lifestyle

9 Cara Menghilangkan Eye Bags, Dijamin Ampuh

Penulis:   | 

Menemukan cara menghilangkan eye bags alias kantung mata merupakan kebahagiaan tersendiri, terutama wanita. Pasalnya, adanya kantung mata membuat penampilan terlihat kurang sempurna.

Kantung mata yang terlihat membengkak terkadang membuat wajah terlihat lesu, lelah, dan bahkan seperti kurang ceria. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk bisa menghilangkannya.

Kantung mata sendiri merupakan membengkaknya bagian bawah mata yang terjadi akibat melemahnya otot yang menopang kelopak mata. Biasanya, kondisi ini akan terjadi seiring bertambahnya usia,

Menghilangkan eye bags bisa dilakukan dengan cara perawatan sederhana di rumah, baik dengan menggunakan bahan alami ataupun produk perawatan wajah yang ringan.

Nah, kira-kira bagaimana apa saja cara menghilangkan eye bags yang tepat dan mudah? Yuk simak berikut ini.

Baca juga: 7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Baik untuk Kesehatan

1. Menjaga kelembaban kulit

9 Cara Menghilangkan Eye Bags, Dijamin Ampuh

(foto: adobestock)

Kondisi kulit yang lembab dapat memberikan keuntungan, yakni terhindar dari kulit kering dan bersisik. Jika kondisi kulit kering, maka berpotensi menimbulkan sifat sensitive sehingga mudah iritasi.

Ketika kulit menjadi sensitive dan mudah iritasi, maka kemungkinan besar akan menimbulkan kantung mata.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga kelembaban kulit agar terhindar dari permasalahan kulit.

Melembabkan kulit bisa dengan cara menggunakan produk pelembab wajah secara rutin. Namun, jangan lupa untuk memilih produk yang aman dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Selain menggunakanan produk pelembab, kamu juga bisa mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

2. Mengonsumsi makanan mengandung kolagen

9 Cara Menghilangkan Eye Bags, Dijamin Ampuh

(foto: istockphoto)

Mengatur pola makan yang sehat juga berpengaruh pada kesehatan kulit, terutama pada kelopak bawah mata yang berpotensi mengalami kantung mata.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap agar kulit tetap sehat, terutama makanan yang kaya akan kolagen.

Seperti yang kita tahu bahwa kolagen memiliki peran dalam membantu mengganti sel kulit mati serta membuat kulit menjadi lebih elastis.

Dengan demikian, kulit akan terasa lebih cerah, kenyal, dan lembab. Dengan kondisi kulit yang sehat, maka eye bags tidak akan muncul.

Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung kolagen antara lain sayuran hijau, putih telur, ayam, ikan, jeruk, dan masih banyak lainnya.

3. Rutin berolahraga

9 Cara Menghilangkan Eye Bags, Dijamin Ampuh

(foto: istockphoto)

Setelah mengatur pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan mengandung nutrisi, hendaknya diiringi dengan pola hidup sehat dengan rutin berolahrag.

Selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga rupanya juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Dengan rajin berolahraga maka dapat mencegah dna menghilangkan eye bags. Sebuah studi membuktikan bahwa olahraga terutama senam mampu membatu mengurangi tanda-tanda penuaan, terutama pada area mata seperti kantung mata.

Beberapa senam yang bisa dilakukan adalah senam wajah, aerobic, yoga, dan lain sebagainya.

Untuk itu, mulai sekarang hendaknya membiasakan diri untuk selalu rajin berolahraga agar bisa mendapatkan manfaat baiknya bagi tubuh dan juga kulit.

4. Kompres dingin

9 Cara Menghilangkan Eye Bags, Dijamin Ampuh

(foto: istockphoto)

Menghilangkan eye bags yang paling mudah adalah dengan cara mengompres mata dengan  kompres dingin.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan pada kelopak mata dengan cara mengurangi aliran darah yang menumpuk pada area tersebut.

Kamu bisa melakukannya dengan berbagai bahan alami, seperti air es, sendok yang sudah didinginkan, irisan timun, irisan tomat, dan lain sebagainya.

Letakkan pada bagian bawah kelopak mata, namun jangan lupa untuk menuutp mata terlebih dahulu. Lalu, diamkan selama beberapa menit.

Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari, hingga kantung mata hilang dan tak pernah kembali lagi.

