lifestyle

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

Penulis:   | 

Cara Menghilangkan Mata Panda – Pekerjaan kantor menumpuk mau tidak mau membuat kita harus selalu menatap layar komputer atau laptop.

Ditambah lagi dengan kebiasaan kita memainkan ponsel hingga larut malam, sehingga membuat mata mengalami sedikit masalah, salah satunya adalah mata panda.

Mata panda merupakan kondisi mata terutama pada bagian area bawah mata yang menghitam membentuk lingkaran, mirip seperti mata panda.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan. Selain terlalu lama menatap layar komputer, laptop, ataupun ponsel. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh kurangnya tidur alias kebiasaan begadang.

Walaupun mata panda bukanlah masalah besar bagi kesehatan mata, namun adanya lingkaran hitam pada mata juga bisa membuat penampilan terlihat kurang sempurna. Sehingga, membuat kita merasa kurang percaya diri.

Apakah kamu pernah mengalami mata panda? Jika kamu mengalaminya, sebaiknya ikuti cara menghilangkan mata panda berikut ini agar bisa teratasi dengan mudah.

Baca juga: Mengenal Sindrom Angelman, Penderitanya Selalu Tampak Bahagia

1. Tidur cukup

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mata panda juga bisa disebabkan kebiasaan begadang, sehingga waktu tidurpun berkurang.

Kita tahu bahwa manusia membutuhkan waktu tidur selama 6-8 jam setiap hari. Oleh sebab itu, jika kita kurang tidur maka akan timbul resiko buruk bagi kesehatan. Tidak hanya mata panda, melainkan penyakit berbahaya lainnya juga akan menghampiri.

Oleh sebab itu, rubahlah kebiasaan burukmu, khususnya begadang. Usahakan untuk tidur yang cukup.

Sebab, ketika kamu tidur, tubuh akan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit sehingga lingkaran hitam tidak akan menghampiri area bawah matamu.

2. Kompres dengan air dingin

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Mata panda juga bisa dihilangkan dengan cara mengkompresnya dengan air dingin atau air es. Air dingin dipercaya mampu memperkecil pembuluh darah yang ada di bawah mata, selain itu juga dapat memperkecil pembengkakan.

Caranya, rendam kain bersih ke dalam air dingin selama 10-15 menit. Kemudian, peras dengan sedikit tenaga agar airnya tidak habis semua.

Setelah itu, tempelkan pada mata. Lakukan cara tersebut berulang hingga kain terasa tidak dingin lagi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kompres mata secara rutin.

3. Kompres menggunakan kantung teh bekas

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Jika selama ini kamu membuang kantung teh setelah menyeduhnya, maka mulai sekarang berhentilah melakukannya. Sebab, kantung teh bekas bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata panda.

Sama seperti air dingin, kantung teh juga bisa digunakan untuk mengompres mata yang sedang mengalami lingkaran hitam pada mata.

Kandungan kafein yang memiliki antioksidan di dalamnya mampu melancarkan sirkulasi darah di area bawah mata.

Caranya, teh bekas seduhan didinginkan terlebih dahulu. Bila perlu, simpanlah di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dingin, letakkan di bagian atas mata.

4. Menggunakan timun

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi, sebab hampir sebagian orang menggunakan timun untuk menghilangkan mata panda. Mereka percaya bahwa mentimun bisa mengatasinya dengan cepat.

Kandungan air dan vitamin c yang tinggi pada timun bisa membuat kulit terasa lembab. Tidak hanya itu, timun juga mengandung silika yang dipercaya ampuh memperbaiki jaringan kulit, terutama pada area bawah mata.

Caranya, iris tipis mentimun membentuk lingkaran sebanyak dua buah. Kemudian, tempelkan pada mata kiri dan kanan. Tunggu hingga beberapa menit.

5. Menggunakan lemon

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Sama seperti menggunakan timun, kamu juga bisa memanfaatkan buah lemon sebagai masker mata untuk menghilangkan mata panda.

Hal ini dikarenakan, lemon mengandung vitamin c sangat tinggi yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit.

Caranya, peras lemon hingga mengeluarkan air. Kemudian, oleskan langsung air lemon tersebut ke area bawah mata. Namun, lakukan secara hati-hati agar tidak terkana mata.

Cara lainnya, celupkan kapas ke dalam air lemon. Setelah itu, tempelkan kapas pada mata lalu tunggu selama beberapa menit. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Bau Kaki, Lakukan dengan Rutin Ya

6. Kurangi mengonsumsi minuman berkafein

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Walaupun kafein memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengatasi mata panda, namun kamu harus perlu memperhatikan kadar yang baik untuk dikonsumsi.

Pasalnya, kafein pada minuman seperti kopi dan teh jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Efek ringan yang ditimbulkan adalah bisa membuatmu terus terjaga sehingga kekurangan istirahat.

Saat kurang tidur, maka akan timbul masalah lain, salah satunya adalah mata panda. Lingkaran mata yang tidak segera dihilangkan akan membuat penampilanmu kurang menarik.

