lifestyle

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Penulis:   | 

Manfaat Daun Binahong – Indonesia memiliki beragam jenis tumbuhan yang memiliki segudang manfaat, baik untuk keindahan, kecantikan, kesehatan, maupun manfaat lainnya.

Salah satu jenis tumbuhan yang ternyata memiliki sederet manfaat baik untuk kesehatan adalah daun binahong.

Tidak hanya untuk kesehatan, rupanya daun ini juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan, terutama pada kulit wajah.

Sebelumnya, apakah kamu tahu apa itu daun binahong? Daun binahong atau adalah salah satu tumbuhan yang kerap dijadikan obat tradisional oleh masyarakat di beberapa daerah, sebab daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun yang memiliki nama latin Anredera Cordifolia ini memiliki banyak kandungan penting seperti vitamin E, zat besi, protein, kalsium asam folat, flavonoid, dan beta karoten yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya, maka tak heran jika daun ini mampu memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan untuk tubuh.

Apa saja sederet manfaat tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Kenali 8 Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Pasangan

1. Penambah nafsu makan

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Menurunnya nafsu makan bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti anemia, kurang gizi, badan lemas dan masalah lainnya.

Oleh sebab itu, masalah nafsu makan yang semakin menurun sebaiknya segera diatasi, salah satunya adalah dengan meminum vitamin ataupun obat tradisional yang terbuat dari tumbuhan alami.

Kamu bisa mencobanya dengan daun binahong yang ternyata memiliki manfaat sebagai penambah nafsu makan.

Caranya rebus lima lembar daun binahong dalam dua gelas air. Untuk hasil yang maksimal, minumlah air rebusan satu kali dalam sehari.

2. Mengatasi Ambeien

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Ambeien adalah kondisi meradangnya pembuluh darah vena di sekitar anus yang ditandai dengan munculnya benjolan di dekat anus.

Sebagian besar orang yang memiliki penyakit ini merasa tidak nyaman saat duduk, sebab anus akan terasa nyeri.

Jika ambeien tidak segera ditangani makan akan mengakibatkan kondisi yang lebih parah yang disebut dengan wasir.

Bila wasir berkembang atau benjolannya keluar dari anus, akibatnya kamu akan semakin terbuka sebab akan terasa perih dan susah ketika sedang buang air besar.

Untuk mengobati ambeien, kamu bisa menggunakan daun binahong yang terbukti ampuh mengatasi Ambeien.

Caranya, rebus beberapa lembar daunnya. Tunggu sampai air menyusut hingga menjadi satu gelas. Kemudian, minum air rebusan tersebut setiap hari sampai ambeien sembuh.

3. Meningkatkan energi

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Manusia membutuhkan energi agar bisa beraktivitas setiap hari. Energi tersebut bisa didapatkan melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Terkadang, aktivitas yang sangat padat bisa membuat energi terkuras habis. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk meningkatkan energi agar bisa beraktivitas kembali.

Salah satu yang bisa kamu lakukan agar bisa meningkatkan energimu adalah dengan cara mengonsumsi daun binahong. Sebab, daun ini dipercaya mampu meningkatkan energi yang telah hilang akibat padatnya aktivitas.

Caranya, rebus dua lembar daunnya dengan dua gelas air putih. Minum air rebusan tersebut setiap hari secara rutin.

4. Mengobati penyakit ginjal

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, salah satunya adalah kurangnya konsumsi air putih.

Penyakit ini bisa menjadi penyakit berbahaya dan mematikan jika tidak ditangani dengan cepat.

Jika terlalu lama didiamkan, maka ginjal akan menjadi rusak. Akibatnya, diperlukan cuci darah setiap minggunya dengan biaya yang cukup mahal.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika terjangkit penyakit ini adalah dengan rutin meminum rebusan daun binahong. Sebab, daun binahong diyakini mampu mengobati penyakit ginjal.

Caranya, rebus beberapa lembar daun dalam segelas air. Minum air rebusan itu tiga kali dalam sehari.

