lifestyle

10 Khasiat Jambu Kristal, Buah Manis dan Banyak Manfaat

Penulis:   | 

Manfaat jambu kristal sangat bagus untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit. manfaat tersebut bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi buah tersebut secara rutin.

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu biji yang dihasilkan dari perkawinan silang. Ia memiliki perbedaan dengan jambu biji lainnya.

Sebab, biji yang terkandung di dalamnya hanya sedikit, yakni sekitar 3% dari berat badannya.

Jambu yang berasal dari Distrik Kao Shiung Taiwan pada tahun 1991 ini bisa berbuah sepanjang tahun, sehingga bisa menikmati buahnya setiap tahun.

Selain itu, juga termasuk tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan mudah di daerah tropis, khususnya Indonesia.

Selain memiliki rasa manis dan renyah, jambu kristal ternyata juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan jika dikonsumsi secara rutin. Apa saja khasiat jambu kristal? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 11 Manfaat Jahe, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menjaga kesehatan mata

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Menjaga kesehatan mata merupakan hal penting yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, mata merupakan organ yang digunakan untuk melihat seluruh isi dunia.

Jika mata mengalami masalah, maka kita tidak bisa melihat indahnya alam ciptaan Tuhan.

Jambu kristal rupanya memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sama seperti wortel dan pepaya, jambu ini mengandung vitamin A yang dipercaya ampuh untuk menyehatkan mata.

Selain itu, juga bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak, silinder, rabun dekat, rabun jauh, dan rabun ayam.

Oleh sebab itu, rutinlah mengonsumsi jambu kristal agar kesehatan matamu tetap terjaga dan terhindar dari gangguan mata yang mengakibatkan masalah pada penglihatan.

2. Melancarkan pencernaan

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Terjadi masalah pada pencernaan seperti sembelit diakibatkan oleh kurangnya konsumsi serat setiap harinya.

Oleh sebab itu, diperlukan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi agar sistem pencernaan lancar.

Salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memperlancar pencernaan adalah jambu kristal.

Pasalnya, jambu ini ternyata mengandung serat tinggi yang baik untuk pergerakan usus untuk mencerna makanan lebih mudah.

Dengan begitu, sistem pencernaan bisa berfungsi dengan baik dan berjalan lancar. Sehingga, masalah sembelit tidak akan datang.

3. Sumber antioksidan

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas yang mencoba masuk dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jika tubuh tidak memilki antioksidan yang cukup, maka akan menimbulkan efek buruk seperti penuaan diri.

Bahkan, bisa menyebabkan resiko timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit kronis lainnya.

Jambu biji mengandung antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mencukupi kebutuhan antioksidanmu.

4. Membantu menurunkan berat badan

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Berat badan secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Untuk itu, kita harus bisa mengontrol berat badan dengan cara diet dan olahraga secara teratur.

Bagi kamu yang ingin ngemil tapi takut berat badan semakin naik, jambu kristal merupakan pilihan tepat untuk dijadikan sebagai makanan sehat selama diet.

Pasalnya, kandungan serat tinggi serta rendahnya kalori di dalam jambu ini sangat cocok bila dikonsumsi selama proses penurunan berat badan.

5. Mengatasi sariawan

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Sariawan merupakan kondisi dimana area mulut dan lidah mengalami luka seperti bintik-bintik. Biasanya, disebabkan oleh kurangnya konsumsi vitamin C.

Ketika sariawan, mulut akan terasa sakit. Sehingga, untuk makan saja akan terasa sulit tidak nyaman. Oleh sebab itu, sebaiknya sariawan segera diobati.

Tahukah kamu, bahwa ternyata jambu kandungan vitamin C pada jambu kristal lebih tinggi dua kali lipat dibanding buah jeruk.

Sehingga, jika dikonsumsi secara rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Dengan demikian, vitamin C dalam tubuhmu akan terpenuhi sehingga sariawan dapat dicegah dan diobati dengan cepat.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Sirih, Bisa Turunkan Berat Badan

6. Menjaga kesehatan jantung

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Jantung merupakan organ vital yang wajib dijaga kesehatannya. Pasalnya, jika jantung bermasalah dapat menyebabkan efek yang sangat fatal, yakni kematian.

Oleh sebab itu, sangat perlu untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi baik agar jantung tetap sehat.

Jambu kristal mengandung kalium serta serat larut yang cukup tinggi. Sehingga, jika dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, mengkonsumsi jambu ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Seperti yang kita tahu, bahwa kedua faktor tersebut merupakan pemicu terjadinya penyakit jantung.

7. Sumber asam folat bagi ibu hamil

10 Khasiat Jambu Kristal untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Pasalnya, tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk janin yang sedang dikandungnya agar tetap sehat dan lahir dengan selamat.

Asam folat merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil agar janin yang dikandung tidak bermasalah, seperti mengalami cacat, baik fisik maupun otak.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, ibu hamil bisa mengonsumsi jambu kristal. Sebab, jambu ini memiliki kandungan sebagai sumber folat yang sangat baik jika dikonsumsi secara rutin.

8. Meredakan flu dan batuk

Meredakan flu dan batuk

(foto: istockphoto)

Walaupun bukan termasuk penyakit berbahaya, akan tetapi jika flu dan batuk tidak segera ditangani maka akan dapat mengganggu aktivitas, terutama ketika sedang tidur.

Susah bernapas akibat flu dan batuk yang tiada henti bisa menggangu tidur, akibatnya tubuh kurang tidur dan bisa menyebabkan penyakit lainnya.

