travel

Pesona 10 Wisata Sri Lanka, Paket Lengkap Aneka Destinasi Menggoda

Penulis:   | 

Menjadi salah satu dalam daftar negara yang paling banyak menjadi tujuan wisata dunia, pergi ke Sri Lanka pasti menjadi impian banya orang.

Negara yang terletak di Asia Selatan ini memiliki kekayaan budaya serta menjadi destinasi wisata religi yang menyenangkan.

Merupakan negara multikultural, Sri Lanka memiliki banyak rumah peribadatan yang dianggap sackal dan istimewa bagi umat beragamanya masing-masing.

Bentuk negara Sri Lanka ini adalah pulau besar dengan pulau-pulau kecil di sekitarya, Tak heran, menjelajahi negara ini kamu akan banyak menemui pesisir-pesisir pantai indah nan eksotis.

Merupakan negara kecil, lokasinya ini juga berdekatan dengan Maladewa atau Maldives. Karena sangat kecil, bahkan ukurannya disebut lebih kecil dari Pulau Sumatera ataupun Sulawesi. Meskipun begitu, pesona alamnya tak dapat dipungkiri kemenawanannya.

Lihat daftar 10 destinasi wisata Sri Lanka berikut ini sebelum kamu pergi berpelesir ke sana.

Baca juga: Dikenal Sering Konflik, 10 Potret Indah Tempat Wisata di Negara Iran

1. Sigiriya Rocks, ke objek wisata terpopuler monumen batu bernilai sejarah tinggi 

Sigiriya Rock Sri Lanka

(foto: instagram/girlstravele)

Perjalanan ke Sri Lanka, harus dimulai dari monument bersejarah Sri Lanka satu ini. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai kejaiban dunia kedelapan.

Dahulunya ini adalah kompleks istana dan benteng kuno. Memiliki banyak peninggalan arkeologi penting, Sigiriya Rock menjadi objek wisata di Sri Lanka yang paling sering dikunjungi.

Istana ini terletak di jantung pulau antara Kota Dambulla dan Habarane, di dataran tinggi berbatu yang besar 370 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi batu Sigiriya ini terbentuk dari magma gunung berapi yang sudah punah.

Lokasinya lebih tinggi 200 meter dari hutan di sekitarnya. Pemandangan di sekitar akan membuatmu terpukau berpadu dengan monumen batu bersejarah yang unik dan khas ini.

Kompleks benteng mencakup bangunan sisa-sisa istana yang sudah hancur. Di kelilingi oleh jaringan benteng yang luas, taman yang luas, kolam, kanal, gang, dan air mancur.

Dahulunya telah dihuni beberapa ribu tahun. Sejak abad ke-3 SM,  dataran tinggi berbatu Sigiriya berfungsi sebagai biara.

Lalu, pada paruh kedua abad ke-5 Raja Kasyapa memutuskan untuk membangun tempat tinggal kerajaannya di sini. Setelah kematiannya, Sigiriya kembali menjadi biara sampai abad ke-14.

Pintu masuk utama istana terletak di sebelah utara bebatuan. Dirancang dalam bentuk singa batu besar, yang kakinya masih bertahan hingga sekarang, namun bagian tubuhnya sudah hancur.

Karena ada singa inilah nama istananya Sigiriya, yang artinya Singa. Salah satu fitur yang mencolok adalah dinding cermin. Banyak dilukis dengan prasasti dan puisi yang ditulis oleh pengunjung Sigiriya.

2. Air Terjun Huluganga Ella, air terjun populer dengan air jernih tanpa lumpur

Air Terjun Huluganga Ella Sri Lanka

(foto: instagram/isu_ru__wa)

Sekitar 30 kilometer dari Kota Kandy, Sri Lanka, kamu akan melihat keindahan Air Terjun Huluganga yang ada di Kota Huluganga.

Terletak di perbatasan cagar hutan Knuckles, ada sebuah kecil bernama ‘Mudulkale’. Ini adalah tujuan wisata populer bagi kamu yang ingin berburu keindahan dan ketenangan air terjun.

Karena kota ini terletak sangat dekat dengan Knuckles, aliran sungai yang berasal dari jantung hutan mengalir melalui kota ini.

Jika kamu ingin berkunjung ke sini, cara termudah adalah dengan memulainya dari Katugastota.

Air Terjun Huluganga Ella berada di ketinggian tebing 75 meter. Menjadi salah satu dari banyaknya air terjun yang tercipta  dari aliran air yang berasal dari pegunungan Knuckles.

