lifestyle

9 Manfaat Yakult Baik untuk Kesehatan Usus

Penulis:   | 

Manfaat Yakult bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya setiap hari. Seperti yang kita tahu bahwa minuman ini sudah banyak dijual di pasaran, dan hampir semua orang menyukainya.

Yakult merupakan minuman probiotik yang kerap digunakan sebagai suplemen makanan. Di dalamnya terdapat kandungan Lactobacillus casei yang sangat bagus untuk kesehatan usus.

Tidak hanya itu, minuman yang memiliki rasa khas kecut ini juga menyimpan segudang manfaat baik untuk tubuh.

Nah, apa saja manfaat Yakult yang masih belum banyak diketahui? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Kanker & Mengatasi Sariawan

1. Baik untuk usus

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: istockphoto)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat dari minuman fermentasi ini adalah untuk menjaga kesehatan usus.

Pasalnya, terdapat bakteri Lactobacillus casei di dalamnya yang jumlahnya sekitar 6,5 miliar, yang mana bakteri tersebut sangat berperan penting untuk melancarkan pencernaan.

Jika kamu mengalami masalah pencernaan seperti diare ataupun sembelit yang disebabkan oleh bakteri jahat, maka sebaiknya kamu mengonsumsi minuman ini secara rutin.

Hal tersebut dikarenakan, bakteri lactobacillus akan membantu melawan bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan, sehingga kamu akan terhindar dari masalah kesehatan tersebut.

2. Mengatasi perut kembung

10 Manfaat Habbatussauda, Ampuh untuk Program Hamil

(foto: istockphoto)

Kembung merupakan suatu kondisi dimana perut terasa penuh dan sesak. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak udara dan gas di dalam perut, terutama pada saluran penceenaan.

Ada banyak penyebab gangguan perut kembung, misalnya masuk angin, terlalu banyak minum minuman bersoda, makan makanan mengandung gas berlebih, makan terlalu cepat, dan masih banyak lainnya.

Jika perut kembung tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Terkadang, membuat nafsu makan menurun karena perut terasa penuh dan kenyang.

Mengonsumsi yakult setiap hari dapat membantu mengatasi perut kembung. Dianjurkan untuk meminum minuman tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi sakit lambung

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Orang yang memiliki penyakit lambung biasanya akan menghindari makanan dan minuman yang memiliki rasa asam.

Pasalnya, dapat memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan perut sakit dan perih, serta kembung dan mual.

Oleh karena itu, sebagian besar orang tidak mau minum Yakult karena memiliki rasa asam dan dianggap dapat menimbulkan reaksi lambung.

Padahal, anggapan tersebut sepenuhnya salah. Sebab, manfaat Yakult bisa untuk mengatasi sakit lambung.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan bakteri di dalam minuman tersebut ternyata dapat membantu mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh.

Dengan demikian, asam lambung akan turun sehingga tidak akan menimbulkan gejala maag atau lambung.

Untuk itu, mulai sekarang bagi yang memiliki masalah pada lambung, jangan takut lagi untuk mengonsumsi Yakult karena tidak terbukti membuat penyakit lambungmu semakin parah.

4. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: pexels)

Kebiasaan buruk mengonsumsi makanan dan minuman mengandung lemak tinggi, dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh.

Jika hal tersebut terjadi, maka jumlah kolesterol akan semakin tinggi yang akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serius, seperti hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil, sehingga terhindar dari dampak buruk yang justru merugikan tubuh.

Manfaat minum Yakult setiap hari adalah mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian, penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang cukup tinggi dapat terhindarkan.

5. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Kadar lemak dalam tubuh jika menumpuk terlalu banyak, maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan obesitas.

Biasanya, lemak menumpuk diakibatkan oleh konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, karbohidrat, gula, dan lain sebaginya.

Jika berat badanmu terus menerus naik, maka tubuhmu akan menjadi semakin gemuk.

