travel

10 Objek Wisata Italia yang Akan Buat Liburanmu Tak Terlupakan

Penulis:   | 

Italia tidak hanya dikenal karena pizza dan hidangan pastanya saja. Negara yang terletak di jatung Laut Mediterania ini punya segudang objek wisata menarik yang sangat bisa kamu jelajahi.

Italia punya banyak bangunan-bangunan peninggalan romawi kuno mulai dari yang tingga menyisakan reruntuhannya saja. Hingga bangunan berasitektur cantik yang masih berdiri kokoh.

Tak hanya itu, wilayahnya yang didomniasi perairan, membuat tatanan kota di Italia ini unik serta banyak yang berada di atas air. Bangunan-bangunannya juga cantik hingga kaya akan unsur seni.

Ada bangunan bersejara yang termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia, Koloseum, hingga pedesaan cantik dengan bangunan warna-warni di Venis.

Kalau kamu ingin pergi berlibur ke Italia tetapi masih bingung, ada apa saja objek wisata menarik dan berkesan di Italia, berikut kami berikan daftar rekomendasi 10 Objek Wisata Italia yang akan buat liburanmu tak terlupakan.

Baca juga: 10 Pesona Wisata Andalan Yunani, Negeri Peradaban Kuno dengan Alam Rupawan

1. Menyusuri jejak bangunan tujuh keajaiban dunia di Italia, Koloseum

kolosseum italia

(foto: intagram/kubiak.ka93)

Koloseum jadi objek wisata paling populer di Italia yang sangat tak boleh kamu lewatkan. Bangunan satu ini punya bentuk unik yang membuatnya menjadi ikon sejarah tersendiri di Italia.

Koloseum tadinya merupakan arena gladiator, letak tepatnya berada di Roma, Italia. Dibangun pada tahun 72M oleh Vespasian di masa Domitianus, yang kemudian diselesaikan oleh anaknya  Titus pada tahun 80M.

Jumlah pintu yang mengelilingi bangunan ruangannya ini ada 80. Tempat ini mampu memuat hingga 50.000 orang. Bangunan ini sangat bersejarah juga karena menjadi salah satu bangunan arsitektur terbesar yang pernah dibangun Kerajaan Romawi.

Uniknya, Salah satu 7 kejaiban dunia  ini dahulu persemiannya dibukanya dilakukan dengan membantai  9.000 ekor binatang buas.

Kini dikenal artistik dan dijadikan tujuan wisata yang tak pernah sepi dari wisatawan di seluruh penjuru dunia, dahulunya bangunan ini saksi bisu untuk pertunjukan pertarungan hewan-hewan dengan tahanan yang divonis atau dieksekui.

Makannya, agar darah pembataian tidak menggenang, lantai bangunan ini sengaja beralaskan pasir.

2. Kota warna-Warni di Pulau Burano, langganan objek wisata instagramable

burano italia

(foto: instagram/pear.sasi)

Satu lagi objek wisata nan cantik yang wajib kamu kunjungi saat berpelesir ke Italia. Ya, Burano Island, sudah menarik jutaan wisatawan dunia untuk berburu cantiknya bangunan warna-warni di tepian sungai yang khas.

Burano, terletaknya di Venis. Pergi ke sini, kamu akan menikmati bagaimana suasana kehidupan masyarakat Italia secara dekat.

Orang-orang yang datang memilih berbagai sudut instagramable untuk berfoto. Lalu, tertawa-tawa bersama orang-orangg tersayang sambil menikmati kudapan lezat di tepian sungainya.

Ada bebera café yang menjajakan kuliner khas Italia di sini. Pemandangan tak kahlah seru, menyaksikan para pemancing yang berusaha menangkap ikannya.

Terlepas dari indahnya tampilan Burano ini, yang harus kamu tahu adalah jika Burano juga menjadi pusat lokasi pengelolaan kaca Murano.

Jika kamu memilih santap makan siang di sini, hidangan yang paling harus kamu coba adalah olahan ikannya. Seperti yang terkenal di sini adalah ‘risotto de go’. Beberapa restaurantnya ini masih mempertahankan wujud aslinya yang antik.

Jika waktumu singkat, coba pilih makanan seperti pizza dan ice cream yang segar.

