lifestyle

7 Manfaat Baik Daun Sungkai, Dianggap Bisa Obati Covid-19?

Penulis:   | 

Manfaat Daun Sungkai – Ketika pandemi virus covid-19 melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia, sebagian besar masyarakat berusaha mencari cara untuk bisa mengatasinya.

Tidak sedikit dari mereka memilih pengobatan alternatif, khususnya dari tumbuh-tumbuhan alami demi menangkal virus covid-19 masuk ke dalam tubuh.

Beberapa waktu lalu, banyak orang berbondong-bondong memburu daun sungkai karena dianggap mampu menangkal virus covid-19.

Banyak orang yang percaya dengan anggapan tersebut sehingga tidak sedikit dari mereka sampai rela mencari daun sungkai hingga ke pelosok daerah.

Namun, ternyata anggapan tersebut tidak benar. Ternyata, daun ini tidak bisa mengatasi virus covid-19.

Hal itu dibuktikan dengan tidak ada satupun penelitian yang menunjukkan bahwa daun ini mampu mengatasi virus covid-19.

Walaupun tidak terbukti mampu mengatasi covid-19, akan tetapi daun daun ini masih memiliki beberapa manfaat penting, khususnya bagi kesehatan tubuh.

Jadi bagi kamu yang sudah terlanjur mendapatkan daun ini, jangan langsung dibuang. Karena masih bisa digunakan untuk beberapa hal lainnya.

Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu daun sungkai? Dan apa saja manfaat dari daun ini? Yuk, simak penjelasannya di berikut.

Baca juga: 6 Diet Sehat yang Terbukti Ampuh Menurunkan Berat Badan

Mengenal apa itu daun sungkai

Daun sungkai atau jati sabrang (Peronema canescens Jack) merupakan tumbuhan asli Indonesia yang banyak dijumpai di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan seluruh Kalimantan.

Fungsi awal dari tanaman ini adalah sebagai pagar hidup pada bagian belakang rumah. Sehingga, banyak orang yang menanam tanaman ini di halaman atau pekarangan rumah mereka.

Kayunya yang kokoh menyerupai kayu jati, dan warnanya cerah bergaris-garis, kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan mebel dan kerajinan.

Walaupun tidak terbukti bisa menangkal dan mengobati virus covid-19, namun daunnya memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Daunnya sendiri seringkali dijadikan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit seperti obat cacingan, pilek, demam, obat kumur pencegah sakit gigi, bahkan dijadikan sebagai campuran mandi untuk wanita selepas bersalin.

Lantas, apa saja manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh? Berikut manfaat daun sungkai untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

Manfat daun sungkai

1. Sebagai obat kumur

4 manfaat baik daun sungkai untuk kesehatan

(foto: pexels)

Manfaat yang pertama adalah mampu membantu menghilangkan bau mulut.

Seperti yang kita tahu bahwa bau mulut merupakan masalah kesehatan yang harus segera diatasi.

Pasalnya, saat kita berada di khalayak ramai dan asik berbicara dengan seseorang, maka kita akan merasa tidak percaya diri. Sebab, bau kurang sedap yang dihasilkan oleh mulut dapat mengganggu orang lain terutama lawan bicara kita.

Biasanya, bau mulut disebabkan oleh pola hidup kurang bersih seperti malas menggosok gigi, bakteri penyebab bau mulut bersarang di dalam mulut.

Tidak hanya itu, malas menggosok gigi juga bisa membuat gigi berlubang yang mana gigi berlubang juga bisa menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki masalah pada bau mulut, kamu bisa menggunakan daun sungkai sebagai obat alternatif. Sebab, daun ini terbukti bisa menghilangkan bau mulut.

Hal ini dikarenakan daun ini mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Sebuah penelitian dari Sekolah Tinggi Farmasi Bandung yang menunjukkan bahwa ekstrak daun sungkai memiliki aktivitas antibakteri terhadap S.aureus dan E.coli, kedua bakteri tersebut merupakan penyebab berbagai penyakit infeksi.

Tidak sedikit masyarakat dari kepulauan Riau menggunakan daun ini sebagai obat tradisional untuk mengobati luka ringan.

