. 10 Objek Wisata Spanyol yang Punya Keindahan Tak Terbantahkan

travel

10 Objek Wisata Spanyol yang Punya Keindahan Tak Terbantahkan

By  | 

Spanyol merupakan sebuah negara yang berada di eropa barat daya. Perjalanan ke Spanyol mungkin bisa jadi salah satu pilihan.

Spanyol letaknya berada di semenanjung Iberia. Spanyol dengan eropa seperti Prancis dibatasi oleh sebuah pegunungan, yakni Pegunungan Pirenia.

Tidak kalah dengan negara di Eropa lainnya, Spanyol juga menawarkan keunikkan tersendiri. Kamu harus coba ke Spanyol, tahukah kamu? Spanyol menyimpan banyak cerita dan sejarah.

Menjejak ke Spanyol jangan lupa datang ke lokasi syuting drama korea Memories of Alhambra. Kamu bisa menyempatkan diri untuk menapak tilas sejarah sesungguhnya yang ada dibalik kisah berdirinya Istana Alhambra yang megah.

Tak ketinggalan ada juga kastil yang disebut-sebut jadi inspirasi Walt Disney dalam membuat logo perusaannya, lho!

Kamu juga bisa berburu sunset di jajaran pantanya yan memesona. Tenang saja, Spanyol juga tak pernah kehabisan tempat untuk kamu kujungi, karena semuanya menawan dan kaya akan kisah menarik yang baiknya  kamu cari tahu sendiri saat berkunjung.

Berikut ini ragam objek wisata yang layak kamu kunjungi selama berada di Spanyol.

Baca juga: Pesona 10 Objek Wisata Inggris, Siap Buatmu Terpukau

1. Menjejakkan kaki di peradaban Islam di Spanyol, Istana Alhambra

Istana Alhambra Spanyol

(foto: instagram/ yayeggjovi)

Ingat lokasi syuting drama korea Memories of Alhambra? Ya, ini dia istana ikonik di Spanyol yang dijadikan latar syutingnya. Istana Alhambra merupakan saksi bisu dari kejayaan Islam di Spanyol.

Letak ini ada di bukit La Sabica di Kota Granada. Letaknya yang strategis, membuat kamu juga bisa menyaksikan keindahan Kota Granada dari ketinggian saat mengunjungi istana ini.

Granada sendiri, merupakan kota pusat kerajaan Islam di Spanyol pada dahulu kalanya. Kejayaan Islam di Granada ini dipimpin oleh Sultan Muhammad bin Al-Ahmar yang mendirikan sebuah kerajaan diberi nama Bani Ahmar atau yang dikenal juga dengan sebutan Andalusia.

Sementara perggunaan nama Alhambra diambil dari bahasa Arab yang berarti benteng merah. Nama ini disesuaikan dengan dinding bata pada istana ini yang didominasi oleh warna bata merah.

Alhambra menjadi saksi sejarah islam yang pernah berjaya di Eropa Barat untuk waktu yang lama. Istana Alhambra memiliki ukuran yang luas. Pembangunannya dilakukan secara bertahap, yakni dari tahun 1238-1358 M.

Tak hanya berupa bangunan istana yang masih terawat, kuno namun artistik, Istana Alhambra juga punya taman dengan bunga-bunga indah dan harum bermekaran serta hiasan air mancur yang cantik.

Air mancur ini terdapat di sebuah kolam yang dihiasi dengan 128 tiang marmer serta dua belas kepala singa yang bentuknya melingkar sebagai sumber keluarnya air mancur. Air mancur ini diberi naman Hausyus Sibb atau Taman Singa.

Tampilan Istana Alhambra ini menyerupai benteng. Nampak amat gagah di atas perbukitan sekaligus menawan. 13 menara megah yang mengelilingi istana menambah pesonanya.

Istana ini punya banyak ruangan yang bisa kamu jelajahi. Ruangan ini juga indah dan banyak menyimpan kisah sejarah Islam dibaliknya, di antaranya ada ruangan Qa’atu Hukmi (ruangan pengadilan), Hausy ar-Raihan (ruangan bersiram) dan masih banyak lagi.

Sudah beres menjelajah, jangan lupa berfoto ala Park Shin Hye dan Hyun Bin dengan latar Kota Granada yang rupawan.

2. Melihat bangunan karya aristektur ternama Anthony Gaudi di Taman Guell

Taman Guell Spanyol

(foto: instagram/irishmirish)

Wisata selanjutnya yang menarik kamu kunjungi di Spanyol adalah Taman Guell. Taman ini memiliki keunikan sendiri, karena dipenuhi oleh berbagai bangunan artistik yang merupakan karya-karya dari maestro ternama di Spanyol.

