travel

Wisata Ke Lampung, Jangan Lupa Kunjungi 10 Objek Wisata Ini

By  | 

Wisata Lampung, memang belum setenar wisata Bali maupun Yogyakarta. Padahal, lampung menyimpan banyak surga tersembunyi yang membuatmu sangat harus berkunjung ke provinsi yang beribukota di Bandar Lampung ini.

Berbagai keindahan alam mulai dai pantai, hutan, gunung, danau, sungai, hingga situs bernilai sejarah tinggi dan yang lainnya sudah menanti kamu untuk membuatmu terkesima ketika menjelajahi alamnya yang asri.

Yuk kita lihat, apa saja destinasi wisata Lampung yang membuat terlena akan pesonanya.

Baca juga: Berburu 10 Objek Wisata Eksotis Bengkulu yang Mengagumkan

1. Berwisata ke taman bebatuan alam nan eksotis di Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang Lampung

(foto: instagram/ade_unay)

Kini di Lampung terdapat destinasi wisata hits yang semakin banyak mengundang pelancong untuk berdatangan. Yakni, Taman Batu Granit Tanjung Bintang.

Taman Batu yang berada di area perkebunan karet milik PTPN VII Afdeling Berge, Desa Purwodadi dalam ini, tepatnya berlokasi di Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Taman ini menawarkan wisata batu yang eksotis.

Kamu, dapat melihat banyak bebatuan berwarna putih kecoklatan yang berbentuk unik. Kebanyakan, batu-batu ini berukuran besar.

Awalnya, area wisata ini masih sepi pengunjung, karea lokasinya yang tersembunyi lalu, mulai ramai diperbincangkan di tahun 2009.

Saat perjalananya menuju area wisata Taman batu yang merupakan batu granit ini, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam indah yang menyapa.

Seperti perkebunan karet, hijaunya pepohonan, pohon kelapa yang menjulang indah, melengkapi udara di sekitarnya menjadi semakin menyegarkan.

Waktu tempuh yang perlu kamu luangkan untuk bertandang ke sini adalah 30 menit. Dari atas batuan di tepian tebing, kamu bisa juga melihat hamparan hijau di bawahnya yang membuatmu terkesima.

Tak jauh dari area taman batu ini, kamu juga bisa mengunjungi danau buatan yang ditujukan untuk pengairan di sawah warga. Danau buatan ini, dibuat dari pembendungan air sungai Way.

Daya tarik lainnya dari Taman Batu Granit Tanjung Bintang, adalah menjadi salah satu  sumber batu akik terbaik. Disebut-sebut batuan akik yang diambil dari sini, dapat terjual dengan harga yang mahal. Di tempat ini, juga dapat ditemukan berlian. Maka dari itu, mayoritas masyarakatnya merupakan pengrajin perhiasan.

2. Melihat langsung fenomena kawah uap panas di Kawah Keramikan Suoh

Kawah Keramikan Suoh Lampung

(foto: instagram/antoniushsn)

Kawah Keramikan Suoh merupakan destinasi wisat di Lampung yang menawarkan pemandangan kawah yang terbentuk dari terjadinya Fenomena Uap Panas Bumi, yang terletak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Julukan keramik ini sendiri, muncul dari wujudnya yang berwarna putih kekuningan dan sedikit transparan.

Meski pesona keunikan kawah ini melenakan, namun untuk bewisata ke sini kamu perlu ditemani seorang pemandu lokal, untuk menghindari terperosok jatuh ke dalam kawah berisi uap panas.

Sensasi alam yang mengagumkan di sini, bukan hanya pada saat kamu sampai di area ini. Dalam perjalanan mencapai kawah unik ini, kamu tidak akan luput disuguhkan berbagai kenampakan alam nan rupawan, yang di antaranya adalah empat danau, yakni Danau Belibis, Asam, Lebar, dan Seminyak.

Letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Ratu, membuat kamu juga akan dapat menjelajahi hamparan pada rumput ilalang layaknya savanna, yang disebut Bukit Telletubies.

