. 10 Destinasi Wisata Portugal, Keindahannya Buat Terus Berdecak Kagum

travel

10 Destinasi Wisata Portugal, Keindahannya Buat Terus Berdecak Kagum

By  | 

Portugal merupakan sebuah negara republik yang bebatasan dengan Spanyol di sebelah utara dan timurnya.

Tak hanya memiliki banyak bangunan bersejarah yang terkenal hingga di mancanegara, Portugal juga menawarkan wisata keindahan alam yang melimpah.

Banyak memiliki pantai dengan air jernih. Epiknya pemandangan alam yang dimilikinya akan memanjakan matamu.

Sementara itu bangunan bersejarah nan unik dan berkarakter dapat kamu temui di sini. Mulai dari yang warnap-warni hingga yang bernuansa kuno kental, elegan dan mewah, dan masih banyak lainnya. Dijamin, kamu tidak akan menyesal mengunjungi negara yang terkenal akan tim sepakbolanya ini.

Sebelum berangkat, yuk intip dahulu ragam istimewa 10 objek wisatanya di bawah ini.

Baca juga: 10 Objek Wisata Spanyol yang Punya Keindahan Tak Terbantahkan

1. Berburu spot foto aestetik di istana warna-warna yang unik, Istana Nasional Pena

Istana Nasional Pena Portugal

(foto: instagram/kamytsui)

Salah satu objek wisata terkenal di Portugal adalah Palacio Nacional da Pena atau Istana Nasional Pena. Bangunannya sangat cantik dengan berbagai warna-warna cerah, arsitekturnya ini terinspirasi dari gaya romantisisme pada abad ke-19.

Gaya arsitektur juga perpaduan dari hedonistik. Terasnya di cat dengan warna-warna cerah. Rupanya yakni benteng dekoratif  dan patung-patung mitologis.

Kecantikan dan keindahan bangunannya yang berwarna-warni cerah ini terlihat menonjol di antara pepohonan rimbun dari Hutan Parque de Pena. Lokasi istana ini.

Tinggi istana bahkan lebih tinggi daripada pepohonan di sekitarnya. Sehingga, sejauh mata memandang saat kamu berada di area tinggi Istana Nasional Pena, lautan hijau terlihat menyegarkan mata juga membuat udara sejuk.

Tak hanya bagian luarnya saja yang unik dan menarik, bagian dalamnya pun tak kalah istimewa. Dimana terlihat menggunakan dekorasi yang terinspirasi dari tahun 1910-an.  Saat itu bangsawan Portugis melarikan diri ke Brazil, melarikan diri dari revolusi.

Istana Nasional Pena berada di kawasan Sitra, istana banyak menarik daya tarik wisatawan lantaran ciri khas arsitekturnya yang sangat berbeda dari kebanyakan istana Eropa lainnya. Istana ini juga diklaim sebagai salah satu istana termegah di dunia.

Setiap tahunnya para pelancong datang berbondong-bondong ke Istana Nasional Pena. Berburu sejarah di baliknya, indahnya pemandangan di sekitarnya, dan tentu saja memiliki banyak spot instagramable dengan latar yang sangat artistik.

2. Indahnya pesona reruntuhan kastil kuno antara hutan hijau yang asri, Kastil Moors

Kastil Moors Portugal

(foto: instagram/tihrosario)

Objek wisata populer lainnya di wilayah Sintra, Portugal adalah Castelo dos Mouros atau Kastil Moors. Jika dilihat, kastil benteng ini sebenanrnya sudah rusak dan kini hanya tersisa sebagian dari bangunannya saja yang masih ada.

Ini juga disebut sebagai sebuah puri. Letaknya, juga berada di antara rimbunnya hutan hijau, Hutan Serra De Sintra.

Kastil Moors didirikan pada abad ke-9 oleh orang-orang Moor Afrika Utara. Tujuannya adalah untuk menjaga Kota Sintra, namun selanjutnya kota ini malah rusak setelah penakhlukan Kristen di Portugal.

Pada abad ke-19 Kastil Moors kemudian mendapatka pemugaran oleh Raja Ferdinand II dan membuatnya terlihat menjadi sebuah reruntuhan romantic dengan daya tarik utama sebuah taman Istana Pena.

