travel

10 Pesona Wisata Andalan Yunani, Negeri Peradaban Kuno dengan Alam Rupawan

By  | 

Mengingat Yunani, yang mungkin terbersit di pikiran kebanyakan orang adalah kotanya Peradaban Kuno.

Di sini, banyak bangunan-bangunan dari zaman Yunani yang menjadi saksi bisu atas lahirnya budaya dunia barat yang berada di Eropa bagian Tenggara.

Di negara ini kamu bisa menemukan banyak tempat suci yang berkaitan dengan para dewa. Beberapa biara bersejarah dengan arsitektur unik juga jadi daya tarik Yunani lainnya.

Tak kalah menarik tentunya limpahan pesona alamnya yang menawan. Yunani punya banyak pantai, danau, ngarai, goa, pegunungan, yang menawarkan kecantikan alam yang memanjakan.

Airnya masih banyak yang jernih, selain itu alamnya pun masih sangat asri. Beriwisata ke Yunani, kamu bisa menemukan pengalaman tak terlupakan yang penuh kesan.

Daripada bingung ingin pilih objek wisata yang mana, berikut ini kami berikan daftar 10 objek wisata andalan Yunani yang paling sering dikunjungi dan pastinya tak boleh kamu lewatkan.

Baca juga: 10 Tujuan Wisata Maroko, Keragaman Budaya Hingga Alam Memukau

1. Acropolis of Athena, bangunan peradaban kuno paling maju di Yunani

acropolis of athena Yunani

(foto: instagram/ paolacrevatini)

Wisata Yunani identik dengan bangunan bersejarah satu ini. Terletak di kota Athena yang terkenal, di sinilah tempat berdirinya reruntuhan benteng kuno. Tiang-tiang tingginya masih berdiri kokoh di atas pegunungan batu.

Bangunan terkenal di Athena, Acropolis ini disebut dengan Parthenon. Bangunan ini sangat bernilai sejarah bagi Yunani, karena dianggap sebagai bangunan paling sempurna dari peradaban paling maju di dunia.

Banyak yang masih tidak mengerti hingga sekarang, dengan teknologi apa dahulu orang-orang membuat bangunan megah yang indah ini. Acropolis memang menjadi situs bersejarah paling tak boleh kami lewatkan ketika berpelisir ke Yunani.

Kamu bisa melakukan tur bersejarah di area ini. Meskipun memang, kamu harus menghindari datang saat musim hujan, karena ini wisata alam terbuka.

Perjalanan menuju Parthenon ini juga tak kalah menyenangkan. Kamu bisa menemukan beragam sisa bangunan masa lampau di area Acropolis. Seperti kuil kecil yang berada di atas platform, dengan pemandangan pulau-pulau di Teluk Saronic.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah saat akhir musim dingin atau musim semi. Ya, berkunjung ketika suasana hijau menyelimuti Acropolis, membuatnya semakin indah dipandang,

2. Berkunjung ke spot paling Instagramable di Pulau Santorini, Oia Santorini

Oia Santorini Yunani

(foto: instagram/trip_and_trip)

Pergi ke Yunani, pastinya kamu tak bisa melewatkan wilayah pulau Santorini. Yup, seringkali dijadikan lokasi iklan hingga jadi spot wisata paling instagramable di Yunani.

Ini adalah desain cantik dengan bangunan didominasi warna putih dan biru, yang letaknya di tepi lautan. Momen terbaik yang harus kamu buru di sini adalah sunset.

Wisatawan biasanya banyak berkumpul di waktu matahari terbenam yang terlihat begitu menakjubkan dari desanya yang berada di atas ketinggian ini.

Terletak 11 km dari ibukota Santorini, yang merupakan kota pejalan kaki. Datang ke sini kamu akan mengagumi bagaimana bentuk arsitekturnya yang unik, rumah kapten, kubah biru,  dan rumah goa.

Semua bisa kamu susuri sambil berjalan kaki santi. Sementara hamparan laut membentang di depan mata. Di sini juga terkenal dengan banyaknya restoran mewah serta tempat berbelanja baju yang bagus.

