lifestyle

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

Penulis:   | 

Ciri-ciri darah rendah yang umum terjadi adalah mudah pusing dan sakit kepala. Namun, ternyata masih ada banyak ciri lainnya yang disebabkan oleh masalah kesehatan tersebut.

Darah rendah atau anemia merupakan kondisi tubuh yang mengalami penurunan sel darah merah. Akibatnya, otak tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan pusing.

Umumnya, darah rendah disebabkan oleh kebiasaan begadang yang dilakukan secara terus menerus. Tidak hanya itu, melakukan banyak aktivitas sehingga tubuh mengalami kelelahan juga dapat memicu tekanan darah rendah.

Oleh sebab itu, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan mengandung nutrisi lengkap sangat dibutuhkan agar terhindar dari masalah kesehatan ini.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ciri-ciri darah rendah tidak hanya pusing saja, melainkan ada beberapa ciri lainnya, diantaranya:

Baca juga: 10 Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami & Terbukti Ampuh

1. Kelelahan

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Darah rendah bisa mengakibatkan tubuh mudah lelah. Ketika tubuh merasa lelah, berarti pasokan energi yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi. Akibatnya, timbul rasa malas ketika akan melakukan aktivitas.

Biasanya, orang yang selalu merasa lelah akan menghabiskan banyak waktu di atas tempat tidur. Akibatnya, segala aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan, justru terbengkalai.

Jika hal tersebut terus dibiarkan dan tidak segera ditangani, maka kemungkinan besar hidup akan menjadi berantakan karena tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang bermanfaat.

2. Mual

Aneh Tapi Nyata, Deretan Fetish Ini Benar-benar Ada, Salah Satunya Tertarik pada Insiden Kecelakaan

(foto: babycentre)

Jika kamu merasa sering mual tanpa sebab, sebaiknya segera periksakan tekanan darahmu. Bisa saja, kamu mengalami darah rendah, karena mual merupakan salah satu ciri dari masalah kesehatan tersebut.

Biasanya, mual datang bersamaan dengan rasa pusing. Hal tersebut dikarenakan, adanya masalah pada sinyal antara jantung dan otak yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, tubuh terasa mual hingga timbul keinginan untuk muntah.

Oleh sebab itu, hindari aktivitas yang mengharuskan berdiri dalam jangka waktu lama. Sebab, berdiri lama akan menyebabkan rasa pusing dan mual, terlebih lagi jika kamu memiliki masalah pada tekanan darah.

3. Merasa akan pingsan

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Ketika tubuh tidak mendapatkan pasoka darah yang cukup, maka dapat menyebabkan pusing berlebih dan terasa ingin pingsan atau kehilangan kesadaran.

Umumnya, kondisi ini juga disertai dengan pandangar rabun serta hilangnya keseimbangan tubuh. Bagi kamu penderita darah rendah, kondisi ini biasanya terjadi ketika duduk lama lalu berdiri secara tiba-tiba, maka penglihatan akan kabur, kepala terasa pusing, hingga ingin pingsan.

Perubahan posisi secara tiba-tiba ini membuat aliran darah ke otak mengalami penurunan. Sehingga, mengakibatkan tekanan darah menurun dan muncullah rasa ingin pingsan.

Untuk itu, jika duduk dalam waktu yang lama, jangan berdiri secraa tiba-tiba agar kepala tidak pusing dan pandangan menjadi kabur.

4. Pingsan

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Tidak hanya merasa ingin pingsan, kasus yang lebih ekstrim akibat darah rendah adalah hilangnya kesadaran alias pingsan.

Hal ini disebabkan oleh rasa pusing, lemas, dan mual yang terjadi begitu parah sehingga membuat otak tidak mendapatkan asupan oksigen secara cukup.

Kurangnya pasokan oksigen pada otak diakibatkan tekanan darah terlalu rendah sehingga jantung tidak bisa memompa cukup oksigen ke otak.

Oleh sebab itu, jika kamu mengalami rasa pusing, lemas, dan mual, maka sebaiknya langsung beristirahat dan menghentikan semua aktivitas yang sedang dilakukan untuk mencegah terjadinya pingsan.