3. Melempar koin ke kolam Air Mancur Trevi Fontana yang ikonik

trevi fontana italia

(foto: instagram/italia_dev)

Italia juga punya air mancur yang menjadi salah satu paling populer di dunia. Didesain dengan gay aroma serta arsitektur yang megah, Trevi Fontana juga memberikan nuansa khas Italia tersendiri.

Makannya, air mancur yang punya tinggi 26 meter serta lebar 20 meter ini juga tak pernah sepi pengunjung. Kemegahannya ini adalah hasil karya dari arsitektur terkenal Italia, Nicola Salvi.

Ada tradisi unik di air mancur ini yang dilakukan sering dilakukan pengunjung. Yakni, tradisi melempor koin ke kolamnya. Orang-orang percaya, melempar koin ke sini berkaitan dengan peruntungan nasib.

Untuk melemparkannya sendiri, ada caranya. Menggunakan tangan kanan dari bahu kiri. Melemparkan satu koin artinya ia akan kembali ke Roma. Melempar 2 koin, artinya menemukan cinta. Sedangkan jika bisa melempar tiga koin, maka akan segera menikah.

Letaknya yang berada di pusat Kota Roma, membuat Trevi Fontana selalu ramai dikunjungi karena popularitasnya itu.

Bentuk kolam air mancur ini persegi panjang dengan salah satu sisinya menempel pada tembok. Sementara tampilannya semakin artistik dengan adanya patung-patung  yang kental dengan gaya Barok.

4. Wisata reruntuhan romawi artistik di atas bukit, Palatine Hill

Palatine Hill Italia

(foto: instagram/sona.mesclics)

Bukit indah yang satu ini juga menjadi wisata bersejarh serta artistik lainnya dari Italia. Berupa reruntuhan bangunan yang justru kin banyak menarik minat wisatawan saat berkunjung ke Italia.

Bukit ini merupakan pusat dari tujuh bukit yang ada di Roma. Sudah berusia sangat tua, Palation sudah dihuni sejak  sekitar 1000 SM.

Menjadi tetanggan dari situs terkenal Koloseum, perjalanan wisatamu ke Italia tetap tidak akan lengkap, jika tidak berjelajah secara menyeluruh ke kota kuno ini.

Menara bukit yang indah ini berdiri di atas  Roman Forum dan Circus Maximus. Kamu masih bisa melihat bekas reruntuhan kastil megahnya di kejauhan atas bukit.

Merupaka kastil kekaisaran yang punya nilah sejaran penting bagi Roma. Dikelilingin dengan lanskap hijau, kamu akan menemukan banyak bunga-bunga di sekitarnya.

Selain itu jika beruntung, kelinci-kelinci yang manis juga sering terlihat berlarian ke sana-kemari di sekitaran dengan menggemaskan.

Selain untuk berburu spot foto kuno, kamu juga bisa sambil berpiknik di sini. Menikmati angina di atas perbukitan dengan alam menakjubkan.

5. Cinque Terre National Park, taman nasional di pulau pedesaan warna-warni dengan laut biru

Cinque Terre National Park

(foto: instagram/wanderlusterprincess)

Eropa memang selalu punya kenampakan alam menakjubkan yang menawarkan pesona berbeda. Begitu juga dengan Italia. Salah sati objek wisata alam yang wajib kamu kunjungi di sini adalah Cinque Terre National Park.

Ini adalah taman nasional di Italia yang terbilang unik. Karena, letaknya bertepian dengan laut nan cantik. Taman ini mencakup lima desa tepi laut yang indah berada di atas ketinggian garis pantai Mediterania yang berbatu.

Sementara jajaran pegunungan menawan dan gagah menjadi latarnya. Ada Monterosso, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore.

Ditambah dengan garis pantai Liguria yang mempesona yang semuanya menjadi bagian taman nasional ini.

Kamu akan menemukan berbagai atraksi wisata yang tak lekang di makan waktu di sini. Di antaranya deretan bangunan-bangunan bersejarah kuno.

Banyak sejarah hidup di desa-desa yang jejaknya masih jelas di sini. Gereja-gereja kuno, kastil-kastil, dan rumah-rumah yang berbaris di jalan-jalan sempit dan alun-alun.

