. ";s:18:"ihaf_insert_footer";s:0:"";s:16:"ihaf_insert_body";s:0:"";s:21:"_transient_doing_cron";s:33:"1596417378.3123149871826171875000";}}

travel

Mau Liburan, Ini Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bogor

By  | 

Kota Bogor selalu punya daya tarik wisatanya tersendiri. Terbukti, dari keadaan kotanya yang selalu ramai di kala akhir pekan tiba.

Selain karena wilayahnya yang masih tergolong berdekatan dengan kota-kota besar, Kota Bogor juga menyimpan banyak kekayaan alam yang membuatnya memiliki segudang destinasi wisata.

Mari kita tengok, tujuan wisata andalan apa saja yang ada di kota yang dijuluki Kota Hujan ini.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Wajib di Kota Padang Untuk Liburan Bersama Keluarga

1. Berendam air panas sembari menikmati lanskap Kota Bogor di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita bogor

(foto: instagram/yudhieyudhiestira)

Destinasi wisata Bogor yang pertama adalah Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, yang berlokasi di Jl. Cogreg, Desa Bojong Indang, Kecamatan Parung, Bogor. Tak hanya menawarkan sensasi bermain air di kolam saja.

Air dari pemandian ini, disebut-sebut dapat digunakan sebagai obat dari beberapa penyakit, seperti penyakit tulang dan kulit. Air di sini dikatakan baik untuk kulit, dikarenakan mengandung garam yang dipercaya mampu menghaluskan sekaligus merawat kulit.

Area wisata ini berada di luas lahan 8 hektar. Selain pemandian air panas, kamu juga bisa menikmati wahana outbound serta penginapan yang disediakan di area ini. S aat masuk kamu akan disambut dengan deretan pohon palem yang berjajar rapi di setiap sisi.

Di sekitar pohon-pohon palem tersebut, juga tersedia tempat bermain anak. Sementara, masuk ke dalam kamu akan melihat para pedagang yang menjajakan botol-botol ait berisi ikan cupang.

Warna kolam air utama yang seringkali ramai pengunjung berupa daya tarik kehijauannnya. Dari sini, kamu dapat melihat pemandangan gunung yang nampak ditutupi salju putih, padahal terkena kapur. Sama halnya denga bebatuan besa yang berada di bawah kolam pemandian, yang juga mulai memutih karena terpapar belerang.

Jika kamu berniat menikmati wahana outbound di sini, kamu bisa cukup puas karena kelengkapan wahananya, antara lainsepeda air, monorel, motor cruss, fancy trans, rumah balon, ATV, paintball, dan masih banyak lagi.

2. Menyaksikkan indahnya danau biru, Danau Quarry

Danau Quarry Bogor

(foto: instagram/ christianhariyanto)

Danau Quarry merupakan danau nan eksotis, yang berada di Desa Kampung Sawah, Bogor. Danau ini memiliki daya tarik warna airnya yang menakjubkan. Yaitu warna kehijauan yang jernih. Ditambah dengan bebatuan alami yang tersusun indah di sekitarnya.

Maka dari itu, danau ini pantas disenut sebagai primadona wisata di kota hujan. Hanya saja, kamu tidak diizinkn untuk berenang di sini, demi keamanan para pengunjung dalam berwisata di sini.

Namun, tenang kamu masih bisa berfoto dengan lanskap alamnya yang memukau. Serta menikmati sunrise maupun sunset yang nampak menjadi pemandangan yang mahal.

Asal mula danau ini sendiri, berasal dari sisa aktivitas pertambangan yang dahulu berada di sini. kemudian, muncul genangan air yang berwarna hijau tua.

Sehingga, dikatakan genamgan air terbentuk dari hasil galian pertambangan pemecah batuan yang digunakan untuk menghasilkan beton berkualitas. Namun, aktivitas pertambangan kemudian terhenti di tengah jalan, karena diprotes warga.

Sekian lama terbengkalai, air bekas galian terus-menerus digenangi hujan selama bertahun-tahun, hingga akhirnya menjadi sebuah danau. Dahulu, Danau Quarry dikenal dengan nama Danau Jayamix Rumpin. Danau Quarry memiliki kedalaman hingga 27 meter.

Sayangnya, kondisi jalan untuk akses masuk ke kawasan wisata danau ini, belum begitu bagus. Kamu harus bersabar melewati jalan berpasir dan berlubang. Tapi, jangan khawatir karen panorama Danau Quarry yang menakjubkan sudah menanti.