Di area ini, terdapat puluhan lubang yang ukurannya serupa kolam yang mengeluarkan air mendidih menyerupai gelembung, ketika sampai di permukaan gelembung akan pecah menimbulkan suara letupan serta menyerbakkan bau belerang.

Oleh karenanya, agar tetap aman bagi pengunjung, lubang cekungan tersebut dibatasi oleh pagar-pagar. Memandangi langit area Kawah Keramikan Suoh yang masih nampak biru cerah, di sini kamu juga dapat melihat pegunungan dengan warna yang memukau, yaitu Pengunungan Loreng, yang berada di ujung selatan.

3. Pesona gundukkan tanah di tengah danau, Danau Bekri

Danau Bekri Lampung

(foto: instagram/aan_bmc)

Jika kamu ingin merasakan ketenangan sekaligus menjauh dari hiruk-pikuk perkotaan, kamu bisa menjelajahi danau yang berada di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung ini, yaitu Danau Bekri.

Danau yang menyuguhkan panorama alam  yang tak ada duanya ini, cocok sekali digunakan untuk beristirahat dari lelahnya aktivitas sehari-hari dengan beristirahat di tepian danau maupun berjalan melewati jembatan ke tengah danau yang didirikan sebuah Gazebo kecil.

Keunikan dari danau ini adalah terdapatnya gundukan tanah yang ditumbuhi pepohonan. Jembatan yang melintang ke tengah danau tersebut, antara lain juga akan menghubungkan kamu ke fenomena bentukkan alam berupa gundukan tanah tersebut.

Sementara itu, untuk kamu yang hobi memancing, berkeliling danau dengan menggunakan perahu bisa jadi pilihan yang seru.

Nah, jika kamu memutuskan untuk berpiknik di kawasan Danau Bekri ini, sebaiknya kamu siapkan perbekalan terlebih dahulu dari rumah. Dikarenakan, di kawasan ini, belum tersedia warung makan yang memadai.

Seiring dengan semakin banyak para pelancong yang berkunjung untuk menikmati panorama berupa perhutanan rindang yang berada di seberang danau, sekaligus menikmati udara sejuk yang menyenangkan, pemerintah kemudian memutuskan untuk semakin memperbanyak fasilitas wisata di sini.

Namun, panorama kenampakkan danau yang memukau, serta perjalanan panjang yang menyuguhkan pemandangan seperti perkebunan sawit, singkong, tebu dan lainnya akan membuat kamu tetap terpikat untuk merasakan langsung sensasi menjelahi Danau Bekri ini.

4. Berkunjung ke rumah gajah di Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas Lampung

(foto: instagram/djani.us)

Wisata favorit di Lampung dan sudah dikenal di seantero negeri, adalah Taman Nasional Way Kambas. Sebuah taman nasionl, yang akan memberikan kamu pengalaman bercengkrama langsung dengan hewan mamalia yang memiliki belalai, yakni Gajah.

Di sinilah habitat gajah-gajah Sumatera. Kawasan taman nasional, memang selalu punya daya pikatnya tersendiri. Selain sebagai sarana wisata edukati, kesejukkan alami udara yang ada di dalamnya, seakan menjadi sebuah sensasi wisata yang mahal.

Berwisata selfi, tak melulu harus pada spot-spot unik nan kreatif yang umumnya kamu buru. Berfoto dengan hewan-hewan, juga bisa jadi pilihan latar foto yang eksotis. Taman Nasional Way Kambas ini, tepatnya dapat kamu datangi di Kabupaten Lampung timur, Provinsi Lampung.

Di sinilah, surganya flora dan fauna khas Sumatera bagian Selatan. Tak hanya gajah, berbagai jenis lainnya dapat kamu jumpai di sini. Selain itu, kenampakkan floranya pun akan buatmu takjub.

Ada beberapa jenis hutan di sini, seperti Hutan dataran rendah, Hutan pantai, hingga Hutan air tawar. Kamu juga akan menemukan keksotisan semak belukar serta padang rumput.

Luas lahannya yang mencapai 125.000 hektar, memungkinkan tampan nasional ini menyimpan banyak kekayaan flora dan fauna.

