film

Sinopsis Prison 13, Kisah Percobaan Untuk Mempelajari Perilaku Tahanan

Penulis:   | 

Pernah mendengar tentang Percobaan Penjara Stanford pada tahun 1971? Sebuah eksperimen yang dilakukan di Universitas Stanford oleh Philip Zimbardo untuk mempelajari perilaku orang-orang normal yang ditempatkan di dalam penjara buatan.

Eksperimen untuk mencari tahu apa yang terjadi apabila orang-orang normal ditempatkan dalam situasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan kejahatan dan berbuat kejam.

Baca juga: Sinopsis Kembalinya Anak Iblis, Kisah Horror Teror Pulau Ayunan

Percobaan Penjara Stanford ini sangat terkenal hingga ada beberapa sineas yang mencoba untuk mengadaptasi kedalam sebuah karya film. Termasuk film upcoming tanggal 30 Agustus 2019 di Jepang ini. Prison 13 atau Purizun 13 karya Kensaku Watanabe ini mengadaptasi Percobaan Penjara Stanford tahun 1971.

Ialah Mari (Mayu Sotta), mahasiswi yang mengambil bagian dalam percobaan yang diadakan oleh Vtuber Sophia. Percobaan untuk menciptakan suasana penjara buatan.

Sinopsis Prison 13, Kisah Percobaan Untuk Mempelajari Perilaku Tahanan

(foto: asianwiki)

Suasana penjara yang memiliki ruangan sekat, disetting sedemikian rupa dengan kamera dan peralatan layaknya penjara sungguhan, tahanan memakai baju penjara dengan nomor dipunggungnya. 12 orang berpartisipasi, ada yang berperan sebagai tahanan dan petugas penjaga tahanan.

Awalnya, terlihat normal dan ceria. Setiap ‘tahanan’ berbaur dan saling berinteraksi. Sampai pada akhirnya semakin hari semakin aneh.

Baca juga: Sinopsis Tune in for Love, Cinta Pada Pandangan Pertama Untuk Selamanya

Hari demi hari, perubahan sikap penjaga semakin keras dan mengerikan, menjadikan para penghuni penjara buatan depresi dan ingin segera keluar dari penjara tersebut.

Prison 13 menampilkan aktor dan aktris muda yang sedang bersinar. Ada aktris cantik jebolan AKB48, Itano Tomomi sebagai Yuma, Mayu Hotta sebagai Mari, Ken Nakajima sebagai Gure, Kenshiro Iwai sebagai Gete, Yuka Yano sebagai Gumi , Mamiko Ito sebagai Kamiyama, serta aktor dan aktris lainnya yang turut menghiasi film Prison 13 ini.