. 10 Objek Wisata Banyuwangi Hingga Pantas Disebut Surga Pulau Jawa

travel

10 Objek Wisata Banyuwangi Hingga Pantas Disebut Surga Pulau Jawa

By  | 

Banyuwangi adalah bagian dari Provinsi Jawa Timur dan merupakan Ibukota dari Kabupaten Banyuwangi. Sayangnya, banyak yang melupakan bahwa di kota yang juga langsung bersebrangan dengan Pulau Bali ini, ternyata menyimpan beragam jenis destinasi wisata, yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Selain belasan panorama pantai indah yang ditawarkannya, Banyuwangi juga memiliki keindahan alam gunung, air terjun yang melimpah, hutan, savanna, wisata adat dan budaya, hingga wisata selfi yang patut menjadi incaran bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa.

Namun tak ingin pergi terlalu jauh untuk berlibur. Jangan salah, keindahan dan kekayaan alamnya yang asri pun, tak kalah kok dengan Bali!

Berikut 10 anekaragam wisata pilihan di Kabupaten Banyuwangi yang buat kamu bakal ketagihan berlibur kesini.

Baca juga: Intip 10 Destinasi Wisata Seru di Medan untuk Habiskan Libur Akhir Pekan

1. Menelusuri asrinya hutan bakau di Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul

(foto: instagram/nana_diana2)

Mangrove Bedul Ecotourism, merupakan objek wisata hutan mangrove yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Di hutan ini terdapat 27 jenis mangrove. Luas hutannya sendiri, mencapai 1.200 hektar dan memanjang hingga 18 kilometer.

Berwisata ke sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan mangrove yang masih sangat alami. Selain itu, di wilayah daerah hilir, ada DAS Stail yang membentuk rawa air payau. Oleh warga, area rawa warga sebut dengan nama Segara Anakan.

Sementara itu, nama bedul yang digunakan untuk hutang mangrove ini diambil dari nama jenis ikan yang terdapat di rawa tersebut. Ikan gabus yang memiliki sirip di punggungnya ini, seringkali dijadikan lauk pauk, bagi para warga yang tinggal di sekitarnya.

Untuk menelusuri Segara Anakan, kamu bisa menaiki Perahu Gondang Gandung, yang sudah disediakan di dermaga.

Lokasi objek wisata ini, tepatnya berada di Dusun Bloksolo, Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Tak hanya sebagai tmepat wisata, hutan bakau yang ditanam di sini juga berfungsi menahan abrasi di laut.

Di kawasan ini, kamu juga dapat melihat anekaragam satwa yang menjadikan hutan ini sebagai habitatnya, antara lain monyet, biawak, burung bangau, elang laut, blibis, dan beberapa satwa lainnya.

2. Mengagumi indahnya fenomena ‘blue fire’ di Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi

(foto: instagram/ilhamprayogi13, )

Objek wisata yang juga sering disebut sebagai yang paling populer di Banyuwangi, adalah Kawah Ijen, yang berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Salah satu yang menjadi daya tarik paling kuat dari objek wisata ini adalah keberadaan Fenomena Blue Fire.

Untuk dapat  menikmati keindahan api biru yang konon katanya hanya ada di sini. Kamu harus rela bangun dini hari dan mendaki gunung di waktu tersebut untuk mendapatkan lanskap terbaiknya.

Namun, kamu masih perlu hati-hati jika ingin berwisata kesini. Karena, bukan hanya jenis gunung apinya yang masih aktif, area wisata kawah ijen ini, juga memiliki jenis gas belerang yang berbahaya.

Loading...

Bukan hanya akan menghirup bau tidak sedap saja, tetapi bau belerang tersebut juga bisa bikin kamu pusing, batuk, hingga pingsan. Maka dari itu, area ini kadang kala ditutup untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan jika kondisi kawah sedang tidak baik.

Tetapi jangan khawatir, kamu bisa tetap berwaspada dengan mengenakan masker yang di sediakan di area wisata oleh pihak pengelola.

Kamu juga tidak akan rugi datang ke sini, karena selain mengabadikan keindahan kawah berwarna tosca yang menawan. Kamu juga bisa menyaksikan langsung proses penambangan belerang sembali bercengkrama bersama para pekerja! Seru dan menantang, ya?

