travel

Explore 10 Wisata Terbaik Belgia yang Tawarkan Petualangan Seru Kaya Sejarah

By  | 

Belgia merupakan sebuah negara yang terletak di bagian Eropa sebelah Barat. Negara ini berbatasan dengan Belanda, sementara di sebelah timurnya berbatasan dengan Jerman.

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Belgia. Kamu memang tak pernah kehabisan ide untuk menjelajahi eropa yang punya pesona alam serta cerita sejarah yang banyak.

Di Belgia kamu bisa menikmati wisata alam, sejarah, budaya, rekreasi seru, dan lainnya yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Berikut ini 10 objek wisata pilihan terbaik di Belgia.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Portugal, Keindahannya Buat Terus Berdecak Kagum

1. Menyambangi kastil bernuansa kuno yang berada di atas air, Gravensteen

Kastil Gravensteen Belgia

(foto: instagram/paulienmullaertx)

Gravensteen atau Castle of The Counts merupakan salah satu kastil indah di Belgia. Namun, kastil ini memiliki nuansa yang misterius dan sejarah kastil memiliki peran penting di Belgia.

Berkunjung ke kastil ini, kamu bisa menemukan lokasi persidanngan yang berasal dari masa lampau di dalam kastil. Bahkan, kamu juga bisa melihat tempat penyiksaan hingga tempat eksekusi algojo.

Meskipun begitu, keunikan arsitektur bangunannya yang khas kuno membuat kastil ini juga tetap menjadi incaran para wisatawan. Gravensteen juga mengadakan festival musiman untuk para pelancong.

Masyarakat sekitar maupun pelancong sering datang untuk sekadar berfoto maupun menelisik sejarah di balik berdirinya kastil ini. Bangunannya juga sering digunakan untuk mereka yang menyelenggarakan pesta pernikahan.

Sementara koleksi benda-benda yudisial masih banyak dipajang di dalam kastil. Ada paket tur kastil seru yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Gravensteen. Mereka menyebutnya dengan tur komedi.

Kamu bisa menelusuri kastil dengan dilatari suara audio dari kisah kastil yang dibumbui dengan cerita humor. Tenang saja, fasilitas ini juga dapat dinikmati oleh para tuna rungu.

Karena, tersedia juga bentuk visualnya. Kastil yang berdiri di atas kanal ini menjadi objek wisata andalan masyarakat kala akhir pekan tiba.

Perjalanan masa lalu menuju sejarah kastil yang berdiri pada masa romawi ini menjadi hiburan favorit bagi para pengunjungnya. Apalagi lika-liku sejarah kastil megah ini juga terbilang panjang.

2. Menikmati indahnya bangunan-bangunan tua Belgia dari perahu di kanal Graslei

Kanal Graslei Belgia

(foto: instagram/paulienmullaertx)

Graslei adalah sebuah kanal bersejarah di Belgia. Kanal ini sudah menjadi tempat pemberhentian kapal-kapal sejak abad ke-11.

Keindahan pemandangan Graslei yang terletak di wilayah Ghent ini mampu menyihir setiap pelancong untuk berhentik setidaknya sejenak di kanal ini.

Pemandangan sangat menawan di atas Sungai Lys. Berkunjung ke Graslei, jangan lewatkan berfoto di atas jembatam Grasbrug yang indah dan bernuansa romantis.

Menyebrangi jembatan ini dengan berjalan kaki perlahan sembari menikmati pemandangan sekitar yang menawan, menjadi aktivitas wisata yang harus kamu coba.

Tentunya, setelah itu kamu bisa langsung coba wisata perahu. Di dermaga jembatan ini masih ada sejumlah perahu yang bersandar.

Graslei juga dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah di tepian sungainya. Salah satunya adalah bangunan bernama The Cooremetershuys yang kini menjadi sebuah toko aksesori.

Ada juga rumah bekas tempat persekutuan para pelaut yang sudah dipugar sehingga kelestarian arsitekturnya tetap terjaga.

Dikelilingi banyak bangunan tua yang artistic, area sekitar kanal ini juga punya banyak kafe-kafe teras yang selalu ramai didatangi pengunjung sekadar untuk menikmati duduk di tepian dermaga sembari membeli beberapa penganan dari kafe-kafe ini.

