lifestyle

Kenali 8 Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Pasangan

Penulis:   | 

Cuddle merupakan aktivitas intim yang dilakukan oleh pasangan berupa pelukan yang disertai ciuman hangat. Aktivitas ini dianggap cukup menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan.

Seperti yang kita tahu bahwa, rasa bosan dan jenuh kerap hadir di antara pasangan dalam sebuah hubungan. Akibatnya hubungan dengan pasangan terasa hambar dan tidak ada kenyamanan seperti saat pertama kali dibangun.

Umumnya, rasa bosan tersebut datang diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya hubungan yang selalu monoton, pasangan cuek, jarang berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, diperlukan hal baru untuk membuat hubungan semakin intim dan harmonis, serta jauh dari kata bosan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah cuddle. Lantas, apa saja posisi cuddle bisa dilakukan dengan pasangan? berikut ulasannya.

Baca juga: Apa itu Trypophobia? Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Posisi cuddle yang bikin nyaman

Ada beberapa posisi cuddle yang bisa kamu lakukan dengan pasangan untuk menambah keharmonisan dalam hubungan, diantaranya:

1. Posisi half spoon

Kenali Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Posisi ini dilakukan dengan cara kamu memeluk pasanganmu, dengarkan dia memelukmu dari samping.

Letakkanlah kepalamu di atas lengan pasanganmu, kemudian mintalah dia untuk memeluk pundakmu. Selain itu, kamu juga bisa tidur di atas dada pasanganmu agar terasa lebih intim.

Posisi half spoon ini bisa membuatmu dan pasangan merasa lebih hangat karena posisi tubuh saling berdekatan, namun masih memiliki cukup ruang untuk bisa bebas bergerak.

2. Posisi the spoon

Kenali Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Posisi ini cukup digemari karena terasa lebih nyaman dan intim. Kamu dan pasanganmu hanya perlu tidur dengan posisi menyamping atau berbaring miring.

Kamu berperan sebagai little spoon yang berada di depan, sementara pasanganmu berperan sebagai big spoon yang posisinya berada dibelakang sembari memelukmu dengan erat.

Posisi ini akan terasa lebih nyaman jika dilakukan dalam durasi yang cukup lama, misalkan pada saat tidur.

3. Posisi honeymoon hug

Kenali Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Bagi kamu dan pasangan yang baru saja menikah, cobalah untuk melakukan posisi cuddle ini. Sebab, sesuai namanya, honeymoon hug seringkali disukai oleh para pengantin baru terutama saat honeymoon.

Saat melakukan posisi ini, kamu dan pasangan berbaring miring dan saling berhadapan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap anggota tubuh harus saling menempel.

Pasanganmu akan memelukmu dengan erat dan hangat. Suara detak jantung dan nafas yang saling terdengar akan menambah kehangat dari posisi ini.

Untuk membuatnya lebih intim, kamu dan pasangan juga bisa saling berciuman mesra.

4. Posisi leg hug

Kenali Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Posisi ini sangat cocok bagi kamu dan pasangan yang tidak ingin berpelukan namun tetap menginginkan posisi yang nyaman dan hangat.

Posisi leg hug memberikan kalian kebebasan dalam bergerak, sebab dalam posisi ini hanya kaki saja yang terikat atau saling menempel.

Kamu dan pasangan juga bisa menumpuk kaki kalian menjadi satu, misalnya kakimu berada di posisi atas, sedangkan kaki pasangan berada di bawah.

5. Posisi berlawanan pantat

Kenali Posisi Cuddle dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(foto: cuddlesanctuary)

Posisi cuddle tidak harus saling berpelukan untuk menambah kehangatan. Kamu juga bisa melakukan posisi berlawanan pantat dengan pasangan.

Caranya, kalian hanya perlu berbaring miring namun dalam arah berlawanan. Kamu mengarah ke kanan, sementara pasanganmu ke arah kiri, namun dengan posisi pantat yang saling bersentuhan.

Walaupun demikian, posisi ini juga bisa memberikan kedekatan antara kamu dan pasangan yang menginginkan kebebasan saat tidur.

6. Berbaring di atas tubuh pasangan

di atas tubuh pasangan

(foto: istockphoto)

Menurut sebuah studi, posisi berbaring di atas tubuh pasangan akan terasa nyaman karena merasakan kedekatan satu sama lain.

Caranya, pasanganmu berbaring terlentang sementara kamu berbaring diatasnya dengan posisi terngkurap sembari memeluknya dengan hangat.