Kastil Moors punya tangga panjang meliuk. Saat perjalanan menaikki tangga ini kamu bisa melihat sekelilingmu hutan hijau yang indah. Wujudnya kini mempertahankan pesona dari reruntuhan kuno.

Pemandangan di sekitarnya, terutama saat kamu tiba di puncak benteng yang tanpa atap akan dapat menyaksikan pemandangan hijau di Kota Sintra yag spektakuler.

Pesona reruntuhan kastil luno, nyatanya tetap mampu mengundang banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Lokasinya yang tak jauh dari pantai, juga membuat dari atas Kasti Moors ini kamu bisa melihat pemandangan garis panta Praia das Maçãs dan Ericeira dan juga Mafra dan Serra de Sintra,yang menakjubkan. Dinding-dinding kokoh pada kastil benteng ini disangga oleh lima menara yang dimilikinya.

3. Perairan jernih eksotis dikelilingi bebatuan raksasa, Ponta da Piedade

Ponta da Piedade Portugal

(foto: instagram/ig_algarve_)

Wisata alam di Portugal yang tak boleh kamu lewati adalah Ponta da Piedade. Yakni, sebuah wilayah perairan yang dikelilingi bebatuan karang ektotis dengan ragam bentuk. Bebatuan ini merupakan jenis batu kapur.

Banyak lengkungan batu artistik, dengan ukuran besar, saling berhimpit hingga membentuk gua-gua tersembunyi. Bebatuan ini seakan dipahat. Ponta da Piedade ini merupakan Tanjung.

Kawasana tanjung ini terlihat suram. Angin berhembus dengan cukup kencang. Kamu bisa semakin jelas melihat keindahan di sini jika kamu turun hingga ke bawah tebing bebatuannya.

Tebing ini saat lebih dekat menunjukkan warnanya yang terlihat keemasan. Sementara air lautnya biru hijau yang amat jernih bahkan pandanganmu menembus hingga ke dasar airnya.

Jika kamu berkunjung ke sini, ada dua jalur yang bisa kamu lewati. Yakni di sisi barat jalur darat dengan melalui jalan setapak garis pantai, atau bisa juga lewat laut dengan ikut dalam tur kapal.

Tur kapal perahu ini mengunakan kapal penangkap ikan bekas. Jika kamu ingin coba sesuatu yang lebih menantang, silahkan nikmati tur kayak atau Stand Up Paddleboard.

Melalui jalur darat ini juga akan menjadi pengalaman menjelajah yang menyenangkan. Melalui jalan setapak yang menuju ke tebing, melewati serangkaian tangga menjumpai wilayah teluk yang memesona, melewati jalan pintas alam yang menakjubkan. Juga matamu akan menangkan pemandangan garis pantai di kejauhan.

4. Uji adrenalin lihat ombak besar memecah bebatuan, di Boca do Inferno

Boca do Inferno Portugal

(foto: instagram/castross_)

Portugal memang punya banyak batuan karang yang unik di wilayah perairannya, karena negaranya yang punya garis pantai panjang. Salah satunya adala Boca do Inferno.

Objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung ini, bisa kamu kunjung di lokasinya yang berdekatan dengan Kota Cascais.

Garis pantai di sebelah barat Kota Cascais sendiri, memang terkenal memiliki tebing-tebing teroris yang tinggi. Boca Do Inferno ini tadinya adalah gua laut lalu kemudian runtuh dan membentuk jurang  serta lengkungan laut.

Di sini, gelombang air dari Samudra Atlantik terus menghantam.  Saat musim dingin biasanya air akan menanbrak tebing bebatuannya dan seakan memecah dari air yang meledak.

Pemandangan ini dianggap menyerupai sebuah gunung berapi yang meletus-letus. Itulah yang membuat objek wisata satu ini diberi nama Boca Do Inferni atau Mulut Neraka.

Kamu tentunya sangat harus datang ke spot paling dramatis di Boca Do Inferno ini dengan ombak raksasa yang datang menabrak tebing.

Lalu ada gelombang pasang yang seakan meraung melewati lengkungan tebing lalu menuju ke dasar jurang. Terkesang menyeramkan, namun pemandangannya sangat spektakuler.

Di kawasan wisata Boca Do Inferno kamu bisa dengan mudah menemukan restoran-restoran yang menyajikan hidangan laut yang segar.