5. pernapasan cepat dan dangkal

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: adobestock)

Tidak hanya pusing dna mual, ciri tekanan darah lainnya adalah pernapasan menjadi lebih cepat dna dangkal.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya pasokan oksigen sehingga tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

Kurangnya pasokan oksigen dapat mengganggu fungsi jantung dan otak sehingga menyebabkan pernapasan terasa lebih cepat.

Dalam kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang akhirnya membuat dada terasa sesak.

Baca juga: 9 Manfaat Yakult Baik untuk Kesehatan Usus

6. Dehidrasi

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Ketika tekanan darah terlalu rendah, maka tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak. Bahkan, akan menimbulkan rasa haus yang berlebihan.

Dengan demikian, diwajibkan bagi seorang penderita tekanan darah rendah untuk minum air putih yang cukup.

Jika asupan cairan tersebut tidak dapat terpenuhi, maka akan mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi.

Jika tidka segera ditangani, maka dapat menyebabkan dampak lebih buruk pada tubuh, seperti pusing, lemas, hingga kejang.

Dalam kasum yang lebih parah, dehidrasi ekstrim juga dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat.

7. Penglihatan kabur

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Penglihatan kabur juga bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami tekanan darah rendah. Biasanya, kondisi ini datang disertai dengan rasa pusing dan mual.

Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka seiring berjalannya waktu akan terjadi kerusakan permanen pada pembuluh darah retina yang akhirnya menyebakna retinopati.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan penglihatan kabur hingga kebutaan. Itulah mengapa, penting untuk selalu menjaga tekanan darah untuk tetap sehat.

8. Sulit konsentrasi

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Setiap melakukan aktivitas yang melibatkan pikiran, maka dibutuhkan konsentrasi atau fokus yang tinggi agar apa yang dikerjakan bisa selesai dengan mudah dan tepat.

Terutama ketika sedang belajar maupun bekerja. Otak dipaksa untuk bekerja setiap hari sehingga terkadang membuat kepala menjadi pusing.

Kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh yang disebabkan oleh tekanan darah rendah, dapat menyebabkan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Hal tersebut dikarenakan, sel-sel dalam otak tidak mendapatkan pasokan darah dan osigen yang cukup. Jika sudah demikian, maka akan sulit untuk melakukan aktivitas karena kurnagnya konsentrasi.

9. Kulit dingin dan lembab

10 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Patut di Waspadai

(foto: istockphoto)

Mengalami darah rendah dapat membuta kulit menjadi lebih lembab dan terasa dingin. Kulit lembab memang sangat diperlukan, karena dapat mencegah terjadinya masalah kulit seperti kulit kering dan bersisik.

Namun, jika kulit lembab diakibatkan oleh tekanan darah terlalu rendah, maka sebaiknya kamu harus waspada. Pasalnya, jika kulit terasa lembab dan dingin, juga disertai dengan warna biru atau abu-abu pada kulit, maka itu merupakan kasus yang cukup berbahaya.

Itu artinya, tekanan darah dalam tubuhmu mengalami penurunan yang cukup ekstrim. Dengan demikian, harus segera ditangani agar tidak menimbulkan dampak kesehatan yang lebih buruk.

10. Depresi

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Dalam kasus yang lebih parah, ciri-ciri darah rendah menimbulkan tanda seperti depresi atau rasa cemas yang berlebihan. Hal tersebut dikarenakan, aliran darah ke otak mengalami penurunan yang serius.

Sebuah studi yang dilakukan di Irlandia menunjukkan fakta bahwa aliran darah mengalami penurunan jumlah, maka dapat menyebakan gejala depresi hingga sebesar 30%.

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan depresi akut yang akhirnya membahayak tubuh.

Akhir kata

Nah, itulah 10 ciri-ciri darah rendah yang perlu diketahui untuk bisa mencegah terjadinya tekanan darah rendah akut.  Sebaiknya, lakukan pemeriksaan darah secara rutin untuk bisa mencegah masalah pada tekanan darah.

Jangan lupa untuk selalu menconsumsi makanan bernutrisi lengkap, terutama yang mengandung zat besi untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Selain itu, terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri melakukan olahraga secara rutin, serta istirahat yang cukup.

Jika pola hidup sehat diterapkan setiap hari, maka tubuh akan senantiasa menjadi sehat dan bugar, dna yang paling penting adalah dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, baik yang sifatnya ringan hingga berat.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.