hiburan

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton

Penulis:   | 

Film Genre Survival – Manusia memiliki ketertarikan dan naluri untuk bertahan hidup. Hal ini wajar, mengingat sejarah mengajarkan tentang apa saja yang bisa didapatkan manusia karena bertahan hidup.

Perkembangan teknologi, perkembangan kebudayaan, perkembangan suatu negara, serta deretan fenomena menarik yang hanya bisa disaksikan bila manusia berumur panjang.

Karena itu, tidak mengherankan apabila hal-hal yang bertema survival selalu menjadi sesuatu yang menarik perhatian, termasuk film-film dengan genre survival.

Berikut ini adalah 10 film dengan genre survival yang seru untuk ditonton.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Horor, Berani Nonton Sendirian?

1. Cast Away (2000)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: catchplay)

Film Cast Away mengajarkan tentang betapa tidak berartinya hal-hal yang selama ini kamu pelajari dan banggakan saat kamu dipaksa menerima kenyataan bahwa kamu harus bertahan hidup di suatu pulau terpencil.

Hal ini disampaikan dengan baik oleh Tom Hanks yang memerankan tokoh bernama Noland yang menjadi satu-satunya korban selamat dari sebuah kecelakaan pesawat.

Nahasnya, dia terpaksa harus tinggal sendirian di sebuah pulau terpencil di tengah Samudera Pasifik dengan hanya ditemani oleh sebuah bola voli.

2. The Road (2009)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: impawards)

The Road menggambarkan dunia yang tidak lagi mengenal hukum setelah sebuah peristiwa apokaliptik memorak-porandakan sistem dan peradaban manusia.

Sepasang ayah dan anak yang menjadi pemeran utama di film ini digambarkan berada di dunia yang liar itu dan berjuang untuk pergi ke selatan dengan harapan adanya akses sumber daya yang lebih baik di sana.

3. The Grey (2011)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: suara)

Film ini mengambil latar tempat di hutan belantara Alaska yang terpencil. The Grey menampilkan kehidupan seorang penembak jitu bernama John Ottoway yang mencari nafkah dengan cara berburu serigala yang mengganggu pekerjaan penambangan minyak di area tersebut.

Ketika kontrak dengan perusahaan tersebut berakhir, Ottoway terbang kembali ke kampung halamannya.

Namun, sebuah kecelakaan terjadi dan membuat pesawat yang mereka tumpangi terdampar di tengah antah-berantah.

Kru yang selamat dari kecelakaan itu harus bertahan hidup di alam liar. Mereka yang dahulu memburu serigala, kemudian menjadi buruan bagi serigala.

4. Rescue Dawn (2006)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: bingemedia)

Rescue Dawn menggambarkan kisah nyata dari perjuangan seorang pilot berdarah Jerman-Amerika Dieter Dengler dan beberapa tahanan selama Perang Vietnam terjadi.

Berawal dari ditembak jatuhnya pesawat yang dinaiki oleh rombongan itu, Dieter dan seluruh tahanan tersebut berakhir menjadi korban penculikan yang harus menerima siksaan dan pelecehan dari para penculiknya selama setengah tahun berikutnya.

Cerita makin berkembang ketika akhirnya Dieter dan para tawanan perang tersebut setuju untuk bekerja sama demi melarikan diri.

5. The Omega Man (1971)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: podsandmonsters)

Film ini menceritakan tentang Dr. Robert Neville seorang ilmuwan yang menjadi satu-satunya penyintas dalam perang senjata biologis antara Rusia dan Cina yang hampir memusnahkan seluruh manusia.

Neville sadar bahwa ia harus bertahan hidup melawan sekelompok mutan di tengah-tengah Los Angeles yang telah berubah menjadi reruntuhan.

Gerombolan mutan yang menyebut kelompoknya dengan nama ‘The Family’ juga berencana untuk menghabisi Neville sekaligus menghancurkan vaksin yang dibuat oleh Neville untuk menyelamatkan peradaban manusia.

