in

Pesona 10 Objek Wisata Inggris, Siap Buatmu Terpukau

Stonehenge Inggris
(foto: instagram/whatsupsha)

Inggris menyuguhkan keindahan alam hingga tatanan kota dan desa-desa yang indah dan elegan. Negara Monarki ini merupakan bagian dari Britania Raya.

Inggris berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat. Inggris juga punya 100 lebih pulau-pulau kecil yang menjadi bagian wilayah negaranya.

Inggris memang punya daya tarik tersendiri untuk menjelajahi wisata alam serta kebudayaannya ataupun wisata rekreasi lainnya.

Apalagi, jika membicarakan bagaimana kenampakan alam negara ini yang diliputi oleh keindahan di setiap sudutnya. Wisata apapun yang kamu sambangi, pasti tetap menyuguhkan keindahan alam yan membuat takjub.

Lalu, apa saja destinasi wisata di Inggris yang harus kamu kunjungi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Bukit Alesano, Wisata Pemandangan Gemerlap Langit Malam

1. Menelusuri  pedesaan Inggris yang penuh kenangan, Cotswolds

Cotswold Inggris
(foto: instagram/ardadreamchaser)

Nikmati suasana Inggris yang tenang dengan menelusuri pedesaan paling bersejarah dan terkenal di Inggris, yakni Costwolds. Desa ini punya pesona klasik yang indah.

Bangunan  berwarna coklat emas seperti dinding tua, menjadi daya tarik yang mungkin tak bisa kamu temukan di tempat lain. Kunjungi desa-desa indah seperti Snowshill dan Painswick nestle di Cotswold Hills.

Pusat-pusat pasar bersejarah juga dapat kamu temukan di sini di antaranya Cirencester, Tetbury, Stroud dan Tewkesbury. Oleh-oleh lokal yang menyenangkan untuk kamu kunjungi toko-tokonya ini.

Jika kamu ingin berkunjung ke kota besar yang sedikit lebih modern, maka kunjungilah Gloucester yang berada di tepi laut yang indah.

Lalu kungjungilah Regency Cheltenham Spa yang juga menawarkan arsitektur-arsitektur dengan gaya yang unik. Selain itu tempat berbelanja yang trend, serta arena berkuda yang seru untuk dicoba.

Jika kamu ingin berjalan menyusuri kota dengan nuansa pedesaan yang kental, maka datanglahnya ke Costwold Utara dan temukan Winchcombe.

Pasar yang ada di sini murni masih terlihat tradisional dan menjadi tempat bagi para pejalan kaki menikmati pedesaan yang murni.

Bergeser ke Costwold Selatan, kamu bisa berekreasi di  Taman Air Cotswold. Di sini bisa digunkan untuk berolahraga,  berjalan kaki, menikmati pantai dengan berbasis dari kurang lebih 150 danau dalam 40 mil persegi.

Letaknya hanya beberapa mil dari Cirencester. Di kawasan ini ada lima lembah yang kenampakan masing-masingnya memukau.

Pertemuan lima lembah ini ada di Kota Stroud yang dihubungkan dengan ketinggian Rodborough, Minchinhampton dan Selsley Commons.

Kota-kota cantik di Costwold bagian selatan yang instagramble adalah Nailsworth, Painswick, Fairford, dan Tetbury.

2. Menjelajahi kenampakan alam Inggris di taman nasionalnya, Peak District

Peak District Inggris
(foto: instagram/about.nathalie)

Jika ke Inggris dan memburu keindahan lanskap alamnya yang menakjubkan, maka Peak Distrik harus kamu kunjungi.

Tempat ini dicintai banyak orang karena pemandangannya yang luar biasa. Serta berbagai tujuan wisata dapat dikunjungi di sini.

Mulai dari kota-kota pasar yang ramai, desa-desa yang cantik, rumah-rumah bersejarah, lalu ada banyak tempat terkenal serta tempat kamu untuk menikmati acara-acara tradisional Inggris.

Mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendahnya, area perbukitan hijau yang cantik, seluruh kenampakan alam yang ingin kamu lihat di Inggris dapat kamu temukan di sini rasanya.

Tak heran tujuan wisata Peak Distrik digemari banyak orang terutama para anak muda. Jajanan lokal juga dapat banyak kamu nikmati di sini.

