lifestyle

9 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Kanker & Mengatasi Sariawan

Penulis:   | 

Masih banyak yang belum tahu akan manfaat daun ciplukan yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Manfaat yang bisa didapatkan adalah mulai dari mampu mengaobati kanker payudara hingga mengatasi sariawan.

Daun ciplukan merupakan daun yang berasal dari pohon ciplukan yang bisa ditemui dengan mudah di sawah, kebun, ataupun perkampungan.

Tidak hanya daunnya saja, buah ciplukan juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bentuk buahnya bulat seperti kelereng berwarna kuning jika sudah matang. Buah tersebut dibungkus oleh kelopak menggembung.

Daun ciplukan mengandung banyak nutrisi dan juga senyawa penting, seperti flavonoid, tannin, dan alkaloid.

Nah, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat daun ciplukan yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

Baca juga: 18 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Mudah

1. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

9 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Kanker & Mengatasi Sariawan

(foto: pexels)

Hati merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting, yakni untuk menyerap racun dalam tubuh, menghasilkan empuedu, dan lain sebagainya.

Sementara, ginjal merupakan organ yang memiliki peran dan fungsi sama pentingnya dengan hati, yakni untuk menyerap gizi dan menyaring limbah makanan dalam tubuh.

Mengingat pentingnya kedua organ tersebut, maka sangat penting untuk selalu menjaga kesehatannya.

Manfaat daun ciplukan dapat membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal. Hal tersebut dikarenakan, terdapat kandungan nutrisi seperti protein, zat besi, serta vitamin yang berfungsi membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis secara efektif.

Bagi seserorang yang memiliki penyakit ginjal, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi daun ini secara rutin, namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

2. Mengobati dan mencegah asma

9 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Kanker & Mengatasi Sariawan

(foto: adobestock)

Asma merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kesulitan saat bernapas, bahkan diiringi dengan bunyi ngik ketika mulai menarik napas.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat asma dan menerapkan pola hidup tidak sehat.

Untuk mengobati penyakit asma, kamu bisa mengonsusmi daun ciplukan secara rutin. tidak hanya mengobati, daun tersebut juga bisa dikonsumsi sebagai pencegahan.

Caranya, kamu hanya perlu merebus daun ciplukan Bersama dengan batangnya. Kemudian, air rebusan tersebut diminum secara rutin hingga penyakit asma hilang dan tidak kambuh lagi.

3. Kaya akan antioksidan

9 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Kanker & Mengatasi Sariawan

(foto: adobestock)

Salah satu kandungan dari daun dan buah ciplukan adalah antioksidan yang begitu tinggi sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat untuk membantu mencegah berbagai macam penyakit, baik ringan hingga kronis.

Jenis zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol yang terdapat di dalamnya mampu membantu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kedua jenis zat antioksidan tersebut juga dapat menghentikan penyebabran berbagai jenis kanker, sehingga tubuh terbebas dari paparan penyakit berbahaya tersebut.

4. Menurunkan kadar kolesterol

9 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Kanker & Mengatasi Sariawan

(foto: istockphoto)

Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika terus dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan benar, maka dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, seperti stroke hingga serangan jantung.

Untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh, disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin, serta mengurangi konsumsi makanan dan minuman mengandung lemak tinggi.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi daun ciplukan yang ternyata bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

Hal tersebut dikarenakan, terdapat kandungan asam oleat dan linoleate yang memiliki peran dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL. Selain itu, juga dapat meningkatkan kadar koleterol baik alias HDL.

5. Cocok dikonsumsi saat diet

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto; pexels)

Saat sedang melakukan program diet, sebisa mungkin harus mnegonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin lengkap. Selain itu, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi agar program diet berjalan dengan baik.

Dengan kata lain, tidak boleh sembarangan makanan masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, pilihlah makanan yang aman dan baik untuk mendukung program penurunan berat badan, salah satunya adalah daun ciplukan serta buahnya.

Kandungan kalori dalam daun dan buah tersebut relative kecil, yakni sekitar 53 kalori untuk 100 gramnya.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk itu, jangan takut untuk mengonsumsi daun dan buah ciplukan pada saat sedang diet karena dianggap aman dan tidak akan meningkatkan berat badan.

Baca juga: 8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

6. Obat kanker payudara

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat menyerang siapa saja, baik pria hingga wanita.

Ada banyak macam penyakir kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Jenis kanke ini biasanya umum menyerang wanita yang diakibatkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

Manfaat daun ciplukan adalah mampu mengobati kanker payudara karena memiliki efek sitotoksik yang berfungsi untuk menginduksi kematian pada sel kanker payudara.

Oleh karenanya, daun ini kerap dijadikan sebagai obat alternative untuk mengatasi penyakit mematikan tersebut.

7. Menjaga kesehatan mata

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Mata merupakan organ yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya organ tersebut, manusia dapat melihat indahnya semesta.

Oleh karena itu, menjaga dan memelihara kesehatan mata sangatlah penting demi kelangsungan hidup.

Ada banya masalah yang dapat menyerang mata, seperti katarak, silindris, rabun jauh, rabun dekat, buta warna, dan masih banyak lainnya.

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu bisa memanfaatkan daun ciplukan yang ternyata memiliki kandungan karotenoid.

Kandungan tersebut berguna untuk membantu menjaga kesehatan mata dengan cara mengurangi stress oksidatif dalam sistem ocular.

Tidak hanya itu, fungsi lainnya adalah untuk mencegah terjadinya katarak dan juga regenerasi macula.

8. Mengatasi sariawan

Mengatasi sariawan

(foto: istockphoto)

Sariawan merupakan sebuah penyakit yang menyerang rongga mulut dengan ditandai munculnya bintik atau benjolah berisi nanah.

Biasanya, penyakit tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan cairan dan vitamin C dalam tubuh.

Sariawan menimbulkan rasa sakit, sehingga dapat mengganggu aktivitas terutama ketika sedang makan dan berbicara.

Oleh sebab itu, sariawan harus segera diobati agar rasa sakitnya dapat hilang dengan segera. Manfaat daun ciplukan mampu mengatasi masalah sariawan.

Sebab, di dalam daun tersebut terdapat kandungan vitamin C cukup tinggi dimana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kurangnya asupan vitamin C dapat menimbulkan sariawan.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa ketika mengonsumsi daun ciplukan secara rutin, maka vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Dengan demikian, masalah sariawan dapat teratasi bahkan tidka mudah datang lagi.

9. Mengatasi rematik

Mengatasi rematik

(foto: adobestock)

Rematik merupaka kondisi tubuh yang terasa pegal terutama pada bagian anggota gerak. Biasanya, penyakit ini lebih banyak menyerang orang tua. Namun, bisa juga menyerang orang dengan usia jauh lebih muda.

Rasa pegal pada anggota gerak tentu saja akan membatasi ruang gerak dan mengganggu aktiitas. Oleh karenanya, rematik harus segera diobati.

Manfaat daun ciplukan mampu mengatasi rematik. Caranya, ambil beberapa lembar dauun ciplukan, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan daun sirih, kemudian kompreskan pada bagian anggota badan yang terasa pegal dan sakit.

Lakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Akhir kata

Nah, itulah 9 manfaat daun ciplukan yang bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Walaupun memiliki manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan, alangkah baiknya jika dikonsumsi dalam jumlah wajar agar tidak menimbulkan efek samping yang justru berbahaya bagi tubuh.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.