lifestyle

17 Manfaat Daun Sirih, bisa Turunkan Berat Badan

Penulis:   | 

Manfaat daun sirih sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika tumbuhan yang hidup dengan cara merambat pada batang pohon lain ini banyak digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang dikenal dengan bermacam-macam nama seperti sireh, sere, amo, suro, bido, amo, dan base. Penyebutan nama-nama tersebut biasanya tergantung pada asal daerah.

Ada beberapa wilayah yang menggunakan daun sirih sebagai kebiasaan mengunyah, yang kerap disebut dengan nginang.

Pada saat nginang, mereka akan menambahkan kapur, gambir, dan buah pinang yang nantinya dibungkus menggunakan daun sirih.

Nah, berikut ini adalah 10 manfaat daun sirih untuk kesehatan. Apa saja manfatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 9 Tips Aman Bleaching Rambut di Rumah

1. Menurunkan berat badan

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan karena ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal, maka daun sirih adalah solusinya.

Hal ini dikarenakan daun sirih bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsinya secara tertur, maka metabolisme atau sistem pencernaan dalam tubuh akan menjadi lebih lancar.

Seperti yang kita tahu bahwa sistem pencernaan yang bermasalah akan berdampak pada susahnya buang air besar.

Kotoran yang tidak dibuang secara rutin maka akan mengendap di dalam tubuh dan berubh menjadi lemak dan daging.

Hal itulah yang menjadikan berat bedan semakin bertambah dan tubuh menjadi semakin gemuk.

2. Mengatasi asma

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Asma merupakan salah satu kondisi dimana kita akan mengalami kesulitan saat bernapas. Saat asma kambuh maka aktivitas akan menjadi terganggu.

mengonsumsi daun sirih hijau rupanyan mampu mengatasi asma. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi pada daun tersebut mampu mengatasi masalah peradangan yang menyebabkan asma.

Selain itu, daun sirih juga memiliki manfaat anti histamin yang mampu mencegah kambuhnya asma.

3. Mengobati diabetes

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya, sebab jika tidak ditangani dengan benar makan dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk, seperti kematian.

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis, serta konsumsi karbohidrat yang berlebih.

Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan dan minuman pemicu diabetes. Selain itu, mengonsumsi daun sirih hijau juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Caranya, rebus beberapa helai daun sirih hijau dalam beberapa gelas air. Kemudian, minumlah air rebusn tersebut secara teratur.

4. Mengobati depresi

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Kurangnya istrirahat, pekerjaan menumpuk, terlalu banyak pikiran, dan rasa khawatir terlalu berlebih merupakan faktor pemicu stress.

Stress yang tidak segera ditangani akan menyebabkan dampak buruk lainnya, yakni depresi yang dapat mengakibatkan rasa sedih secara terus menerus.

Kondisi tersebut terkadang bisa mengakibatkan penderitanya melakukan hal nekat dengan melukai diri sendiri, bahkan bunuh diri.

Oleh sebab itu, depresi harus segera ditangani dan diobati agar tidak mengakibatkan penyesalan. Mengonsumsi daun sirih hijau rupanya mampu membantu mengurangi depresi.

Hal ini dikarenakan daun sirih bisa memproduksi hormon serotonin saat dikonsumsi. Bahkan, sebuah peneletian juga membenarkannya.

Mereka mengungkapkan bahwa mengunyah daun sirih atau mengonsumsi air rebusannya dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia. Sehingga, rasa depresi berkurang.

5. Mencegah infeksi

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Infeksi biasanya terjadi pada luka yang tidak terjaga kebersihannya. Luka yang tidak dibersihkan dengan benar menjadi tempat tinggal bakteri sehingga menyebabkan infeksi yang ditandai dengan keluarnya nanah, bengkak, dan rasa sakit pada luka.

Daun sirih memiliki manfaat untuk mencegah infeksi pada luka terutama yang disebabkan oleh bakteri.

Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung fenol dan flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Dengan demikian, resiko terjadinya infeksi dapat dihindarkan.

Baca juga: 4 Manfaat Baik Daun Sungkai, Dianggap Bisa Obati Covid-19?

6. Mengobati diare

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Diare merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang menginfeksi usus besar.

Biasanya, penyakit ini akibat pola makan yang kurang sehat, seperti mengonsumsi makanan pedas, serta kurang terjaga kebersihannya.

Umumnya. diare ditandai dengan gejala mulas, sakit perut seperti melilit, serta buang air besar secara terus menerus dengan tekstur encer. Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas.

Tidak hanya itu, jika diare tidak segera diobati maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih rupanya bermanfaat membantu mengobati diare.

Sebab, daun mengandung sterol yang memiliki kemapuan untuk melawan dan membunuh mikroba jahat dalam tubuh, terutama bakteri E.coli penyebab diare.

7. Menghilangkan aroma tidak sedap pada kemaluan

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Aroma kurang sedap pada kemaluan bisa terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan, salah satunya adalah jarang mengganti celana dalam.