3. Mengenali budaya kesepuhan Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

(foto: instagram/mellychandra)

Jika kamu mengajak si kecil berlibur, kamu bisa coba berwisata sambil belajar kebudayaan di Kampung Budaya Sindangbarang, yang terletak Menteng, Desa Pasir Eurih, Tamansari, Bogor. Kampong wisata ini sudah dipoles sedemikian rupa, demi menarik menarik minat banyak pelancong untuk datang ke sini.

Terbukti, kampong ini berhasil membangun eksistensinya juga dalam menampilkan berbagai ciri khas kebudayaan disertai nilai keindahan, yang membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

Di Indonesia, memang sudah banyak kampong wisata, salah satunya Kampung Sindangbarat ini. Selain sebagai upaya pemerintah dalam menciptakan cagar budaya dan membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih senang memepelajari berbagai kebudayaan di negeranya, keberadaan kampong wisata juga memberikan dampak positif tersendiri bagi penduduknya.

Jenis kebudayaan yang dipelajari di Kampung Budaya Sindangbarat adalah mengenai sejarah Kesepuhan Sunda Tempo Dulu. Unikmya, saat kamu bertandang ke kampong ini, kamu akan langsung disambut oleh ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas budaya.

Sebagai sudah upacara penyambutan ii, sudah menjadi warisan adat turun-temurun. Beberapa aktivitas wisata budaya yang bisa kamu coba di sini, antara lain belajar menari karawitan, tracking, menyaksikan acara adat Seren Taun, mendengarkan penuturan kisah kerajaan sunda, rafting, perpusatakaan kampung, dan masih banyak aktivitas lainnya yang tak kalah seru.

4. Menikmati surga tersembunyi di Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk Bogor

(foto: instagram/royajadeh)

Bogor banyak menyimpan keelokan kolam alam, atau curug. Salah satunya, adalah Lewi Lieuk. Daya tarik Leuwi Lieuk adalah letak aliran sungainya berada di himpitan dua bebatuan besar, dengan air jenih kehijauan yang menawan.

Di curug ini, salah satu aktivitas ekstrem yang bisa dilakukan adalah memlompat dari atas tebingnya. Di sini, bahkan terdapat tiga spot lompat yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda, dari yang setinggi sekitar 7 meter, lalu 5 meter dantendek 3 meter.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba olahraga air body rafting di sini. namun, kamu juga perlu berhati-hati, karena area kolam curug ini, semakin ke tengah semakin dalam.

Kamu juga perlu berhati-hati saat memanjat tebing untuk melompat, karena fasilitas pegamannya hanya berupa seutas tali untuk berpegangan. Keaadaan tebing yang licin juga perlu diperhatikan.

Leuwi Lieuk ini terletak di Kampung Cibereum, Jalan Gunungwangun, Sukamakmur, Bogor. Leuwi Lieuk ini masih berada di kawasan yang sama dengan Leuwi Hejo.

Di sini juga terdapat dua curug lagi, yaitu Leuwi Cepet, yang lebi sering digunakan sebagai tempat persinggahan, dan barong. Bermain air di kawasan curug ini, akan terasa menyenangkan karena begitu menantang adrenalin, apalagi bagi kamu yang suka berpetualang di alam liar.

5. Sensai bermalam dalam tenda Suku Mongolia dan Indian di Highland Park Resort

The Highland Park Resort bogor

(foto: instagram/denusatravel)

Untuk kamu yang sedang ingin melepaskan kejenuhan  tinggal di perkotaan, berkunjung menginap ke Highland Park Resort bisa jadi merupakan sebuah solusi yang tepat.

Ya, penginapan yang berada di bawah kaki gunung salak ini, menawarkan sensasi menginap di dalam tenda putih layaknya milik bangsa Mongolia atau Indian dan suku lainnya.

Penginapan yang lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Halimun ini, mennghadirkan konsep glamour-camping dari arsitekturnya.

Ya, meskipun bisa dibilang berada di tenda alam terbuka, namun fasilitas di dalam penginapan tenda tersebut tetap lengkap dan modern. Namun, udara segar di sekitarnya akan jauh lebih menenangkan pikiran kamu.

Tak hanya itu, kamu pun bisa mencoba berbagai aktivitas seru yang bisa kamu jajal di sini. di antarnya seperti Fun Games, Gathering, Seminar, Team Building, Pameran dan lainnya.

Sementara fasilitas pendukung lainnya berupa  meeting room, ballroom, equestrian, outbond, berkuda, edu-camp, mini-zoo dan masih banyak lagi.

Keseluruhan jenis tipe penginapan di Highland Park Resort ada tiga, antara lain Tpe Mongolian dengan interior eksklusif dan mewah. Lalu ada tipe rumah suku Indian yang disebut Apache, yang cocok untuk yang senang dengan alam liar karena berdekatan dengan curug nangka dan pacuan kuda.

