. Intip 10 Destinasi Wisata Seru di Medan untuk Habiskan Libur Akhir Pekan

travel

Intip 10 Destinasi Wisata Seru di Medan untuk Habiskan Libur Akhir Pekan

By  | 

Medan merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Utara yang terkenal akan keelokan danau melegenda bernama Danau Toba.

Namun, selain kenampakan alam danau toba, Medan masih memiliki banyak destinasi wisata pilihan lainnya, yang tak hanya memikat tetapi juga seru untuk dikunjungi.

Yuk kita cari tahu, 10 Destinasi Wisata pilihan kami kali ini, yang akan cocok kamu sambangi untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama kerabat.

Baca juga: Napak Tilas 10 Pesona Wisata Aceh yang Perlu Kamu Kunjungi

1. Melihat sejarah pembangunan kota Medan di Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie Medan

(foto: instagram sumatera.tour)

Jalan-jalan ke Kota Medan, kamu dapat menemukan berbagai bangunan tua yang penuh dengan nilai sejarah. Salah satunya, adalah Rumah Tjong A Fie yang terletak di Jalan Ahmad Yani no 105, Kota Medan.

Tjong A Fie adalah seorang perantau asal Guangdong, Cina. Ia merupakan orang Tionghoa di Indonesia, yang pertama kali dapat memiliki lahan perkebunan yang luas.

Jasa Tjong A Fie pada pembangunan Kota Medan saat itu, begitu banyak. Di antara kiprahnya tersebut meliputi didirikannya kelenteng, jembatan, dan fasilitas lainnya di Kota Medan.

Ia dikenal memiliki hubungan baik dengan beberapa bangsa, seperti Belanda, Melayu, Arab, dan India.  Rumah Tjong A Fie, selain kaya akan sejarah, bangunan ini juga memiliki arsitektur yang menawan nan eksotis.

Usia bangunan sudah mencapai 100 tahun, namun pemeliharanya masih merawat bangunan ini dengan baik, sehingga masih tetap megah berdiri di atas tanah dengan luas 6.000 meter persegi.

Rumah ini memiliki dua lantai, dengan berbagai perpaduan arsitektur yang mempercantik nuansa kuno yang begitu kental. Sentuhan arsitektur dari negara Tirai Bambu, Melayu, hingga Eropa menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak pelancong betah berlama-lama di sini.

Setelah menikmati tur keliling rumah, kamu juga sekaligus dapat menemukan berbagai spot menarik untuk mempercantik feed Instagram kamu dengan gaya vintage.

2. Mengenali ragam satwa di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

(foto: instagram/ivone_suryani)

Selanjutnya, di Kota Medan kamu bisa berwisata edukasi ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, yang berada Jalan Letjen S Parman No 309, Medan, Sumatera Utara. Di museum ini, kamu dapat menyaksikan berbagai jenis hewan dari berbagai penjuru dunia yang diawetkan.

Koleksinya bahkan mencapai lebih dari 2000-an satwa. Oleh karena itu, museum ini disebut-sebut sebagai meseum satwa yang cukup lengkap di wilayah Asia Tenggara.

Pemilik dari museum ini merupakan Ayah dari artis kenamaan, Ralin Shah. Yaitu, Rahmat Shah yang merupakan seorang pemburu profesional. Ia adalah orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan internasional, di antaranya The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Awards.

Loading...

Seluruh koleksi museum di sini berupa berbagai macam satwa di antaranya burung dalam kelompok Pheasant of the world, hewan mamalia, hewan khas Indonesia, Kambing Gunung, lima hewan besar asal Afrika, dan masih banyak satwa unik lainnya.

3. Wisata spiritual di Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman Medan

(foto: instagram/arief_ilyas85)

Salah satu daya tarik Kota Medan, adalah kota yang dikenal akan toleransi beragamanya. Medan merupakan bukti dari kehidupan penduduk Indonesia yang dapat hidup berdampingan dan rukun meskipun berasal dari latar belakang kepercayaan yang berbeda-beda.

Hal tersebut terbukti dengan berbagai bangunan peribadatan yang megah berdiri di kota ini, salah satunya adalah keberadaan Kuil Hindu tertua di Sumatera Utara, kuil yang terletak di Jalan Teuku Umar No. 18, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Memasuki area kuil, kamu akan disambut dengan gopuram cantik berupa menara bertingkat seperti yang biasa ditemukan pada gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan.