Seorang maestro seni dan arsitek, Antoni Gaudi. Di sini kamu akan menikmati keunikan karya bangunannya sekaligus berfoto sepuasnya, karena begitu banyak bangunan cantiknya.

Park Guell sendiri awalnya sebnarnya dirancang untuk dibuat sebagai perumahan pribadi atas permintaan dari Eusebi Guell. Dimana ina menunjuk Antoni Gaudi untuk menjadi arsitek dalam pengerjaan perumahan ini.

Pada rencana awal ada 60 rumah yang harusnya dibangun, namun dengan tetap menonjolkan alam di sekitarnya. Dari keseluruhan luas tanahnya ini hanya seperenamnya saja yang boleh dibangun.

Namun, dalam masa pemabangunan terhenti sehingga yang baru selesai dibangun hanyalah dua rumah. Kini, park Guell menjadi tujuan wisata di Barcelona yang banyak dikunjungi oleh pelancong dari beragam asal-usul.

Keindahan bangunan-bangunan yang berdiri di sini dihiasi dengan area taman luas yang begitu banyak yang bisa kamu jelajahi.

Selain itu hamper di setiap sudutnya terdapat mozaik-mozaik yang mempercantik taman dan akan semakin buatmu bingung memilih spot foto terbaik lantaran seluruh tampilan taman pun begitu instagramable.

Namun, yang pasti jangan lupa berfoto di salah satu sudut ketinggiannya yang berupa teras dengan dindin berwarna-warna penuh mozaik.

Dari sini biasanya wisatawan berfoto dengan waktu terindah dalam latar langit sore yang bersemburat oranye. Sementara dua bangunan rumah unik Taman Guell nampak jelas dan menarik dari sini.

3. Menengok kisah puncak tertinggi Spanyol yang penuh mitologi, Gunung Teide

Gunung Teide Spanyol

(foto: instagram/alexiel69)

Destinasi wisata Spanyol selanjutnya adalah menjelajahi wisata alamnya, yakni punca tertinggi di Spanyol. Gunung Teide merupakan struktur vulkanik tertinggi ketiga sekaligus memiliki bentuk paling bervolume  di dunia, setelah Mauna Loa dan Mauna Kea di Hawaii.

Di Spanyol puncak tertinggi ini ada di Kepulauan Canary. Gunung diperkirakan terbentuk pada sekitar 170.000 tahun yang lalu.

Gunung terbentuk karena adanya reruntuhan material vulkani yang sangat besar dan bahka raksasa, lebih besar dari Gunung Teide itu sendiri.

Alamnya yang menajubkan di area pegunungan ini menjadikannya daerah tujuan wisata yang selalu banyak dikunjungi.

Keeksotisan bebatuan yang tersebar di are permukaan tanahnya yang berpasir menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi latar foto yang memukau.

Lokasinya ini ada di Taman Nasional Teide. Sehingga, saat kamu berkunjung ke sini, kamu juga bisa menikmati wisata alam liar lainnya dan mengenal lebih banyak flora dana fauni menarik di sini.  Di setiapnya, Teide menerima hampir mnerima tiga juta pengunjung lebih.

Teide menjadi Taman Nasional yang paling banyak dikunjungi di Spanyol dan seluruh Eropa, sekaligus yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Gunung Teide juga dianggap memiliki nilai keramat atau mitologis terutama bagi penduduk asli di daerah ini.

Keberadaan gunung ini perannya mirip dengan Gunung Olympus yang ada di Yunani. Terdapat mitos yang berkembang di gunung ini. Namun, untuk kecantikannya sendiri, tak perlu dipertanyakan lagi.

4. Wisata perahu menuju Istana Kaca di Taman Buen Retiro

Taman Buen Retiro Spanyol

(foto: instagram/ __brodieammerer)

Madrid, Spanyol juga menawarkan berbagai kawasan wisata. Salah satunya adalah Taman Buen Retiro yang indah. Merupakan kawasan wisata kota yang nyaman untuk bersantai.

Memiliki luas 35o hektar, tak hanya taman objek wisata satu ini juga menyimpan Istana Kaca atau yang disebut juga Palacio De Cristal. Istana Kaca ini biasa digunakan sebagai tempat pameran seni.

Susana nyaman dan asri di taman ini karena penataannya yang nyaris sempurna. Taman ini memiliki deretan tanaman dengan penataan yang baik, danau, patung-patung klasik.

Tanaman indah yang jadi buruan wisatawan antara lain hamparan bunga mawar di kebun serta bunga rosalenda.