3. Bertemu anggota sisa suku Blambangan di Desa Osing

Desa Osing Banyuwangi

(foto: instagram/rialestari15)

Selain berwisata alam, daya tarik wisata lainnya dari Banyuwangi adalah wisata budayanya. Banyak sekali wisata edukasi budaya yang dapat kamu pelajari di sini. Di antaranya adalah di kawasan wisata Desa Osing.

Desa ini, sudah pemerintah sebagai desa cagar budaya. Sehingga, cocok sekali kamu kunjungi jika ingin menggali lebih dalam, tradisi yang ada di Banyuwangi, khususnya dari suku yang mendiami desa ini.

Nama Osing yang digunakan dalam nama desa ini, diambil dari nama penduduk suku khas yang mendiaminya tersebut. Kelompok masyarakat Desa Osing merupakan sisa-sisa dari masyarakat Blambangan (berbeda dari Jawa, Madura, dan Bali).

Nah, memasuki desa, kamu akan merasakan nuansa pedesaan tradisional yang kental. Seperti aktivitas masyarakatnya dalam bercocok tanam. Mulai dari memanen, hingga wanita-wanita yang sedang menumbuk padi menggunakan tradisi Gedonghan.

Kamu juga bisa menikmati fasilitas wisata yang ada di bagian utara desa. Yaitu berupa Anjungan Desa, yang mempertontonkan berbagai kesenian hingga hasil kebudayaan warga Suku Osing.

Adapula tempat rekreasi lainnya seperti kolam renang, tempat bermain anak, dan tak lupa tentunya miniature rumah tradisional Suku Osing.

4. Menakhlukan arus sungai Badeng di X Badeng Adventure

X Badeng Adventure Banyuwangi

(foto: nstagram/afthonilmann)

Selanjutnya, objek wisata yang akan benar-benar menantang adrenalin kamu, adalah wisata air yang menantang, yaitu X Badeg Adventure! Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan berbagai jenis petualangan berwisata seru.

Berada di kaki Gunung Raung, Sungai Badeng memang memiliki arus yang cukup deras. Namun, menjadi surga tersendiri bagi kamu yang senang menantang sungai! X Badeg Adventure, dapat kamu kunjungi tepatnya di Desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Namun, sensasi wisata air yang menantang dan penuh daya tarik berbeda di sini, bukan arum jeram, melainkan tubing! Tubing merupakan jenis olahraga air yang juga kita kenal dengan nama body rafting. Menariknya, kegiatan tubing yaitu meluncur ke air sungai di sini menggunakan ban dalam truk.

Terjun ke sungai badeng tersebut, kamu akan dilengkapi helm serta berbagai pelengkap untuk pengaman lainnya. Serunya, setiap ban hanya diisi oleh satu orang. Selagi asyik melakukan tubing, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan pinus yang mengelilingi sungai.

Untuk mencapai area wisata sungai badeng ini, memang cukup jauh dari pusat kota. Kamu perlu melewati perjalalan panjang melalui rumah penduduk hingga menaiki mobil menuju hutan pinusnya.

Meski demikian, area wisata yang dibangun oleh anak muda di Desa Sumber Bulu ini, tak hanya berisi wisata air saja, terdapat pula homestay, doomstay, camping ground, trail adventure, hingga pusat kuliner.

5. Menikmati cantiknya panorama alam Banyuwangi dari atas Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko

(foto: instagram/andyonyenk)

Destinasi wisata Banyuwangi selanjutnya adalah, Bukit Mondoleko. Bukit yang disebut juga Mondoleko Hills ini, terletak di Dusun Krajan, Desa Sragi, Songgon, Banyuwangi. Pemandangan yang dapat kamu nikmati dari atas bukit merupakan bayaran dari perjalanan panjang yang harus kamu lewati untuk mencapai kawasan ini.

Bukit Mondoleko sendiri adalah sebuah jembatan bambu yang dibuat secara bersama oleh masyarakat sekitarnya, guna dapat menkmati kenampakan jajaran gunung yang membentang di hadapannya.

Untuk mencapai kawasan wisata ini, kamu memang harus sedikit bersabar. Karena, perjalanan panjang yang harus dilewati. Namun, tenang saja, justru seluruh panorama yang kamu lalui tesebut adalah bagian dari keseruan wisata untuk dapat menginjakkan kaki di atas jembatan ini.