Air yang mengalir memercikki Desa Elliyadda dan Aratthana, sebelum mengalir ke Waduk Victoria.

Tempat ini populer baik bagi pengunjung lokal maupun asing. Bagi penduduk desa, air terjun dianggap sebagai bagian dari warisan Dumbara mereka. Ada banyak bebatuan d sungai.

Bahkan, saat hujan air tidak becek karena bebatuan, rerumputuan, dan tumbuhan. Sebuah bendungan telah dibangun di bagian atas air terjun di bawah Skema Pasokan Air Kundasele.

Air terjun ini menjadi pemandangan yang terkenal beberapa tahun yang lalu karena menjadi lokasi drama populer di Sri Lanka.

Selain keindahan air terjun itu sendiri, sungai yang ada di air terjun ini bersih dari lumpur. Bebatuan di sekitarnya dalam bentuk beberapa ukuran. Terlihat eksotis berpadu dengan latar air terjun.

3. Dambulla Cave Temple, kuil gua terbesar di Sri Lanka

Dambulla Cave Temple

(foto: instagram/andjela_curcic)

Objek wisata Sri Lanka lainnya yang juga sangat berharga untuk dikunjungi adalah Dembula Cave Temple.

Keunikan biara yang bangunnannya menyatu dengan gua ini, membuatnya sudah dimasukkan ke dalam warisan budaya dunia UNESCO. Kuil Batu Dembula disebut Wihara Jumbukolla (Kuil Gua Dambulla).

Lokasinya terletak d sekitar empat puluh tujuh mil barat laut Kandy. Gua-gua Dambulla seperti Gua Mihintale pada masa awal dihuni oleh para pertapa Buddha.

Keunikan tempat ini telah dikonfirmasi dengan kehadiran prasasti pra-Kristen dalam karakter Brahmi yang ada di bawah langkan tetesan gua pusat.

Kamu juga bisa menemukan Kompleks Kuil Batu Kerajaan yang indah terletak sekitar 160 meter di atas jalan di bagian selatan Dembulla.

Di sini ada lima gua terpisah yang didalamya berisi sekitar 150 patung serta lukisan Buddha yang benar-benar menakjubkan.

Ini adalah bukti beberapa seni religius Sri Lanka yang paling penting dan menggugah. Menjadi ciri khas daya tarik wisata Sri Lanka.

Gambar Buddha pertama kali dibuat di sini lebih dari 2000 tahun yang lalu. Kemudian selama berabad-abad setelahnya raja-raja berikutnya menambahkan dan menghiasi seni gua.

Dari gua-gua ini kamu bisa melihat pemandangan di sekitarnya dengan jelas dan menakjubkan. Di antaranya seperti Sirgiya Rock yang terlihat jelas dari jarak sekitar 20 km.

Ini adalah kompleks kuil gua terbesar dan terawat yang ada di Sri Lanka. Fitur terpentingnya adalah lukisan mural Buddha seluas 2.100 m persegi, begitu juga 157 patung.

4. Menusuri pantain eksotis Sri Lanka yang indah serta masih sepi, Pantai Goyambokka

Pantai Goyambokka Sri Lanka

(foto: instagram/evgeniya_pokhodun)

Sri Lanka juga punga banyak wisata pantai andalan yang sangat keren untuk disambagi. Salah satunya pantai populer yang ada di kawasan Tangalle, yakni  Pantai Goyambokka.

Memiliki laut biru yang bersih, membuatnya menjadi tempat ideal untuk aktivitas renang. Pantai ini menjadi lokasi yang nyaman juga untuk bersantai, dengan jumlah turis yang lebih sedikit.

Ditambah jajaran pohon palem di sekitarnya yang akan sedikit memayungimu dari panas terik matahari.

Memulainya dari Tangalle,  akan membutuhkan kurang lebih 3 km dari Jalan Tangalle menuju Mihindu Mawatha untuk mencapai pantai.

Selain air laut biru, pantai memiliki pasir berwarna coklat krem. Kadang-kadang bertabur batu, dengan kepiting dan batok kelapa pecah yang berserakan.

Di sekitar pantai kamu dapat dengan mudah menemukan kios-kios yang menjual minuman atau makanan ringan. Payung dan kursi pantai bisa kamu dapatkan gratis dengan membeli makan atau minum tersebut.