Selain itu, kamu juga bisa berbelanja souvenir di jajaran kios yang menjajakan kerajinan-kerajinan tangan.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan di Boca do Inferno adalah saat matahari terbenam. Pesona matahari terbenam di bawah cakrawala Samudra serta latar langit oranye menjadi pesona sunset tak tertandingi.

5. Bersantai di taman besar dengan pesona rerumputan hijau luas di Lisbon, Taman Eduardo VII

Taman Eduardo VII Portugal

(foto: instagram/echo_anna_)

Berwisata ke Portugal, tentunya jangan lewatkan ke ibukota negaranya, Lisbon. Di sini ada taman luas bernama Parque Eduardo VII atau Taman Eduardo VII.

Taman ini dibangun pada akhir abad ke-19. Dimana merupakan perluasan dari Alun-alun Liberty. Taman ini awalnya juga dikenal sebagai Taman Liberty, namun untuk menghormati Raja Eduardo VII makan namanya pun disesuaikan.

Penggantiannya ini dilakukan sejak tahun 1903. Taman ini memiliki luas hingga 64 hektar. Letaknya berada di lereng utara dari Praça do Marquês de Pombal.

Taman Eduardo VII dibagi menjadi tiga bagian, mulai dari area rumput tengah yang dikelilingi pagar bermotif, geometris dan dua taman lanskap yang berada di dua sisinya.

Selanjutnya di bagian timur laut ada taman untuk bersantai yang memiliki bangku-bangku taman dengan hiasan warna-warni dan dikelilingi banyak patung-patung.

Di area taman ini ada yang disebut dengan Pavilhão Carlos Lopes yang merupakan sebuah paviliun bersejarah yang dihiasi dengan panel azulejo yang besar.

Sementara itu di area barat terdapat taman dengan kolam ikan serta kompleks rumah kaca yang menarik untuk kamu kunjungi. Namanya adalah Estufa Fria.

Di atas lereng atau di atas esplanade kecil terdap[at sebuah monument bersejarah. Monument ini ditandai dengan adanya empat pilar besar. Tujuan dibuatnya untuk mengingat revolusi Portugal pada tahun 1974.

Monument dibuat oleh seorang pematung Portugis bernama João Cutileiro. Namun, yang menjadi pusat perhatian dari Taman Eduardo VII ini ada Estufa Fria tersebut.

Rumah kaca yang memiliki jalur dengan pohon-pohon besar yang berliku. Luasnya delapan hektar dan menyimpan aneka tanaman tropis.

Baca juga: Pesona 10 Objek Wisata Inggris, Siap Buatmu Terpukau

6. Berkunjung ke pulau karang yang punya benteng kuno unik, Berlengas Island

Pulau Berlengas Portugal

(foto: instagram/martamendess)

Selanjutnya kunjugi pesona pulau yang ada di Portugal. Berjarak 10 km dari kota nelayan Peniche, kamu akan menemukan Kepulauan Berlengas yang berbatu.

Sekilas, pulau-pulau di kawasan ini nampak tandus serta tak sehijau wilaya Portugal lainnya, namun kepulauan ini memiliki perairan laut yang menyimpan banyak kekayaan sumber daya alam.

Dengan tebing yang melindungi, seakan menjaga kehidupan ekosistem di dalamnya. Baik kehidupan laut maupun burung-burung yang menghuni kawasan ini. Ragam ekosistem ini dijaga oleh Reserva Natural da Berlengas.

Kepualaun Berlengas memang sering dihantam oleh badai laut. Di pulau-pulau batunya banyak terdapat bangkai kapal.

Selain itu di sini juga ada biara abad ke-16 yang fungsinya untuk menyelamatkan para pelaut yang kapalnya karam.

Namun, sayangnya bajak laut juga datang ke sini. Untuk menjaga lautan Portugis, lalu dibangun Benteng São João Baptista. Benteng ini disebut sebagai salah satu benteng paling indah di Portugal.

Berwisata ke Kepulauan Barlengas kamu akan mendapatkan perpaduan paket wisata mulai dai sejarah, pemandangan alam yang spektakuler, wilayah margasatwa yang luas, tak heran objek wisata satu ini populer di kalangan wisatawan karena pesonanya yang unik.

Jika kamu meulai perjalanan ke sini dari Kota Lisbon, kamu hanya perlu menghabiskan waktu selama satu jam saja. Kamu bisa menggunakan Kapal Feri untuk sampai ke kepualuan ini.