Bunga-bunga ini menebarkan harum semerbak, seperti dari bunga Rosalenda yang jumlahnya diperkirakan sebanyak 4.000. untuk menuju Cyrtal Palace atau Istana kaca, kamu bisa menyewa perahu dayung.

Kamu juga bisa berpiknik di tepian danaunya menikmati sembari bersantai. Meskipun danau ini danau buatan, namun danau yang memiliki nama Danau Retiro ini ukurannya cukup besar.

Di sebelah danau ini ada monument terkenal yang dibuat untuk penghormatan terhadap Raja Alfonso XII. Selain itu spot menarik lainnya ada barisan setengah lingkaran dari jajaran patung. Dengan patung berkuda raja di bagian inti tengahnya yang tinggi.

Taman Buen Retiro yang bergaya lansekap ini juga menjadi pengingat  dari pameran internasional bernama “Campo Grande” yang pernah terjadi masa silam.

Taman Buen Retori sendiri merupakan taman pertama yang terbesar dibuat di Madrid. Letaknya di tepian pusat kota, menjadikan lokasinya cukup strategis untuk dijadikan tempat bersantai yang nyaman.

Dahulu taman ini merupakan taman milik kerajaan Spanyol hingga pada akhir abad ke-19 dan berganti menjadi taman yang diperuntukkan untuk umum.

5. Jalan-jalan sore di pantai luas dengan pesona bebatuan eksotis, Pantai As Catedrais

Pantai As Caterdais Spanyol

(foto: instagram/lydiaroundtheworld)

Wisata pantai saat berlibur, tentu saja tak boleh terlewatkan. Di Spanyol, cobalah ke pantai bagian utaranya, kamu akan menemukan Pantai As Catedrais yang terkenal akan keindahannya.

Letak tepatnya berada di Galicia dengan Ribadeo. Kamu hanya menghabiskan waktu 20 menit jika mengaksesnya dari kota. Di seluruh kota dikenal sebagai Pantai Katedral atau Catedrais atau disebut juga Pantai Perairan Suci. K

eunikan pantai ini yang dibru oleh wisatawan ini adalah kenampakan bebatuan raksasa dengan bentuk yang unik. Bebatuan raksasa ini dengan ajaib akan menghilang sepenuhnya saat air laut pasang.

Bebatuan yang lenyap ini bentuknya merupai pintu gua dan betul-betul dalam ukuran yang besar. Nama Katedral untuk pantai ini disebabkan musik alam yang terdengar di pantai ini.

Saat angina kencang bersemilir dan beradu dengan batu-batu besar di sekitar, akan terdengan seperti alunan musik organ di okerstra gereja. Keunikan pantai ini semua tercipta alami sehingga menjadi mahakarya Tuhan yang akan buatmu takjub.

Lengkungan pintu gua batu di pantai ini tingginya bisa mencapai hingga 90 kaki. Di sini ada juga semcam jalan penghubung yang bisa menghubungkan kamu ke area pantai lainnya. Namun, tentunya kamu perhatikan waktu dan berhati-hati sebelum ombak dari laut kembali pasang.

Objek wisata pantai ini menjadi surge tersendiri bagi kamu yang senang dengan wisata bernuansa alam alami yang tenang dengan harmoni alam yang menyenangkan dan nyaman.

Untuk itu saat kamu berpelesir ke Spanyol, jangan lupa kunjungi salah satu pantai terindah di dunia ini.

Baca juga: Bukit Alesano, Wisata Pemandangan Gemerlap Langit Malam

6. Berenang di air sebiru kristal diantara bebatuan karang di Taman Alam Mondragó

Taman Air Mandroga Spanyol

(foto: instagram/enjoying_mallorca)

Taman Alam Mondrago menjadi salah satu objek wisata favorit bagi para wisatawan di wilayah Mallorca. Lokasinya berada di sebelah selatan.

Kamu dapat mengaksesnya dengan menuruni jalur berliku kecil yang dilapisi dengan dinding bebatuan yang rapi.

Taman alam ini memiliki pantai dengan air biru yang amat jernih berpadu dengan bebatuan karang serta pasir putih yang lembut. Menjadi surga alam tersembunyi di Mallorca.

Meskipun lokasinya terpencil, namun keindahannya yang menakjubkan ini tetap menjadi perburuan para pelancong.

Tebing-tebing indahnya ini menyentuh air biru jernihnya yang seperti kristal. Menjadikannya lahan basah Ses Fonts de n’Alis.

Ditemani dengan burung-burung yang bermigrasi di wilayah cagar alam ini, seakan menjadi perpaduan yang melengkapi kecantikan alamnya.