Letaknya yang terpencil, memang membuatmu dapat menikmati lebih banyak privasi saat bermain ke pantai ini. P

asir pantainya ini sangat lembut serta tanpa kerikil. Jajaran pohon palem menambah keeksotisan, sementara bebatuan besar yang berserakan di beberapa titip bibir pantai menjadikan perpaduannya dengan air biru jernih pantai semakin menakjubkan.

Menjadi pantai yang cocok untuk dikunjungi buat kamu yang ingin menjauh dari hiruk pikuk perkotaan, dengan tawaran pemandangan cukup memanjakan.

5. Ambuluwawa Environmental Conservation, menara di tengah dataran tinggi Sri Lanka denga pemanadangan spektakuler dari puncaknya

Ambuluwawa Environmental Conservation Sri Lanka

(foto: instagram/andresmits_)

Ini adalah menara tinggi yang bisa kamu naikki dan rasakan keindahan Kandy dari atasnya.

Ambuluwawa ini merupakan komplek keanekaragaman hayati serta suaka multi agama pertama di Sri Lanka. Lokasinya berada di dataran tinggi tengah Sri Lanka.

Menara ini secara resmi disebut sebagai Stasiun Triginometri Ambuluwawa. Ini adalah menara besar sangat tinggi dengan tangga berkelok-kelok, yang menyerupai stupa Buddha bergaya kovil Hindu, masjid Muslim, dan gereja Kristen. Lokasinya 5 kilometer dari pusat Kota Gampola.

Sampai di puncak menara Ambuluwawa, kamu akan sangat takjub dengan panorama yang ditawarkannya. Meski sedikit butuh keberanian saat menaikki tangga melingkar yang sepeti balkon ini.

Namun, bahkan sebelum sampai puncaknya saja, kamu sudah bisa menikmati awan yang terasa sangat dekat, puncaknya, semua adrenalin yang sudah terkuras saat menaikkinya akan terbayarkan.

Ambulawawa memang mudah untuk dicapai. Namun, tidak untuk yang takut ketinggian. Di atasnya pemandangan 360 derajat dari pegunungan, hutan, sungai, dan kota sekitarnya.

Daerah ini memang kaya akan keanekaragaman, kamu bisa melihat hutan yang masih sangat hijau, tanaman bunga yang mekar serta merambat, dimana ada sekitar 200 jenis tanaman dari 80 famili tumbuhan, termasuk beberapa jenis tanaman obat.

Ambuluwawa terletak kirap-kira 1.965 kaki dari tingkat Kota Gampola. Gunung Ambuluwawa berdiri sekitar 3.560 meter di atas pemukaan laut.

Menara ini berdiri di ketinggian kurang lebih 48 meter. Tempat di sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi antara lain tiga kolam, pohon Bodhi yang sakral, Taman Air, Taman Batu dan Taman Jamu.

Baca juga: 10 Objek Wisata Italia yang Akan Buat Liburanmu Tak Terlupakan

6. Pagoda dengan bentuk menyerupai lonceng raksasa, Japanese Peace Pagoda

Japanese Peace Pagoda Sri Lanka

(foto: instagram/iren__zakharova)

Lokasinya beberapa kilometer saja dari Kota Galle, Pagoda Perdamaian Jepang ini adalah kuil unik yang suasana di sekitarnya menjamin ketenangan dan kedamaian bagi pengunjungnya.

Pagoda dibangun di atas perintah Jepang Nipponzan-Miyohoji pada tahun 2005. Dibangun sebagai simbol perdamaian di pulau tersebut.

Pendakian ke sini cukup singkat, yakni ke Puncak Rumassala Hill. Kamu akan kagum melihat bentuk pagoda yang masih asli serta begitu terawat.

Kenampakkan pagoda ini seperti struktur lonceng putih besar yang menjulang tinggi dan dikelilingi patung-patung bercat emas.

Naikki beberapa anak tangga yang mengarah ke jalan setapak yang mengelilingi kuil dan menawarkan pemandangan hutan dan teluk 360 derajat.

Nikmati pemandangan pantai yang terlihat jelas serta kota Galle yang ketinggian saat kamu ada di bukit ini.

Kunjungi dahulu Japanesse Peaxe Pagoda ini sebelum kamu menikmati berenang yang menyegarkan di Jungle Beach.

Arsitektur pagoda benar-benar menawan, berdiri dengan gagah di ujung Situs Lumbini. Seperti namanya, suasana damai di sekitar pagoda ini benar-benar memberi ketenangan.

Dari atas Pagoda Perdamaian ini kamu juga bisa melihat ke seberang Cagar Alam Burung Bangau yang berdekatan.