Cara menggunakannya sebagai obat kumur adalah rebus dengan air bersih hingga mendidih. Diamkan sampai dingin, lalu kumur-kumurlah 3 kali sehari.

2. Meningkatkan imunitas

4 manfaat baik daun sungkai untuk kesehatan

(foto: pexels)

Manfaatnya untuk kesehatan tubuh selanjutnya salah meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Seperti yang kita tahu, ketika imunitas kita kuat maka berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit akan sulit masuk ke dalam tubuh. Sehingga, tubuh tidak akan mudah sakit.

Sebaliknya, jika imunitas kita lemah maka berbagai macam penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh, seperti penyakit flu, batuk, demam, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, diperlukan tindakan tepat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, dengan cara makan makanan bergizi serta rajin berolahraga.

Tidak lupa juga untuk mengonsumsi vitamin tambahan yang berasal dari obat-obatan medis ataupun obat alami, salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun sungkai.

Sebab, daun ini ternyata cukup ampuh dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan berberapa zat aktif seperti peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, flafanoid pada daun sungkai muda, disinyalir dapat membantu dalam menaikan jumlah leukosit.

Leukosit merupakan sel yang membentuk komponen darah, sehingga dengan meningkatnya kandungan sel darah putih dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menggunakan ekstrak daun sungkai muda dengan dosis 0,5625 mg/Kg bb pada tikus mencit sebagai objek penelitian dapat meningkatkan jumlah leukosit sebesar 36%.

Sebagai pembanding, mereka juga memberikan obat imonos sebagai obat pembanding.

Hasilnya, daun muda lebih banyak meningkatkan leukosit daripada obat imonos. Sehingga dapat disimpulkan bahwa daun sungkai muda lebih baik dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: 9 Manfaat Tepung Maizena untuk Kesehatan Tubuh

3. Sebagai obat malaria

4 manfaat baik daun sungkai untuk kesehatan

(foto: pexels)

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Penyakit ini umumnya kerap menyerang masyarakat yang berada di daerah tropis dengan lingkungan hutan yang masih asri, salah satunya adalah daerah Papua.

Malaria merupakan penyakit yang mudah menular melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini akan menyebabkan hal fatal bila tidak ditangani dengan benar.

Walaupun demikian, penyakit malaria bisa disembuhkan melalui pengobatan medis maupun alternatif.

Salah satu pengobatan alternatif untuk menyembuhkan malaria adalah dengan menggunakan daun sungkai.

Daun sungkai rupanya memiliki manfaat untuk mengobati malaria. Hal ini karena daun ini memiliki sifat antipiretik yang bermanfaat untuk menurunkan panas atau demam, yang termasuk dalam gejala malaria.

Cara mengonsumsisebagai obat malaria adalah plilhlah beberapa lembar daun sungkai, kemudian rebus hingga mendidih dan airnya berkurang. Lalu setelah dingin, minum airnya.

Minumlah rebusan air sungkai secara rutin setiap hari sampai penyakit malaria sembuh.

4. Untuk ramuan mandi bagi wanita bersalin

Untuk ramuan mandi bagi wanita bersalin

(foto: pexels)

Manfaat terakhir adalah sebagai ramuan mandi bagi wanita pasca melahirkan.

Selain dapat dikonsumsi, rupanya daunnya juga bisa digunakan sebagai ramuan mandi, namun hanya untuk wanita bersalin saja.

Setelah melahirkan, otot-otot tubuh ibu bersalin mengalami ketegangan.

Pemberian ramuan daun sungkai pada wanita pasca melahirkan dipercaya mampu merelaksasi otot-otot tubuh.

5. Menyembuhkan sariawan

(foto: istockphoto)

Sariawan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang rongga mulut, seperti bibir dalam atas dan bawah, gusi, dan lidah.

Gangguan kesehatan ini kerap menyerang sebagian besar orang, terutama saat kekurangan asupan vitamin C.

Sariawan memiliki gejala seperti muncul benjolan kecil yang ditandai dengan adanya nanah di bagian tengah, dan berwarna merah di bagian tepi.

Benjolan tersebut menimbulkan rasa sakit dan perih yang terkadang cukup mengganggu ketika sedang makan, minum, maupun berbicara. Tak heran, jika saat terserang sariawan, maka akan timbul rasa tidak nyaman.

