lifestyle

17 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung & Mengencangkan Kulit

Penulis:   | 

Manfaat buah naga bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin, salah satunya adalah mampu menyehatkan jantung.

Seperti yang kita tahu, bahwa tubuh membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan bugar. Umumnya, nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Akan tetapi, tidak semua jenis makanan dan minuman mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hanya ada beberapa diantara mereka, seperti nasi, buah-buahan, sayuran, susu, air putih, daging, serta kacang-kacangan.

Beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi berbeda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya vitamin, protein, lemak, karbohidrat, dan mineral.

Buah naga yang memiliki kandungan air tinggi ini rupanya sangat baik dikonsumsi. Lantas, apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan?

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

1. Menurunkan kadar gula darah

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya yakni diabetes. Kenaikan kadar gula disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, yakni terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis serta karbohidrat yang berlebih.

Jika tidak diatasi, gula darah akan mengalami kelonjakan cukup parah yang akhirnya dapat menyebabkan resiko penyakit berbahaya lainnya.

Oleh sebab itu, jagalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah seperti buah naga.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan serat yang terdapat di dalam buah ini mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga resiko penyakit diabetes dapat teratasi.

2. Menyehatkan jantung

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Jantung merupakan organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Agar tetap sehat, maka sebaiknya mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi.

Buah naga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah tersebut mengandung betalain, likopen, serat, serta omega-3 dan omega-9 yang terdapat di dalam daging buah dan biji, diyakini baik untuk kesehatan jantung.

Dengan demikian, jantung akan selalu sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung berbahaya.

3. Mengurangi resiko kanker

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Untuk mencegah kanker, kamu bisa mengonsumsi buah naga. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan likopen dan hydroxycinnamates yang baik untuk mengurangi resiko penyakit kanker.

Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen seperti yang terkandung dalam buah naga mampu terhindar dari beberapa penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru.

Seperti yang kita tahu bahwa ketiga jenis kanker tersebut sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

4. Meredakan batuk dan flu

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Batuk dan flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan sudah menyerang banyak orang. Walaupun tidak begitu berbahaya seperti penyakit kanker maupun diabetes, akan tetapi penyakit ini sangat mengganggu.

Ketika batuk, tenggorakan akan sangat gatal dan bisa mengganggu tidur. Demikian juga flu terkadang membuat kita susah bernapas akibat hidung tersumbat.

Rupanya, mengonsumsi buah naga dapat membantu meredakan batuk dan flu. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin c yang sangat tinggi.

Vitamin c tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan mudah melawan virus penyebab batuk dan flu yang masuk ke dalam tubuh.

5. Mengencangkan kulit

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Selain mampu mengobati berbagai macam penyakit, buah naga ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan, salah satunya bisa mengencangkan kulit.

Pasalnya, buah ini mengandung vitamin c dan berbagai senyawa bioaktif yang baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga sangat bagus untuk membatin mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit.

Baca juga: Mengenal Sindrom Angelman, Penderitanya Selalu Tampak Bahagia

6. Menurunkan berat badan

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Berat badan berlebih dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, serta penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, diperlukan usaha agar berat badan selalu terjaga dan tetap ideal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang rendah kalori, seperti buah-buahan.

Buah naga ternyata diyakini ampuh menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat dan kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Jika kamu ingin ngemil, maka buah naga pilihan yang tepat agar berat badanmu tidak mengalami kenaikan.

7. Menyehatkan tulang

Menyehatkan tulang

(foto: istockphoto)

Tulang sehat dan kuat merupakan salah satu kunci utama agar tubuh bisa melakukan aktivitas dengan baik. Untuk itu, kita wajib untuk selalu menjaga kesehatannya.

Mengonsumsi buah naga secara rutin ternyata mampu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, kandungan magnesium, kalsium, dan fosfor yang ada di dalam buah tersebut mampu mencegah berbagai macam penyakit tulang, seperti tulang keropos.

Menurut sebuah penelitian Food Revolution Network, manusia membutuhkan sekitar 320 mg magnesium.

80 mg atau seperempat dari kebutuhan mineral tersebut bisa kamu peroleh dari satu cangkir potongan buah naga.

8. Mengurangi jerawat

Mengurangi jerawat

(foto: istockphoto)

Selain dapat mengencangkan kulit, buah naga juga bisa mengurangi jerawat. Seperti yang kita tahu bahwa jerawat merupakan masalah kulit yang kerap menghampiri sebagian besar orang.

