lifestyle

Sabun Kojie San: Manfaat, Varian, Cara Pemakaian & Efek Samping

Penulis:   | 

Sabun kojie san merupakan salah satu sabun yang diklaim ampuh memutihkan kulit. Sabun ini memiliki bentuk batang dengan warna khasnya, yakni oranye.

Sabun kojie san belakangan ini sedang marak di berbagai media sosial, khususnya tiktok. Banyak yang mengatakan bahwa ia sangat ampuh memutihkan dan meratakan warna kulit belang dalam waktu yang relatif singkat.

Sabun ini dikemas dalam wadah kotak berwarna putih, hampir sama seperti sabun batang pada umumnya. Pada kemasan, terdapat gambar wanita gaisha atau wanita Jepang dengan warna kulit putih.

Lantas, apa kandungan terdapat di dalam sabun kojie san? Apa saja varian sabun ini? Dan apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: 10 Manfaat Bayam, Mencegah Kanker & Baik untuk Tulang

Kandungan di dalam Sabun Kojie San

Sabun kojie san merupakan sabun batang yang memiliki kandungan kojic acid, dimana kandungan tersebut ditemukan secara tidak sengaja saat sedang proses pembuatan anggur Jepang. Sabun ini memiliki aroma jeruk sehingga memberikan rasa segar saat digunakan.

Tidak hanya kojic acid, ada beberapa kandungan bahan aktif di dalamnya seperti Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Deionized Water, Sodium Hydroxide, Fragrance, Kojic Acid, Glycerin, Aqua (and) Xanthan Gum (and) Caprylyl Glycol (and) Glucose (and) Chondrus Crispus (Carrageenan) (and) Phenoxyethanol (and) Ethylhexylglycerine, Cocodiethanolamide, Mineral Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Oil, Cl 15985, Cl 19140, BHT.

Manfaat Sabun Kojie San

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa sabun kojie san memiliki manfaat yakni mencerahkan dan meratakan warna kulit.

1. Mencerahkan kulit

Wajah cerah dan bebas dari kusam merupakan salah satu tanda bahwa kulit wajah dalam kondisi sehat. Tak heran jika hampir semua wanita mendambakannya.

Sabun ini memberikan manfaat ajaib untuk mencerahkan kulit wajah serta bebas kusam. Hal ini dikarenakan, kandungan kojic acid yang terdapat di dalamnya dipercaya sebagai pencerah kulit.

Tidak hanya itu, sabun ini juga mengandung vitamin C, yang mana vitamin tersebut sudah terbukti dalam mencerahkan kulit.

2. Meratakan warna kulit

Warna kulit tidak rata terkadang membuat penampilan kurang sempurna, bahkan membuat rasa percaya diri berkurang.

Biasanya, kulit tidak rata disebabkan oleh bekas luka yang menghitam, serta paparan sinar matahari secara langsung seperti saat kamu sedang bermain di pantai.

Untuk meratakan warna kulit, kamu bisa menggunakan sabun kojie san. Pasalnya, kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya mampu meratakan warna kulit dan menghilangkan bekas luka menghitam jika digunakan secara rutin.

3. Mengurangi bintik atau flek hitam

Bintik atau flek hitam pada kulit wajah merupakan tanda-tanda kulit mengalami penuaan dini. Jika dibiarkan, maka dapat mengganggu penampilan.

Biasanya, kondisi tersebut terjadi akibat terpapar sinar matahari secara terus menerus dan kurangnya pemakaian sunscreen atau tabir surya. Selain itu, juga diakibatkan oleh bekas jerawat yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Sabun ini dapat mengatasi masalah kulit tersebut jika digunakan secara rutin. Tidak lupa untuk menggunakan tabir Surya agar hasilnya lebih maksimal.

Cara pemakaian

Pada awal kemunculannya, sabun kojie san hanya digunakan pada area wajah saja. Namun, saat ini kami bisa menggunakannya pada seluruh badan untuk menghasilkan kulit putih dan bersih

Caranya, sama seperti pemakaian sabun batang pada umumnya. Cukup basahi sabun dengan air, kemudian usapkan pada seluruh wajah dan badan secara merata.

Pijat secara merata sampai mengeluarkan cukup bisa. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Tips penyimpanan 

Sabun kojie san merupakan sabun yang memiliki kekurangan, yakni mudah mencair jika terkena air secara langsung. Sehingga, menjadikan sabun ini mudah habis.

Oleh sebab itu, cara penyimpanan sabun ini agar lebih awet dan tahan lama adalah potong sabun menjadi beberapa bagian. Gunakan seperlunya saja, dan simpan di dalam wadah tertutup agar tidak terkena air secara langsung.