Setelah diresmikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, selain tempat sembahyang, kuil ini kerap kali menjadi tujuan wisata bagi para pelancong dari berbagai penjuru negeri.

Sebelum menginjakkan kaki di area kuil, pengunjung diharuskan dalam keadaan suci. Yaitu, dengan cara membersihkan kaki dan wajahnya di tempat air yang disediakan, tepat di depan sudut kuil. Wanita sedang halangan pun tidak diperkenankan masuk.

Di dalam kuil kamu akan menemukan berbagai relief pada dinding yang berupa ukiran khas India. Selain itu, kuil ini dilengkapi dengan arsitektur yang berwarna-warni disertai patung berbagai dewa. Di sini terdapat tiga ruangan untuk berdoa, yaitu Shri Vinayagar, Shri Mariamman, dan Shri Murugar.

Namun, di sini dilarang memotret, jadi datang kesini cukup untuk menikmati ketenangan dan menyesap wewangian lidi setanggi (dupa aggarbatis). Psst! Untuk datang kesini, jangan lupa kamu juga harus berpakaian sopan ya.

4. Mengunjungi perternakan ala Eropa di Merci Bahn

Merci Barn Medan

(foto: instagram/wisata_oke)

Wisata ke kota Medan, kamu juga bisa menikmati lokasi wisata ala-ala Belanda, loh! Yup! Tepatnya, di Merci Barn Medan. Berada di Jl. Karya Jaya – Medan Johor (Perumahan medan resort City), Medan, Sumatera Utara.

Area ini menawarkan spot foto instagrammable, dengan latar kincir angin besar setinggi 22 m dan bangunan menyerupai rumah lumbung padi di sampinya.

Meskipun, tempat ini tidak dikhususkan sebagai objek wisata, namun karena gaya arsiteksturmya yang memgundang daya tarik, membuanya didekorasi kembali sedemikian rupa, hingga menjadi objek wisata foto yang semakin banyak dikunjungi.

Bangunan ini sebenarnya adalah sebuah kantor pemasaran dari Perumahan Medan Resort City, memang awalnya pihak pengelola merasa terganggu dengan banyaknya kunjungan masyarakat. Maka dari itu, kini pengunjung di haruskan meminta izin terlebih dahulu ke pihak Marketing Office.

Tak hanya itu, kamu juga bahkan bisa bertemu dengan dua sapi sungguhan yang didatangkan langsung dari Belanda, bernama Mommoo dan Molly yang ditempatkan di peternakan ala Eropa.

Ada pula kuda liar di sekitarnya, yang berjumlah dua ekor. Kini, pihak pengelola resort bahkan mendatangkan berbagai band lokal, untuk memainkan musik bernuansa Eropa.

5. Menemukan keasrian di tengah kota melalui Taman Wisata Danau Siombak

Taman Wisata Danau Siombak Medan

(foto: instagram/erwin_kurnia1983)

Meskipun sebuah perkotaan, tetapi Medan tetap mempunyai objek wisata air yang tak kalah indah sekaligus menyenangkan dibandingkan wilayah pinggiran.

Objek Wisata air yang menyerupai kenampakan alam buatan, dapat kamu temukan di Kelurahan Payapasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, bernama Danau Siombak. Danau buatan ini, acap kali menjadi tujuan wisata berbagai turis, seperti dari negara India, Belanda, Inggris dan Perancis.

Selain menikmati sunset dan melihat permukaan air yang tenang, kamu juga bisa menjelajahi danau dengan menggunakan perahu bebek dan speed boat.  Selain itu, mengunjungi hutan mangrove yang berada di sekitar danau, akan menjadi tempat keren untuk mengabadikan momen bersama orang terkasih.

Kalau kamu senang memancing, di danau ini pun sudah disediakan khusus kolam untuk memancing. Sementara asyik memancing, anak-anak bisa tetap bermain di kolam renang khusus anak.

Setelah asyik menikmati berbagai pilihan wisata di atas, kamu bisa menikmati pula berbagai penganan untuk mengenyangkan perut, di dalam tenda warna-warni yang didirikan di antara pepohonan dan rerumputan yang rimbun. Benar-benar romantis, ya?