Jika kamu mencari barang ekslusif dan berkelas, di sini lah tempat kamu harus berbelanja. Karena, di sini banyak merek-merk terkenal dunia. Sepanjang jalan setapaknya adalah marmer, kotanya sendiri berdiri di atas tebing.

3. Main ke pantai dengan teluk indah nan unik, Balos Beach

Balos Beach Yunani

(foto: Instagram/ilovecrete_)

Teluk Balos begitu indah dan punya bentuk yang unik. Maka dari itu, wisata pantai satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Kami sarankan, kamu bisa kunjungi Balos di waktu-waktu terbai tertentu di saat suasananya tidak terlalu ramai.

Pasir putih bersih, dengan air berwarna biru kehijauan, berpadu menjadi kenampakan alam yang begitu memukau. Belum lagi alam sekitarnya yang memesona.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini seperti berjalan ke Semenanjung Tigani, Kamu, terkadanga harus melewati pasir di antara dua air laut yang terpisah.

Tetapi, ini juga tergantung kamu datang di musim apa. Bisa juga menyusuri bebatuan yang berbaris di sisi barat daya laguna.

Di kawasan ini kamu bisa memperoleh pemandangan yang lebih indah serta lolos dari kerumunan wisatawan lain.

Semua yang ada di sini tampak masih sangat alami. Lautnya yang sangat dangkal dan anak, menjadi ideal untuk anak kecil bermain.

Di antara pasirnya yang putih, kamu juga akan menemukan pasir berwarna merah muda akibat ada jutaan cangkang yang hancur di sini.

Keluar sedikit dari laguna, air lebih dingin dan cocok untuk aktivitas snorkeling. Di laguna ini juga ada flora dan fauna yang dilindungi. Seperti Elang Eleanora, Anjing Laut, hingga Penyu Tempayan.

4. Palace of The Grand Master, kastil megah Romawi dengan gaya kuno kental

Palace of The Grand Master

(foto: instagram/alnela_venezuela)

Buat kamu yang senang berwisata ke kastil, kamu bisa kunjungi salah satu kastil romawi termegah yang ada di Yunani ini. Palace of The Grand Master of Rhodes, menempati bangunan di atas tanah yang sangat luas.

Bangunan batunya ini masih sangat kokoh, sejenak mengujunginya akan membuatmu merasa dibawa ke negeri dongeng. Suasananya seperti di Eropa Utara, meski kenyataanya lokasi di dekat laut cerah Mediterania.

Rhodes punya sejarah yang penuh warna, para ksatria banyak yang pernah singgah di sini menganggapnya seperti rumah mereka di Mediterania.

Kamu akan masuk kastil melalui pintu melengkung besar yang mengarah ke halaman besar tempat patung-patung Yunani  dan Romanwi berdiri. Patung ini kecil, namun terlihat menonjol dan menjadi daya tarik khasnya tersendiri.

Memasukki istana, kamu akan bertemu tangga batu besar. Di sebelah kanan, ada ruangan dengan jendela dari lembaran batuan tipis dari pualam.

Menampilkan cahaya dari pualam yang berpendar-pendar mengagumkan. Menaikki tangga, siap-siap kamu seakan pergi ke istana dalam dongeng, Interiornya mewah dan ada 150 kamar di sini, tetapi hanya segelintir kamar yang dibuka untuk umum.

5. Menyusuri bibir pantai pink di Yunani, Elafonisi

Elafonisi Yunani

(foto: instagram/discovercrete)

Pantai paling terkenal di Yunani adalah Elafonisi, ini adalah pantai wisata di bagian Barat Daya Kreta yang tak pernah sepi pengunjung.

Daya tarik utama pantai ini adalah perasaan menyenangkan berada di Laguna Laut Selatan sambil menikmati liburan Mediterania.

Di pantai inilah kamu bisa lebih jelas melihat warna pasir pantai yang terlihat pink pada bagian bibir pantainya.

Kamu bisa menemukan teluk yang tenang di sini, berjalan kaki menyusuri bibir pantai sambil menikmati suasana alam yang menakjubkan.

Kamu juga bisa coba ke laguna di seberang pulau, yang merupakan kawasan cagar alam.Pantai berpasir indah serta laguna berair jernih memang selalu menjad pesona utama tak terlupakan dari pantai ini.