Seperti yang kita tahu bahwa hampir semua wanita menginginkan tubuh langsing ideal. Dengan memiliki bentuk tubuh demikian, maka rasa percaya diri akan semakin meningkat.

Salah satu untuk menurunkan lemak dalam tubuh agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan adalah dengan mengonsumsi yakult secara rutin.

Manfaat Yakult bisa melancarkan pencernaan. Secara tidak langsung, lemak dalam tubuh akan ikut larut dan keluar melalui tinja. Sehingga, tidak akan menumpuk dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca juga: 18 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Mudah

6. Sebagai detoks alami dalam tubuh

10 Manfaat Madu, bikin Tidur lebih Nyenyak

(foto: istockphoto)

Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi, pastinya akan mengandung sedikit senyawa yang berpotensi menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, diperlukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Ada banyak cara untuk mengeluarkan racun tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi yakult secara rutin.

Manfaat Yakult dapat berperan sebagai detoks alami dalam tubuh sehingga racun yang masuk dan mengendap, akan hilang bersama hasil ekskresi berupa keringat, air seni, hingga tinja.

Dengan demikian, sangat penting bagi kamu untuk selalu mengonsumsi minuman asam tersebut secara rutin untuk menjaga dan melindungi tubuh dari bahaya ancaman racun.

7. Meningkatkan sistem imun

Meningkatkan sistem imun

(foto: istockphoto)

Tubuh memiliki sistem imun yang berfungsi untuk mencegah berbagai macambakteri dan virus penyebab penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Sayangnya, setiap orang memiliki tingkat imunitas yang berbeda, ada yang kuat dan ada yang lemah.

Dengan kuatnya sistem imun, maka tubuh tidak akan mudah sakit. Sebaliknya, jika sistem imunmu lemah, maka bisa dipastikan bahwa tubuhmu akan mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi yakult setiap hari.

Kandungan bakteri baik dalam minuman tersebut mampu membuat sistem imun meningkat secara signifikan.

8. Mencegah infeksi lambung akibat bakteri

Mencegah infeksi lambung akibat bakteri

(foto: adobestock)

Tidak hanya asam lambung meningkat, kesehatan lambung juga bisa mendapatkan ancaman dari berbagai macam virus dan bakteri penyebab infeksi, salah satunya adalah bakteri helicober pylori.

Saat lambungmu terserang oleh infeksi, maka dapat menyebabkan sakit dan nyeri pada perut. Jika tidak segera ditangani, dapat mengganggu aktivitas.

Infeksi lambung juga sangat berbahaya, karena setiap makan dan minuman yang dikonsumsi, akan keluar kembali dan tidak bisa dicerna.

Manfaat yakult rupanya dapat membantu mencegah infeksi lambung dengan cara membunuh bakteri helicober pylori yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minuman asam manis ini secara rutin setiap hari.

9. Mencegah terjadinya eksim

Mencegah terjadinya eksim

(foto: istockphoto)

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi yakult setiap hari juga sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Salah satu manfaatnya untuk kulit adalah mampu mencegah terjadinya eksim pada kulit. Perlu diketahui bahwa penyakit eksim bisa menyerang siapa saja.

Gejala yang ditimbulkan adalah kulit terasa gatal, terasa gatal dan tekstur kulit menjadi kering dan kasar.

Jika tidak segera ditangani, maka dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi dan bahkan bisa mengganggu aktivitas.

Oleh sebab itu, selain mengobatinya dengan obat yang diberikan oleh dokter, kamu juga bisa mencegahnya dengan ruitin mengonsumsi yakult.

Akhir kata

Nah, itulah 9 manfaat yakult bagi kesehatan tubuh. Walaupn demikian, perlu diperhatikan porsi yang harus diminum.

Sebaiknya, jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan efek samping seperti menimbulkan rasa haus secara berlebihan, perut kembung, diare, dan masih banyak lainnya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.