7. Wisata religi ke kuil dengan arsitektur unik, Ermida de Nossa Senhora da Paz

Ermida de Nossa Senhora da Paz Portugal

(foto: instagram/hugodwth)

Kuil indah Ermida de Nossa Senhora da Paz ini berada di Kepualauan Azores. Di lokasi ketinggian kuil ini kamu bisa melihat cagar alam yang berada di dekatnya yang punya kenampakan alam yang luar biasa.

Kuil yang saat ini berdiri berasal dari abad ke-18. Namun, aslinya bangunan pertamanya didirikan pada sekitar abad ke-16. Kuil ini dibangun sebagai cara penduduk untuk menghormati para perawan.

Kuil ini memiliki arsitektur yang cantik dan terkenal di kawasan wisata ini. Wisatawan tak hanya datang untuk menelusuri sejarah atau wisata religi, berfoto di bagian berundaknya juga menjadi spot favorit para pemburu instagramable.

Sementara itu dihapan kuil yang berada di area perbukitan hijau ini kamu bisa melihat penampakan Gunung Nossa Senhora da Paz dimana sudut ini menjadi yang paling istimewa dari kuil di kawasan desa ini.

Berdasarkan tradisi, kuil ini dibangun di atas lahan seorang pendeta yang menemukan gambar Bunda Maria di sebuah gua. Bangunan paling tingginya berada di atas ketinggian 215 meter.

Arsitekturnya yang unik ini dirancang oleh Alberto Albergaria da Silva Pacheco. Dimanan panel ubin pada setiap[ langkah hingga puncaknya ini berwarna putih dengam lukisan biru. Kuil dibangun dengan khas Barok yang merupaka ciri khas arsitektur di wilayah setempat.

8. Berwisata ke Pantai Costa Nova dan berburu foto instagramable di deretan rumah warna-warni yang ikonik

Pantai Costa Nova Portugal

(foto: instagram/malyulka)

Rumah bergaris warna-warni di Panta Costa Nova ini dikenal juga dengan sebutan palheiros. Dalam bahasa Portugis, berarti tumpukkan jerami.

Dahulunya para nelayan menyimpan jala ikan di rumah-rumah ini. Karena, Costa Nova sendiri dikenal sebagai desa nelayan.

Lalu pada abad ke-19, rumah-rumah ini disulap menjadi lebih cantik terutama untuk para wisatawan. Garis-garis pada aksen rumah di sini akan mengingatkamu pada gondola di Venice.

Rumah warna-warni ini tak hanya berada di jalan utama, melainkan di seluruh area pantai. Selain rumah-rumah ada juga toko eskrim dan restoran lainnya.

Di belakang rumah-rumah ini kamu akan temukan Pantai Costa Nova yang berpasir putih, lalu ada juga Gereja Costa Nova.  Pantai Costa Nova ini mudah dicapai dengan angkutan umum.

Pantai dilengkapi dengan fasilitas yang banyak. Mulai dari restoran, klub malam, hingga tempat perkemahan kota dapat ditemukan di sini.

Costa Nova sendiri kini juga dikenal karena banyaknya rumah-rumah warna-warni dengan corak garis yang berjajar tak jauh dari pantainya.

Rumah-rumah ini menjadi spot foto instagramable bagi para pemburu foto aestetik untuk feed instagram.

Sementara di pantainya yang cantik ini tak hanya bisa menjadi tempat rekreasi berenang, tetapi juga untuk berlayar, mendayung, lalu ada penyewaan perahu motor, coba aktivitas ski air, pantai ini juga terkenal untuk para peselancar.

Pantai yang berada di garis pantai Ria de Averio ini menjadi memiliki dayar tarik berbeda karena hadirnya rumah warna-warni ini. Terutama bagi kamu para kaula muda.

9. Temukan sudut luar biasa denga latar alam bak lukisan di Miradouro da Boca Do Inferno

Miradouro da Boca Do Inferno Portugal

(foto: instagram/franciscoc6)

Berada di wilayah Sao Miguel, pemandangan menakjubkan bak lukisan yang harus kamu sambangi di sini adalah Miradouro Da Boca Do Inferno.

