lifestyle

7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Baik untuk Kesehatan

Penulis:   | 

Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, ada banyak manfaat puasa Senin Kamis yang bisa didapatkan.

Puasa merupakan upaya untuk menahan nafsu, baik nafsu makan dan minum, nafsu amarah, dan nafsu birahi dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Puasa biasanya diawali dengan makan sahur kemudian ditutup dengan berbuka. Ada dua jenis puasa yang dilakukan oleh umat muslim, yakni puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa wajib berarti harus dilakukan, sehingga jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Sementara, puasa sunnah, jika dilakukan akan mendapatkan pahala, namun jika ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa.

Contoh puasa wajib adalah puasa Ramadhan yang dilakukan satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Sedangkan untuk puasa sunnah, terdapat banyak sekali contohnya, salah satunya adalah puasa Senin Kamis.

Bagi kamu yang sering melaksanakan puasa tersebut, apakah kamu tahu manfaatnya? Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat puasa Senin Kamis, diantaranya:

Baca juga: 10 Obat Gusi Bengkak, Alami dan Non-Alami

1. Mengontrol gula darah dalam tubuh

7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Baik untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Tubuh mendapatkan asupan gula yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Kemudian, gula tersebut akan diserap oleh darah dan disalurkan ke seluruh organ tubuh yang akhirnya dapat dijadikan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengingat pentingnya gula darah dalam tubuh, maka sebaiknya harus selalu dikontrol jumlahnya, jangan sampai turun maupun naik.

Gula darah yang terlampau meningkat dapat mengakibatkan penyakit berbahaya, yakni diabetes atau kelebihan gula darah.

Sementara, jika gula darah menurun maka dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh, yakni stamina adaka menurun drastic sehingga tubuh mudah lelah.

Oleh sebab itu, gula darah dalam tubuh harus selalu stabil. Caranya adalah dengan melakukan puasa.

Puasa senin kamis rupanya mampu membantu mengontrol gula darah dalam tubuh, dengan cara mengurangi resistensi insulin.

2. Turunkan kadar lemak

7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Baik untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Manfaat puasa Senin Kamis yang tak kalah pentingnya bagi kaum wanita yang selalu ingin menjaga penampilan adalah mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman yanga kita konsumsi setiap hari, berpotensi menjadi tumpukan sampah atau lemak dalam tubuh, khususnya pada bagian perut.

Terlebih lagi, jika makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung lemak jahat yang sulit dicerna dan diurai oleh tubuh.

Dengan lemak yang menimbun secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama, maka dapat menimbulkan kenaikan berat badan yang signifikan. Tidka hanya itu, resiko obesitas atau berat badan berlebih juga dapat menyerang tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga asupakan makanandan minuman serta mengatur pola makan yang tepat.

Jika kamu  merasa kesulitan untuk menajalankan kedua cara tersebut, kamu bisa melakukan puasa Senin Kamis secara rutin.

3. Menjaga kesehatan jantung

7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Baik untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Jantung merupakan organ vital yang wajib untuk selalu dijaga dan dirawat kesehatannya. Fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga organ dapat memperoleh oksigen yang cukup.

Dengan tercukupinya kebutuhan oksigen, maka seluruh organ dalam tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa peran jantung dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Untuk itu, menjaga dan merawat kesehatan jantung merupakan tugas utama.

Manfaat puasa Senin Kamis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan pada saat berpuasa, resiko penyumbatan artiri yang disebabkan oleh partikel lemak dapat dihindari.

Tidak hanya itu, hormone adrenalin dan nonadrenalin akan berpurang ketika berpuasa sehingga metabolisme dalam tubuh tetap stabil.

4. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan& Kanker

(foto: istockphoto)

Tubuh dapat berpotensi terkena paparan racun yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Tidak hanya melalui makanan dan minuman, racun juga bisa berasal dari udara yang tercemar.

Jika racun tersebut mengendap di dalam tubuh dalam waktu yang cukup lama, maka dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengeluarkannya.

Manfaat puasa Senin Kamis adalah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Sebab, saat berpuasa, makanan dan minuman tidak akan masuk ke dalam tubuh selama satu hari. Sehingga, racun dapat dikeluarkan secara efektif.

Racun tersebut dapat keluar melalui keringat, air seni, serta kotoran saat buang air besar.

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

5. Menurunkan resiko stress

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Stress bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Biasanya, orang yang mengalami stress akan merasa sakit kepala, pusing, pikiran dan hati tidak tenang, hingga terasa seidih sepanjang hari.

Jika perasaan tersebut tidak segera ditangani dengan baik dan benar, maka dapat menimbulkan depresi yang justru dapat mengancam keselamatan nyawa.

Pasalnya, ketika depresi seseorang akan nekat menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri. Oleh sebab itu, sebelum stress menyerang, maka cegah terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab stress bisa berupa pekerjaan yang menumpuk, masalah hidup yang datang bertubi-tubi, dan masih banyak lainnya.

Menurunkan resiko stress bisa dilakukan dengan cara rutin puasa Senin Kamis. Manfaat tersebut didapatkan karena dengan rutin berpuasa, maka dapat meningkatkan kedamaian hati.

Hati yang selalu tenang dan damai secara tidak langsung dapat mencegah stress datang.

6. Lancarkan metabolisme

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Tubuh melakukan metabolisme setiap hari. Metabolisme tubuh sendiri merupakan suatu proses pengolahan makanan dengan mneyerap zat gizi dan menjadikannya energi, yang akhirnya dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Metabolisme setiap orang tidaklah sama. Ada yang lancer, dan ada juga yang tidak. Tergantung makanan dan pola makan yang mereka terapkan.

Jika pola makan yang diterapkan tidak sehat, maka metabolisme tubuh tidak akan berjalan lancar, sehingga dapat menyebabkan penyakit pencernaan seperti sembelit, diare, lambung, dan masih banyak lainnya.

Melancarkan metabolisme dapat dilakukan dengan cara melaksanakan puasa Senin Kamis secara rutin.

Dengan rutin berpuasa, kadar neurotransmitter norepinefrin akan meningkat. Tidak hanya itu, saat berpuasa tubuh akan menggunakan sumber lemak dna mengangkut racun dari tubuh.

Tidak lupa juga untuk berbuka puasa dengan makanan dan minuman bergizi agar energi yang diperoleh cukup banyak dan bisa dimanfaatkan oleh tubuh dengan baik.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Sistem kekebalan tubuh atau yang biasa disebut dengan sistem imun, sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sistem imun yang bagus dapat membuat tubuh tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Dengan kata lain, tubuh akan lebih kebal dan tentu saja sehat setiap saat.

Manfaat puasa Senin Kamis bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan puasa dapat membantu meningkatkan regenerasi sel dan juga mencegah kerusakan organ yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan demikian, radikal bebas seperti virus, kuman, dan bakteri yang mencoba masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, maupun udara, dapat dilawan dan dicegah, sehingga tubuh akan selalu sehat dna bugar.

Nah, itulah beberapa manfaat puasa Senin Kamis yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat memperoleh tubuh yang sehat dan bugar, kamu juga akan mendapatkan pahal yang melimpah.

Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk melakukan puasa tersebut dan rasakan sendiri manfaatnya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.