3. Befoto di gerbang ikonik Cinquantenaire yang berada di atas taman luas yang kayak monumen unik

Cinquantenaire Belgia

(foto: instagram/queenjessaero)

Situs Cinquantenaire berupa sebuah taman luas yang di dalamnya banyak terdapat monument juga museum. Tak hanya berupa taman yang menyimpan banyak cerita sejarah, Taman Cinquantenaire juga sering mengadakan berbagai acara menarik setiap tahunnya.

Mulai dari perayaan hari-hari tertentu, pertunjukan kembang api, olahraga, hingga konser. Dibangunnya Cinquantenaire dengan tujuan sebagai peringatan ulang tahun kemerdekan Belgia ke-50. Yakni, pada tahun 1880. Ada sebuah jalur yang lebar dengan mengarah ke  sebuah paviliun cantik yang dirancang oleh Victor Horta.

Di sekitarnya ada Museum Kerajaan Angkatan Bersenjata & Militer, Museum Seni & Sejarah Kerajaan, selain itu jalur juga menghubungkan ke Autoworld. Gerbang yang membentuk tiga lengkungan meenjadi ikon taman ini.

Di bagian atas dari tiga lengkungan ini terdapat hiasan berupa quadriga perunggu. Sementa itu, nama Cinquantenaire ini berarti ‘Taman Peringatan 50’.

Secara simbolis taman ini dibangun dalam bentuk pentagon. Letak Cinquantenaire ini tepat berada di luar lingkaran dalam juga dekat dengan European Quarter.

Kamu bisa naik ke puncak tiga lengkungan ini untuk dapat menikmati pemandangan luar biasa Brussels dari atas ketinggian.

Jangan hanya fokus pada landmark tiga lengkungan ini saja, kelilingi seluruh taman dan kamu bisa menemukan betapa indah serta banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saaat berlibur ke sini.

4. Nikmati berkeliling Eropa sepenuhnya hanya dengan dua jam di Mini Europe

Mini Europe Belgia

(foto: instagram/yurivoges)

Mini Europe terletak di kaki Automium. Di sini kamu dapat menikmati menjelajahi eropa dengan berbagai landmark terkenalnya hanya dalam waktu beberapa jam.

Ada longceng Big Ben London, Gondola dan Mandolin yang seakan membawa kamu ke Venesia, ikuti kereta TGV di Paris, Prancis.

Di sini kamu juga seakan melakukan perjalanan sejarah. Mulai dari melihat Letusan Vesuvius, jatuhnya tembok Berlin, pertarungan benteng di Seville, lokasi lepas landas pesawat Ariane dan banyak lainnya.

Taman ini membuat miniature landmark-landmark tersebut dengan hasil yang menakjubkan. Pemodelannya terlihat begitu mirip dengan aslinya.

Ada sekitar 350 pemodelan dan situs yang dibuat dengan tingkat keahlian yang tinggi di sini. Monumen-monumen di sini bahkan ada yang dibuat bergerak. Seperti kereta Thalys yang berjalan dengan bangga melewati monumen bersejarah, sungai, dan aliran mini Eropa.

Jika membawa anak-anak saat berlibur ke sini, maka akan sangat menyenangkan. Kamu bisa mengajari anakmu dengan berbagai pengalaman berharga dari kumpulan monument bersejarah ini.

Meskipun, tentunya tak akan mengganti pengalaman nyata saat kamu berkunjung ke lokasi aslinya. Letak Mini Europe ini berada di samping taman hiburan yang disebut Brupark.

Di sampingnya ada taman air dan Automium. Banyak monument hingga kota-kota bersejarah Eropa yang bisa kamu sambangi di sini, membuatmu perlu waktu seharian untuk dapat mengelilingi seluruhnya.

5. Wisata tour mengelilingi kota bernuansa gotik, Grand Palaca Brussels

Grand Palace Brussels Belgia

(foto: instagram/carolinehop98)

Jika ke Belgia, jangan lupa untuk kunjungi kota cantik yang bisa memanjakan kamu yang senang berburu spot foto instagramble. Grand Palaca Brussels disebut sebagai salah satu kota terindah di dunia.