Umumnya, sariawan terjadi akibat beberapa faktor, seperti kurangnya asupan vitamin C, tidak sengaja tergigit, terinfeksi kuman dan bakteri dalam mulut, kurang minum, dan masih banyak lainnya.

Namun, hal paling penting yang harus selalu diingat untuk mencegah timbulnya sariawan adalah, rajin menjaga kebersihan organ mulut. Sebab, jika organ tersebut kotor maka terdapat banyak kuman bakteri yang bersarang di dalamnya, yang akhirnya menyebabkan sariawan.

Selain itu, mengatasi dan mengobati sariawan juga bisa menggunakan daun sungkai. Pasalnya, daun tersebut rupanya memiliki manfaat dapat menyembuhkan sariawan secara efektif.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sunkai. Kemudian, rebus dengan air mendidih. Diamkan sampai hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

Perlu diingat bahwa, ramuan tersebut hanya boleh digunakan sebagai obat kumur saja, bukan untuk diminum.

6. Mengatasi sakit gigi

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Tidak hanya menyembuhkan sariawan, manfaat daun sunkai juga bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi sakit gigi.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami rasanya sakit gigi, terutama bagi kamu yang malas menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut.

Penyebab sakit gigi biasanya diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Sehingga, ada banyak bakteri dan kuman yang menumpuk di dalamnya dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Kerusakan pada gigi bisa ditandai dengan gigi berlubang, karang gigi, dan masih banyak lainnya. Jika hal tersebut tidak diatasi, maka dapat menyebabkan rasa sakit, terutama ketika sedang mengonsumsi makanan dan minuman.

Tak jarang, sakit gigi juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Bahkan, rasa sakit tersebut bisa menjalar hingga ke kepala. Tak heran jika banyak orang yang mengalami sakit gigi, tidak bisa mendengar suara yang cukup keras.

Oleh sebab itu, mulailah untuk selalu rajin menggosok gigi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Jangan lupa juga untuk membersihkan area lidah dan juga sela-sela gigi sampai bersih.

Jika sakit gigi sudah terlanjur menyerang, obati dengan obat alternatif, yakni ramuan yang terbuat dari daun sungkai.

Caranya sama seperti ramuan untuk menyembuhkan sariawan, yakni rebus beberapa lembar daun sungkai muda. Kemudian, biarkan sampai hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur agar kuman dan bakteri di dalam mulut mati.

Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Kesuburan dan kesehatan rahim perempuan

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: pexels)

Semua wanita pasti menginginkan rahim subur dan sehat. Seperti yang kita tahu bahwa, kondisi rahim yang sehat dapat berpotensi memiliki keturunan denganudah dan cepat.

Selain itu, rahim yang sehat juga akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker rahim alias kanker serviks. Perlu diketahui bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit paling berbahaya dan mematikan.

Menurut sebuah studi, kanker rahim merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan Kematian pada wanita. Di Indonesia sendiri, sudah banyak kasus kematian pada wanita akibat penyakit tersebut.

Biasanya, kesuburan dan kesehatan rahim dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya terlalu banyak konsumsi obat-obatan, stres, kelebihan dan kekurangan berat badan.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan rahim, maka sebaiknya hindari faktor pemicunya. Istirahat yang cukup dapat mengatasi stres, sebab tubuh menjadi lebih rileks.

Selain itu, selalu kontrol berat badan agar tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan yang cukup drastis.

Dan yang paling penting adalah konsumsi ramuan daun sungkai secara teratur karena dianggap mampu menyuburkan dan menyehatkan rahim pada perempuan.

Caranya, ambil beberapa lembar daun sungkai muda. Kemudian, rebus dengan air sampai mendidih. Minum setelah suhunya hangat. Jangan lupa untuk meminum ramuan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Akhir kata

Nah, itu dia beberapa manfaat daun sungkai untuk kesehatan tubuh. Jika kamu ingin penasaran, kamu bisa mencobanya.

Namun dalam porsi yang tidak berlebihan ya. Karena daun ini juga memiliki efek samping yang tidak bagus untuk kesehatan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.