Baca juga: 10 Manfaat Kangkung, Mengatasi Anemia & Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips pemakaian untuk badan

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa sabun ini awalnya hanya untuk wajah. Oleh sebab itu, busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Busa yang sedikit pasti akan membuat terasa tidak nyaman ketika digunakan ke seluruh badan.

Tips untuk mengaplikasikan sabun ini agar nyaman digunakan walau tidak berbusa adalah dengan menggunakan shower puff, agar busa yang dihasilkan lebih banyak.

Namun, perlu diingat bahwa salah satu ciri sabun yang bagus adalah tidak mengahasilkan busa yang terlalu banyak, sebab busa melimpah justru dapat membuat kulit menjadi kering dan kasar.

Jangan lupa untuk menghindari penggunaan sabun ke area luka dan mata. Jika tidak sengaja terkena, segera bilas menggunakan air bersih.

Efek samping 

Setiap produk kecantikan pasti memiliki kelebihan dan juga efek samping jika kulit tidak bisa menerimanya. Salah satu efek samping yang disebabkan oleh penggunaan sabun kojie san adalah dapat menyebabkan kulit kering, gatal dan mengalami kemerahan.

Jika kamu mengalami efek samping seperti itu, maka segera hentikan pemakaian sabun ini. Namun, jika mengalami kulit kering yang tidak parah, kamu juga bisa mengimbanginya dengan penggunaan lotion atau body butter.

Varian sabun kojie san

Saat ini, sabun kojie san memiliki empat varian dengan fungsi dan manfaat masing-masing. Apa aja varian tersebut?

1. Kojie san skin lightening soap kojic acid

Pada awal kemunculannya, sabun kojie san hanya mengeluarkan satu jenis varian saja, yakni kojie san skin lightening soap kojic acid.

Kandungan bahan aktif utama dalam varian sabun ini adalah kojic acid yang dipercaya ampuh mencerahkan wajah. Tidak hanya itu, ada segudang manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan saat menggunakan sabun ini.

Beberapa manfaat tersebut diantaranya meratakan warna kulit, mengatasi masalah bintik atau flek hitam pada wajah, serta menghambat proses pembentukan melanin.

Untuk harga, kojie san skin lightening soap kojic acid dibandrol dengan harga sekitar Rp 17 ribuan saja dengan berat 65 gram. Cukup terjangkau, bukan?

2. Kojie san skin lightening soap with hydromoist

Sabun ini kemudian meluncurkan variasi terbaru, yakni kojie san skin lightening soap with hydromoist.

Sabun ini memiliki manfaat yang sama dengan kojie san skin lightening soap kojic acid, yakni bisa mencerahkan kulit wajah dan meratakam warna kulit.

Akan tetapi, sabun ini mengandung hydromoist yang ampuh dalam memberikan kelembapan pada kulit. Sehingga, menjaga kulit agar tidak mudah kering.

Harga kojie san varian skin lightening soap with hydromoist adalah Rp 19 ribuan dengan berat 65 gram.

3. Kojie san dreamwhite soap

Variasi sabun kojie san yang satu ini, memiliki perbedaan warna dari dua variasi sabun sebelumnya. Jika kedua variasi sebelumnya berwarna oranye, kojie san dreamwhite soap justru berwarna putih susu, sama seperti namanya.

Selain mengandung kojic acid, sabun ini juga mengandung minyak kelapa, elastin, ekstrak zaitun, hingga vitamin c yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan membuat kulit tampak awet muda.

Harga sabun kojie san dreamwhite soap adalah Rp 19 ribuan dengan ukuran 65 gram.

4. Kojie san men face wash lightening

Kojie san men face wash lightening merupakan varian terbaru dari sabun kojie san. Sesuai namanya, sabun ini juga cocok digunakan bagi kaum pria.

Berbeda dari ketiga jenis varian sabun lainnya, sabun ini memiliki tekstur cair berwarna putih susu dengan wadah tube seperti produk sabun wajah lainnya.

Sabun ini mengandung kojic acid, glycolic acid dan azelaic acid yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan bebas kusam, serta mengurangi produksi minyak berlebih.

Oleh sebab itu, ia cocok bagi kamu yang memiliki produksi minyak berlebih dan pori-pori wajah besar sebab dapat mengecilkannya.

Untuk harga, sabun ini lebih mahal dibanding ketiga jenis varian sebelumnya, yakni Rp 90 ribuan dengan berat 125 gram.

Itulah penjelasan lengkap mengenai sabun kojie san. Jangan takut untuk mencoba keajaiban sabun ini , sebab sabun ini sudah BPOM dan aman digunakan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.