Di sini kamu akan menemukan kawah kaldera vulkanik yang sudah tua serta ada juga danau berair hijau yang tak kalah pesonanya. sementara itu wilayahnya diselimuti area hijau yang indah.

Tampilan Sete Cicades ini sungguh menakjubkan. Cobalah datang ketika hari tidak sedang mendung. Cahaya matahari yang datan menerpa kawasannya menjadi semburat keemasan.

Tidak salah jika menyebut Miradouro da Boca Do Inferno ini sebagai objek wisata populer nomor satu di Azores, Portugal.

Kamu bisa menyaksikan keindahan lukisang sang pencipta yang sempurna ini dari ketinggian. Spot inilah yang menjadi favorit wisatawan, berfoto dengan latar Miradouro da Boca Do Inferno di bawahnya.

Terlalu indahnya, membuat latarnya pemandangnya seakan palsu dan hanya gambar, meskipun asli. Ada banyak sudut pandang indah yang bisa kamu gunakan untuk latar foto.

Di antaranya latar dengan menghadap ke Lagoa Azul (Blue Lake) dan Lagoa Verde (Green Lake) yang letaknya tepat di sisi jalan.

Perjalanan selama 15 menit untuk sampai ke latar pemandangan menakjubkan ini juga tetap akan menyenangkan. Sementara kamu sudah akan dipertontonkan dengan alam indah yang mengelilingi kawasan yang masih sangat asri ini.

Sebelum menyambut pemandangan luar biasa di ujung jalan. Sesapainya di ujung jalan, kamu akan melihat Lagoa de Santiago akan terlihat jelas, dengan Lagoa Azul (kanan) dan Lagoa Verde (kiri) hanya sedikit lebih jauh di kejauhan.

Selain itu kamu akan lihat juga Lago Rasa dengan ukuran lebih kecil di sisi kiri dari Lagoa de Santiago. Kawasan kamu berdiri di sini sebenarnya adalah kawah gunung berapi besar yang punya tanah subur yang begitu hijau.

10. Kunjungi istana klasik mewah nan megah, Convento de Cristo

Convento de Cristo Portugal

(foto: instagram/barodriigues)

Convento de Cristo merupakan sebuah kastil cantik yang berada di Sungai Nabo. Kastil ini dikelanl sebagai biara dan sudah berdiri sejak tahun 1160. Kastil ini cantik dengan pesona arsitekturnya yang bergaya Romawi ke Gothic lalu ke Reinassance.

Kini, kastil ini dijadikan museum bersejarah dan sudah menjadi warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983. Arsitektur yang menonjol, tamannya yang indah, juga pemandangan di sekitarnya yang menawan.

Ditawarkan oleh kastil dan dijamin tidak akan membuatmu kecewa berwisata ke sini. Siapkan kamera, kamu bisa coba berfoto ala-ala tuan putri di sini.

Banyak spot menarik yang bisa kamu jelajahi untuk menambah stok foto di media sosialmu. Meskipun kuno, namun arsitektur kastil memberikan kesan mewah dan klasik.

Dahulunya, kastil ini ini juga dikatakan digunakan oleh Ksatria Templar. Kemegahan kastil terlihat dari berbagai ruangan yang dimilikinya. Mulai dari kapel, serambi, juga ruangan untuk paduan suara dalam model yang berbeda-beda.

Kastil juga punya gereja luas bernama Charola. Gereja ini memiliki 16 templar yang luar biasa. Aritekttur gereja ini dianggap menyerupai Gereja Makam Suci, di Yerussalem.

Pengaruh sentuhan timur pada gereja ini membuatnya terlihat berbeda dari kebanyak gereja Portugis pada umumnya.

Namun interiornya ini begitu indah ketinggiannya hingga luasnya juga mengagumkan dengan cara yang sederhana tetapi tetap kaya akan dekorasi.

Di tengah gereja ini ada altar tinggi Gotik yang terlihat misterius. Juga ada hiasan lukisa dinding yang berasal dari abad ke-16.

Portugal benar-benar menakjubkan, bukan? Bisa memanjakan kamu yang merupakan pencinta foto instagramable, hingga kamu yang menikmati wisata alam liar penuh petualangan.

Keindahan, keseruan objek-objek wisatanya memang tak tertandingi dan pastinya akan membuatmu ketagihan untuk berkunjung lagi dan lagi ke negara ini!