Ada sejumlah jalur berliku-liku  yang berada di sekitar garis pantai selain itu taman alam ini juga masih menyuguhkan sejumlah pantai cantik lainnya.

Tak hanya itu, areanya yang berdekatan dengan tanah pertanian hingga perbukitan juga menjadi bonus pesona indah lainnya yang bisa kamu nikamti saat berwisata ke sini.

Kamu bisa menginap di area terdekatnya yakni Kota Pedesaan Santanyi dan esor pantai Cala d’O. Perjalanan melewati teluk-teluk kecil terjal saat menuju taman alam ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan buatmu.

Taman Alam Mondrago juga punya ragam jenis satwa liar, ada 70 spesies satwa yang menghuni taman alam ini. Mulai dari reptile, amfibi, beberapa spesies mamalia, hingga kura-kura mediterania. Banyak satwa yang bermigrasi ke sini.

Di sini ada jalur pejalan kaki, maupun jalur bersepeda. Meskipun berhimpitan namun juga membuatny ajadi aman. Sementara jangan lupakan ad ataman anggrek ragam jenis yang juga bisa kamu temukan di sini.

7. Wisata religi ke gereja di tepi pantai, Basilia of Candelaria

Basilica of Candelaria Spanyol

(foto: instagram/adrianacoira)

Objek wisata satu ini merupakan gereja berkubah. Dibangun pada tahun 1959 dan berada di tepi pusat kota dengan pantai yang membentang di hadapannya.

Pantai berbatu dan diapit oleh plaza yang terdapat Sembilan patung besar prajurit Guanche yang nampak seperti berjaga-jaga.

Interior yang memikat dari gereja ini juga menjadi daya tarik wisatawan. Bagian dalam kubah yang penuh dengan hiasan menjadi arsitektur yang paling menjadi sorotan. Arsitek Spanyol yan mendesain gereja ini adalah Jose Enrique Marrero.

Gereja kemudian didesain dengan gaya neo-Canarian yang klasik dengan menggabungkan unsur-unsur meliputi berbagai gaya desain yang menurut sejarah menjadi khas di pulau tempat gereja ini berdiri.

Setiap tahunnya gereja ini mampu menarik setidaknya 2,5 juta peziarah. Saat kamu memasuki area dalam gereja, kamu akan menemukan hiasan mural yang banyak menghiasi dinding gereja yang menggambarkan malaikat serta orang-orang suci yang khusus diperuntukkan bagi perawan.

Basilika ini terdiri dari sebuah alun-alun yang memi;iki sejumlah kafe luar ruangan yang menyenangkan sembari menikmati makanan ringan dan menikmati suasana sekitar.

Struktur bangunan gereja ini terdiri dari tiga bagian dengan langit-langit yang bergaya Mudejar dan kubah yang tingginya 25 m atau 82 kaki yang memahkotai transept.

Sementara itu gereja ini juga memiliki menara dengan tinggi 4 m atau 450 kaki. Selain itu ada balkon gaya Canarian. Pada Kapel utmanya, terdapat figure seorang perawan dari Candelaria. Lengkap sekali, tak wisata religi di sini kamu juga wisata alam hingga wisata menyantap makanan Spanyol.

8. Menelusuri kastil sejarah buatan Anthony Gaudi, Palace of Gaudì Astorga

Istana Astorga Spanyol

(foto: instagram/_anitamatamoros)

Palace of Gaudi Astorga merupakan salah satu bangunan hasil rancangan dari Antoni Gaudi. Bangunan ini dirancang dengan gaya neo-Gotik.

Kastil bernuansa negeri dongeng ini dibangun pada akhir tahun 1.00-an setelah istana sebelumnya terbakar. Atoni Gaurdi menggunakan batu granit yang diambilnya dari El Bierzo yang membuatnya memiliki kontras indah berpadu dengan dinding romawi serta batu pasir merah katedral.

Namun, kastil tidak benar-benar dibangun sampai selesai oleh Gaudi. Sehingga ada beberapa bagian bangunan yang membuat bingung untuk apa fungsinya.

Meskipun belum sepenuhnya selesai, namun arsitektur kastil ini tetap sangat menawan. Di pintu masuknya kamu akan melihat tiga lingkungan kembar yang dijadikan penopang.

Lalu ada empat menara silindris di bangunan kastil ini. Sementara d taman kastil kamu akan melihat patung-patung malaikat.

Gaudi yang mengundurkan diri untuk pengerjaan kastil ini kemudian rancangannya diselesaikan oleh Ricardo García Guereta.

Bangunan ini sekarang menjadi Museum of the Ways yan didikasilan sebagai tempat untuk berziarah ke Santiago de Compostela.