Di atas jembatan bukit ini, kamu akan dimanjakan pemandangan Gunung Raung, persawahan, dan kenampakan nan indah lainnya dari Banyuwangi.

Sejak didirikan beberapa tahun lalu, area Bukit Mondoleko terus dikembangkan. Kini, kamu juga dapat berfoto di antara kincir angin, di taman kincir anginnya serta di  padang bunga matahari cantik yang juga menjadi bagian perjalanan kamu menuju ke sini.

Tidak jauh dari padang bunga matahari ini, kamu akan menemukan sebuah goa yang konon katanya peninggalan masa penjajahan Jepang. Sayangnya, goa ini tidak bisa dibuka untuk umum.

Baca juga: Napak Tilas 10 Pesona Wisata Aceh yang Perlu Kamu Kunjungi

6. Menyelami keindahan alam bawah laut Banyuwangi di Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi

(foto: instagram/harivalzayuka)

Satu lagi bukti adanya surga di bagian timur jawa, yaitu Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini tepat berada di tengah Selat Bali.

Pesona yang dapat kamu nikmati dari pulau ini adalah kejernihan airnya. Ya, pulau tanpa penghuni ini, akan memanjakan mata kamu dengan gradasi warna biru, hijau, yang menyegarkan mata dari permukaan airnya. Makannya, objek wisata ini sangat cocok untuk snorkeling.

Ber-snorkeling di sini, kamu dapat melihat berbagai spesies ikan, bunga dan terumbu karang yang rupawan, dan beberapa hal lainnya yang menghuni perairan ini. Selain snorkeling, kamu juga bisa coba surfing, karena kecepatan anginnya yang stabil.

Lagi-lagi, selain berolahraga air, kamu juga dapat melihat bentang alam Gunung Raung pula. Perjalanan ke pulau ini, kamu harus menaiki kapal dari Desa Basring.

Berbagai spot foto di sini, pantas menjadi incaran kamu, seperti ayunan di bibir pantai hingga bebatuan yang sedikit mendekati tengah pantai. Kamu juga bisa coba tur keliling pulau ini. Setelah itu, bermalam dengan mendirikan tenda pun bisa.

Asal, meminta izin terlebih dahulu kepada petugas.Tak hanya Gunung Raung, dari pulau ini kamu juga dapat melihat Gunung Ijen dan Baluran, ditemani lanskap langit biru yang indah. Cocok sekali untuk kamu yang ingin lari dari hiruk-pikuk perkotaan, atau lari dari kenyataan?

7. Berkelana ala wisata kolonial menggunakan lori Wisata Kalibaru

Lori Wisata Kalibaru Banyuwangi

(foto: instagram/kaidaop9)

Wisata selanjutnya ala Banyuwangi adalah, berkeliling dengan kereta wisata! Ya, fasilitas ini dapat kamu temukan di Lori Wisata Kalibaru, wisata kereta api yang disediakan oleh PT. KAI ini, menawarkan tur keliling kota menggunakan kereta.

PT. Kereta Api Daerah Operasi IX Jember membuka area wisata ini sejak tahun 2016 lalu. Rute yang akan kamu lewati Kalibaru hingga Garahan, Kabupaten Jember, yang akan menempuh jarak sekitar 18 kilometer.

Menaiki kereta ini kamu akan tahu, bahwa tak hanya pantai dan sungai serta gunungnya saja yang memikat di Banyuwangi. Tetapi terdapat pula berbagai jenis perkebunan, seperti perkebunan teh, coklat, kopi, persawahan, dan lain sebagainya.

Pemandangan tersebut akan kamu nikmai dari dalam kereta yang berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Lori Wisata Kalibaru juga menawarkan perjalanan sejarah, di antaranya kamu akan diajak melihat jejak peninggalan Pabrik Pengolahan Kopi milik PTPN XII.

Selain itu, kamu juga akan memasuki terowongan bekas masa kolonial Belanda, yaitu terowongan Mrawan dan Garahan.

Masinis kereta kemudian akan menyempatkan diri untuk berhenti sejenak, agar kamu bisa lebih banyak mengabadikan momen dengan pemandangan yang indah.

