lifestyle

19 Manfaat Daun Kelor, Enak Dimasak & Baik untuk Tubuh

Penulis:   | 

Apakah kamu pernah menjumpai daun kelor? Atau mungkin kamu pernah memasaknya menjadi sayur bening yang lezat?

Jika pernah, tahukah kamu bahwa daun kelor yang selama ini menjadi teman laukmu makan ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan?

Daun kelor merupakan tanaman asli dari negara India namun banyak tumbuh di berbagai negara seperti Asia, Amerika Selatan, dan Australia.

Tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini ternyata tidak hanya dijadikan sebagai sayur saja, melainkan untuk obat yang sudah populer selama berabad-abad.

Bentuk daunnya yang kecil, tapi memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Selain mengandung antijamur, antivirus, antidepresan, dan anti-inflamasi, daun kelor juga mengandung vitamin, protein dan mineral.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sudah dibuktikan oleh penelitian ilmiah, diantaranya:

Baca juga: 10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menurunkan kadar gula darah

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Mengonsumsi makanan manis dan mengandung karbohidrat secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Kadar gula yang tinggi bisa memicu penyakit lebih serius yakni diabetes dan obesitas, dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

Daun kelor ternyata bermanfaat bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan kepada 30 wanita dengan memberikan 1.5 sendok daun kelor yang di seduh.

Mereka meminumnya sebanyak 3 kali sehari selama tiga bulan. Hasilnya, gula darah dalam tubuh mereka menyusut hingga 13.5%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa daunnya ternyata ampuh menurunkan kadar gula dalam darah.

Mereka percaya, bahwa hal tersebut terjadi akibat kandungan isothiocyanate yang ada pada daunnya.

2. Menurunkan kolesterol

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Tidak hanya dapat menurunkan gula darah, daun ini juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit mematikan, yakni penyakit jantung.

Oleh sebab itu, hindari makanan dan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan resiko kenaikan kolesterol.

Daun kelor bisa menurunkan kolesterol. Hal ini sudah dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan kepada manusia dan hewan.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi atau meminum air rebusan daun kelor, kolesterol dalam tubuhnya dapat berkurang.

3. Menangkal radikal bebas

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Dipercaya mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daunnya kaya akan senyawa antioksidan yang terbukti ampuh menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.

Para ilmuwan melakukan penelitian dengan memberikan kelor bubuk pada wanita sebanyak 1.5 sendok setiap hari. Hasilnya, kadar antioksidan dalam darah meningkat.

Tidak hanya itu, antioksidan dalam kelor juga bisa mengawetkan makanan, khususnya daging. Ini disebabkan karena daun ini bisa mengurangi oksidasi sehingga membuat masa simpan makanan lebih awet.

4. Mengurangi peradangan

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Apakah kamu pernah mengalami peradangan pada kulit? Jika pernah, kamu bisa menggunakan daun kelor untuk menguranginya.

Peradangan merupakan tanda alami pada tubuh yang disebabkan oleh infeksi atau cedera.

Namun, bisa juga terjadi akibat penyakit serius yang terjangkit di dalam tubuh seperti penyakit jantung dan kanker. Kondisi ini akan semakin parah jika terlalu lama dibiarkan.

Kandungan senyawa anti-inflamasi yang terdapat pada daunnya dipercaya mampu mengurangi peradangan. Hal itu juga didukung oleh penelitian yang dilakukan pada beberapa hewan.

5. Mencegah sel kanker

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Kanker merupakan penyakit serius yang ditakutkan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan kanker bisa menghilangkan nyawa dengan cepat jika tidak ditangani dengan benar.

Tidak banyak orang yang berhasil melawan penyakit mematikan ini. Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus bisa mencegah sel-sel penyebab kanker agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Daun kelor dipercaya mampu mencegah sel kanker. Kandungan antioksidan yang berasal dari vitamin C dan A mampu melindungi dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Pernyataan tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak daunnya dapat membantu pertumbuhan sel kanker, khusunya pangkreas.