Adanya jerawat terutama di bagian wajah mampu membuat penampilan menjadi kurang sempurna. Tak heran jika banyak orang yang merasa stress akibat jerawat yang susah dihilangkan.

Kandungan vitamin c pada buah naga ternyata bisa mengurangi jerawat. Caranya, buatlah pasta buah naga dengan cara dihaluskan.

Kemudian, oleskan pasta tersebut ke area wajah yang berjerawat, terutama yang sudah meradang. Lakukan cara tersebut secara rutin agar jerawat kempes dan berkurang.

9. Menjaga kesehatan rambut

Menjaga kesehatan rambut

(foto: istockphoto)

Rambut kering dan bercabang salah satu tanda bahwa rambut tersebut tidak sehat. Umumnya, kondisi tersebut disebabkan oleh proses pewarnaan rambut yang terlalu sering.

Untuk mengatasi kerusakan pada rambut, kamu bisa menggunakan buah naga. Caranya, oleskan buah naga yang sudah dihaluskan ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Penggunaan buah naga pada rambut dapat membantu folikel rambut tetap terbuka sehingga bisa bernapas. Hasilnya, rambut akan menjadi sehat dan halus.

10. Menjaga kesehatan ibu hamil

10 Manfaat Buah Naga, Menyehatkan Jantung dan Mengencangkan Kulit

(foto: istockphoto)

Kesehatan ibu hamil wajib diperhatikan setiap saat. Pasalnya, juga ada janin di dalam kandungannya yang harus tetap sehat agar bisa lahir dengan selamat.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, diperlukan asupan nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, salah satunya adalah buah-buahan.

Buah naga mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi buah naga setiap hari agar nutris yang dibutuhkan bisa tercukupi.

11. Mengurangi resiko anemia

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Tubuh memproduksi sel darah merah, yang mana kita tahu bahwa fungsi sel darah tersebut sangat penting bagi tubuh yakni untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi darah, maka perlu menjaga kesehatannya dengan terus mengontrol jumlahnya agar tetap stabil.

Pasalnya, jika jumlah sel darah merah mengalami peningkatan maupun penurunan, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Tekanan darah yang terlalu tinggi, akan mengakibatkan penyakit hipertensi, sementara jika tekanan darah terlalu rendah maka akan menimbulkan penyakit anemia.

Anemia bisa menyerang siapa saja yang kurang mengonsumsi makanan mengandung zat besi. Oeh sebab itu, sebaiknya konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat besi, salah satunya adalah buah naga.

Buah naga mengandung zat besi tinggu sehingga sangat  bagus dikonsumsi untuk menaikkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Dengan demikian, akan terhindar dari penyakit anemia.

12. Mengatasi kulit yang terbakar panas matahari

9 Manfaat tepung maizena untuk kesehatan tubuh

(foto: vox)

Semua kehidupan di bumi membutuhkan panas matahari untuk kelangsungan hidup, sebab ia memiliki segudang manfaat baik terutama bagi kesehatan kulit.

Maka, tak heran jika sebagian besar orang memiliki hobi berjemur untuk mendapatkan kandungan vitamin E dari panas tersebut.

Akan tetapi, ada saatnya panas matahari yang berlebih dapat membakar kulit, sehingga mengalami luka dan iritasi, yang biasa disebut dengan sunburn.

Biasanya, luka yang diakibatkan akan terasa perih dan panas seperti luka terbakar. Tidak hanya itu, ia juga menimbulkan kemerahan yang jika terus dibiarkan akan mengganggu penampilan, apalagi jika di area kulit yang terlihat.

Untuk mengatasi luka bakar akibat panas matahari, kamu bisa menggunakan buah naga. Pasalnya, kandungan vitamin B3 yang terdapat di dalamnya mampu membantu melembabkan kulit yang terbakar.

Caranya, haluskan buah naga sehingga menjadi seperti pasta. Bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti timun dan madu. Kemudian, oleskan pada area kulit yang terbakara, diamkan selama beberapa menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

13. Menjaga kesehatan pencernaan

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: istockphoto)

Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, akan melewati suatu proses di dalam tubuh yang disebut dengan sistem pencernaan.

Dalam proses pencernaan tersebut, beberapa organ di dalam tubuh akan mengubah makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energi dan membuang zat sisa makanan melalui fases, keringat, dan urine.

Terkadang, sistem pencernaan mengalami sedikit masalah seperti sembelit, diare, dan masih banyak lainnya.

Beberapa masalah pencernaan tersebut biasanya diakibatkan oleh bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kita konsums.