Arsitektur bangunan-bangunan yang ada di kota ini berasal dari era Baroque, Gothic, dan Louis XIV. Perpaduan aritektur dari beberapa era tersebut membuatnya memiliki kesan eklektik.

Karena unsur eklektiknya ini, Grand Palaca Brussels dimasukkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1998.

Grand Palaca Brussels sendiri sejarahnya adalah sebuah pasar yang menjadi tempat para warga melakukan banyak aktivitas jual beli di sini.

Uniknya, di sini kamu bisa melihat nama-nama jalan di alun-alunnya diambil dari nama-nama makanan. Seperti mentega (Rue au Beurre), rempah-rempah (Rue du Marché aux Herbes), keju (Rue du Marché aux Fromages) dan lainnya.

Seiring perkembangan zaman, yang awalnya hanya dipenuhi kios-kios, kini tempat ini juga banyak didirikan gedung-gedung tinggi.

Bangunan-bangunan tinggi ini tentunya memiliki nilai sejarah yang beranekaragam. Semuanya telah dipugar agar dapat tetap terjaga kelestariannya. Juga, setelah adanya bom di Prancis yang terjadi pada tahun 1695 silam.

The Grand Palace selalu terlihat ramai. Mulai dari warga negara Belgia hingga para turis yang berjalan kesana-kemari.

Beberapa pengunjung senang duduk di atas batu dalam lingkaran kecil dan saling berbicara menikmati suasana di sini. Sementara di hadapannya, bisa terlihat menara gotik yang berpendar di balai kotanya.

Baca juga: 10 Objek Wisata Spanyol yang Punya Keindahan Tak Terbantahkan

6. Berpetualang di alam liar, berburu pemandangan Belgia di atas ketinggian, High Fens

High Fens Belgia

(foto: instagram/michielpieters)

Belgia juga punya wisata alam yang menakjubkan. Kunjungilah High Fens, di Wallonia, Belgia. Tempat ini merupakan kawasan hutan pindung sejak tahun 1957.

Dikenal sebagai cagar alam paling terkenal di Belgia. Dengan luas lahan hingga 5.000 hektar. Cagar alam ini juga dijuluki sebagai High Fens Jerman-Belgia – taman alam Eifel.

Di cagar alam ini juga terdapat beberapa titik yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Di antaranya seperti Signal du Botrange, titik tertinggi atau ‘atap’ Belgia, dan Baraque Michel.

Namun, sebenarnya begitu banyak hal yang masih bisa kamu jelajahi di High Fens. Ada 67.000 hektar hutan dan tegalan yang menjadi ciri wilayah High Fens – Eifel.

Bagi kamu pencinta wisata alam liar, berwisata ke High Fens adalah pilihan yang tepat. Kawasan wisata ini juga masih punya wilayah rimba yang benar-benar asli dan liar. Di lain sisi perjalanan menjelajahi High Fens juga diliputi dengan kisah sejarah yang ada di baliknya.

Lanskap menakjubkan High Fens ini membentang dari Belgia hingga ke Jerman yang terbagi ke dalam enam wilayah, dengan empat wilayahnya berada di Wallonia.

High Fens merupakan bagian tertinggi di Belgia. Titik tertinggi puncaknya adalah 672 m (Baraque Michel) dan 694 m (Signal de Botrange) di atas permukaan laut. Jalan menelusuri hutan sebelum ke padang yang luas ini begiti menarik dijejakki.

Ada jembatan kayu panjang yang meliuk, hingga akhirnya kamu akan sampai ke hamparan terbuka yang luas, tanah rawa gambut yang dilintasi oleh Moors yang unik di Eropa.

7. Wisata romantis di danau dan jembatan cinta, Minnewater

Minnewaterpark Belgia

(foto: instagram/debbynijs)

Kalau kamu sedang berlibur bulan madu bersama orang terkasih, tempat romantic satu ini harus kamu kunjungi. Namanya, Minnewater. Di sini ada beberapa spot yang seru untuk dinikmati keindahnnya, yakni danau cinta dan jembatan cinta.