6. Apollo 13 (1995)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: netflix)

Film ini menayangkan perjalanan tiga orang astronot yang bermimpi untuk menjadi kelompok manusia ketiga yang menginjakkan kaki ke bulan.

Sayangnya, perjalanan antariksa itu berujung mimpi buruk ketika sebuah tangki oksigen meledak dan menimbulkan kerusakan parah pada pesawat luar angkasa mereka serta membuat persediaan oksigen dari tim itu berkurang drastis.

Dengan disaksikan seluruh penduduk Amerika, tim lain diberangkatkan untuk menjemput dan memastikan keselamatan dari ketiga astronot tersebut.

Baca juga: 10 Anime Overpower yang Jalan Ceritanya Menarik

7. The Edge (1997)

10 Film Genre Survival, Paling Seru untuk Ditonton!

(foto: mubi)

Film ini mengisahkan perjalanan seorang miliarder bernama Charles More yang diperankan oleh Anthony Hopkins bersama istrinya Mickey (Elle Macpherson), dan seorang fotografer bernama Bob (Alec Baldwin). Namun, secara tidak terduga, Charles memergoki istrinya mencium Bob.

Dalam perjalanan menemui orang India untuk sesi pemotretan, pesawat mereka menabrak gerombolan burung dan terjatuh ke dalam sebuah danau.

Kedua pria yang saling menyimpan perasaan curiga itu akhirnya terpaksa bekerja sama untuk bertahan hidup di tengah alam liar.

8. The Way Back (2010)

The Way Back (2010)

(foto: daenggassing)

The Way Back menceritakan tentang sekelompok tahanan dari kamp pekerja Soviet yang melarikan diri menuju kedalaman Siberia.

Janusz Wiesczek, tokoh utama dalam film ini dan gerombolan tahanan lainnya melarikan diri ke Mongolia hanya untuk mendapati kenyataan baru bahwa area itu berada di kekuasaan rezim komunis Josef Stalin.

Akhirnya, kelompok itu harus membuat keputusan untuk menempuh perjalanan sejauh puluhan ribu mil dengan harapan menemukan suaka, tempat mereka bisa mendapatkan keselamatan dan kebebasan.

9. The Book of Eli (2010)

The Book of Eli (2010)

(foto: 1zoom)

Tokoh utama dalam film ini bernama Eli (Denzel Washington), pengembara misterius yang telah berkelana menuju Pantai Pasifik selama beberapa dekade pasca terjadinya bencana nuklir.

Di tengah perjalanannya, Eli menemukan sebuah buku ajaib yang dipercaya sebagai kunci penting untuk masa depan peradaban umat manusia.

Sayangnya, kepemilikannya atas benda itu membuat ia sering menjadi sasaran perampok, bandit, dan pencuri. Eli juga bertemu dengan Carnegie yang memaksanya untuk menyerahkan relik tersebut kepadanya.

Eli bersikeras melindungi buku itu dan membawanya ke sebuah tempat untuk mewujudkan ramalan tentang buku itu.

Dalam perjalanannya, ia menemukan bala bantuan yang tidak terduga-duga, salah satunya adalah putri kandung Carnegie sendiri.

10. 127 Hours (2010)

127 Hours (2010)

(foto: thezepiaworld)

Film ini menceritakan kisah dari seorang pemanjat tebing bernama Aron Ralston yang sangat membanggakan kemampuan jelajah alamnya yang memang luar biasa mumpuni. Namun, sebuah nasib sial mematahkan kecongkakan Ralston.

Ralston tergelincir dan jatuh saat memanjat tebing terpencil itu sehingga membuat lengan kanannya terjepit di antara sebuah bongkahan batu dan celah pada dinding tebing.

Selama lima hari terjebak, ia menunggu diselamatkan sambil mengenang kehidupannya, keluarganya, dan teman-temannya.

Pada akhirnya, setelah kehabisan perbekalan, Ralston melakukan hal yang tidak terduga demi bertahan hidup.

Itulah film genre survival yang seru untuk ditonton. Selain menjadi tontonan menarik, tentunya juga memberi inspirasi tentang cara bertahan hidup.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.