Selagi kamu berjalan-jalan santai dan bercengkrama dengan Inggris. Hal menarik lainnya adalah hampir di setiap akhir pekannya di sini kamu bisa berkunjung ke pameran pedesaan yang diadakan mulai dari Hope Show, Bakewell Show, dan Chatsworth Country Fair.

Nikmati saranan rekreasi di antaranya dengan menaiki kereta gantung The Heights of Abraham.

Bisa juga menaikki trem kuno di Crich Tramway Village , rumah bagi National Tramway Museum. Untuk dapat menikmati wisata alam liarnya kamu bisa menjelajahi The Wildlife Park.

Selanjutnya cobalah menginap di area perbukitan di Alton Towers Resort.  Di Taman Nasional paling terkenal di Inggris ini banyak aktivitas wisata yang bisa kamu nikmati.

Masih ada arum jeram, paralayang, olahraga air lainnya, hingga mengunjungi gua. Melakukan perjalanan kaki melewati perbukitan hijau dan lembah berkeloknya saja sudah sangat menakjubkan.

3. Menemukan cantiknya arsitektur kastil Inggris di Hever Castle & Gardens

Kastil Haver dan Taman Inggris
(foto: instagram/fleur_runs)

Ke Inggris jangan terlewat kunjungi tujuan wisata dengan arsitektur indah dan segara elemennya yang bisa dinikmati. Salah satunya bisa kamu temukan di Hever Castle & Gardens.

Di sini kamu berkunjung ke rumah masa kecil Anne Boleyn. Kamu bisa menelusuri objek wisata ini dengan buku panduan audio. Rumah Anne Boleyn ini adalah kastil besar dengan lapangan dan taman yang mengelilinginya.

Hal-hal menakjubkan yang bis akamu saksikan di sini seperti patung, air mancur, potongan catur dipotong dari emas yew, 4000 mawar, Loggia di Danau. Pemandangan indah ini, menyenangkan untuk kamu nikmati sembari berjalan-jalan santai.

Saat musim panas kamu bisa melihat turnamen berkuda di sini. Selain itu ada juga memanah, tak hanya itu di sini juga ada program acara menyenangkang yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Jangan lewatkan untuk menyewa perahu untuk melewati danau dan bertandang ke Rumah Teh Jepang. Ada juga Museum Militer untuk kamu jelajahi serta taman labirin  yang ada dua. Labirin Yew Inggris yang bersejarah dan Labirin Air yang bergemericik suara airnya.

Selain itu untuk anak-anak bisa kamu ajak ke Tudor Towers Adventure Playgroun, di sini ada tiga menara untuk didaki serta dua tiang pemadam kebakaran.

Anak-anak juga bisa menjelajahi Acorn Dell yag merupakan dunia penuh imajinasi. Di sini ada pohon willow setinggi 2 meter dan lubang pasir raksasa. Kamu juga bisa mengunjugi kastilnya.

4. Berkunjung ke taman indah yang dipenuhi bunga The Regent’s Park

Taman Regent Inggris(
(foto: instagram/diana_ozola)

The Regeant’s Park merupakan taman dengan tatanan yang sangat indah. Taman ini memiliki luas 166 hektar. Dirancang pada tahun 1811 oleh seorang arsitek bernama John Nash.

Taman ini memiliki bunga-bunga mawar yang indah. Taman Regents juga punya lapangan atau area olahraga yang diklaim sebagai yang terbesar di London.

Beragam arena olahraga ini mulai dari sepak bola, softball, rugby, da nada juga lapangan kriket. Di taman ini juga memiliki Kebun Binatang London, Teater Open Air (pertunjukkan berakhir di Mei hingga awal September), kamu juga bisa wisata danau dengan menggunakan perahu.

Ada sejumlah kafe pilihan di sini di antaranya The Garden Café, The Honest Sosis, The Boathouse Café, dan Tennis Center Café. Jangan lewatkan ke puncak Primrose Hillsnya yang terkenal.

Panorama dari atas puncak ini menawarkan indahnya perkotaan London dari atas ketinggian. Menonton Open Air Theatre di bagian ujung selatan taman ini juga mengasyikan.