Oleh sebab itu, kurangi konsumsi minuman berkafein dan beralihlah dengan banyak mengonsumsi air putih. Sebab, air putih sangat bagus untuk kesehatan.

7. Menggunakan produk kecantikan

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda, bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Jika cara alami di atas masih belum bisa mengatasi masalah mata panda yang tengah kamu alami, kamu bisa beralih menggunakan produk kecantikan khusus untuk menghilangkan permasalah pada lingkaran mata.

Biasanya, ada banyak pilihan serum mata dari berbagai macam produk yang diklaim ampuh mengatasi masalah mata panda.

Seperti yang kita tahu, bahwa serum merupakan salah satu produk perawatan kulit yang tingkat keberhasilannya lebih tinggi karena dapat menyerap dengan mudah.

Namun, perlu dicatat bahwa sebaiknya lebih teliti dalam memilih produk tersebut. Pasalnya, jika kamu tidak cocok dengan produk kecantikan yang kamu beli, maka kemungkinan besar akan bersiko buruk bagi kondisi matamu.

Untuk itu, periksa secara teliti kandungan bahan aktif yang terdapat pada produk kecantikan yang ingin kamu gunakan.

8. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih

(foto: istockphoto)

Air putih merupakan ramuan ajaib yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menghilangkan mata panda.

Hal ini dikarenakan air putih dapat memenuhi cairan dalam tubuh, mengingat salah satu penyebab mata panda adalah kekurangan cairan.

Minumlah air putih secara cukup yakni minimal 8 gelas setiap harinya. Selain mata panda bisa menghilang, tubuh sehat juga akan kamu dapatkan.

9. Gunakan make up

Gunakan make up

(foto: istockphoto)

Selain menggunakan produk perawatan kulit seperti serum mata, kamu juga bisa mengatasi masalah mata panda dengan cara menggunakan make up.

Akan tetapi, cara ini bukan untuk menghilangkan, melainkan hanya sebagai trik untuk menutupinya saja.

Kamu bisa menggunakan conceller yang diaplikasikan tipis pada area mata panda. Selain itu, juga bisa menggunakan bedak atau fondation agar mata panda tertutupi dengan sempurna.

10. Lakukan perawatan mata ke dokter kecantikan

dokter kecantikan

(foto: istockphoto)

Jika semua cara alami dan penggunaan produk make up tidak berhasil mengatasi masalah mata panda yang kamu alami, sebaiknya kamu melakukan perawatan khusus di klinik kecantikan yang ditangani langsung oleh ahlinya.

Ada banyak macam perawatan mata yang bisa kamu pilih, diantaranya laser yang dipercaya ampuh mengencangkan kulit, fillet untuk menyembunyikan pembuluh darah dan melanin penyebab area mata mata berwarna hitam, dan masih banyak bentuk perawatan lainnya.

11. Kurangi begadang

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa salah satu penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

Oleh sebab itu, cara untuk mengatasi dan mencegah mata panda yang paling ampuh adalah dengan mengurangi kebiasaan tidur larut malam.

Ada baiknya jika mulai saat ini, atur pola tidur agar menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari.

Selain dapat mencegah dan mengatasi mata panda, tidur cukup juga dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

12. Kompres dengan sendok dingin

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: iastockphoto)

Tidak hanya berfungsi sebagai alat makan, rupanya sendok juga bisa dijadikan sebagai alat kecantikan, yakni menghilangkan mata panda.

Caranya, ambil satu buah sendok makan yang sudah dicuci bersih sebelumnya, kemudian letakkan di dalam lemari es selama 15 sampai 20 menit, hingga seluruh area sendok terasa dingin seperti es.

Setelah itu, tempelkan bagian punggung sendok tersebut ke area mata yang terdapat lingkaran hitam. Jangan lupa untuk menekannya dengan lembut sampai rasa dinginnya menyentuh area mata.

Lakukan sampai kurang lebih 10 sampai 15 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk melakukan cara ini secara rutin setiap hari.

13. Menggunakan lidah buaya

(foto: istockphoto)

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Tumbuhan ini memiliki manfaat untuk menyuburkan dan menghaluskan rambut. Selain itu, ia juga bisa menghaluskan kulit dan mencegahnya dari efek penuaan.

Manfaat lainnya dari tanaman yang mengandung lender ini adalah mampu mengatasi mata panda.

Caranya, pilih lidah buaya yang masih segar. Belah hingga terlihat gel atau lendirnya. Kemudian, ambil sediikit gel lidah buaya, lalu oleskan pada lingkaran mata yang berwarna hitam.

Jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan selama mengoleskan gel tersebut selama beberapa menit.

Waktu terbaik untuk menggunakan lidah buaya adalah pada malam hari. Sehingga, pada saat mengoleskan gelnya pada area mata panda, kamu bisa emndiamkannya semalamam, lalu bilas esok harinya menggunakan air bersih.

14. Masker tomat

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan nutrisi yang kerap digunakan untuk kecantikan adalah tomat. Seperti yang kita tahu, sayuran ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab dan terasa lebih halus.