Sentuha yang ditambah oleh Guereta antara lain patung-patung serta lukisan yang indah. Selain itu, Guereta juga mempercantik kastil dengan memberikan jendela kaca di keramik berkaca yang dapat kamu temuka di setiap sudutnya.

Setiap kamar dalam kastil ini memiliki rancangan dari hasil Gaudi yang berbeda-beda. Perpaduan dari setiap elemen bangunan mulai dari dinding, pilar, hingga kubah di dalam kastil ini dibuat dengan baik.

Termasuk karena pemilihan bahan masing-masing bagiannya yang berupa granit, bata, keramik, mozaik dan lainnya menyatukan menjadi harmoni arsitektur yang menawan.

9. Berburu foto instagramable di antara kaktus besar dengan berama bentuk, The Kaktus Guatiza

Taman Kaktus Guatiza Spanyol

(foto: instagram/wanderlustviola)

Spanyol juga puny ataman instagramable, yakni Taman Kaktus. Taman ini berdiri di atas bekas tambang untuk ekstraksi abu dan batu vulkanik yang pernah digunakan oleh petani pir berduri yang tujuannya untuk tetap mempertahankan kelembapan di malam hari pada tanah.

Sementara itu Seniman César Manrique. Di tempat wisata ini terdapat lebih dari 1.400 kaktus yang tumbuh. Taman kaktus ini merupakan mahakarya terakhir dari César Manrique (1919-1992) di pulau asalnya.

Beragam jenis kaktus berukuran besar dengan bentuk yang unik-unik dapat kamu temukan di sini. Penciptaan taman ini tetap memerhatikan unsur sni, arsitektur, serta lansekap.

Sementara menggabungkan elemen tradisional juga lokal denga sentuhan artistik kontemporer. Marique menggambarkan kawasan wisata ini berkaitan dengan hubungan manusia dengan alam.

Pilihan lokasi taman ini juga dipikirkan secara baik-baik. Letaknya di jantung pulau ini. Manrique membuat taman di tengah lautan kaktus.

Memasuki area taman, akan ditandai dengan keberadaan kaktus logam raksasa. Selain itu jajaran kafe juga tersedia di sini dengan dekorasi yang juga menarik untuk didatangi.

10. Melihat langsung kastil negeri dongeng, inspirasi Walt Disney di Kastil Segovia

Kastil Segovia

(foto: instagram/lilianmb77)

Senang menonton film Disney yang imajinatif? Jika iya, kamu pasti sering melihat logo Walt Disney yang menggunakan gambar kastil yang berada di puncak bukit.

Gambar kastil tersebut, ternyata diambil dari kastil yang berada di dunia nyata. Namnya adalah Alcazara de Segovia atau Kastil Segovia.

Kastil ala negeri dongeng ini letaknya berada d atas Sungai Eresma dan Clamores, yang terletak di dekat Guaddarama. Kastil Segovia dibangun pada abad-13 dan tadinya dimiliki oleh kerajaan romawi kuno.

Ditemukannya pagar kayu di depan kastil ini seakan memberikan petunjuk bahwa kastil ini dahuluny adalah benteng kayu.

Benteng kayu ini kemudian dibangun ulang atau mengalami perombakan besar-besaran oleh raja di zaman Trastamara.

Meskipun begitu, beberapa bangunan Alcazar dari zaman Alfonso VIII telah bertahan. Di antaranya seperti Aula Besar, Royal Chambers, serta galeri sisi utara kastil juga gudang senjata.

Bangunannya yang kini lebih mirip dengan istana-istana di Eropa Tengah, merupakan hasil dari serangkaian renovasi di zaman Raja Philip II.

Gaya kastil Eropa Tengah paling terlihat dari wujud atapnya yang berbentuk kerucut serta papan grafit gelap. Sementara itu keberadaan taman di area kastil yang luar biasa indah dibuat pada 1587 yang dirancang oleh Fransisco De Morar.

Kastil Segovia ditetapkan sebagai monument bersejarah pada tahun 1931, setelah Perang Dunia II. Kastil dikelola oleh sebuah organisasi khusus dan menjadi terbuka untuk umum. Di dalam kastil, kamu juga dapat menemukan sebuah museum di sejumlah ruangannya.

Itulah objek wisata yang ada di Spanyol. Semuanya memiliki cerita dan sejarah sendiri yang punya keunikannya masing-masing.

Banyaknya objek wisata yang ada di Spanyol, membuat negara satu ini juga menjadi destinasi wisata favorit para pelancong. Bagaimana, siapa berpelesir ke negara yang luar biasa ini?