Akibatnya, area kemaluan menjadi lembab sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk sarang bakteri penyebab bau.

Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka hubungan rumah tangga dengan suami menjadi kurang harmonis. Pasalnya, suami akan enggan melakukan seks ketika kemaluanmu mengeluarkan aroma kurang sedap.

Oleh sebab itu, hilangkan aroma tidak sedap pada kemaluan dengan cara mengonsumsi air rebusan daun sirih.

Selain direbus, kamu juga bisa menggunakannya sebagai air pembersih untuk membersihkan kemaluan.

8. Mengurangi rasa nyeri ketika haid

Mengurangi rasa nyeri ketika haid

(foto: istockphoto)

Saat wanita sedang haid, pasti akan mengalami rasa nyeri dan sakit pada perut, pinggang, pinggul, dan payudara. Kondisi tersebut disebut dengan gejala PMS.

Tak jarang, rasa nyeri yang datang bisa mengganggu aktivitas, sehingga perlu dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Sebagian besar dari mereka menggunakan obat tradisional untuk mengobati rasa nyeri.

Jika kamu mengalami kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan daun sirih sebagai pereda nyeri.

Caranya, rebus daun sirih bersama dengan kunyit, mahkota dewa dan umbu dewa. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin sampai rasa nyeri berkurang dan hilang.

9. Mengobati jerawat

Mengobati jerawat

(foto: istockphoto)

Jerawat merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian besar orang, baik pria maupun wanita.

Masalah tersebut biasanya terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan wajah dan konsumsi makanan yang kurang sehat.

Tak jarang, jerawat bisa membuat mereka menjadi stress akibat susahnya dihilangkan.
Jika kamu memiliki masalah jerawat, terutama di bagian wajah, kamu bisa menggunakan daun sirih untuk mengobatinya.

Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung tanin, flavonoid, dan saponin yang bersifat antibakteri sehingga dipercaya ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya, rebus beberapa helai daun sirih. Kemudian, gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan cara tersebut secara rutin sampai jerawat berkurang dan hilang.

10. Membersihkan mata

Membersihkan mata

(foto: istockphoto)

Mata kotor bisa menyebabkan penglihatan menjadi terganggu. Oleh sebab itu, ada baiknya jika mata selalu dibersihkan secara rutin.

Membersihkan mata bisa dengan cara menggunakan daun sirih. Kandungan senyawa minyak atsiri yang tersusun atas fenol, terpem, kardinen, kariofilen, metal eter, seskuiterpen, terpinen, dan menthin dipercaya mampu membersihkan kotoran pada mata.

Caranya, rebus daun sirih atau bisa juga mengambil ekstraknya. Teteskan secukupnya pada mata kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Kolesterol merupakan lemak yang dikproduksi secara alami oleh organ hati dan juga bisa diperoleh dari makanan yang berminyak.

Lemak ini memiliki fungsi bain bagi tubuh yakni membantu dalam pembentukan sel. Akan tetapi, jika jumlah produksi kolesterol terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan resiko penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit jantung.

Selain kolesterol tinggi, penyakit jantung bisa juga disebabkan oleh tekanan darajh terlalu tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi.

Oleh sebab itu, kedua kondisi tersebut yakni kolesterol dan tekanan dara harus bisa dikontrol agar jumlahnya tetap normal.

Untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang terlanjur tinggi, kamu hanya perlu memanfaatkan saun sirih. Hal ini dikarenakan, daun sirih mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Manfaat daun sirih juga bisa menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol jahat, serta menaikkan kadar kolesterol baik.

Caranya, rebus 3 sampai 4 lembar daun sirih dengan 3 gelas air putih. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto: pexels)

Mulut dan gigi merupakan bagian dari organ tubuh yang memiliki banyak peranan penting, seperti sebagai organ pencernaan, untuk berbicara, untuk bernapas, dan masih banyak lainnya.

Mengingat pentingnya fungsi kedua organ tersebut, maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihannya.

Mulut dan gigi yang tidak pernah dirawat maka dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang akan menyebabkan berbagai masalah seperti bau mulut tidak sedap, gigi berlubang, sariawab, gusi bengkak, karang gigi, dan masing banyak lainnya.

Masalah mulut dan gigi tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas seharii-hari., terlebih lagi ketika makan dan berbicara berhadapan dengan orang lain.

Manfaat daun sirih mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sebab, kandungan senyawa antioksidan di dalamnya mapu menghambat pertumbuhan virus dan bakteri mulut

Selain itu, ia juga dapat membantu melawan asam penyebab gigi berlubang yang dihasilkan oleh bakteri,

Cara untuk mengonsumsi daun sirih untuk membasmi bakteri mulut adalah dengan mengunyah secara langsung atau merebus beberapa lembar daun tersebut, lalu menjadikan air rebusannya sebagai obat kumur.