Cobalah juga untuk berfoto di monument penting berupa sebuah pijakan yang terletak di Holme Green yang berada di antara Circle dan Beating Likeyang dipindahkan dari Richmond Park pada tahun 1970-an.

Sementara itu di dekat York Bridge di lingkaran bagian dalam kamu bisa melihat ada Jubilee Gates yang dipasang sebagai bentuk penghormatan dan untuk mengingat Yobel Perak Raja George V di tahun 1935.

Bagian tengah di atas gerbang pusat ini terdapat hiasan mahkota yang di bawahnya ada huruf GR serta penanda tanggalnya yakni 6 Mei 1935.

The St. John’s Lodge Gardens kebun dirancang pada tahun 1889 oleh Robert Weir Schultz untuk St. John’s Lodge. Patung-patung mengesankan di taman tak boleh dilewatkan untuk jadi latar fotomu.

5. Berfoto dengan latar situs bebatuan artistik di Stonehenge

Stonhenge Inggris
(foto: instagram/whatsupsha)

Stonehenge merupakan situs bebatuan bersejarah di Inggris, lokasi tepatnya di Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Arkeolog memperkirakan situs ini didirikan antara 3.000 SM hingga 2.000 SM.

Situs ini berupa kumpulan bebatuan yang berjajar melingkar dan terlihat unik. Bentuknya yang artifisial dan terususun dengan cara yang menarik ini membuat situs bebatuan ini terkenal bahkan di dunia. Oleh karenanya, di tahun 1986 dimasukan ke dalam Warisan UNESCO.

Gundukan tanah dan parit yang berada di sekitar bebatuan ini merupakan penanda awal pembangunan dari situs ini. Nama Stonehenge sendiri berasal dari gabungan kata stone dan henge.

Stone berarti batu dan Henge berarti lingkaran. Tetapi arkeolog menafsirkan bahwa maksud henge adalah tembok tanah yang berbentuk melingkar serta terdapat parit di dalamnya.

Stonehenge ini masih dalam perdebatan penelitian mengenai kegunaan dibangunnya untuk apa. Stonehenge yang terlihat saat ini sendiri, sebenarnya sudah tidak lengkap.

Banyak dari aslinya seperti sarsens dan juga bluestons yang telah dihancurkan atau mungkin dibawa pergi. Diperkirakan selama periode Romawi  dan abad pertengahan di Britania.

Namun kini, tempat berdirinya Stoneghenge ini sudah termasuk ke dalam area khusus untuk Mesolitikum dan neolitikum.

Rerumputan hijau yang di bawahnya serta langit biru saat musim panas di alam liar yang asri, menjadikan Stonenhenge latar foto artistk yang sering diburu para wisatawan.

Baca juga: Taman Bunga Nusantara, Pesona Keindahan Taman Berbagai Tema

6.Berekreasi di taman kerajaan nan elok, Taman Hyde

Taman Hyde Inggris
(foto: instagram/ mingctl)

Taman Hyde juga merupakan salah satu taman terkenal di Inggris. Taman ini letaknya berada di jantung kota London.

Tak sekadar taman biasa, Taman Hyde juga menawarkan pertunjukan konser kelas dunia serta tentunya ragam tempat bersantai yang menenangkan.

Taman ini punya sejarah panjang. Sejak dahulu taman ini seringkali digunakan untuk menunjukkan aksi protes atau bertukar pandang dari orang-orang yang saling berkumpul membahas mengenai suatu hal.

Taman Hyde juga merupakan satu dari delapan taman kerajaan di London. Luas taman sendiri memiliki lahan hingga 350 hektar.

Dengan luasnya yang amat besar ini, Hyde Park disebut sebagai salah satu taman kota terbesar di dunia. Taman Hyde memiliki 4000 pohon yang tertanam di dalamnya, danau besar, padang rumput, serta taman bunga hias.

Semua orang dari berbagai kalangan usia dapat menikmati rekreasi di taman ini. Kamu dapat menikmati bersepeda, berperahu, berenang, bahkan skating.

Selain itu ada sejumlah lapangan olahraga, seperti lapangan untuk tim tenis,  arena berkuda, hingga taman bermain anak yang luas dan memuaskan.

Selain itu kamu bisa menyantap menu sarapan inggris dengan berkunjung ke dua kafe yang ada di tepian danaunya. Secangkir kopi panas yang cepat disajikan juga menjadi penikmat saat kamu bersantai di taman ini.