Lahan yang dilindungi ini dimaksudkan sebagai habitas Burung Bangau Sarus, yang merupakan hewan endemik di wilayah ini.

Ini adalah jenis burung terbang tertinggi yang disebut memiliki hubungan khusus dengan kisah Buddha.

Diperkirakan ada sekitar 100 pasang Burung Bangau Sarus yang tinggal di sekitar tempat perlindungan, kamu bisa cukup mudah menemukannya.

7. Masjid Jami Ul-Alfar, Masjid merah arsitektur menawan di tengah Kota Patteh

Masjid Jami Ul-Alfar Sri Lanka

(foto: instagram/lehatruc)

Merupakan negara multilateral, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak tempat peribadatan yang berbeda-beda.

Untuk masjid, salah satu yang paling istimewa adalah ‘Red Mosque’ atau yang memiliki nama Masjid Jami Ul-Alfar ini.

Keberadaan masjid ini disebut-sebut sebagai salah satu keajaiban arsitektur dunia.  Lokasinya ada di Distrik Pettah yang terkenal ramai, merupakan salah satu sudut tertua di Kota Kolombo.

Menaranya yang tinggi membuatnya selalu terlihat hampir di setiap jalan. Berada di tepi jalan raya dengan segala hiruk-pikuk yang ada.

Dibangun sekitar tahun 1909, masjid ini memiliki detal arsitektur yang dekoratif. Dindingnya adalah bata-bata merah putih bergaris seperti permen.

Penjaga masjid biasanya akan mengizinkan pengunjung untuk melihat-lihat, terkecuali di waktu sholat, termasuk sholat Juamt.

Setelah puas melihat-lihat keunikan arsitektur masjid, kamu bisa pegi ke kafe kopi seberang jalannya yang halal.

Pola merah-putih yang ada pada dinding masjid menjadi ciri khasnya yang unik. Sementara itu kubah dibangun dalam bentuk delima.

Masjid Merah juga dikenal sebagai Rathu Palliya di Sinhala, serta Samman Kottu Palli di Tamil. Dibangun dengan gaya yang disebu Indo-Saracenic.

Penampilan masjid ini mengungatkan pada Masjid Jamek di Kuala Lumpur, Malaysia. Kedua masjid dibangun pada kurun waktu yang berdekatan.

Tak hanya beribadah di masjid, kamu bisa melihat bagaimana kesibukkan Sri Lanka, Patteh, di sini. Berpadu dengan keberadaan pasar, toko, dan bazar yang sibuk. Namun sekali lagi, bangunan masjid ini menjulang megah di jalan-jalannya.

8. Pettigala Kand, hikking di pegunungan Sri Lanka dengan rute budaya yang menyenangkan

Pettigala Kandy Sri Lanka

(foto: instagram/gtr_anu)

Pettigala disebut juga dengan Pethiyagala. Merupakan area hiking yang terletak di Taldeniya, di Distrik Kandy. Ini adalah gunung yang cukup tinggi dengan ketinggiannya mencapai 760 meter.

Variasi ketinggian 200 meter, di dataran tinggi tengah Sri Lanka. The Hike of Pettigala adalah salah satu tantangan yang sebanding dengan pegunungan yang mudah diakses dengan bus.

Jalan menuju Petiggala ini menawarkan petualangan alam bebas yang cocok bagi kamu pencinta petualangan liar.

Kamu akan memasukki kawasan hutan dengan banyak singkapan batu, membukan ke arah panorama yang menakjubkan dari daerah yang ada di sekitarnya.

Merupakan jalur pendakian yang cukup menantang dan lebih baik dilakukan untuk kamu yang sudah berpengalaman.

Perjalanan di mulai dari Kandy, menyusuri Jalan Sirimalwatta, lalu Yakgahapitiya, lanjut ke Menikhinna.

Dengan melewati Pilawala dahulu. Kemudian belok ke Jalan Teldeniya, melewati Digana hingga akhirnya sampai ke Pettigala.

Berada di Kota Balangoda, daerah ini sebenarnya adalah tambang emas arkeologi. Maka dari itu jangan lewatkan perjalanan ke Pettigala ini.

Ada banyak hal yang bisa dilihat di pedesaan perbukitan selama perjalanannya. Puncaknya beradaan di ketinggian 1500 meter.

Namun, hutan yang melapisi puncak dan sisi pegunungan memberimu rute yang teduh serta menarik untuk diikuti.