Lokasinya yang tenang dan damai, memberikan keteduhan sendiri saat kamu mengunjungi. Alam terasa lebih dekat untuk dinikmati. Kamu juga bisa ajak keluarga untuk berpiknik atau sekadar mengobrol santai sembari berfoto dan menikmati suasana sekitar yang nyaman.

Danau cinta terletak di jantung taman Minnewater ini. Sementara jembatan cinta menjadi pintu masuk yang indah dengan nuansa bebatuan kuno yang kental.

Dibalik nama danau ini terdapat sebuah legenda tentang seorang gadis bernama Minna yang cintanya tak direstui sang ayah hingga akhirnya sang ayah menjodohkannya dengan lelaki pilihan ayahnya ini.

Minna yang melarikan diri ke hutan, akhirnya meninggal karena kelelahan di pelukkan pria yang dicintainya. Untuk itu danau ini diberi danau Minna dan ditepinya jembatan disebut jembatan cinta untuk menghormatinya.

Danau ini sebenarnya sebuah reservoir dan menyatu dengan sistem kanal terkenal di Brudges. Selagi menikmati pemandangan di sini, kamu juga bisa melihat beberapa mrgasatwa yang menarik. Seperti angsa yang menjadi lambang untuk kota ini.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu di area yang terdapat banyak sisa-sisa bangunan kota tua. Di taman ini juga banyak bangunan menarik hingga monument bersejarah.

Taman Minnewater juga menjadi rumah banyak sejumlah penyelenggaraan festival tahunan. Salah satu yang terkenal adalah Festival Musik Kaktus. Sebuah konser yang dibuat di alam terbuka di atas rerumputan hijau taman.

8. Wisata benteng berbatu di kota tua kaya sejarah, Dinant Citadel

Dinant Citadel Belgia

(foto: instagram/ivry.bxn)

Objek wisata satu ini tak boleh kamu lewatkan keunikannya saat berkunjung ke Belgia. Sebuah benteng berbatu yang bernama Dinant Citadel. Berada di sebuah privinsi pulau dengan nama yang sama, Dinant.

Benteng ini diliputi oleh pemandangan alam yang memukau. Meskipun tujuan utamanya wisata ke benteng bersejarah, namun banyak atraksi wisata seru yang bisa kamu saksikan dan nikmati di sini.

Selain itu Dinant Citadel juga dikelilingi bangunan-bangunan berwarna-warna yang berpadu dengan bangunan batu berwarna abu-abu dari benteng ini. Memunculkan latar foto yang menawan.

Benteng Dinant ini berasal dari abad ke-9. Benteng memiliki halaman yang banyak meninggal nilai sejarah. Meskipun sempat hancur, namun halaman kembali dipugar menjadi tetap cantik seperti saat ini.

Menariknya, untuk sampai ke Dinant Citadel kamu bisa coba menggunakan kereta gantung. Saat menaikinya kamu akan disajikan pemandangan Lembah Meuse yang sanga indah.

Jika kamu berjalan kaki, kamu harus melewati kurang lebih 408 langkah. Di area ini kamu juga akan menemukan museum yang menggambarkan sejarah dari Dinant. Benteng Dinant sendiri merupakan benteng pertama yang dibangun di atas singkapan berbatu setinggi 100 meter.

Letaknya berada di Sungai Meuse. Dengan berada dari atas benteng ini kamu bisa dengan jelas melihat Kota Dinant yang indah. Dikelilingi bangunan-bangunan batu yang menjulang di atasnya dengan nuansa gotic.

Fitur yang paling mencolok di kawasan ini memang katedral dan bentengnya. Di sini kamu bisa menelusuri kamar-kamar di kastil abad pertengahan, menikmati Sungai Meuse dari kafe-kafe teras, serta berkunjung ke Rumah Adolph Sax tempat penemu saxofon.

Maka dari itu, kamu bisa menemukan instalasi berupa saxofon besar di tepi sungai. Ada wisata gua, serta wisata menyenangkan lainnya yang bisa disambangi di Dinant.

