foto: adobestock)

Mencuci rambut memang wajib dilakukan secara rutin agar rambut bersih dan tetap sehat. Namun, ada kalanya mencuci rambut perlu dihindari, khususnya pada saat akan melakukan proses bleaching.

Hal ini dikarenakan proses bleaching akan mudah dilakukan jika rambutmu dalam kondisi berminyak. Jadi jangan khawatir proses bleaching akan gagal walaupun rambutmu dalam kondisi kotor.

Oleh sebab itu, sebelum melakukannya usahakan jangan mencuci rambut selama satu hingga dua hari agar hasilnya lebih maksimal.

4. Memakai kondisioner 2 jam sebelum bleaching

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah!

(foto: adobestock)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa proses bleaching akan lebih maksimal jika rambut dalam kondisi berminyak atau tidak kering. Oleh sebab, itu hindari mencuci rambut satu hingga dua hari sebelum proses dilakukan.

Akan tetapi, jika kamu terlanjur mencuci rambut, jangan khawatir. Kamu hanya perlu memakai kondisioner 2 jam sebelum proses bleaching.

Tujuannya, untuk menjaga rambutmu tetap lembap saat terkena obat bleaching yang menghilangkan kelembapan alami rambutmu.

Aplikasikan conditioner merata pada rambut, dan kamu wajib mendiamkannya selama 2 jam, sebelum membilas.

Baca juga: 6 Diet Sehat yang Terbukti Ampuh Menurunkan Berat Badan

5. Siapkan peralatan

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah!

(foto: adobestocl)

Sebelum melakukan proses bleaching, jangan lupa untuk menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan, jangan sampai ada yang terlewat agar proses bleaching rambut berjalan dengan lancar.

Siapkan satu set obat bleaching terlebih dahulu. Pastikan kamu membeli obat bleaching yang bagus dan sudah teruji klinis agar hasil rambut setelah proses bleaching berhasil.

Peralatan lainnya yang kamu butuhkan adalah jepit rambut, haircomb, sisir, dan aluminium foil jika ingin memisahkan rambut.

6. Raciklah obat bleaching dengan benar

9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah!

(foto: adobestock)

Setalah peralatan bleaching siap, saatnya untuk mencampur atau meracik obat bleaching. Campurkan bubuk bleaching dan krim developer hingga merata.

Pastikan meracik obat bleaching dengan benar. Kamu bisa membaca petunjuk dan cara pemakaiannya pada kemasan produk yang biasanya tertera di belakang kemasan atau berupa kertas petunjuk yang diletakkan di dalam kemasan.

Baca dengan seksama dan takarannya harus sesuai. Jika tidak, maka proses bleaching rambut akan gagal dan hasilnya pun akan tidak bagus.

7. Aplikasikan pada rambut

aplikasikan

(foto: adobestock)

Setalah meracik obat bleaching, selanjutnya adalah mengaplikasikannya pada rambut. Caranya, jika kamu ingin menimbulkan kesan highlight pada rambut, kamu perlu menggunakan Aluminium foil untuk membungkus rambut.

Akan tetapi, jika kamu ingin melunturkan warna pada semua rambutmu, maka tidak perlu menggunakan aluminium foil. Cukup dengan mengaplikasikan obat bleaching dari ujung rambut hingga ke akar rambut. Sebab, pada bagian akar rambut umumnya lebih cepat terang dibandingkan dengan ujung rambut.

Pastikan obat bleaching rambut tidak mengenai kulit kepala, sebab akan timbul resiko iritasi pada kulit kepala jika terkena obat bleaching.

Jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tanga ya. Agar tanganmu bebas dari zat berbahaya yang terkandung dalam obat bleaching.

8. Tunggu hingga meresap

Tunggu hingga meresap

(foto: adobestock)

Pada tahap ini, kamu pasti akan harap-harap cemas menunggu hasil proses bleaching yang sudah kamu lakukan. Apakah hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, atau justru sebaliknya?

Setelah selesai mengaplikasikan obat bleaching pada rambut, biarkan obat tersebut meresap. Tunggu antara 15 hingga 45 menit sampai benar-benar meresap.

Perlu diingat, saat menunggu obat bleaching meresap pada rambut, pastikan kamu tidak ketiduran, ya. Sebab, jika obat bleaching didiamkan terlalu lama, maka rambut akan mengalami patah-patah yang cukup parah.

9. Mencuci rambut

Mencuci

(foto: pexels)

Setelah obat bleaching meresap, tahap terakhir adalah mencuci rambut. Cuci rambut hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa obat bleaching yang menempel.

Kemudian, aplikasikan kondisioner pada seluruh bagian rambut agar rambutmu kembali ternutrisi. Dengan demikian, rambutmu akan tetap sehat dan tidak kering serta rusak.

Akhir kata

Nah, itulah tips yang wajib kamu lakukan saat melakukan proses bleaching rambut di rumah.

Bleaching sangat dibutuhkan sebelum melakukan pewarnaan rambut, agar warna rambut yang dihasilkan lebih bagus dan maksimal.

Walaupun demikian, ini juga akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan rambut jika tidak dilakukan dengan tepat.

Oleh sebab itu, perhatikan dengan seksama tahapan penting dan tips bleaching agar terhindar dari kerusakan rambutmu.

Jangan lupa untuk selalu merawat rambutmu agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.