Tak heran, jika banyak orang menggunakannnya sebagai solusi ampuh dalam mengatasi masalah kulit, baik dengan cara mengonsumsinya secara langsung ataupun dengan cara mengolahnya menjadi masker wajah.

Perlu diketahui, bahwa manfaat tomat rupanya juga bisa menghilangkan lingkaran hitam pada bawah mata.

Hal ini dikarenakan, kandungan likopen dan beta karoten yang terdapat di dalamnya mampu memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit, yang mana dapat menimbulkan warna hitam seperti mata panda.

Caranya, kamu bisa mengolas tomat menjadi masker wajah. Mula-mula, ambil beberapa buah tomat, kemudian haluskan sampai membentuk seperti pasta.

Setelah itu, oleskan secara merata pada area bawah mata, atau ke seluruh wajah. Diamkan kurang lebih selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa mencoba menggunakan masker ini secara teratur, yakni sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

15. Menggunakan kentang

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Selain tomat, kentang juga bisa bermanfaat dalam mengatasi masalah mata panda. Tidak hanya dapat menyehatkan tubuh karena kandungan akrbohidratnya, sayuran ini rupanya juga sangat bagus untuk kecantikan kulit.

Kandungan asam azelaic yang terkandung di dalamnya, dipercaya mampu mengurangi pigmentasi dan memperlambat aktivitas dari tyrosinase. Dengan demikian, lingkaran hitam pada mata akan menghilang.

Untuk menghilangkan mata panda dengan menggunakan kentang, caranya adalah dengan menghaluskan kentang terlebih dahulu, kemudian oleskan pada area bawah mata. Biarkan sampai kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Menggunakan madu

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Siapa sih yang tidak tahu manfaat ajaib madu bagi kecantikan kulit? Hampir sebagian besar orang tentu sudah tahu dan percaya akan kemampuannya.

Manfaat madu ternyata bisa membantu menghilangkan mata panda. Sebab, ia mengandung polifenol yang memiliki kemampuan untuk memperlambat aktivitas tyrosinase.

Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mengurangi pigmentasi yang menyebabkan area bawah mata menghitam.

Caranya, campurkan mady dengan air lemon. Kemudian, oleskan pada area bawah mata yang menghitam.

Setelah itu, tunggu selama 10 sampai 15 menit, lalu bisa bisa menggunakan air sampai bersih.

Untuk mempercepat pemudaran lingkaran hitam di bawah mata, maka kamu bisa lakukan cara tersebut secara rutin, yakni 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

17. Menggunakan susu

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Tidak hanya menyehatkan tubuh dan tulang, susu juga memiiiki manfaat baik bagi kecantikan, tertama pada kulit.

Susu bisa membantu menghilangkan mata panda, sebab ia mengandung vitamin A yang bisa membuat kulit menjadi sehat dan elastis, serta dapat mencerahkan wajah sehingga lingkaran hitam di bawah mata menghilang.

Cara untuk menghilangkan mata panda menggunakan susu adalah, siapkan susu segar kemudian letakkan di lemari es terlebh dahulu agar suhunya dingin.

Setelah itu, celupkan kapas pada susu yang telah dingin, kemudian tempelkan pada area bawah mata yang menghitam.

Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air besrih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

18. Menggunakan teh hijau

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: pexels)

Banyak studi yang membuktikan bahwa teh hijau atau yang biasa disebut dengan green tea memiliki menfaat baik bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Oleh sebab itu, teh hijau kerap menjadi pilihan alternatif dalam upaya menyehatkan tubuh dan juga menjaga kecantikan kulit.

Biasanya, orang menyeduhnya dengan air hangat lalu meminumnya secara teratur. Ada pula yang menjadikannya sebagai masker wajah untuk mengatasi berbagai masalah wajah, salah satunya adalah menghilangkan mata paanda.

Hal ini dikarenakan, kandungan anti oksidan yang terdapat di dalamya mampu membuat lingkaran hitam di bawah mata menjadi memudar.

Kamu bisa menggunakan teh ini dengan cara menghaluskan dan menjadikannya sebagai masker wajah yang dioleskan pada area bawah mata. Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

19. Masker kopi

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Selain teh, menghilangkan mata panda juga bisa dengan cara menggunakan kopi. Hal ini dikarenakan, kafein yang terkandung di dalamnya mampu memudarkan lingkaran hitam pada area bawah mata.

Cara menghilangkan mata panda dengan kopi adalah dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun atau air bunga mawar, aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada bagian bawah mata yang menghitam. Tunggu sekitar 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Jangan lupa untuk melakukan cara ini secara teratur agar mendapatkan hasil memuaskan.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara ampuh untuk menghilangkan mata panda. Cara tersebut akan sangat efektif jika kamu mengimbanginya dengan aktivitas berat seperti olahraga dan makan makanan yang bergizi.

Hindari kebiasaan buruk begadang yang tidak memiliki manfaat. Sebab, selain mengakibatkan masalah pada mata, begadang juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatanmu.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.