Hyde Park juga memiliki beberapa bangunan dan monument yang menarik, di antaranya seperti Jembatan Serpentine, air mancur Joy of Life dan patung Archiles yang terkenal. Lalu masih ada air mancur memorial Putri Diana.

7. Berbelanja ke pusat perbelanjaan terlengkap di dunia, Oxford Street

Oxford Street Inggris
(foto: instagram/ rocioluuque)

Liburan ke Inggris, tentu ikon satu ini tak boleh kamu lewatkan. Adalah Oxford Street yang merupakan jalan raya terbesar di dunia. Di sini kamu bisa menemukan hal hebat dari area perkotaan yang modern.

Mulai dari fashion, hiburan, teknologi, dan berbagai inovasi lainnya. Terdapat lebih dari 90 toko unggulan dari berbagai industri, seperti kecantikan, mode, peralatan rumah tangga, teknologi, dan lainnya.

Oxford Street menjadi surge belanja yang akan membuatmu puas menikmati hobimu. Selagi it, berfoto di antara gedung-gedung pertokoannya menjadi sebuah ikon tersendiri.

Di sini tersedia berbagai merk kelas atas dengan kualitas terbaik, meliputi Topshop, Gap, River Island, Primark, X,  dan tentunya berbagi department store khas Inggris seperti Selfridges, John Lewis & Partners, Debenhams, House of Fraser dan Marks & Spencer.

Setelah puas berbelanja dan berswafoto, dengan hanya berjalan kaki kamu bisa langsung memilih makanan seperti apa yang kamu inginkan dari 500 rumah makan yang tersedia di sini. Mulai dari makan pagi, makan siang, hingga makan malam semua tersedia.

Kamu bisa pilih menyantap hidangan di tempat terbuka sembari memerhatikan hiruk pikuk Oxford Street yakni di St Christopher’s Place dan Market Place. Kamu juga bisa menginap di hotel-hotel mewah di Oxford Street.

Jalan Oxford Street ini memiliki panjang hingga kurang lebih 1,5 mil dan membentang dari stasiun Tottenham Court Road ke timur dan stasiun Marble Arch ke barat.

Setiap tahunnya ada lebih dari 200 juta pengunjung yang datang ke sini. Asal usul keberadaan jalan ini diperkirakan sudah ada sejak zaman romawi.

8. Menelisik setiap sudut Kastil Howard, kastil terindah di dunia

Kastil Howard Inggris
(foto: instagram/ thejennysguide)

Berkunjung ke negara dengan sistem monarki atau kerajaan, tentunya tidak akan afdol kalo tidak mengunjungi kastil. Pastinya, banyak kastil bersejarah yang bisa kamu kunjungi salah satuanya Kastil Howards.

Kastil Howard ini berada di Bukit Howardian yang memiliki pesona alam yang amat menakjubkan di sekitarnya. Kastil ini merupakan rumah megah dari abad ke-18 milik Keluarga Howard.

Interiornya klasik, unik, elagan, serta dipenuhi dengan berbagai koleksi yang terkenal di dunia. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan ditemani dengan pemandu wisata ramah yang akan banyak menguntaikan kisah-kisah dibalik pendirian kastil ini.

Berbagai lanskap yang momental di kastil akan kamu lewati. Mulai dari patung-patung, danau, kuil, hingga air mancur. Kastil juga memiliki hutan di sekitarnya.

Di tepi danau ada jalan-jalan setapak untuk berjalan santai yang menyenangkan. Taman ini juga memiliki ragam koleksi bunga mawar serta kebun sayur mayur.

Kastil Howard dapat kamu kunjungi di Yorkshire Utara, Inggris. Meskipun disebut kastil, namun sebenarnya konsep dibangunnya adalah sebagai rumah pedesaan.

Bangunan kastil merupakan karya arsitek Sir John Vanbrugh yang mendirikan kastil ini pada tahun 1699. Koleksi di dalamnya berupa lukisan ternama serta patung-patung klasik.

Kastil ini juga beberapa kali dijadikan sebagai lokasi syuting. Sir Jon Vanburgh dahulu membuat kastil ini untuk Charles Howard, Earl of Carlisle ke-3. Air mancur yang dikenal di taman 1.000 hektarnya adalah Air Mancur Wales.