8. Mengunjungi negeri dongeng Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glennmore Banyuwangi

(foto: instagram/sedangliburan)

Setelah puas menikmati bentang alam Banyuwangi, kamu bisa juga berwisata foto ke objek wisata yang unik dan instagrammable, di Rumah Kurcaci Glenmore. Awalnya, area ini bukanlah ditujukan sebagai tempat wisata khusus. Melainkan sebuah cafe saja.

Namun, pemiliknya kemudian menambah banyak dekorasi bangunan rumah kurcaci. Sehingga, jadilah tempat ini banyak dikunjungi untuk berburu foto.

Area  wisata di kafe ini, dibangun benar-benar seperti di negeri dongeng. Tidak hanya rumah kurcaci, di sini juga ada jembatan warna-warni hingga taman peri.

Di sekitarnya juga didirikan beberapa gazebo. Sehingga pengunjung bisa bersantai menikmati suasana bak negeri dongeng, dengan pemandangan alam Banyuwangi yang juga nampak jelas dari sini.

Rumah Kurcaci Glenmore, terletak di Jl. Untung Suropati No.44, Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Jika ingin menyantap hidangan kafe, kamu harus bersabar menunggu waktu buka kafe, di sore hari. Tapi tenang, spot area fotonya sudah dapat kamu nikmati sejak pagi hari.

9. Sensasi aavana ala Afrika di Padang Rumput Sadengan

Padang Rumpu Sadegan Banyuwangi

(foto: instagram/bwi.story)

Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, Banyuwangi juga bahkan punya padang rumput savana, yang menyerupai di Afrika. Namanya adalah Padang Rumput Sadengan.

Padang rumput Savana Sadengan ini salah satu dari sekian padang savana yang ada di Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi, Kecamatan Tegaldlimo dan masuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Padang rumput ini, terbentuk secara alami akibat terjadinya kerusakan hutan sebelumnya. Oleh karena itu, di sini satwa-satwa bebas belarian. Mulai dari kijang, banteng, babi hutan, hingga macan tutul serta masih banyak hewan mamalia lainnya.

Di sini juga terdapat berbagai jenis burung, di antaranya Elang  Jawa, Merak Hijau, Bangau Sandang Lawe, dan masih banyak beragam jenis burung liar lainnya.

Untuk dapat menikmati pemandangan satwa di atas padang rumpun yang memliki luas 80 hektar tersebut, kamu dapat melihatnya dari atas menara yang diberi penjagaan.

Kawasn wisata ini juga menyediakan tempat penginapan untuk kamu yang ingin melakukan penelitian satwa di sini. Bahkan, untuk mempermudah penelitian, penginapan terbagi menjadi beberapa blok berdasarkan jenis satwa yang diteliti.

10. Replika Raja Ampat yang ciamik dari Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati Banyuwangi

(foto: instagram/iqbal_264,)

Lagi-lagi, kamu juga tak perlu jauh-jauh dulu ke Raja Ampat, untuk menikmati panorama pulau nan indah. Karena, di Banyuwangi terdapat waduk atau danau buatan yang dibuat meyerupai Kepulauan Wayag, yang terdapa di Raja Ampat.

Pesona menawan dari waduk ini dapat kamu lihat dari perairan tengah waduk yang dihiasi oleh pulau-pulau kecil layaknya miniatur Kepulauan Wayag.

Kawasan wisata yang dijuluki Miniatur Raja Ampat ini, juga memiliki daya tarik dari jalan memanjang di kawasan tengah waduk, sepanjang 100 meter.

Kawasan ini juga menyediakan beragam fasilitas wisata yang dapat kamu nikmati. Seperti permainan ATV dan area outbound. Sementara itu, untuk dapat menjangkau pulau-pulau kecil yang berada di tegah bendungan, kamu bisa menyewa speedboat.

Jika kamu ingin lebih lama menikmati alam di kawan ini, kamu bisa engnap di cottage yang tersedia atau bermalam di dalam tenda yang di sewakan.

Apakah kini kamu tertarik, untuk bertandang ke Banyuwangi? Tidak ada salahnya mencoba berbagai wisata seru dari surga wisata Indonesia yang satu ini, bukan?

Biar tidak repot, coba deh buat daftar tempat wisata dan apa saja hal yang ingin kamu lakukan ketika datang ke Banyuwangi.

Loading...