Baca juga: Deretan 10 Destinasi Wisata di Sumba, Nyesel Kalau Gak Kesini

6. Cari tahu sejarah tanah Sumut di Museum Negeri Sumatera Utara

Museum Negeri Sumatera Medan

(foto: instagram/arief_ilyas85)

Selain beragam bangunan peninggalan sejarah, Kota Medan juga menyimpan benda-benda bersejarah di museum. Jika kamu ingin menggali lebih jauh mengenai Sejarah Sumatera Utara, kamu bisa mengunjungi Museum Negeri Sumatera Utara yang terletak di Jl. H.M. Joni No 15, Medan.

Museum ini berdiri di atas lahan yang luasnya mencapai 10.468 m. Arsitektur bangunan ini mewakilkan berbagai etnis yang ada di Sumatera Utara, yang dapat dilihat dari atapnya yang dipenuhi oleh ornamen-ornamen dari etnis Melayu, Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak, dan Nias.

Museum ini menyimpan berbagai benda dari masa prasejarah, hindu-buddha, masa kerajaan islam, hingga masa kolonialisme dan dilengkapi dengan ruangan yang memasang foto dari gubernur serta pahlawan-pahlawan di Sumatera Utara.

Saat memasuki museum, kamu akan dipandu masuk ke sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat komputer pintar berisikan data isi koleksi museum serta peta (katalog) benda-benda yang dipajang di museum.

Hanya berjarak 3 km dari Bandara, kamu bisa mengunjungi museum saat baru tiba di Kota Medan atau ketika akan beranjak pulang. Tapi ingat!  Jangan datang di hari Senin, karena museum ini buka tiap hari, kecuali Senin!

7. Menyapa ragam jenis buaya di Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang Medan

(foto: instagram/ visitwonderfulnorthsumatra)

Ini dia, buat kamu yang punya keberanian tinggi, kamu bisa coba lihat langsung buaya, di Taman Buaya Asam Kumbang. Ya, objek wisata satu ini merupakan tempat penangkaran buaya.

Terletak di Jl.Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kec. Medang Selayang, Kota Medan, jangan kaget, jika saat tiba di sana kamu akan disambut oleh banyak buaya. Jumlah buaya yang ada di penangkaran ini, bahkan berjumlah 2500 ekor lebih!

Penangkaran ini, merupakan tempat penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara, yang mana memiliki luas lahan sebesar 2 hektare. Buaya-buaya di sini ditempatkan di dalam bak berdasarkan kategori usianya. Mulai dari yang baru berusia beberapa hari, hingga buaya tertua, berusia 57 tahun.

Tapi tenang, buaya-buaya ini disimpan dengan aman. Karena, di setiap baknya pun ditutup rapi dengan kawat. Selain itu, di tempat ini juga terdapat rawa buatan tempat buaya tersebut bermain. Selama kamu menaati peraturan, kamu dipastikan aman.

Penangkaran ini dibangun oleh keluarga Lho Tham Muk, yang memang menyukai reptil buas. Nah, selain melihat langsung buaya, kamu juga bisa menikmati kunjungan ke kebun binatang mini yang ada di dalam area ini.

Alternatif wisata seru lainnya antara lain seperti menonton atraksi buaya, hingba memberi makan buaya secara langsung.

8. Mengenakan kostum bak sultan di Istana Maimun

Istana Maimun Medan

(foto: instagram/dian_amirulloh

Satu lagi, objek wisata yang sudah jadi ikon  Kota Medan, adalah Istana Maimun! Istana yang sudah dibangun sejak tahun 1888 ini, memiliki daya tarik tersendiri karena kemegahannya.

Dirancang langsung oleh Sultan Mahmud Al Rasyid, Istana yang terletak di Jl. Sultan Mahmud Al rasyid No. 66 kota Medan ini, bediri di atas lahan seluas 2.772 meter persegi. Serta memiliki 2 lantai dan dipisah menjadi tiga bangunan, yaitu bangunan induk, sayap kanan, dan sayap kiri. J

adi, kamu bisa sekaligus menikmati pemandangannya. Tak hanya tur dan mengambil foto saja, di sini, kamu juga sejenak dapat merasakan menjadi sultan dengan meminjam baju kesultanan.

Aristektur istana ini, terbilang ikonik. Di dominasi dengan warna kuning dan emas, arsitekturnya pun dipengaruhi oleh berbagai macam kebudayaan. Mulai dari ornamen lampu, kursi, meja, lemari, dan babnyak macam lainnya.

Sementara itu, nuansa Timur Tengah juga dapat kamu temukan dari bentuk pintu dan jendelanya yang besar. Atapnya juga menjadi salah satu daya tarik, yaitu menyerupai perahu terbalik.