Nah, untuk kamu yang lagi butuh menyendiri, tipe rumah pohon dengan interior kayu akan lebih cocok untuk kamu, karena konsepnya yang private.

Baca juga: 10 Daya Tarik Wisata Banyuwangi yang Tak Pernah Ada Habisnya

6. Bercengkrama dengan rusa di penangkaran rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Taman Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

(foto: instagram/riniyupitasarii)

Wisata Bogor, terkenal juga dengan wisata perkebunan hingga banyaknya habitat satwa. Seperti halnya terdapat beberapa Penngkaran Rusa yang ada di sini. satu di antaranya, adalah Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu. Penangkaran Cariu, termasuk temapat penangkaran rusa yang paling rmai dikunjungi.

Di kawasan wisata ini, kamu bisa bercengkrama dengan hewan bertanduj dua ini. Karena seperti yang kita tahu, rusa termasuk hewan yang jinak. Maka dari itu, rusa-rusa berlarian bebas di alam terbuka ketika kamu memasuki Penangkaran Cariu.

Penangkaran Cariu, sudah berdiri sejak tahu 1993. Di mana pada awalnya, penangkaran ini dikhususkan untuk penelitian saja. Lalu, pada tahun 2006, penangkaran ini membuka kawasannya sebagai tujuan wisata yang bisa didatangi oleh umum.

Keseruan lainnya yang akan kamu rasakan sebelum mencapai padang rumput yang ditinggali rusa di penangkaran ini, adalah perjalanan melewati jembatan gantung dengan panjang 25 meter. Sementara itu, di sisi-sisinya tumbuh pepohonan rindang yang asri.

Nah, sebelum sampai di area padang rumput, kamu jangan lupa untuk terlebih dahulu membeli makanan untuk rusa, agar kamu bisa bermain dengan hewan ini dengan lebih menyenangkan.  Kamu bisa membeli ubi wortel atau sayuran lainnya, yang juga dijajakan di kawasan penangkaran.

Di Penangkaran Cariu sendiri, terdapat beberapa jenis rusa yang dapat kamu temui, di antaranya rusa tutul, bawean dan rusa sambar. Jangan lupa, siapkan kamera untuk mengabadikan momen seru kamu saat bermain dengan rusa, ya!

7. Menikmati ragam jenis duren di Warso Farm

Warso Farm Bogor

(foto: instagram/_grhamesha)

Destinasi wisata Bogor selanjutnya ditujukan buat para pencinta buah yang mempunyai ciri khas kulit buahnya yang berduri, yaitu durian! Ya, di Bogor terdapat sebuah perkebunan buah yang khusus ditanama buah durian. Nama objek wisata ini, adalah Warso Farm.

Warso Farm terletak di Cijeruk, Kabupaten Bogor. Di sini kamu bisa melihat langsung perkebunan durian sekaligus menikmati berbagai olahan durian yang menngiurkan.

Beragam jenis durian, ditanam diatas kebun seluas 22 hektare ini. Seperti durian khas Cijeruk, durian chanee, durian musang king, durian montong, hingga durian khas dari cijeruk itu sendiri. Namun, selain buah durian, di sini juga ditanam buah naga.

Namun, memang perkebunan buah naga tidak seluas lahan perkebunan durian. Meskipun begitu, kamu dapat melihat buah durian dan buah naga raksasa di pintu masuk Warso Farm.

Berwisata ke Warso Farm, kamu akan merasakan sensasi memetic kemudian langsung memakan buah durian. Selain itu, kamu juga tidak usah khawatir jika ingin membawa anak kecil. Karena di sini juga terdapat taman bermain hingga area outbound.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat durian-durian yang masih bergantungan di pohon ketika tiba di sini. jika iya, kamu bisa menjadikannya sebagai spot foto yang unik.

8. Jalan-jalan keliling Eropa di Devoyage Bogor

Devoyage Bogor

(foto: instagram/robbyleedjohari)

Ini dia satu lagi, destinasi wisata favorit di Kota Bogor, yaitu Kampung Eropa yang bernama Devoyage Bogor. Wisata di objek ini, kamu akan dimanjakan dengan penataan taman menyerupai mini kota yang dipenuhi berbagai bangunan warna-warni bergaya Eropa.

Tak heran jika kini, Devoyage Bogor semakin dikenal luas oleh masyarakat, terutama karena wisata selfienya yang instagenic. Jika kamu ingin berkunjung, kamu bisa menunju lokasinya di Komplek Bogor nirwana Residance, Jl. Boulevard CBD, Mulyaharja Bogor Selatan, Kota Bogor.