Tidak hanya ekstrak daun, kulit kayu, hingga akar pohonnya ternyata juga bisa dijadikan sebagai anti kanker, terutama pada saat masa pemulihan.

Baca juga: Apa Body Shaming, Ini Ciri, Dampak Buruk, & Cara Mengatasi

6. Mampu menurunkan berat badan

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa memilih daun kelor sebagai makanan dietmu.

Hal ini dikarenakan daunnya mampu melancarkan pencernaan, yang mana kita tahu bahwa saat pencernaan lancar maka segala sisa-sisa makanan penyebab munculnya lemak dalam tubuh akan keluar melalui kotoran.

Kandungan vitamin B pada daun mampu melancarkan pencernaan dengan mengubah makanan menjadi energi, bukan menjadi lemak penyebab kenaikan berat badan.

Kamu hanya perlu mengolah daunnya dengan benar, yakni dengan cara menjadikannya sebagai sayur pendamping nasi. Usahakan untuk mengolahnya menjadi sayur bening, bukan tumis-tumisan.

7. Menurunkan tekanan darah

10 Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Tekanan darah terlalu tinggi disebut dengan hipertensi, yang jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan masalah kesehatan cukup serius, salah satunya adalah struk.

Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Daun kelor rupanya bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan antioksidan yang mambu membantu menjaga tensi dalam tubuh.

8. Melancarkan asi

Melancarkan asi

(foto: istockphoto)

Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan, memiliki ASI melimpah merupakan sebuah hal yang sangat membahagiakan.

Pasalnya, seorang bayi membutuhkan ASI penuh hingga berusia 2 tahun agar tubuhnya tetap sehat.

ASI memiliki banyak vitamin dan nutrisi penting yang bagus untuk bayi. Oleh sebab itu, sebagai seorang ibu wajib untuk memiliki ASI melimpah.

Sayangnya, tidak semua ibu bisa memberi ASI kepada bayinya akibat kondisi tertentu sehingga membuat ASI tidak lancar. Kondisi tersebut pasti akan membuat mereka merasa sedih dan stress.

Nah, bagi kamu yang juga memiliki ASI tidak lancar, kamu bisa mencoba mengonsumsi daun kelor. Sebab, terbukti ampuh membantu melancarkan ASI.

Hal ini dikarenakan, daunnya mengandung vitamin dan mineral, serta asam amino yang bisa menunjang gizi ibu saat menyusui.

Caranya, pilih daunnya yang muda. Rebus dengan dua gelas air. Kemudia minumlah air rebusan tersebut secara rutin yakni 3 kali sehari.

9. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata

(foto: istockphoto)

Mata merupakan organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Sebab, jika terjadi masalah pada mata, maka bisa dipastikan semua aktivitas yang akan kita lakukan akan terhambat, atau mungkin tidak bisa kita lakukan sama sekali.

Menjaga kesehatan mata bisa dengan cara mengonsumsi daun kelor. Hal ini dikarenakan daunnya mengandung asam amino penyusun protein yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Bahkan, ada yang mengatakan bahwa daunnya lebih ampuh daripada wortel dalam hal menjaga kesehatan mata.

Daun kelor bisa mencegah katarak, menghentikan pelebaran pembuluh retina, serta mencegah disfungsi retina.

10. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh

(foto: istockphoto)

Daya tahan tubuh yang kuat mampu mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, jika lemah maka tubuh akan mudah sakit.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya kamu mengonsumsi daun kelor. Sebab, memiliki kemampuan untuk mecegah bakteri dan virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

11. Menghilangkan flek wajah

19 Manfaat Daun Kelor, Enak Dimasak & Baik untuk Tubuh

(foto: adobestock)

Flek atau bitnik hitam pada wajah merupakan salah satu tanda penuaan. Semua wanita pasti ingin tampak awet muda, oleh sebab itu, mereka akan merasa panik jika tanda-tanda penuaan muncul di area wajah mereka.