Pulau kecil yang ada diseberang pulau (namun tidak jauh) menyimpan 110 spesies tumbuhan dan merupakan impian bagi siapaun yang tertarik dengan botani.

Yang paling menonjol di sini adalah bakung laut, Androcymbium rechingeri, rumput maram, dan pohon juniper endemic. Meskipun mungkin tidak terlalu sepi, namun kamu bisa tetap menemukan kedamaian di sini.

Baca juga: Explore 10 Wisata Terbaik Belgia yang Tawarkan Petualangan Seru Kaya Sejarah

6. Kastil paling suci nan bersejarah di Pulau Kreta, Arkadi Monastery

Arkadi Monastery Yunani

(foto: Instagram/lorreynciubotaru)

Masih di Pulau Kreta, setelah kamu puas menikmati keindahan pantai Elafonisi, di pulau ini kamu juga selanjutnya bisa menikmati wisata sejarah dengan berkunjung ke Arkadi Monastery.

Lanskap alam di belakang Arkadi Monastery sering kali jadi objek foto yang menakjubkan. Meski sebenarnya, bangunan antik satu ini tidak sebesar peninggalan bersejarah lainnya.

Ini adalah biara Katolik, bangunan ini memiliki keindahan yang unik, alam, sejarah, juga banyak jejak sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Biara ini telah diakui sebagai Peringatan Kebebasan Eropa oleh UNESCO. Karena, biara ini mengambil peran penting dalam perang melawan Ottoman selama Pemberontakan Kreta. Biara Arkadi berada di dekat Desa Amnatos yang terletak 23 km sebelah timur Rethimno.

Biara ini berdiri di atas ketinggian 500 meter di dataran tinggi subur  dengan kebun zaitun, kebun anggur, pinus, cemara, dan pohon ek.

Di sekitar biara ada beberapa kapel indah juga dikitari dengan ngarai yang indah. Nama biara ini sendiri disebut diambil dari nama pendirinya, yakni Arkadios.

Dahulunya, menjadi satu-satunya biara yang boleh loncengnya dibunyikan di wilayah ini. Tak hanya bersejarah, tempat ini dianggap paling suci di Kreta.

7. Goa indah yang punya danau dan pulau sendiri, Melissani Cave

Melissani Cave Yunani

(foto: Instagram/thegreek.islands)

Melissani Cave terletak tak jauh dari Karavolmilo. Ini adalah gua lakustrin dengan keindahan yang unik. Goa ini memiliki panjang 3,5 km, lebar 40 m, dan tinggi 36 m.

Kenampakannya yang unik namun juga indah bak permata tersembunyi, menjadikannya jadi tujuan wisata alam alami yang memanjakan. Di sini ada danau bawah tanah Melissan. Kamu bisa menyusuri goa dengan menggunakan perahu kecil.

Danau Melissani mencakup di dalamnya ada sebuah pulau kecil yang dahulunya ditemukan salah seorang arkeolog. Kamu bisa mengunjungi pulau ini melalui terowongan bawah tanah.

Selagi menaikki perahu dengan pemandu, kamu bisa sekaligus mengagumi pahatan alami unik yang dibuat oleh stalaktit. Sementara warna air danau ini kristal hijau kebiruan.

Berkunjung ke sini benar-benar akan memberimu pengalaman yang unik. Danau di goa ini uniknya dikelilingi pepohona hingga hutan.

Bentuk goa ini menyerupai huruf ‘B’ dengan ada dua ruangan yang dipisakan oleh pulau. Cahaya matahari saat tinggi di siang hari, memantul ke celah-celah gua dan menembus airnya, menciptakan cahaya biru berpendar yang memenuhi area dalam goa.

8. Agia Triada Monastery, kastil dengan kompleks taman bunga indah

Agia Triada Monastery Yunani

(foto: instagram/ lorreynciubotaru)

Kembali lagi ke Kreta, di sini juga ada biara lain yang dianggap paling indah di wilayah ini. Ukurannya lebih besar dibandingkan biara sebelumnya.

Dibangun di dekat bandara Chania, di Tzombomylos di Cape Melecha dan di kaki bukit Stavros Mount. Jarak dari Chani ini hanya perlu ditempuh sejauh 15 km. Dibangun oleh bangsawan Venesia, Jeremiah dan Lawrence Tzgarolo.

