lifestyle

17 Manfaat Bayam beserta Efek Sampingnya

Penulis:   | 

Bayam merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi sebagai sayuran. Manfaat bayam tidak hanya sebagai teman nasi, melainkan juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan, terdapat banyak kandungan nutrisi baik, seperti karbohidrat, serat, vitamin C, Vitamin A, Vitamin K1, asam folat, zat besi, serta kalsium yang terkandung di dalamnya, khususnya pada daun bayam.

Oleh sebab itu, mengonsumsi bayam dapat memberikan manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengolahnya, kamu bisa menjadikannya sebagai sayur bening, tumisan, campuran sup, campuran bubur, jus, dan masih banyak olahan lainnya.

Bayam bisa kamu dapatkan dengan mudah, sebab sayur ini sudah banyak dibudidayakan karena manfaatnya yang luar biasa. Adapun manfaat bayam untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

Baca juga: 10 Manfaat Kangkung, Mengatasi Anemia & Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Mencegah anemia

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: adobestock)

Tekanan darah rendah atau yang biasa dikenal dengan anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang banyak orang. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh.

Akibat yang ditimbulkan dari tekanan darah rendah adalah pusing, mudah lelah, bahkan bisa pingsan. Oleh karenanya, dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang mengandung zat besi tinggi.

Selain itu, tetap bergerak alias berolahraga secara teratur untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Manfaat bayam adalah bisa membantu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan zat besi di dalam sayuran tersebut yang membantu pembentukan sel darah merah.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi bayam sebanyak satu cangkir setiap hari.

2. Mencegah kanker

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Siapa yang tidak takut dengan penyakit kanker? Hampir semua orang pasti takut terserang oleh penyakit berbahaya ini.

Pasalnya, ia akan menyebabkan seluruh organ dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa membuat penderitanya kehilangan nyawa.

Penyakit kanker disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang tubuh dan membentuk sel baru untuk menyerang serta merusak sel penting dalam tubuh.

Manfaat bayam bisa mencegah kanker karena mengandung komponen Monogalactosyldiacylglycerol (MGDG) dan Sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG). Dimana kompenen tersebut membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

Tidak hanya sel kanker, mengonsumsi bayam secara rutin juga bisa mencegah pertumbuhan sel tumor.

3. Kesehatan tulang

9 Manfaat Push Up, Mengencangkan Otot hingga Payudara

(foto: adobestock)

Bayam mengandung vitamin K yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin K sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang, dengan mengurangi pembuang kalsium serta meningkatkan produksi magnesium.

Mengonsumsi makanan mengandung vitamin K seperti bayam dapat membantu mencegah tulang dari berbagai macam masalah, seperti tukang keropos, osteoporosis, dan lainnya.

Kamu bisa mengolah bayam menjadi olahan favoritmu, dan konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil signifikan.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: adobestock)

Sistem pencernaan sangat penting bagi tubuh untuk memproses makanan yang dikonsumsi agar berubah menjadi energi. Energi tersebut yang nantinya akan digunakan oleh tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

Mengingat pentingnya sistem pencernaan, maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatannya agar tidak terserang berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit, tukak lambung, diare, dan masalah lainnya.

Manfaat bayam sangat bagus untuk menyehatkan pencernaan, khususnya mencegah penyakit sembelit. Hal ini dikarenakan, sayuran ini mengandung serat tinggi yang mana kita tahu dapat membantu memperlancar pencernaan.

5. Baik untuk kesehatan mata

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: adobestock)

Jika kamu tidak memperhatikan kesehatan mata, maka akan menimbulkan dampak buruk terkena penyakit mata, seperti katarak, makula, rabun mata, dan lain sebagainya.

Bayam memiliki kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin, dimana kedua senyawa tersebut sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah masalah atau penyakit mata seperti makula, dan katarak yang berkaitan dengan usia.

Bahkan, sebuah penelitian membuktikab bahwa mengonsumsi bayam sebanyak tiga kali dalam seminggu, memiliki resiko 43 persen lebih rendah terkena degenerasi makula dibanding yang tidak mengonsumsi.

Baca juga: 10 Manfaat Bawang Putih, Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

6. Manfaat bayam untuk kesehatan jantung

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu merawat dan menjaga kesehatan organ vital tersebut.

Mengonsumsi bayam secara rutin dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh, yang mana kita tahu bahwa tekanan darah memiliki kaitan dengan penyakit jantung.

Jika tekanan darah terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan gagal jantung, serta penyakit stroke. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi makanan atau minuman yang mampu membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

7. Baik untuk ibu hamil dan janin

Pamer Babybump, Ini 10 Gaya Cantik OOTD Asmirandah Semasa Hamil

(foto: instagram/asmirandah89)

Ibu hamil membutuhkan nutrisi dua kali lipat sebab terdapat janin di dalamnya yang juga membutuhkan nutrisi tambahan.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang dikandung adalah asam folat.