Selain itu, kawasan ini juga masih berupa hutan rimba. Jenis fauna lainnya yang dapat kamu temukan di sini antara lain harimau sumatera, jenis primate, tapir, badak sumatera, hingga beruang madu.

Keistimewaan lainnya yang dapat kamu rasakan dari ikon gajahnya di kawasan ini, adalah kamu dapat melihat bertelinga lebar tersebut melakukan atraksi-atraksi seru.

Gajah-gajah di sini bahkan dibiarkan lepas begitu saja. Ketika sore tiba, mereka akan sendiri kembali ke taman nasional. Uniknya lagi, di kawasan ini juga terdapat rumah sakit gajah satu-satunya di Indonesia.

5. Pesona pohon di tengah laut, Pantai Sebalang

Pantai Sebalang

(foto: instagram/eka_setiososari)

Lampung sudah tak asing lagi dengan pesona pantainya yang memikat. Salah satunya, adalah Pantai Sebalang. Hampir setiap pantai yang ada di Lampung ini, selalu mempunyai keistimewaannya tersendiri. Seperti pada Pantai Sebalang yang letaknya berada di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ini.

Kamu akan menjumpai keunikan berupa terdapatnya 3 pohon mangrove yang berdiri di tengah laut, terpisah dari daratan. Inilah, daya tarik spot berburu selfi yang selalu menjadi incaran pengunjung, ketika sampai di lokasi ini.

Dilengkapi dengan air lautnya yang masih jernih, serta deburan ombaknya yang halus menyapu bibir pantai, Pantai Sebolang menjadi objek wisata pantai di Lampung, yang harus kamu kunjungi. Karena ombaknya yang tenang tersebut, kamu juga masih bisa berenang di tepiannya dengan aman.

Untuk bertandang kesini pun, akses yang diperlukannya tidak terlalu sulit. Karena, letaknya yang juga hanya berjarak 5 km saja dari Pantai Pasir Putih. Kamu bisa memulainya dengan berkendara di Jalan Lintas Sumatera.

Di Pantai Sebalang, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancingmu. Yakni dengan cara menyewa perahu, dan berkeliling ke tengah pantai, menyusuri pulau-pulai kecil di sekitarnya, sembari mengagumi keindahan panorama pantai dan menunggu hasil pancingan.

Aktivitas yang cocok sekali untuk menjernihkan pikiran. Spot foto lainnya di kawasan pantai ini adalah tumbuhnya pepohonan nipah yang rindang di tepi pantai serta terdapat akar pohoon bakau yang begitu estetik, berjejer rapi di permukaan air yang surut.

Baca juga: Mau Liburan, Ini Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bogor

6. Melihat situs peninggalan ragam peradaban di Taman Purbakala Gunung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung

(foto: instagram/9krisnaardi.pradana)

Selain wisata alam, di lampung kamu juga dapat menikmati wisata sejarahnya yang lagi-lagi juga tetap eksotis, karena berada di alam yang permai. Kamu dapat mengunjungi lokasi situs sisa-sisa benda-benda bersejarah, yang tersebar di atas rerumputan hijau yang asri.

Taman ini berada di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Lokasi situ ini, selain terlihat artistik karena sisa-sisa bebatuan yang unik, juga seringkali dijadikan tempat penelitian oleh arkeolog yang bahkan datang dari mancanegara.

Keistimewaan situs ini adalah jika kamu mengunjungi, kamu dapat mempelajari banyak sejarah bangsa Indonesia. Karena, terdapat berbagai bukti peninggalan yang berkaitan dengan jaman prasejarah, hingga perkembangan masa Hindu, Budha. Oleh karenanya, situs ini pun ditetapkan sebagai cagar budaya.

Beberapa artefak yang dapat kamu jumpai di sini, antara lain keramik lokal yang berasal dari beberapa kerajaan Nusantara hingga keramik dari berbagai dinasti mancanegara.

Selain itu, di sini juga terdapatb punden berundak-undak, manik-manik, dolmen, perkakas prasejarah, perhiasan di masa lampau, hingga batu mayat dan masih banyak lainnya.