Saat ini biara Agia Triada ini menjadi tuan rumah museum kecil dengan berbagai gambar dan ikon, Salah satu pusakan paling pentingnya adalah kain abad ke-12 yang menutupi altar.

Bangunannya ini terbuat dari batu yang memberikan kesan rustic. Bangunanya tidak tinggi megah ke atas. Namun, kompleksnya cukup luas.

Ada banyak tiang, tangga, serta lorong yang sering kali dijadikan tempat foto instagramable. Buat kamu yang senang dengan segala sesuatu berunsur kuno yang kental, kamu harus ke biara ini.

Karena, kesan tuanya sendiri sangat nampak. Biara punya beberapa halaman yang ditumbuhi tanaman. Dilindungi secara khusus oleh lembaga, Biara ini masih sangat rutin dirawat.

9. Meteora Monastery, biara batu berpilar tinggi di atas tebing hijau

Meteora Monastry Yunani

(foto: Instagram/perfect_greece)

Satu lagi biara yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Yunani. Namanya adalah Meteora Monastery, biara yang berdiri di atas tebing tinggi dan juga dikelilingi hijau hutan lebat dan tebing-tebing tinggi lainnya.

Berkunjung ke sini, kamu akan ditawarkan dengan wisata alam, sejarah, arsitektur, dalam satu paket sekaligus.

Tempat ini juga dikenal sebagai Tebing Meteora. Dari ketinggian area ini, kamu bisa melihat pemandangan alam hijau nan asri yang memanjakan.

Meteora kini dikenal sebagai situs arkeologi terbesar di Yunani. Sejak tahun 1989, situs ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu warisan UNESCO. Sementara disebut sebagai tempat suci Yunani pada tahun 1995.

Di sini kamu akan melihat kompleks yang luas dan pilar batu raksasa dengan biara-biara yang dibuat di atas tebing batu pasir berabad-abad yang lalu.

Menciptakan pemandangan yang benar-benar nyata, namun tak akan pernah kamu temukan di tempat lain manapun di dunia.

Enam tempat suci biara Meteora yang aktif menciptakan suasana ‘dreamy’. Pilar bebatuan tinggi sementara jurang benar-benar tepat di sebelah dinding paling ujung biara.

10. Gereja Panagia Paraportiani, berfoto di gereja berarsitektur unik berwarna seputih salju

Gereja Panagia Paraportiani Yunani

(foto: instagram/michellemelodyx)

Yunani juga punya gereja bersejarah yang tampil dengan arsitektur sangat unik. Hal istimewa yang bisa kamu lihat dari gereja ini adalah terdiri dari lima gereja kecil yang dibangun satu di atas atau disamping yang lain.

Gereja Efstathios adalah pusat dari kompleks ini. Sementara  gereja utama ini dikelilingi oleh gereja Agios Anargyros, Agios Sozon, dan Agia Anastasia.

Di atas keempat gereja tersebut terdapat gereja Perawan Maria yang bentuknya menyerupai kubah. Uniknya, seluruh gereja ini berwarna putih dari bebatuan.

Kesemuanya ini tidak dibangin sekaligus, tetapi secara bertahap. Kamu bisa berkunjung ke gereja dengan arsitektur menawan dan tak biasa ini di lingkungan  Kastro, di Kota Chora, Pulau Mykonos, Yunani.

Arsitekturnya yang berwarna putih seputih salju ini menjadi contoh sempurna bagi arsitektur bergaya Cycladic. Bentuknya tampak asimetris dan sekilas seperti menyatu sejak awal pembangunanannya.

Namun, fakta ini adalah lima gereja yang digabungkan. Di sekitar areanya kamu juga akan menemukan mascot Pulau Mykanos, yakni Peter The Pelican.

Bagaimana, ulasan 10 objek wisata Yunani di atas sudah cukup buat kamu tergiur untuk menjelajahi Yunani serta segala pesonan di dalamnya, bukan?

Pergi ke negeri orang, berkunjung, dan mempelajari banyak hal baru di neger orang memang selalu menyenangkan, meski sedikit menantang. Siap-siapkan itinarymu, karena Yunani sudah menunggu untuk kamu kunjungi.