Flek pada wajah biasanya terjadi akibat produksi melamin pada kulit semakin meningkat. Sebagaimana kita tahu, bahwa melamin merupakan factor utama penyebab sel kulit mati yang akhirnya menjadi bitnik hitam.

Manfaat daun kelor rupanya mampu menghilang flek atau bitnik hitam pada wajah. Hal ini dikarenakan, daun ini mengandung nutrisi penting seperti kalsium, dan mineral seperti tembaga, zat besi, silika, mangan, dan magnesium yang memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya, ambil beberapa helai daun kelor muda, tumbuk hingga halus. Tambahkan toner atau air bersih, kemudian aplikasikan pada seluruh wajah sama halnya seperti ketika menggunakan masker wajah. Diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air bersih.

12. Menjaga kesehatan ginjal

Fungsi Ginjal, Bagian-Bagian dan Cara Merawat Kesehatannya

(foto: istockphoto)

Ginjal merupakan organ vital yang berada di dalam tubuh. Ia memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, yakni menyaring darah.

Seperti yang kita tahu bahwa darah bertugas untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Dan tidak menutup kemungkinan, ia juga bisa membawa racun atau mikroorganisme berbahaya yang bisa merusak seluruh fungsi organ.

Oleh karena itu, ginjal bertugas untuk menyaring darah terlebih dahulu sebelum akhirnya mengalir menuju organ lainnya.

Mengingat pentingnya fungsi ginhal, maka kita harus selalu menjaga kesehatannya. Sebab, jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka seluruh organ di dalam tubuh akan terganggu.

Manfaat daun kelor ternyata bisa menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya mampu membantu mengembalikan kesehatan ginjal.

13. Mengobati rematik

9 Manfaat Push Up, Mengencangkan Otot hingga Payudara

(foto: adobestock)

Rematik merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang sendi. Penyakit ini juga disebut dengan asam urat.

Gejala yang ditimbulkan adalah sakit dan nyeri pada area sendi. Jika tidak segera diatasi, maka dapat mengganggu aktivitas.

Untuk mengobati rematik, bisa dengan menggunakan daun kelor. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi daun kelor secara rutin mampu mengobati asam urat.

Tdak hanya itu, tumbuhan tersebut juga bisa menjadi obat terbaik untuk mengatasi pegal linu, nyeri, dan lain sebagainya.

14. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan fungsi hati

9 Manfaat Push Up, Mengencangkan Otot hingga Payudara

(foto: pexels)

Sistem pencernaan merupakan sebuah proses penting bagi tubuh. Di dalam proses tersebut, tubuh akan mencerna makanan dan mengolahnya menjadi energi.

Adapun tugas tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan organ-organ penyusunnya, seperti lambung, ginjal, dan hati.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Manfaat daun kelor dipercaya mampu meningkatkan kesehatan pencernaan seperti mencegah dan mengobati penyakit maag alias tukak lambung, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, serta infeksi.

Tidak hanya itu, tumbuhan ini juga bisa meningkatkan fungsi hati, yang mana kita tahu bahwa fungsi organ tersebut sangatlah penting yakni untuk menyaring racun dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan, kelor mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat bagus untuk mencegah virus dan bakteri yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi daun kelor secara rutin juga mampu mengobati penyakit infeksi saluran kemih, sembelit, batu ginjal, dan diare.

15. Menyehatkan kulit

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit sehat? Setiap orang tentu mendambakannya, termasuk kamu, bukan?

Cara mudah memiliki kulit sehat adalah sengan rutin mengonsumsi daun kelor. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan kulit seperti menghaluskan kulit, serta mencegah timbulnya jerawat.

Seperti yang kita tahu bahwa jerawat dan kulit kasar merupakan masalah kulit yang kerap membuat kesal karena sangat sulit diatasi.

Namun, kali ini kamu bisa mencoba keajiban dari daun kelor dengan rutin mengonsumsinya, baik berupa olahan sayur atau membuatnya menjadi masker wajah.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kulit sehat seperti kulit halus dan bebas dari jerawat.