Baca juga: 10 Obat Gusi Bengkak, Alami dan Non-Alami

5. Mengurangi asupan garam

Murah dan Ampuh! Cara Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

(foto: pixabay/andreas160578)

Garam merupakan bumbu penyedap makanan yang setiap hari digunakan untuk melezatkan makanan. Adanya garam, membuat makanan menjadi lezat dan menggugah selera. Tak heran, jika hampir semua orang mengonsumsinya, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Selain bermanfaat untuk melezatkan makanan, rupanya garam menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam kesehatan, seeprerti hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung.

Tidka hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi garam juga dapat menyebabkan eye bags atau kantung mata. Hal tersebut dikarebakan garam dapat memicu retensi cairan tubuh, sehingga muncul pembengkakan pada sekitar area bawah mata.

Untuk itu, mulai dari sekarang hendaknya kurangi konsumsi garam yang ternyata dapat menimbulkan masalah pada tubuh dan juga kecantikan kulit.

Kurangi kebaiasaan mengonsumsi makanan ringan mengandung garam tinggi dan hendaknya meenggantinya dengan sayur dan buah yang tentu saja lebih sehat.

6. Membatasi konsumsi alkohol

5 Pola Hidup Sehat yang Jadi Rahasia Kecantikan Perempuan Asia

(foto: insider)

Memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. seperti timbul penyakit hepatitis, perlemakan hati, sirosis, liver, anemia, hingga kanker.

Selain itu, alkohol juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kesehatan kulit, salah satunya adalah dapat memicu timbulnya kantung mata.

Hal tersebut dikarenakan, mengonsumsi alkohol dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga timbullah eye bags pada area mata.

Oleh karenanya, sebaiknya kurangi konsumsi alkohol atau jika bisa jangan mengonsumsinya barang sedikitpun. Hal itu bertujuan agar tubuh dan kulitmu tetap sehat.

Sebaiknya, perbanyak konsumsi air putih yang tente saja lebih menyehatkan dan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan.

7. Berhenti merokok

Hindari Beberapa Hal ini Yang Bikin Puasa Batal!

(foto: unsplash/fotografierende)

Selain mengurangi konsumsi alkohol, sebaiknya kamu juga harus menghentikan kebiasaan merokok. Merokok juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh dan kulit.

Jika kamu ingin menghilangkan kantung mata, maka cara yang tepat adalah berhenti merokok. Sebab, rokok dapat mengurangi cadangan vitamin C dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C sangat berperan dalam kesehatan kulit. Ia juga berperan dalam menghasilkan kolagen yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit.

Untuk itu, rubah kebiasaan buruk tersebut dan gantilah dengan olahraga yang teratur.

8. Gunakan sunscreen

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Banyak orang yang masih belum tahu akan manfaat penting sunscreen, sehingga tidak sedikit dari mereka melupakan bahkan meremehkan produk tersebut.

Padahal, sunscreen atau tabir surya memiliki manfaat penting bagi kulit, yakni melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit, seperti munculnya bintik hitam, garis halus, keriput, kulit kusam, hingga kantung mata.

Tidak hanya itu, penggunaan tabir surya setiap hari, terutama saat sedang beraktivitas dalam ruangan, juga mampu mencegah terjadinya penyakit berbahaya, seperti kanker kulit.

Oleh sebab itu, mulai sekarang hendaknya rajin menggunakan produk sunscreen agar bisa mendapatkan kulit yang sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah kulit lainnya.

9. Menjaga kebersihan wajah

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Kebersihan wajah merupakan kunci utama agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit, terutama timbulnya kantung mata atau eye bags.

Menjaga kebersihan wajah bisa dilakukan dengan cara menghapus riasan make up sebelum tidur. Tak sedikit wanita yang masih mengebaikan hal kecil tersebut. Mereka menganggap bahwa tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu tidak akan memberikan dampak buruk.

Padahal, tidur dalam kondisi wajah kotor dapat menimbulkan masalah, seperti berjerawat, kusam, komedo, hingga timbul kantung mata.

Untuk itu, sebaiknya lakukan kebiasaan mencuci wajah terlebih dahulu sebelum tidur agar kulit tetap sehat dna terhindar dari eye bags.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan eye bags yang sekaligus juga dijadikan cara untuk mencegah permasalahan wajah tersebut.

Kamu bisa menerapkannya di rumah setiap hari dan jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup dan pola makan yang lebih sehat.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.