Asam folat dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan otak janin. Tidak hanya itu, senyawa tersebut juga bisa mencegah janin mengalami cacat tubuh maupun cacat saraf.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman mengandung asam folat untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Manfaat bayam juga sangat bagus untuk ibu hamil. Pasalnya, di dalam sayuran ini terdapat kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

8. Mencegah dan mengatasi asma

Mencegah dan mengatasi asma

(foto: istockphoto)

Asma merupakan suatu kondisi ketika tubuh sulit bernapas. Jika terus dibiarkan, maka tubuh tidak akan bisa memenuhi kebutuhan oksigen yang diperoleh ketika sedang bernapas.

Manfaat bayam juga bisa mencegah dan mengatasi asma. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan betakaroten di dalamnya yang mampu mengurangi gejala asma.

Tidak hanya itu, bayam juga mengandung magnesium yang sangat bagus untuk pertolongan pertama ketika asma sedang kambuh.

9. Baik untuk penderita diabetes

Baik untuk penderita diabetes

(foto: istockphoto)

Bagi penderita diabetes, tidak semua makanan dan minuman bisa dikonsumsi, terutama makanan mengandung gula terlalu tinggi.

Diabetes merupakan sebuah penyakit dimana kadar gula dalam tubuh meningkat akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis, serta mengandung karbohidrat tinggi.

Bayam sangat cocok dikonsumsi bagi kamu penderita diabetes. Sebab, kandungan antioksidan seperti asam alfa-lipoat yang terdapat di dalamnya, dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, ketika mengonsumsi sayuran ini, maka gula darah tidak akan mengalami kenaikan.

10. Kesehatan kulit dan rambut

Kesehatan kulit dan rambut

(foto: istockphoto)

Kulit dan rambut merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perawatan ekstra agar tetap terlihat sehat.

Pasalnya, kedua bagian tubuh tersebut merupakan salah satu bagian dari penampilan yang sangat penting untuk dirawat dan dijaga kesehatannya agar tetap terlihat sempurna.

Hampir semua orang, baik pria maupun wanita menginginkan kulit dan sambut sehat. Tak heran jika banyak dari mereka sampai rela melakukan perawatan dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit dan rambut sehat, kamu juga bisa mengonsumsi sayur bayam. Sebab, sayuran ini mengandung vitamin A yang membantu menyeimbangkan produksi minyak pada pori-pori rambut dan kulit.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu mencerahkan kulit sehingga bebas dari kusam.

11. Menjaga kesehatan otak

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: adobestock)

Otak merupakan organ vital manusia yang memiliki peran penting, yakni sebagai pengendalai seluruh organ di dalam tubuh. Tanpa adanya otak, maka manusia tidak akan bisa melakukan apapun.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga dan memelihara kesehatan otak agar tetap berfungsi dengan baik.

Manfaat bayam adalah mampu menjaga kesehatan otak, hal ini dikarenakan, terdapat kandungan senyawa oksidan yang bersifat anti-inflamasi di dalamnya, sehingga mampu melindungi otak dari kerusakan.

Para peneliti melakukan sebuah penelitian terhadap lebih dari 950 orang dewasa dengan umur lebih dari 50 tahun.

Dalam penelitian tersebut, mereka memberika asupan bayam. Hasilnya, mereka yang mendapatkan asupan sayuran hijau tersebut secara rutin, memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang dengan usia sebelas tahun lebih muda daipada mereka.

12. Menurunkan tekanan darah tinggi

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Hipertensi alias darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana darah mengalami tekanan yang cukup tinggi. Ada banyak darah yang dipompa oleh jantung sehingga mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah arteri.

Penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung garam berlebih, kurangnya konsumsi buah dan sayur, kebiasaan merokok, stress berat, malas berolahraga, dan masih banyak penyebab lainnya.

Gejala yang akan ditimbulkan bila seseorang mengalami darah tinggi adalah sakit kepala, nyeri dada, sesak napas, mual dan muntah, tremor otot, merasa cemah, dan lain sebagainya.

Bila darah tinggi dibiarkan, maka dapat menimbulkan resiko komplikasi, yakni timbul penyakit lainnya yang lebih berbahaya, seperti stroke hingga penyakit jantung.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal, salah satunya adalah dengan mengonsumsi bayam secara rutin.

Manfaat sayuran hijau ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tingg, sebab terdapat kandungan nitrat cukup tinggi di dalamnya.

13. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

(foto: istockphoto)

Penyakit kardiovaskular merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada jantung. Seperti yang kita tahu, bahwa jantung merupakan organ penting yang tidak boleh mengalami gangguan sekecil apapun.

Sebab, jika mengalami masalah maka ia tidak akan berfungsi dengan baik. Akibatnya, darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan organ tidak bekerja.

Kandungan serat dan mineral yang cukup tinggi, terdapat di dalam sayur bayam. Oleh karenanya, sayuran hijau tersebut sangat bagus jika dikonsumsi, sebab menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa serat dan mineral mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam bayam juga bermanfaat untuk tubuh, terutama tulang.