Di dalam salah satu organ pencernaan, yakni usus terdapat bakteri baik yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Namun, jika jumlah bakteri baik di dalam usus tidak memungkinkan, maka bakteri dan virus jahat akan masuk ke dalam usus dengan leluasa.

Manfaat buah naga adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan bakteri baik di dalamnya, seperti bakteri lactobacilli dan bifidobacterial, yang mana kedua bakteri tersebut dangat baik untuk membunuh bakteri jahat.

Dengan demikian, rutin mengonsumsi buah naga setiap hari mampu menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat dalam tubuh sehingga pencernaan akan terus terjaga kesehatannya.

14. Mencegah dehidrasi

10 Manfaat Madu, bikin Tidur lebih Nyenyak

(foto: istockphoto)

Tubuh membutuhkan cairan agar tetap terhidrasi dengan baik. Umumnya, cairan tersebut didapatkan dari air putih yang kita minum setiap hari.

Normalnya, manusia membutuhkan air putih minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka akan mengalamo dehidrasi, kulit kering dan pecah-pecah, serta dapat menimbulkan resiko penyakit berbahaya, seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, dan masih banyak lainnya.

Selain air putih, kebutuhan cairan juga dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan mengandung cairan tinggi, salah satunya adalah buah naga.

Diketahui, buah ini mengandung cairan tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, juga bisa emmberika kesegaraan saat dikonsumsi sehingga menghilangkan rasa haus.

Untuk menikmatinya, kamu bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus segar.

15. Menjaga daya tahan tubuh

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Pentingnya menjaga daya tahan tubuh agar virus dan bakteri penyebab penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah.

Daya tahan tubuh yang bagus juga dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Biasanya, untuk memilikinya, diperlukan konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

Salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah naga. Buah ini memiliki kandungan vitamin C ynag cukup tinggi. Oleh sebab itu, buah ini juga disebut sebagai sumber vitamin C yang baik bagi tubuh,

Mengonsumsi buah naga seberat 100 gram, maka kamu akan memperoleh sekitar 21 mg vitamin C, yang artinya kamu telah memenuhi kebutuhan vitamin C sekitar 34 persen dari kebutuhan harian orang dewasa.

Tidak bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin tersebut juga dapat membanu penyerapan zat besi di dalam saluran pencernaan.

16. Mengatasi sembelit

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: adobestock)

Saat tubuh mengolah makanan yang kita konsumsi melalui organ pencernaan, maka sampah atau sisa zat makanan yang telah diolah akan dibuang melalui fases, keringat, dan urine.

Sampah asatu zat sisa makanan tersebut harus dibuang dan dikeluarkan dari dalam tubh agar tidak menimbulkan resiko buruk lainnya, seperti penimbunan lemak yang akhirnya menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Tidak sedikit orang mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar alias sembelit. Masalag pencernaan tersebut terkdangan menimbulkan rasa sakit pada perut, serta menyebabkan anus robek dan berdarah.

Jika sembelit tidak segera diatasi, maka dapat menimbulkan dampak buruk lainnya, seperti wasir. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Sembelit biasanya terjadi akibat kurangnya asupan serat dalam tubuh. Manfaat buah naga mampu membantu melancarkan buang air besar. Hal ini dikarenakan, buah tersebut mengandur serat tinggi, yakni sebanyak 7 gram dalam sekali sajian.

Mengonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh setiap harinya.

17. Mencegah artritis

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Artritis merupakan penyakit yang menyebabkan radang pada sendi. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, serta jamur yang menempel pada sendi.

Untuk mengetahui apakah kamu mengidap penyakit ini atau tidak, kamu bisa melihat dari gejala yang ditimbulkan seperti nyeri dan kaku pada sendi, pembengkakan pada sendi, susah bergerak, kemerahan dan rasa hangat pada sendi, serta penurunan kekuatan otot.

Jika terserang oleh penyakit ini, maka kamu harus melakukan serangkaian pengobatan yang memkan waktu dan biaya yang cukup banyak.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan sendi agar terhindar dari penyakit ini. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan rutin mengonsumsi buah naga.

Hal ini dikarenakan, buah naga mengandung anti oksidan yang bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga mampu melawan virus, bakteri, serta jamur penyebab artritis.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa manfaat buah naga yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsinya.

Selain memiliki rasa yang cukup enak dan menyegarkan, buah naga juga bisa memberikanmun manfaat baik terutama untuk kesehatan tubuh.

Kamu bisa memakannya secara langsung, atau bisa diolah dengan cara di jus, dijadikan smooties, atau sebagai campuran salad buah. Yuk, perbanyak konsumsi buah-buahan dari sekarang!

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.