Selain itu, juga bisa menularkan kepada orang terdekat. Sebab, penyakit ini disebabkan oleh virus yang dapat menyebar melalui udara.

Di dalam jambu kristal rupanya terdapat antimikroba yang mampu melawan virus penyebab flu dan batuk. Untuk itu, konsumsilah jambu kristal setiap hari untuk mencegah datangnya berbagai virus.

9. Meningkatkan sistem imun

Meningkatkan sistem imun

(foto: istockphoto)

Sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit, sehingga tidak mudah sakit.

Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan cara berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti jambu kristal.

Dengan demikian, mengonsumsi jambu kristal dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan mampu melawan potagen penyebab terjadinya penyakit.

10. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit

(foto: istockphoto)

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, rupanya jambu kristal juga menawarkan khasiat kecantikan yakni menjaga kesehatan kulit.

Jambu kristal jika dikonsumsi secara rutin mampu memenuhi asupan nutrisi pada kulit. Selain itu, antioksidan yang cukup tinggi juga bisa menjaga kebutuhan vitamin tercukupi dengan baik.

Kandungan vitam E pada jambu kristal dapat membantu menentukan kolagen. Seperti yang kita tahu bahwa kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting untuk mengencangkan dan melembabkan kulit sehingga terlihat lebih sehat.

Efek samping jambu kristal

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Mengonsumsi jambu kristal memang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang justru membahayakan kesehatan tubuh.

1. Menyebabkan masalah ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang berada di dalam tubuh. Dikatakan sebagai organ penting karena memiliki tugas yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Adapun tugas ginjal adalah untuk menyaring darah sebelum akhirnya diedarkan ke seluruh tubuh. Darah yang mengalir biasanya emmbewa oksigen, nutrisi, serta kotoran yang dapat menimbulkan berbagai pneyakit.

Sehingga, tugas ginjal adalah untuk menyaring kotoran tersebut sehingga darah hanya mengedarkan oksigen dan nutrisi saja.

Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik.

Mengonsumsi jambu kristal dalam jumlah yang terslalu banyak dapat mengakibatkan masalah pada organ ini.

Sebab, terdapat kandungan vitamin C cukup tinggi di dalamnya yang mana dapat menghasilkan asam oksalat dalam jumlah besar. Kelebihan asam tersebut dapat menyebabkan batu ginjal yang akhirnya bersarang di dalam ginjal.

Akibatnya, organ tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal.

2. Masalah pencernaan

Setiap makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh, maka selanjutnya akan melalui tahap pencernaan yang dilakukan oleh beberapa organ pencernaan.

Terkadang, sistem pencernaan mengalami gangguan, seperti diare, sembelit, tukak lambung, dan masih banyak lainnya.

Mengonsumsi jambu kristal secara berlebihan rupanya dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Hal tersebut dikarenakan jambu kristal mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga, jika seseorang mengonsumsinya terlalu banyak, maka dapat mengalami kelebihan vitamin C.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin C dalam tubuh sebesar 60 hingg 95 mg per harinya. Sementara, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jambu tersebut sangat besar bahkan lebih besar dibanding jeruk.

Tidak hanya itu,  biji yang terdapat di dalam buah tersebut tidak mampu dicerna sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak dapat menyebabkan reaksi mual, muntah, perut kembung, kram perut, hingga diare.

3. Menyebabkan flu dan batuk

Flu dan batuk merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menular melalui udara dan cairan.

Saat sedang flu, hidung akan memproduksi lendir dalam jumlah banyak yang biasa disebut dengan ingus.

Ingus yang menumpuk kerap menyebabkan hidung tersumbar sehingga akan sulit untuk bernapas.

Biasanya, flu datang bersamaan dengan batuk, yang seringkali membuat tenggorokan terasa gatal sehingga membuat tidak nyaman.

Minum es, cuaca dingin, serta alergi juga menjadi penyebab penyakit ini. Tidak hanya itu, mengonsumsi jambu kristal rupanya juga dapat menyebabkan flu dan batuk.

Memang terdengar cukup aneh, pasalnya buah tersebut tidak memiliki suhu dingin seperti es.

Namun, rupanya jambu kristal dapat menimbulkan flu dan batuk jika dikonsumsi pada malam hari. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi buah tersebut di malam hari.

4. Kenaikan berat badan

Saat sedang dalam proses penurunan berat badan, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi seperti buah-buahan, sehingga bisa dikatakan bahwa tidak semua makanan bisa dikonsumsi secara bebas.

Jambu kristal merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi saat sedang diet. Akan tetapi, jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak, maka dapat menaikkan berat badan.

Sebab, di dalam jambu kristal terdapat kandungan karbohidrat cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan secara signifikan.

Selain dapat meningkatkan berat badan, kelebihan karbohidrat juga bisa membuat gula dara menjadi naik sehingga memicu resiko penyakit diabetes.

Oleh sebab itu, sebaiknya batasi jumlah konsumsi jambu kristal. Jumlah yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 buah per harinya karena sudah mencukupi kebutuhan  buah yang direkomendasikan, yakni 4 hingga 5 buah per hari.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa khasiat jambu kristal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit jika dikonsumsi secara rutin.

Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari sebagai cemilan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Selain bisa menikmati rasanya yang lezat dan manis, kamu juga akan mendapatkan manfaat baiknya ketika mengonsumsi jambu kristal. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi buah tersebut harus dalam batas jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping.

Jika memungkinkan untuk menanamnya di rumah, kamu bisa mencobanya untuk melestarikan pohon jambu ini.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.