Situs-situs bernilai sejarah tersebut, uniknya dikelilingi sebuah benteng parit yang terbentuk dari tanah, dengan bentuknya yang persegi panjang. Namun, kamu ingin berfoto di area punden berundak-undak, kamu bisa menuju area taman dengan rerumputan hijaunya yang apik.

Menariknya, diprediksikan oleh arkeolog, pundek berundak-undak ini berasal dari masa Megalitikum. Wah, mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo ini, benar-benar menambah wawasan luas ya!

7. Pesona wisata foto dengan panorama Lampung di Talang Indah Pajaresuk Pringsewu

Talang Indah Pajaresuk Pringsewu Lampung

(foto: instagram/elisa.nggln)

Selanjutnya, wisata alam sekaligus wisata selfi di Lampung! Ya, kawasan wisata yang tengah banyak digandrungi oleh anak muda di Lampung ini, menjadi primadona karena berbagai spot selfi berlatar alam dengan kreatifitas unik yang menawan.

Selain itu, suguhan hamparan indahnya alam Lampung dari ketinggian, membuatnya menjadi favorit banyak pelancong yang ingin menikmati lampung dari ketinggian.

Beberapa fasilitas spot selfi maupun wefie, yang menjadi unggulan di sini antara lain Rumah hobit, Jembatan love, Rumah pohon, ayunan hingga wisata berkuda. Selain Jembatan love, adapula jembatan pajarisuk.

Jembatan yang selain sebagai tempat penyebrangan, juga merupakan saluran irigasi. Sementara itu, kebanyakan dari spot-spot instagenic yang disediakan di tempat ini, terbuat dari bambu. Dimungkinkan, karena kawasann wisata ini berada di Pringsewu. Yang dalam bahasa jawa, berarti seribu bambu.

Di kawasan wisata yang disebut juga Bukit Pangonan ini, juga terdapat wahana outbound hingga fasilitas kolam renang. Selain itu, di sini juga masih ada jembatan unik lainnya, yakni jembatan payung.

Payung-payung cantik di jembatan inilah, yang akan menyambut kedatangan kamu setibanya di kawasan wisata Bukit Pangonan ini. Kamu bisa berhenti sejenak, untuk sekadar mengabadikan foto di antara payung-payung menghiasi warna-warni yang seakan dibuat melayang.

8. Sensasi berwisata di pedesaan, di Lembah Batu Brak

Lembah Batu Brak Lampung

(foto: instagram/duniaindra)

Selain Lampung Selatan dan Lampung Tengah, Lampung Barat juga tak kalah eksotisnya dengan kabupaten di Provinsi Lampung lainnya. Salah satu destinasi wisata nan el, yang harus kamu kunjungi adalah Lembah Batu Brak.

Lembah Batu Brak ini berjarak sekitar 10 km dari Liwa, Ibukota Kabupaten Lampung Barat. Lokasi dari Lembah Batu Brak ini, berada di belakang objek wisata sejarah, yakni Lamban Gedung sebuah Istana dari Raja Kepaksian Pernong.

Menyusuri jalan menunju Lembah Batu Brak, kamu akan melalui anak tangga untuk turun ke lokasinya yang rendah. Sembari melangkahkan kaki satu persatu menaiki anak tangga tersebut, kamu bisa menyaksikan panorama bentang sawah yang asri.

Kamu juga akan menemukan mata air istimewa yang katanya airnya tidak pernah habis, meskipun musim kemarau datang. Sumber mata air ini bernama “Pancur Pintu”.

Yang juga digunakan sebagai sumber air irigasi yang dialirkan ke sawah di bawahnya. Sesekali kamu dapat menjumpai para petani yang sedang memanen sawah.

Lembah Batu Brak ini, adalah sebuah patahan lempeng yang nampak seperti tebing bebatuan dengan alam subur yang mengitarinya. Berwisata ke sini kamu akan menikmati suasan layaknya berada di pedesaan.

Nah, setelah menikmati panorama indahnya kenampakan Batu Brak dan sekitarnya, kamu juga bisa sekaligus bertandang ke Istana Raja Kepaksian Prenong.