9. Plopsaland De Panne, Rekreasi ke taman hiburan dengan pintu raksasa

Plopsaland De Panne Belgia

(foto: instagram/schnompf)

Jika kamu berlibur ke Belgia bersama keluarga, cobalah wisata rekreasi di taman hiburan paling terkenal di Belgia. Di taman hiburan ini ada pintu raksasa yang menjadi ikonnya, sekaligus menjadi spot foto andalan bagi para pelancong yang berkunjung ke sini.

Namanya, Plopsaland De Panne. Di sini, kamu bisa menikmati lebih dari 50 objek wisata bersama orang-orang tersayang. Seperti di Wieckieland, kamu bisa menemukan sejumlah objek wisata yang punya nama Vic The Viking. Tak kalah seru juga ada zona indoor Mayaland. Di sini ada 10 atraksi Maya The Bee.

Nah, jika kamu lebih suka berwisata untuk menguji adrenalin, coba datang ke Zona mega Mindy. Di sini kamu bisa menaiki wahana seperti Jet Ski atau Flying Bike, ada juga Pirate Petes.

Bisa juga wahana yang membuat serasa melewati air terjun, yakni Super Splash. Wahana menantang lainnya adalah Anubis The Ride. Dengan menaikki wahana ini kamu akan dibawa melesat hingga hanya butuh waktu dua detik.

Karena kecepatannya sendiri hanya 90 km/jam. Kamu akan dibawa terbang tinggi hingga balapan melalui tiga loop. Menegangkang namun mengasyikan.

Plopsaland ramah bagi berbagai kalangan usia. Karena pilihannya yang banyak, kamu bisa menyesuaikannya. Namun, wahana untuk anak-anak yang seru untuk dicoba adalah Gnome Plop.

Banyaknya atraksi seru di taman hiburan ini bisa menajakan kamu tua atau muda. Keseruan berlibur di sini akan tidak terlupakan.

10. Menyusuri kompleks bangunan berbata merah yang artistik, Groot Begijnhof, Leuven

Groot Begijnhof Belgia

(foto: instagram/angelikasimlova)

Belgia juga punya area yang menarik untuk ditelusuri lantaran penataan bangunannya indah. Groot Begijnhof akan mengajakmu merasakan suasana rumah pedesaan di Belgia.

Area seluas 7,5 hektar ini dipenuhi dengan bangunan yang didirikan dengan batu bata berwarna merah. Dahulunya bangunan-bangunan ini merupakan rumah bagi beberapa wanita tertentu yang belum menikah, yakni pada masa abad ke-13.

Jalannya yang rapi sangat menyenangkan untuk ditelusuri hanya dengan berjalan kaki maupun bersepeda santai. Saat ini kompleks ini sepenuhnya milik Universitas Leuven. Sehingga, kamu akan menemukan banyak mahasiswa.

Di Kota Leuven deretan bangunan bata merah ini ada di di barat daya kota, dikelilingi oleh Redingenstraat di barat, Zwartzustersstraat di utara dan Schapenstraat di timur.

Bangunan didirikab dengan penataan berupa du sumbu utra-selatan. Di kompleks ini ada bangunan tertua berupa Gereja Beguinage. Sebagain bangunan di sini banyak yang berasal dari abad ke-16 dan 17.

Rumah-rumah ini jika dijabarkan pada sisi utara terdapat 29-33 rumah. Sedangkan pada sisi selatan ada 34-36 rumah.

Batu-bata merah di sii merupakan batu kapur. Rumah-rumah ada yang bertingkat hingga yang hanya memiliki satu lantai.

Dengan jendela-jendela kayu yamg sudah mengalami rekonstruksi. meskipun terlihat sama, namun sebenarnya gaya bangunan untuk rumah di sini berbeda-beda.

Di kompleks ini juga ada alun-alun yang dibuat oleh Rechestaat dan Benedenstraat, di alun-alun ini didominasi oleh bangunan dengan ukuran yang lebih besar. Seperti Biara Chievres yang kini digunakan sebagai ruang konferensi atau seminar universitas.

Sederetan objek wisata pilihan di ats sudah cukup membuktikan bukan? Jika Belgia selalu punya banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Menjelajahi tempat baru memang selalu menyenangkan, bercengkrakam dengan alam hingga menyapa orang-orang baru. Yuk, tunggu apalagi? Belgia sudah menanti untuk kamu kunjungi.