Jangan lupakan Vila Romawi, Biara Benediktin, juga arsitektur Romawi menjadi saksi perjalanan waktu yang membekas  di sini.

Pengunjung akan terpesona dengan desanya yang menawan. Sementara keindahan tepi lautnya adalah teluk kecil, perairan lepas pantai yang terlindungi.

Baca juga: 10 Tujuan Wisata Maroko, Keragaman Budaya Hingga Alam Memukau

6. Permata tersembunyi Italia, Lago di Tenno penampakan danau berkilau di tengah hutan lebat

lago di tenno italia

(foto: instagram/chiararo68)

Italia juga punya danau yang keindahan warna airnya membuatnya dijulukki sebagai permata Trentino.

Ya, letak danau ini ada di wilayah Trentino. Karena corak warnanya yang juga berwarna hijau kebiruan, sebagian orang juga menamainya ‘lago azzuro’.

Menariknya, danau ini memiliki bentuk bulat yang hampir sempurna. Berada di ketinggian 570 mdpl.  Berada di lanskap alam hijau yang mengitarnya, yakni di kaki Monte Misone.

Danau ini memiliki luas permukaan 0,22 km persegi. Hal menarik lain yang harus kamu kunjungi ketika bermain ke danau ini adalah pulau-pulau kecil yang ada di danau.

Datanglah saat musim panas tiba, sehingga kamu bisa coba berjalan kaki menyambangi pulau-pulau ini. Berkunjung ke lokasi ini kamu seakan menemukan surge tersembunyi dan bisa melihat alam asri Italia.

Danau ini memang tak bisa diakses dengan mobil. kamu perlu melewati tangga dari abad pertengahan untuk mencapainya.

Sementara hutan lebat di sekitarnya memenuhi area danau, lalu ada tebing putih di dalam danau, menciptakan suasana tropis yang menyenangkan.

Buat kamu pencinta alam, pastinya akan sangat senang bisa berburu suasana seperti ini di Italia.

7. Penampakan Goa Biru berkilau Blue Grotto, susuri kolam sepanjang goa dengan perahu kecil

Blue Grotto Italia

(foto: instagram/urban.sort)

Salah satu objek wisata alam populer di Italia adalah Pulau Capri. Di sini, kamu bisa berkunjung ke Blue Grotto yang diartikan sebagai Gue Biru.

Dalam bahasa Italia, Goa ini juga disebut dengan Grotta Azzura. Dahulunya, goa ini adalah kolam renang pribadi milik Kaisar Tiberius. Ia pernah memindahkan Ibukota Kekaisaran Yunani ke kota ini pada 27 Masehi.

Kaisar Romawi Tiberius ini dikenal di Capri karena ia punya peninggalan mewah, berupa Villa Jovis. Pada era kekuasaan Kaisar Tiberius ini Goa Biru dihiasi dengan sejumlah patung juga area peristirahatan yang terletak di tepi goa.

Pada tahun 1964, di bagian dalam gua ditemukan ada tiga patung dewa laut Neptunus dan Triton. Kini patung tersebut sudah dipindahkan ke museum di Ancapri.

Goa ini memiliki panjang 60 meter dengan lebar 20 meter. Di dalam goanya, kamu bisa melihat air di sepanjangnya ini terlihat seoerti dipenuhi cahaya berwarna biru.

Biasanya, pengunjung datang ke sini dengan menjelajah menggunakan perahu-perahu kecil. Warna biru airnya yang menyala begitu indah, di dalam suasana gelap goa. Ini karena sinar matahari yang menembus dari laut mediterania.

8. Rialto Bridge, jembatan dari abad pertengahanpaling populer di dunia

rialto bridge italia

(foto: instagram/goldenbody_personaltraining)

Satu lagi objek wisata yang khas dan poouler di Italia adalah Rialto Bridge atau Jembatan Rialto. Ini adalah jembatan batu melengkung yang melintasi titik tersempit dari Grand Canal di jantung Kota Venesia.

Jembatan ini diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-16. Jembatan ini jadi salah satu tujuan wisata yang dikunjungi, karena keunikan arsitekturmya yang bergaya Reinassans.

Bukan hanya jembata penghubung saja, jembatan ini dari bentuknya meliputi jajaran-jajaran toko juga.