Awal mula pemilihan nama untuk istana ini, memiliki dua versi. Versi pertama, mengatakan bahwa nama istana diambil dari nama istri sultan yang mediami istana, yang bernama Maimunah.

Sementara versi kedua menyebutkan bahwa ‘Maimun’  diambil dari kata arab ‘Maimunah’ yang memiliki arti rahmat atau berkah.

9. Menikmati permainan air di Hairos Water Park Medan

Harios Water Park Medan

(foto: instagram/dutawisatadeliserdang)

Jika kamu ingin mengajak anak-anak untuk menghabiska liburan sekolahnya dia akhir tahun, kamu bisa ajak mereka bermain di Hairos Water Park Medan! Terletak tidak jauh dari pusat kota, objek wisata ini, tak berisi kolam renang saja. Tetapi juga dilengkapi dengan wahana bermain anak yang cukup lengkap.

Di antaranya seperti happy dragon, kuda pusing, mini flight, ATV, bombom car, hingga video juga tersedia. Selain itu, anak juga tetap bisa wisata edukasi di mini zoo. Nah, sebelum masuk untuk mencoba berbagai wahana, sebelumnya  kamu bisa merilekskan kaki dengan menikmati kursi refleksi, yang berada di depan pintu masuk.

Lokasi wisata ini, tepatnya berada di jl. Letjen Djamin Ginting Km 14,5, Kota Medan. Penataan kolam di tepian dikelilingi pepohonan yang asri. Di sini terdapat beberapa jenis kolam, yang meliputi Kolam Ombak. Lazy River, serta berbagai area berseluncur yang menyenangkan.

Selain itu, terdapat pula jenis kolam seru lainnya, seperti Kolam Menari, Kolam Arus, dan Kolam Air Terjun. Kolam air terjun ini, memiliki daya tarik, seperti berdiri di bawah air terjun sungguhan. Selanjutnya, yang tak kalah seru adalah wahana water slider! Yaitu wahan papan luncur, yang terdri dari dua jenis, Water Slide dan Water Torpedo.

10. Kenali kain khas Sumut di Galeri Ulos Sianipar

Galeri Ulos Sianipar Medan

(foto: instagram/djawa_edhan_respect_tradition)

Melengkapi wisata ke Kota Medan, maka kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara pembuatan kain ulos yang merupakan khas Sumatera Utara ini. Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Samosir, di Kota Medan pun kamu sudah bisa menemukan pusat kain ulos.

Tepatnya di Gg. Pendidikan, Kec. Medan Denai, Kota Medan, terdapat galeri kain ulos, bernama Galeri Ulos Sianipar. Pemiliknya, adalah Robert Sianipar. Usaha ulos di galeri ini, merupakan usaha warisan keluarga yang terus turun-temurun.

Di galeri ini, mereka memproduksi seluruh jenis Ulos Sadum. Ada juga Ulos Mandailing, Sipirok, dan beberapa jenis lainnya. Selain itu, terdapa pula kain songket. Galeri ini juga memperoduksi kain-kain tradisional tersebut dengan dimodiifikasi sedemikian rupa untuk mengikuti perkembangan jaman.

Meskipun lokasi galeri berada di dalam gang, jangan salah galeri ini tetap besar dan memiliki daya tarik. Bangunan galeri ini terdiri dari tiga lantai. Namun, untuk pengunjung umum hanya diperkenankan sampai lantai 2.

Saat memasuki galeri, di depan gerbang kamu sudah dapat melihat berbagai ornament khas batak serta patung-patung budaya batak. Selain itu, juga terdapat berbawar warna-warni kain ulos yang dipajang di dinding bagian luar pintu masuk.

Di lantai dua galeri, kamu akan menemukan Rumah Tenun. Di area ini, kamu dapat melihat ibu-ibu yang sedang menenun kain ulos yang masih dibuat secara tradisional.

Setelah puas berbelanja berbagai oleh-oleh khas batak, kamu bisa bersantai dahulu di ruangan istirahat yang nyaman, sembali menikmati kopi dan the gratis. Dikelilingi dengan patuh wajah suku batak yang besar yang eksotis.

Demikian destinasi wisata pilihan di kota Medan yang dapat kamu kunjungi bersama orang-orang tersayang untuk menghabiskan momen akhir pekan bersama. Selain itu, tentunya masih banyak destinasi wisata lainnya yang dapat kamu kunjungi di kota Medan.

Loading...