16. Melindungi kulit dari infeksi

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Kulit merupakan bagian dari tubuh yang mudah terkena infeksi. Infeksi biasanya terjadi akibat berbagai macam factor, seperti luka akibat garukan saat gatal, luka yang tidak dibersihkan dengan benar, alergi dan masih banyak lainnya.

Jika tidak segera diobati, infeksi dapat menimbulkan dampak buruk. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan daun kelor. Sebab, daun tersebut memiliki kandungan antibakteri alami, antijamur, dan senyawa antiviral yang mampu melindungi kulit dari infeksi.

Manfaat lain dari tumbuhan ini ialah mampu mengurangi peradangan akibat jerawat, menghilangkan ketombe, menghilangkan bau, menyembuhkan gigitan serangga, mengobati luka bakar, serta mengatasi kutil akibat virus dan luka.

17. Membantu mengontrol mood atau suasana hati

10 Manfaat Madu, bikin Tidur lebih Nyenyak

(foto: istockphoto)

Setiap orang pasti memiliki mood atau suasana hati yang yang dapat berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi yang dialami.

Jika aktivitas yang dilakukan selalu berjalan dengan baik, maka mood akan menjadi baik pula sehingga mampu menciptakan rasa senang dan Bahagia.

Namun, sebaliknya saat sedang stress ataupun banyak pikiran, maka mood akan menjadi rusak sehingga ,menyebabkan rasa malas, emosi berlebihan, sedih, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk bisa selalu mengontrol mood agar tetap stabil. Caranya adalah dengan mengonsumsi daun kelor.

Tumbuhan ini mengandung protein tinggi, kaya akan asam amino triptofan, serta memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, yang mana kita tahu bahwa sifat tesebut dapat membantu mood menjadi lebih baik.

19. Sebagai obat cacing

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Tubuh tetap terlihat kurus padahal makan dalam porsi banyak setiap hari. Bisa jadi, itu merupakan tanda tubuh mengalami cacingan.

Artinya, di dalam perut terdapat cacing yang selalu mencuri asupan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi setiap hari.

Untuk mengobatinya, kamu bisa mengonsumsi daun kelor secara rutin. Hal ini dkkarenakan daun kelor terbukti ampuh dalam membasmi semua cacing usus yang hidup di dalam tubuh.

Caranya, rebus sebanyak 3-5 lembar daun kelor Bersama dengan daun cabai dan meniran. Minum air rebusan tersebut secara teratur setiap hari untuk mengurangi infeksi cacing.

19. Mencegah penyakit jantung

10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

(foto: istockphoto)

Jantung merupakan organ vital yang memiliki tugas penting yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Jika fungsinya terganggu, maka darah tidak bisa dialirkan sehingga kebutuhan oksigen pada semua organ tubuh tidak dapat terpenuhi.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Tidak sedikit orang kehilangan nyawa akibat dari penyakit ini. Bahkan, kematiannya bisa terbilang cukup mendadak

Penyebab utama penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan minum alcohol, serta mengonsumsi makanan dan minuman mengandung lemak tinggi.

Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman berlemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol tersebut mengakibatkan munculnya resiko penyakit jantung.

Manfaat mengonsumsi daun kelor adalah dapat mencegah penyakit jantung. Sebuah studi mengatakan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan.

Akhir kata

Itulah beberapa manfaat baik daun kelor untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi daun tersebut dengan beberapa cara.

Cara pertama adalah kamu bisa memasaknya menjadi sayur bening ataupun sup. Jadi kamu bisa mengonsumsinya bersama dengan nasi.

Cara ke dua adalah merebus daun kelor dengan air secukupnya. Kemudian, air rebusan tersebut diminum secara teratur.

Terakhir, kamu juga bisa mengolahnya menjadi obat atau kapsul, dengan cara menghaluskan daun kelor dan menjemurnya hingga kering.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.