Istana leluluhur masyarakat Lampung yang disebut Lamban Gedung ini, tidaklah megah, hanya saja menggunakan gaya rumah tradisonal lampung. Ini membuktikan rajanya yang bersahaja dan senang tinggal berdekatan dengan rakyatnya.

9. Melihat berbagai miniatur rumah khas beragam kepercayaan di Wisata Cakat Raya

Wisata Cakat Raya Lampung

(foto: instagram/ricoramandap)

Seperti yang kita tahu, Lampung telah menjadi wilayah transmigrasi, bertahun-tahun yang lalu. Seperti halnya banyak ditemukannya masyarakat Suku Jawa yang bermukim di sini.

Daerah di Lampung, yang paling banyak didatangi oleh transmigran dari berbagai daerah dengan latar belakang etnis yang berbeda-beda ini, disebut Tulang Bawang.

Oleh karenanya, pemerinta setempat kemudian mencetuskan ide untuk mengabadikan keanekaragam etnis yang ada di Tulang bawang, melalui pendirian bangunan-bangunan khas tradisional dari berbagai etnis, yang kemudian dinamakan Wisata Cakat Raya.

Kamu bisa  mudah menemukan lokasi objek wisata satu ini. Wisata Cakat Raya, berada di pinggir jalan besar, tepatnya Desa Cakat Raya, Kecamatan Manggala Timur. Daya tarik berdirinya berbagai rumah tradisonal di sini, menjadikan terlihat indah.

Banyak pelancong, yang bertandang ke sini, untuk dijadikan latar foto yang ciamik. Berfoto di sini, seakan berada di Indonesia sesungguhnya yang masyarakatnya hidup rukun berdampingan, meskipun berbeda-beda latar belakang budaya.

Beberapa bangunan tradisional yang berada di kompleks wisata yang berada di atas lahan seluas 3,5 hektar ini, kamu bisa menemui beberapa bangunan tradisonal, di antaranya Rumah Adat  Batak Toba, Rumah Joglo, Rumah Minang, serta yang paling sering menjadi spot foto terfavorit, yaitu miniature Candi Prambanan yang dibangun setinggi 12 meter.

Selain latar belakang bangunan tradisional, latar panorama eksotis berupa sungai, rawa, hingga perkebunan hijau di sekitar area ini, menambah pesonanya.

10. Menikmati pemandangan bawah air nan jernih, di Bendungan Margotirto

Bendungan Margotirto Lampung

(foto: instagram/mellydwidhiaryani)

Bendungan Margotirto merupakan danau buatan yang  dahulu dibuat oleh kolonial Belanda. Setelah Belanda pergi, bendungan ini menjadi terbengkalai. Lalu, pada tahun 2014, pemerintan bersama masyarakat setempat, melakukan pemugaran pada bendunga.

Sehingga, menjadi sebuah kawasan wisata yang banyak menarik pengunjung. Bendungan ini, berlokasi di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus, Lampung. Bendungan dengan kedalaman 80 meter ini, kini memiliki wajah baru yang lebih rupawan.

Keistimewaan bendungan berlebar 30 meter ini, adalah kebeningan airnya yang bahkan pandangan kamu dapat menembus dasara bendungan yang elok.

Wisata bahari di dalam bendungan ini, menyuguhkan berbagai tanaman bawah air yang akan buatmu terkesima. Seperti terdapatnya ganggang hidup,dengan warna hijau yang memukau.

Beberapa fasilitas wisata juga dapat kamu nikmati di sini. Seperti Gazebo, Kolam Renang, Sepeda air serta kantin.

Jika kamu memutuskan untuk menikmati lebih lama cantiknya Bendungan Margotirto, kamu juga bisa memilih menginap di penginapan yang berada tak jauh dari kawasan wisata ini. Selanjutnya, kamu juga bisa berwisata keliling bendungan dengan menggunakan sepeda air/bebek air.

Setelah melihat daftar wisata Lampung di atas, kamu dijamin semakin penasaran kan, untuk mencoba berkunjung ke berbagai kawasan alamnya yang menakjubkan?

Selain destinasi di atas, Lampung bahkan masih mempunyai segudang pesona wisata lainnya, yang akan buat kamu menyesal jika tak langsung merasakannya sendiri.