Walaupun demikian, kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

5. Mengobati asam urat

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Sebagian besar orang mengalami penyakit asam urat. Penyakit ini umumnya terjadi akibat konsumsi kacang-kacangan yang terlalu berlebihan.

Saat asam urat menyerang, biasanya kaki akan terasa linu dan seringkali mengalami kesemutan. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi tersebut akan mengganggu aktivitas.

Rupanya, daun binahong mampu mengobati asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada daunnya memberikan khasiat untuk menghambat pembentukan asam urat sehingga cocok untuk dijadikan obat asam urat.

Rebuslah beberapa lembar daun. Kemudian, minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

Baca juga: Apa itu Trypophobia? Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

6. Mencerahkan kulit

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Memiliki kulit wajah cerah merupakan impian semua wanita. Tak heran, jika sebagian besar dari mereka rela melakukan perawatan, salah satunya adalah dengan menggunakan krim pencerah wajah.

Namun, terkadang krim pencerah yang diklaim mampu mencerahkan wajah, rupanya hanya isapan jempol belaka. Nyatanya, efek pencerahnya tidak ada sama sekali. Hal itu membuat sebagian besar wanita merasa stress.

Jika kamu salah satu dari wanita tersebut, maka sebaiknya jangan berkecil hati lagi. Sebab, daun binahong ternyata mampu mencerahkan kulit wajah.

Tidak hanya itu, daun ini cukup aman digunakan tanpa efek samping yang berarti. Kamu hanya perlu meminum air rebusan daun binahong secara rutin. Dengan demikian, memiliki wajah cerah yang kamu impikan akan menjadi kenyataan.

7. Menghilangkan komedo

10 Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan

(foto: pexels)

Si kecil cabe rawit ini cukup sukses membuat para wanita merasa stress dan frustrasi. Pasalnya, komedo yang membandel di area hidung, dagu, maupun pipi ini sangat mengganggu penampilan.

Cara menghilangkannyapun terbilang lumayan susah. Sebab, saat komedo dibersihkan, beberapa hari kemudian akan muncul kembali.

Tapi, kali ini ada solusi yang tepat untuk menghilangkan komedo, yakni dengan menggunakan daun binahong. Daun ini terbukti dapat mengatasi masalah komedo bahkan yang membandel sekalipun.

Caranya, rebus daun binahong. Kemudian biarkan hingga dingin. Setelah itu, cuci muka secara rutin menggunakan air rebusan daun tersebut.

8. Mengobati jerawat

Mengobati jerawat

(foto: pexels)

Sama halnya dengan komedo, jerawat merupakan masalah pada wajah yang kerap ditakuti oleh sebagian besar wanita.

Mengapa tidak? Sebab, jerawat bisa membuat rasa percaya diri menurun. Tidak hanya itu, jika jerawat tidak segera diobati maka akan terjadi peradangan pada kulit.

Oleh sebab itu, segera obati jerawat dengan menggunakan daun binahong yang sudah terbukti mampu mengobati jerawat.

Tumbuk daun hingga halus dan jadikan tumbukan daun seperti masker wajah. Gunakan masker selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Mengencangkan kulit wajah

Mengencangkan kulit wajah

(foto: pexels)

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah kencang dan sehat? Wajah kencang bebas keriput merupakan impian semua wanita, terutama mereka yang sudah memasuki usia cukup dewasa.

Cara ampuh serta aman untuk mengencangkan wajah adalah dengan menggunakan daun binahong yang ternyata mampu membantu mengencangkan wajah.

Caranya, Anda bisa meminum air rebusan binahong yang sudah dingin untuk bantu memperkencang kulit wajah agar tampak awet muda.

10. Menghaluskan wajah

Menghaluskan wajah

(foto: pexels)

Manfaat daun binahong yang terakhir adalah mampu membantu menghaluskan wajah. Memiliki wajah halus bebas dari bruntusan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kaum wanita.

Daun binahong bisa digunakan sebagai air cuci muka dengan merebus daun sebanyak 20 lembar. Untuk hasil maksimal, cucilah muka menggunakan air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari secara rutin.