Namun, ketika melakukan ini sebaiknya jangan terlalu lama sebab pasanganmu yang berada di bawah akan merasa sesak karena tertindih oleh tubuhmu.

7. Posisi pegangan tangan

pegangan tangan

(foto: istockphoto)

Jika kamu dan pasangan ingin memiliki cukup ruang saat tidur namun juga ingin terasa lebih dekat, maka bisa mencoba cuddle hoding hands alias pegangan tangan.

Kalian hanya perlu berpegangan tangan saja tanpa harus berpelukan atau posisi berdekatan. Tenang saja, posisi ini juga bisa membuatmu dan pasangan merasa nyaman dan hangat.

8. Posisi berhadapan

berhadapan

(foto: istockphoto)

posisi berhadapan atau face to face sama seperti berpelukan saat berdiri. Bedanya, posisi ini dilakukan bersama pasangan di atas ranjang bisa dengan duduk atau tidur.

Caranya, posisikan tubuhmu dan pasangan saling berhadapan sembari berpelukan ataupun ciuman. Usahakan letak tubuh kalian sejajar, yakni tidak ada yang lebih tinggi maupun pendek.

Posisi ini mengisyaratkan bahwa kamu dan pasanganmu benar-benar saling menyayangi sehingg tidak ingin sedetikpun berpaling dari pandangan wajahnya.

Baca juga: 10 Khasiat Jambu Kristal, Buah Manis dan Banyak Manfaat

Manfaat cuddle

Selain terciptanya keintiman dan keharmonisan, rupanya cuddle juga bisa memberikan manfaat lain untuk pasangan yang melakukannya. Adapun beberapa manfaat tersebut diantaranya:

1. Meredakan stress

Stress merupakan suatu kondisi mental yang terganggu akibat tekanan yang terlalu berlebihan. Jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus, maka aka mengakibatkan depresi.

Cuddle ternyata bisa meredakan stress karena hormon serotonin alias hormon bahagia meningkat secara signifikan, sehingga rasa nyaman dan senang tercipta saat melakukannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada beberapa peserta membuktikan bahwa peserta yang mendapat perlakukan cuddle mampu menghadapi faktor pemicu stress.

Oleh sebab itu, saat stress mulai menyerang, disarankan untuk melakukan cuddle bersama pasangan agar sedikit lebih reda.

2. Kualitas tidur semakin meningkat

Rasa nyaman ketika tidur dengan posisi cuddle juga bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

Hal ini disebabkan oleh kadar hormon oksitosin yang meningkat saat melakukan cuddle dengan pasangan. Hormon itulah yang menyebabkan seseorang tidur lebih cepat dan lelap.

Bahkan, pernyataan tersebut dibenarkan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa pelukan dari pasangan sebelum tidur mampu memberikan efek positif pada tidur mereka.

3. Mengurangi rasa sakit

Ketika kamu mengalami rasa sakit berupa fisik maupun non fisik, maka sebaiknya lakukan cuddle dengan pasangan. Sebab, aktivitas tersebut terbukti ampuh mengurangi rasa sakit.

Hal ini dikarenakan pelukan hangat mampu menghalang rasa sakit mencapai otak sehingga membantumu melewatinya. Apalagi, cuddle bisa meningkatkan kualitas tidur sehingga tidurmu terbalas lebih lelap.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh alias imunitas yang bagus sangat dibutuhkan agar tubuh terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Rupanya, melakukan cuddle secara teratur bisa mengurangi resiko terpapar virus penyebab penyakit seperti flu. Hal ini dikarenakan cuddle mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan virus dan bakteri yang akan masuk.

5. Membantu melancarkan pencernaan

Cuddle secara rutin bisa membantu melancarkan pencernaan. Pasalnya, hormon oksitosin yang dihasilkan mampu dapat meningkatkan kualitas tidur lebih lelap, ternyata juga bisa tubuh mencerna makanan.

Bisa disimpulkan bahwa semakin banyak kamu melakukan cuddle bersama pasangan, maka hormon oksitosin yang dihasilkan juga semakin meningkat. Dengan demikian, sistem pencernaanmu akan semakin lancar.

Akhir kata

Itu dia beberapa posisi dan manfaat cuddle yang bisa dilakukan bersama pasangan. Selain dapat menambah keharmonisan dan keintiman dalam sebuah hubungan, cuddle juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk berbagi perasaan kasih sayang melalui cuddle bersama pasangan. Hal tersebut bisa membuat hubunganmu jauh dari kata bosan ataupun jenuh.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.