Rute jalan setapak yang dilalui area hiking ini juga akan melewati kuil Buddha kuno, Bambaragala Raja Maha Viharaya.

9. Pathirakali Amman Temple, kuil Hindu warna-warni dengan arsitektur detail yang unik

Pathirakali Amman Temple Sri Lanka

(foto: instagram/jynay)

Ini ada kuil hindu dengan arsitektur sangat unik, yang terletak di Jalan New Moor Trincomalee. Sebuah kuil yang didirikan untuk didedikasikan pada Dewi Bhadrakali.

Kuil Kali dari Kompleks Kuil Trincomalee Koneswaram Kuno. Sebuah kompleks besar kuil yang terhubung di daerah Trincomalee Konesar Malai.

Lokasinya dekat dengan Universitas Hindu Trinconalee.  Arsitektur uniknya ini bertema arsitektur klasik Dravida. Kuil Pathirakali Amman telah menarik peziarah sejak sebelum abad ke-11 masehi.

Gaya arsitektur kuil seperti ini banyak ditemukan dibagian India Selatan. Gopuram spektakuler dengan Pura Kali ini memiliki warna-warna cerah serta segudang pahatan yang menarik perhatian.

Interiornya yang unik ini akan membuatmu terpesona dan ingin memperhatikannya lebih detail karena sangat rinci pahatannnya.

Dinding candi dihiasi dengan banyak pahatan indah  yang berbeda satu sama lain. Kuil ini terletak tepat diluar Konesar Road Esplanade sebelum pintu masuk ke Konamamalai (Batu Swami).

Kuil ini mengadakan festival tahunan yang disebut dengan ‘Mahotsavam’ yang berlangsung selama sekitar sepuluh hari dan berakhir bersamaan dengan festival kereta di Kuil Koneswaram.

Pesta Festival Mahotsavam biasanya dimulai pada minggu ketiga bulan Maret selama 15 hari. Dimana saat itu para pemuja datang dan merayakan pesta tersebut.

Mahotsavam berakhir setelah sepuluh hari denga upacara pemotongan air yang diadakan di Laut Timur Belakang Kota Pelabuhan Timur. Ini adalah wisata budaya, alam, dan sejarah yang memberi pengalaman yang berbeda.

10. Ruwanweli Maha Seya, Stupa Buddha yang tertinggi dan paling sakral di dunia

Ruwanweli Maha Seya Sri Lanka

(foto: instagram/indi_yapa)

Ruwanweli Maha Seya merupakan stupa Buddha terkemuka yang terletak di kota bersejarah kuno Anuradhapura.

Stupa ini dibangun oleh Raja Dutugemunu pada abad ke-2 SM. Dianggap sebagai situs keagamaan paling sacral oleh seluruh umat Buddha di dunia.

Ruwanweli Maha Seya juga memiliki nama lain ‘Swarnamali Chaitiya’, ‘Rathnama Chaitya’, dan ‘Mahathupa’. Berdiri bersama dengan Jaya Sri Maha Bodhi sebagai salah satu situs tertua  yang paling suci bagi umat Buddha.

Di dalamnya tersimpan koleksi relik (dua liter) Buddha terbesar, dari seluruh dunia. Menjadi salah satu struktur arsitektur terbesar pada zaman itu.

Puncak stupa terbuat dari kristal yang melambangkan tujuan akhir agama Buddha yaitu pencerahan. Bangunan ini juga menjadi salah satu bangunan kuno tertinggi di dunia.

Berdiri di ketinggian 103 m dan dengan keliling 290 m. Membuat berada dalam daftar puncak stupa terbesar di Sri Lanka.

Stupa aslinya ini sebenarnya memiliki tinggi 180 kaki (55 meter) sebelum setelah terus mengalami perluasan dan renovasi oleh raja-raja setelah itu.

Bentuk stupa ini memang menarik, menyerupai gelembung susu. Menjadi bangunan putih besar, rancangannya ini dilakukan sebagaimana ajaran agama Buddha.

Struktur masifnya menyerupai empat kebenaran mulia sedangkan cincinnya melambangkan Jalan Mulia Berunsur Delapan.

Masih banyak sekali sebenarnya yang bisa kamu jelajahi lebih dalam di Sri Lanka ini. List 10 tempat wisata di atas adalah rangkuman wisata Sri Lanka terbaik versi kami.

Bisa jadi referensi, tetapi kamu juga akan  bisa menemukan lebih banyak objek wisata menarik lainnya di Sri Lanka yang keanekaragamannya menjadi paket lengkap liburan kamu!