11. Mengobati maag

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung. Penyakit ini juga biasa disebut dengan radang lambung atau tukak lambung.

Akibat yang dirasakan tubuh saat terjangkit penyakit ini adalah rasa sakit pada perut, mual yang menyakitkan, perut terasa penih dan panas pada bagian atas, serta kembung.

Maag bisa menyerang siapa saja, baik yang muda maupun yua, baik pria maupun wanita. Oleh sebab itu, sebaiknya jaga pola hidup menjadi lebih sehat.

Sebab, penyakit ini akan menyerang seseorang yang memiliki kebiasaan buruk seperti makan tidak teratur, suka makan pedas, dan masih banyak lainnya.

Namun, jika kamu termasuk penderita penyakit maag, jangan khawatir. Pasalnya, manfaat daun binahong rupanya mampu mengobati maag karena kandungan senyawa aktif di dalamnya.

Caranya, rebus 10 hingga 15 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih. Kemudian, tunggu sampai dingin dan minum secara rutin.

12. Mencegah kanker

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Siapa yang tidak takut dengan penyakit kanker? Hampir semua orang pasti tidak ingin penyakit mematikan ini menyerang tubuh.

Sayangnya, saat ini banyak orang yang menderita kanker bahkan sebagian dari mereka mengalami kematian. Seperti yang kita tahu, penyakit ini sangat sulit diobati dan harus mengikuti serangkaian pengobatan untuk mencegah sel kanker semakin banyak.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi daun binahong. Sebab, daun ini dipercaya mampu mencegah kanker karena mengandung senayawa antioksidan yang tinggi.

Senyawa tersebut terbukti dapat melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Pilihlah beberapa helai daun binahong kering. Rebus dengan air sampai mendidih. Setelah itu, minum setiap hari sebanyak satu gelas secara rutin.

13. Mengobati sariawan

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Sariawan merupakan masalah pada area rongga mulut yang seringkali membuat terasa tidak nyaman, terlebih lagi saat sedang minum atau mengonsumsi makanan.

Penyakit ini umumnya menyerang bagian rongga mulut seperti gusi, lidah, bibir atas, bibir bawah, bahkan langit-langit mlut.

Gangguan ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Selain itu, luka akibat tidak sengaja tergigit saat mengunyah makanan, juga bisa menyebabkan sariawan.

Untuk mengobati sariawan yang sulit diobati, kamu bisa menggunakan daun binahong. Pasalnya, daun ini dipercaya dapat membantu mengobati sariawan, bahkan yang sulit disembuhkan sekalipun.

Caranya, rebus beberapa helai daun binahong dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin. Kemudian, minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

14. Melancarkan haid

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Sebagian besar wanita pasti mengalami haid atau menstruasi. Haid merupakan siklus yang berlangsung setiap bulan selama 5 hingga 8 hari.

Tanda atau gejala yang dirasakan adalah keluarnya darah dari vagina, yang diiringi dengan rasa sakit dan nyeri pada perut dan pinggang.

Normalnya, haid pada wanita akan tiba selama satu bulan sekali. Namun, ada juga sebagian wanita yang mengalami haid tidak lancer.

Jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi tubuh, khususnya pada Rahim. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk melancarkannya, salah satunya adalah dengan meminum ramuan tradisional yang terbuat dari bahan alami seperti daun bonahong.

Caranya, rebus beberapa helai daun binahong. Minum air rebusan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Menyembuhkan luka bakar

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Saat terkena api, kulit akan menyisakan luka bakar yang menimbulkan rasa sakit dan panas. Bahkan, luka tersebut terkadang menyisakan bekas yang membuat rasa percaya diri menurun.

Manfaat daun binahong adalah mampu membantu mengobati luka bakar dengan cepat dan juga tanpa meninggalkan bekas pada kulit.

Hal ini dikarenakan, daun binahong mengandung senyawa aktif seperti tannin, saponin, dan flavonoid yang dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka, tak terkecuali luka bakar.

Caranya, rebus beberapa helai daun binahong. Gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan luka setiap hari.