Dalam sejarahnya, jembatan Rialtopada tahun 1850-an menjadi satu-satunya struktur tetap yang melintasi kapal.

Sebelumnya aksesnya menggunakan kapal feri gondola. Arsitektur tampilannya adalah batuan lengkung berwarna putih.

Buat yang sudah nonton Spider-Man Far For Home, pastinya akan taka sing dengan tampilan jembatan ini.

Tak heran, bahkan jembatan ikonik Venesia , Italia ini disebut sebagai salah satu jembatan paling populer di dunia. Venesia sendiri, memang dikenal sebagai kota di atas air. Makannya, banyak kanal-kanal di sini.

9. Kastil Scaligero, kastil di atas air dari abad pertengahan yang masih cantik terawat

Kastil Scaligero Italia

(foto: instagram/a.rantes)

Italia memang identik dengan banyak kotanya yang berdiri di atas kastil. Makannya, jangan heran jika saat berwisata ke sini kamu bisa menemukan banyak bangunan di atas air.

Salah satunya, bangunan kastil bersejarah satu ini, Kasti Scaligero. Bentuknya megah, artistik, dan semakin indah karena dikitari kolam.

Kastil Scaligero ada di komune Simione, yakni wilayah semenanjung tipis yang menjorok ke Danau Garda.

Danau di sekitar kastil berwarna biru, dengan warna cat dinding kasti batu putih, membuatnya terlihat eksotis. Makannya, Kastil Scaligero tak pernah sepi pengunjung.

Dari yang ingin menelusuri jejak sejarah di dalamnya, hingga nongkrong cantik di tepian kolam, serta tentunya berpuas-puas foto dengan latar kastil.

Bahkan, tempat ini juga sering menjadi lokasi untuk foto pre-wedding, demi mendapatkan kesan ala pangeran-putri di negeri dongeng.

Kastil Scaligero juga disukai wisatawan, lantaran menjadi salah satu kastil yang bangunanannya masih terawat dengan baik dari abad pertengahan di Italia.

Untuk bisa mencapai puncak kastil, kamu harus naik kurang lebih 146 anak tangga. Kastil ini sendiri dibangungan pada abad pertengahan ke-13. Dimana, didirikan di atas reruntuhan bangunan romawi.

10. Gereja kuno dengan arsitektur menawan, Santa Maria Della Salute

Santa Maria Della Salute Italia

(foto: instagram/lifespiring)

Ini adalah gereja basilica megah yang arsiteksturnya terlihat begitu mencolok berada di dekat pintu masuk Grand Canal, dengan bebatuan putih, patung-patung yang meriah, kubah-kubah tinggi yang berkilauan, membuat bangunana ini tampak begitu spektakuler.

Ini adalah gereja resmi yang dibuat sebagai permintaan dari Senat Venesia langsiung kepada Madonna, pada tahun 1960. Dibuat setelah 80.000 orang terbunuh karena wabah.

Interior basilica ini terlihat dibanjiri cahaya matahari, melalui kaca-kaca melengkung yang ada di dekat kubah gereja.

Santan Maria Della Salute berada di seberang Grand Canal dari St.Mark’s Square, dekat dengan ujung segitiga dari kawasan Dorsoduro. Maka dari itu, sebelum sampai di gereja ini kamu akan melewati rute menuju basilica yang indah.

Setelah kamu berkunjung ke gereja, jangan lupa juga untuk mengunjungi Dogana di Mare (rumah adat maritime tua) yang terletak di sebelahnya. Setekahnya, tinggal berjalan-jalan sedikit lagi, kamu bisa menyusuri perjalanan berjalan kaki santai di Zaterre.

Di sini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah Giudecca, pulau lain di Venesia. Juga, coba lintasi kanal Giudecca yang luas.

Di atas tadi adalah rekomendasi 10 objek wisata Italia yang bisa kamu sambangi. Jangan takut untuk mengeksplor lebih banyak tempat menarik lainnya juga di sini.

Sarat akan sejarah dan romantisme, Italia memang bisa jadi list liburan seru kamu lainnya. Jangan lupa, siapkan Itinery dahulu, supaya tidak kebingungan saat sampai di negeri tuan rumah pizza ini ya.