Sementara yang lainnya adalah Kuil Empat Angin, Sungai Cascade, dan Mausoleum. Walled Garden memiliki koleksi mawar tua dan modern, dan Ray Wood memiliki koleksi unik rhododendron, pohon langka, magnolia, dan azalea.

9. Menikmati keindahan Pantai Perranpoth 

Perranpoth Beach Inggris
(foto: instagram/nataliieejade)

Berwisata ke Inggris, jangan lupa juga kunjungi pantainya yang menawan. Salah satu yang terbaik adalah Perranpoth Beach.

Keindahannya ditambah dengan bukit pasir yang indah ombak berdebur kencang cocok untuk kamu yang senang berselancar.

Pantainya yang berukuran luas, membuatmu betah di sini karena merasa seorang diri. Bebas kesana kemari menikmati deburan ombak, berlarian di tepian pantai, dengan angina sepoi-sepoi yang segar.

Saat airnya surut, Pantai Perranporth ini bersatu dengan pasir Penhale yang letaknya berdekatan. Sehingga membuatnya menjadi pasir terbesar di Pantai Utara.

Di salah satu ujungnya ini ada Kota Perranporth, sebuah kota tepian pantai dengan jalan utamanya yang langsung bersebelahan dengan pasor pantai yang keemasan.

Jika kamu terus melaju hingga Penhole Point maka akan terlihat bukit pasir luar yang berangkaian di belakang pantai. Di sini adalah area khusus konservasi dan terdapat sisa reruntuhan gereja yang terkubur.

Sementara itu sebagian fasilitan dan sarana pantai ini letaknya di ujung kota.ada kolam batu, gua, sungai kecil, serta Kapel Batu juga ada kolam pemandian kecil di sisi lautnya. Benar-benar menjadi surga wisata pantai yang indah tenang dan menyenangkan.

10. Menjadi Harry Potter dalam sehari dengan jelajahi Warner Bros Studio

Warner Bros Studio Tour Inggris
(foto: instagram/dzl__t)

Serial film Harry Potter memang sudah lama berakhir. Namun, kamu masih bisa menelusuri kisah Harry, Hermionie, dan Ron dengan berkunjung ke studio Warner Bross yang menjadi lokasi syuting dari film legendaris ini.

Kamu bisa mengintip situasi di balik layar yang selama ini digunakan untuk syuting adegan-adegan di Film Harry Potter.

Kamu juga bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi Harry Potter dan kawan-kawannya hingga mengelilingi Hogwarts dan seakan ikut menjadi murid di sekolah sihir ini juga.

Berbagai latar-latar ikonik dari film Harry Potter akan kamu temukan di sini. Mulai dari rumah paman Harry Potter, gerbong kereta tempat Harry bertemu dengan kedua sahabatnya, berfoto ala Harry Potter yang menembus dinding stasiun kereta untuk menaikki kereta uap spesial yang akan membawamu ke Hogwarts.

Jangan lewatkan salah satu bagian terbaiknya dengan berkeliling di Diagon Alley, kawasan kecil yang menjad pusat perbelanjaan benda-benda sihir. Termasuk toko tempat Harry dan penyihir lainnya membeli tongkat mereka.

Kamu juga bisa berfoto di Hogwarts Great Halls yang sanag ikonik, mengunjungi kamar Harry Potter di asrama Gryffindor, hingga tak lupa mendatanagi jembatan di luar ruangan Hogwarts.

Ada juga mobil terbang Harry Potter yang dipajang. Benda-benda khas dari Harry Potter seperti Piala The Goblet Of Fire, hingga bola permainan sapu terbang Harry di serial keempat Harry Potter ini.

Kamu juga bisa berfoto ala penyihir di sejumlah spot gambar 3D yang membuatmu seakan membuat benda melayang.

Bagaimana rangkaian pilihan objek wisata di atas sudah cukupkah untuk mebuat akamu semakin ingin mengunjungi Inggris?

Singkat cerita, Inggris menawarkan pesona dan keseruan wisata yang tak terbantahkan. Yuk, segera kemasi barangmu dan bersiaplah berpelesir ke Inggris!