13. Mengobati mimisan

17 Manfaat Daun Sirih, bisa Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Mengobati mimisan dengan saun sirih merupakan cara alternatif yang sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan, cara ini dianggap paling ampuh sehingga sebagian besar orang melakukannya.

Dalam medis, pengobatan alternatif tersebut memang dibenarkan. Daun sirih memang terbukti dapat mengobati mimisan dengan sistem kerja yang sama seperti dengan menyembuhkan luka bakar.

Hal ini dikarenakan, daun ini mengandung antioksidan tannin yang mampu mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka dengan cara mempercepat pembekuan darah dan menutup sobekan pada pembuluh dara dalam hidung penyebab mimisan.

Sebuah studi membuktikan bahwa daun sirih rupanya tidak hanya mampu mempercepat pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka, ia juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan demikian, semakin kuat sistem daya tahan tubuh, maka semakin cepat pula peradangan dan luka bisa sembuh.

14. Obat radang prostat

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Radang prostat atau yang kerap disebut dengan prostatitis merupakan penyakit yang menyebbakan peradangan atau pembengkakan pada kelenjar prostat.

Umumnya, penyakit ini menyerang seseorang yang berusia antara 30 sampai 50 tahun akibat infeksi bakteri yang berasal dari penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih.

Penyakit ini juga disebabkan oleh stress, cedar saraf dekat prostat, riwayat infeksi saluran kemih, sindrom kelelahan kronis, serta trauma akibat benturan.

Gejala yang ditimbulkan oleh prostatitis adalah demam, menggigil, urine berbusa dan berbau tidak sedap, terdapat darah pada urine, sering buang air kecil di malam hari, nyeri saat buang air kecil, serta nyeri pada perut.

Mengobati radang prostat bisa dilakukan dengan pengobatan alternatif, yakni dengan menggunakan daun sirih. Hal ini dikarenakan, daun ini menganudng antioksidan tannin dan saponis yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat yang sudah mengalami kerusakan agar bisa berfungsi dengan baik seperti biasa.

Caranya, ambil 3 sampai 5 daun sirih yang masih muda. Rebus dengan air putih, kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

15. Mengobati rematik

9 Manfaat tepung maizena untuk kesehatan tubuh

(foto: diabetes UK)

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang sendi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, terutama seseorang yang sudah berusia di atas 40 tahun.

Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh faktor genetik, faktor usia, infeksi bakteri dan virus, paparan asap rokok dan polusi udara, serta kondisi tubuh yang sedang mengalami berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, hipertensi, dan lain sebagainya.

Gejala yang ditimbulkan oleh rematik adalah nyeru sendi, demam, rasa Lelah berlebihan, penurunan berat badan, kekakuan pada sendi, serta pembengkakan pada sendi.

Seseorang yang terkena penyakit ini, biasanya akan mengalami kecanduan terhadap obat-obatan kimia untuk menghilangkan rasa nyeri. Jika obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal dan hati.

Oleh sebab itu, sebaiknya beralihlah pada pengobatan herbal, salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirih.

Kandungan flavonoid dan fenol yang terdapat di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh peradangan sendi.

16. Mengurangi keputihan

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Sebagian besar wanita pasti mengalami keputihan. Normalnya, keputihan tidak akan menimbulkan dampak buruk jika dalam batas normal.

Namun, banyak wanita yang mengalami masalah keputihan abnormal, misalnya seperti keputihan berwarna hijau dan berbau, jumlah keputihan terlalu banyak, serta terasa gatal.

Masalah keputihan yang seperti itu dapat menyebabkan masalah serius pada area kewanitaan dan juga rahim wanita.

Oleh karenanya, dibutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi masalah keputihan, salah satunya dengan cara mengonsumsi daun sirih.

Manfaat daun sirih rupanya mampu mengurangi keputihan. Kamu bisa merebusnya dengan campuran kunyit dan rempah lainnya.

Agar hasilnya lebih maksimal. Minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

17. Mengatasi mata gatal dan merah

17 Manfaat Daun Sirih, bisa Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Mata gatal dan merah kerap dirasakan oleh sebagian besar orang akibat masuknya debu ataupun binatang kecil lainnya pada mata.

Tidak sedikit dari mereka akan mengucek mat ajika terasa gatal. Akibatnya, mata akna menjadi merah dan berair.

Jika terus menerus mengucek mata, maka kemungkinan besar organ tersebut akan mengalami infeksi yang bisa jadi dapat menimbulkan dampak buruk lainnya.

Manfaat daun sirih mampu mengatasi mata gatal dan merah. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih, kemudian diamkan sampai dingin.

Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata sampai kotorannya keluar dan rasa gatal hilang. Akan tetapi, jika rasa gatal tersebut tidak kunjung hilang, maka segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan dengan tepat.

Demikianlah 10 manfaat daun sirih untuk kesehatan. Walaupun dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, akan tetapi perlu diingat bahwa sebaiknya gunakan secara bijak dan jangan berlebihan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.