Bogor memang seringkali jadi tempat wisata alternaif utama yang paling dektat, dari Ibu Kota. Maka dari itu, ketika weekend tiba, kampung eropa yang berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektare ini ramai oleh pengunjung. Di sini, kamu akan menemukan 150 titik spot foto yang ciamik.

Di kampung eroanya bogor ini, kamu juga akan menemukan red phone box, yang bukan hanya sekadar pajangan, melainkan berfungsi untuk menelpon. Benar-benar klasik ya?

Devoage Bogor juga menyediakan berbagai pilihan paket, untuk yang ingin berkunjung di sini. Tidak hanya untuk keperluan wisata, kamu dapat menggelar acara istimewa seperti wedding, atau belajar masak menu eropa, table manner, ada juga kids creation, Holiday package, devoyage package, hingga bbq night.

Wah, sepertinya Devoyage Bogor juga pas sekali untuk menjadi tempat menghabiskan malam tahun baru!

9. Menantang langit Bogor dengan mencoba paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak

(foto: instagram/satyawinnie)

Selanjutnya, untuk kamu yang ingin berkelana di Kota Bogor dengan sensasi yang berbeda, bisa mencoba olahraga ekstrem yang memicu adrenalin, yaitu paralayang. Lokasi wisata yang menawakan olahraga yang akan membuat kamu melayang di udara ini, berada di Bukit Gantole Gunung Mas Puncak Bogor.

Tentu saja, pengalaman melayan di udara melihat hamparan alam Kota Bogor berupa perbukitan hingga kebun teh, akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Paralayang termasuk ke dalam jenis olahraga, yang bahkan di perlombakan di kejuaraan internasional loh. Olahraga ini dilakukan dengan cara mengenakn parasut untuk terbang ke udara, lalu menggunakan kaki penerbangnya untuk melakukan lepas landas.

Memang, olahraga ini bukan olahraga main-main, perlu teknik tersendiri yang harus kamu kuasai, agar kamu tetap aman. Tapi, tenang saja, di Paralayang Bukit Gantole, pengunjung memang akan ditemani oleh ahli yang akan membantu kamu terbang menikmati lanit yogya yang sejuk.

Olahraga ini memang cukup menegangkan, tapi dijamin kamu pasti akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan, begitu mencobanya.

Selain ditemani oleh ahli yang akan memberikan kamu instruksi dalam beraktivitas paralayang tersebut, kamu juga akan dilengkapi dengan berbagai alat pengaman seperti parasut cadangan, harness, dan helmet.

10. Kenali ragam bunga di dunia di Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara Bogor

(foto: instagram/traveloka)

Kota Bogor selain dikenal sebagai kta hujan, juga dikenal karena banyaknya jenis tanaman yang ada. Sehingga, objek wisatanya sendiri banyak berupan taman yang menawarkan keindahan tanamannya. Seperti halnya Taman Bunga Nasional.

Ya, taman ini beridirnya diprakasai oleh Ketua Yayasab Bunga Nusantara, pada tahun 1992. Tujuan argowisata di bogor, memang tak pernah ada habisnya.

Lokasi Taman Bunga Nasional ini sudah berada di perbatasan Cianjur. Letaknya, ak jauh dari Gunung Gede, sehingga lanskap alamnya pun menakjubkan dengan udara sejuk yang menenangkan. Hamparan rumput hijau membentang di sini, dengan berbagai jenis bunga berwarna-warni yang indah.

Cocok sekali untuk menjadi latar foto kamu. Selain hamparan bunga, ada pula wahana bermain anak di Alam Imajinasi. Kamu juga bisa melihat keindahan bunga dari ketinggian, dari atas Menara Pandang.

Di Taman Bunga Nusantara, terdapat beberapa jenis taman yang bisa kamu jelajahi. Di antanranya Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, hingga Taman yang mempunyai daya tari seperti di film Harry Potter, yaitu Taman Labirin.

Selain itu, masih ada Taman Bali, Taman Palem, serta Taman Jepang. Di kawasan wisata ini juga ada rumah kaca atau disebut juga Green House.

Di dalam Green House ini, kamu bisa mengangumi berbagai jenis bunga yang umumnya bukan berasal dario Indonesia, sehingga perlu perlakuan khusus.

Itu dia sepuluh bukti bahwa wisata Bogor yang tak pernah sepi pelancong ini, patut kamu jadikan tujuan wisata yang tak kalah serunya, dengan kota wisata lain. Selain dekat dai perkotaan besar, kamu juga dapat menemukan berbagai destinasi wisata yang ramah di kantong.