16. Mengatasi masalah impotensi

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Bagi kaum pria, mengalami impotensi merupakan sebuah mimpi buruk yang tidak ingin menjadi kenyataan.

Mengapa tidak? Sebab, jika ia mengalami gangguan tersebut, maka harapan untuk memiliki keturunan akan musnah.

Impotensi merupakan masalah pada penis yang ditandai dengan tidak mampu untuk mengeras atau tidak bisa mengalami ereksi. Dengan demikian, akan sulit untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Impotensi bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, stress berat, konsumsi obat tertentu, gangguan saraf, penyakit endokrin, dan masih banyak lainnya.

Manfaat daun binahong adalah mampu mengatasi masalah tersebut. Caranya, rebus sekitar 3 hingga 10 lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai mendidih. Biarkan air rebusan susut menjadi 1 gelas. Kemudian, minum sisa air rebusan tersebut sselagi hangat secara rutin.

17. Mengobati batuk

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Saat flue menyerang, biasanya juga diiringi oleh batuk yang semakin membuat tidak nyaman, terlebih lagi ketika sedang tidur.

Rasa gatal pada tenggorokan seringkali menyebabkan batuk terus menerus. Akibatnya, terasa todak nyaman pada bagian dada jika tidak ditangani dnegan segera.

Manfaat daun binahong rupanya bisa mengobati batuk. Apalagi bagi kamu yang tidak ingin mengonsumsi obat kimia,

Caranya dengan meminum air rebusan daung tersebut secara rutin setiap hari.

18. Mengobati sesak napas

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Sesak napas merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kesulitan untuk bernapas. Tak jarang, penderita penyakit ini harus mendapatkan bantuan oksigen dari tabung maupun alat pernapasan lainnya.

Asma yang tidak segera ditangani tentunya dapat mengganggu aktivitas seharu-hari. Tidak menutup kemungkinan, juga dapat menyebabkan hal buruk pada tubuh.

Manfaat daung binahong dapat membantu mengobati sesak napas. Kamu hanya perlu merebus 7 lembar daun tersebut dengan dua gelas air dan biarkan sampai tersisa satu gelas saja.

Minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

19. Mengobati gatal-gatal

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Gatal-gatal yang menyerang kulit biasanya disebabkan oleh alergi, jamur, serta digigit serangga. Biasanya, rasa gatal yang muncul akan hilang ketika digaruk. Namun, jika gatal yang dating akibat alergi atau penyakit lainnya, maka digaruk saja tidak akan cukup.

Dibutuhkan obat mujarab yang mampu mengobatinya, salah satunya adalah daun binahong. Daun tersebut ternyata bisa menjadi obat gatal-gatal karena mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang memiliki sifat anti jamur.

Kamu bisa menumbuk daun ini sampai halus. Kemudian, balurkan ke suluruh area kulit yang terasa gatal. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air bersih. Gunakan baluran daun tersebut secara rutin.

20. Mengobati anemia

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Anemia atau tekanan darah rendah merupakan penyakit akibat kurangnya produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah mudah Lelah, pusing, serta mual dan pingsan.

Biasanya, anemia disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti tidur tidak teratur, mengakami pendarahan hebat, dan masih banyak lainnya.

Untuk mengatasi anemia, kamu bisa memanfaatkan daun binahong. Sebab, daun tersebut bisa menjadi obat ampuh untuk menyembuhkan tekanan darah rendah.

Hal ini dikarenakan, daun binahong mengandung zat besi tinggi, diamana kandungan tersebut terbukti dalam meningkatkan jumlah produksi sell darah merah pada tubuh.

Akhir kata

Itulah beberapa manfaat baik daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan. Walaupun manfaat yang disuguhkan sangat baik, namun perlu diingat bahwa daun binahong juga memiliki efek samping yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, gunakanlah daun binahong secara bijak dan tidak terlalu berlebihan agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Tidak lupa juga, jika ingin menggunakan daun binahong sebagai obat penyakit yang serius, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli kesehatan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.