  1. mencegah infeksi bakteri dan virus

Percaya atau tidak, ada ribuan hingga jutaan bakteri dan virus jahat yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Bahkan, ada pula yang masuk namun ditahan oleh sistem imun tubuh yang cukup baik.

Mikroorganisme tersebut biasanya berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, yang tidak dalam keadaan bersih dan steril.

Selain itu, juga berasal dari udara yang kita hirup, dan bisa juga berasal dari berbagai arah yang tanpa kita sadari masuk ke dalam tubuh.

Virus dan bakteri yang masuk, dapat menimbulkan berbagai macam penyakit ringan hingga berbahaya.

Manfaat bayam jika dikonsumsi secara rutin adalah mampu mencegah infeksi bakteri dan virus, sebab terdapat kandungan vitamin A di dalamnya.

Vitamin tersebut mampu membantu melindungi kulit dan selaput lender dari ancaman virus dan bakteri jahat.

15. Mencerahkan kulit

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: unplash)

Kulit cerah dan sehat merupakan dambaan semua wanita maupun pria. Sayangnya, tidak semua wanita mendapatkan kulit dengan kondisi seperti itu. Sebab, ada berbagai macam masalah yang dapat menyerang kulit, seperti kulit kusam dan muncul bintik hitam.

Memiliki kulit kusam serta terdapat bintik hitam, membuat sebagian besar wanita mengalami rasa kurang percaya diri. Pasalnya, ketika kulit kusam, maka penampilan akan terlihat lusuh, kumal, dan tidak menarik.

Biasanya, kulit kusam terjadi akibat paparan sinar matahari secara berlebihan, faktor usia, pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur.

Untuk mencerahkan kulit wajah, tak sedikit dari mereka menggunakan produk kecantikan dan juga melakukan perawatan di sebuah klinik kecantikan dengan biaya yang tidak murah.

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit cerah namun tidak memiliki cukup biaya untuk perawatan kulit, ada solusi terbaik yang bisa kamu lakukan, yakni dengan mengonsumsi sayur bayam setiap hari.

Sebab, sayur hijau ini mengandung antioksidan, vitamin C, dan asam folat yang mampu membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Tidak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin A, yang mana bila dikombinasikan dengan vitamin c dan asam folat, maka dapat meningkatkan kondisi warna kulit.

16. Menghilangkan jerawat

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Jerawat merupakan salah satu gangguan pada kulit yang umumnya menyerang bagian wajah, leher, dada, serta punggung.

Gangguan tersebut terjadi akibat produksi minyak yang berlebih sehingga menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

Penyumbatan tersebut akhirnya menyebabkan peradangan pada kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil maupun besar. Terkadang, benjolan tersebut berisi nanah dan darah.

Umumnya, jerawat terjadi akibat hormon androgen berlebih, faktor genetik, paparan virus dan bakteri, stress, serta pola makan yang tidak sehat.

Jerawat cukup sulit dihilangkan. Jika dipencet dengan tangan kosong, akan menimbulkan iritasi dan meninggalkan bekas.

Bekas jerawat tersebut terkadang cukup mengganggu karena berwarna hitam, bahkan membuat pori-pori menjadi lebih besar.

Bisa dikatakan bahwa menghilangkan jerawat tidak semudah ketika mengatasi masalah kulit kusam.

Manfaat bayam rupanya mampu mengatasi masalah jerawat. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas seperti virus dan bakteri penyebab jerawar.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun bayam. Rendam ke dalam sedikit air, lalu haluskan hingga berbentuk seperti pasta atau masker wajah.

Kemudian, aplikasikan pada seluruh wajah atau area yang ditumbuhi jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Cara ini mampu menghilangkan jerawat, serta membuat wajah terasa lebih segar.

17. Menebalkan rambut

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: pexels)

Rambut tebal dan hitam merupakan ciri-ciri rambut sehat. Pastinya, semua wanita mengingkan rambut sehat, termasuk kamu, bukan?

Mengonsumsi sayur bayam ternyata dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan rambut, yakni bisa membantu menebalkan rambut.

Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan zinc di dalamnya yang tidak hanya bisa mengatasi masalah rambut rontok, namun juga sangat efektif untuk menebalkan rambut.

Kamu bisa menggunakan sayuran hijau ini dengan cara mengambil ekstraknya yang kemudian dijadikan sebagai sampo ataupun masker rambut untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Jika dirasa cukup sulit, kamu juga bisa mengonsumsinya menjadi berbagai macam olahan sayur yang lezat.

Efek samping bayam

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: pexels)

Walaupun memberikan segudang manfaat bagi tubuh, mengonsumsi bayam dalam jumlah berlebihan dapat memberikan efek samping, yang justru membuat tubuh terserang berbagai macam penyakit.

Lantas, apa saja efek samping tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan suatu penyakit menyerang ginjal yang ditandai dengan terbentuknya materi keras dan padat menyerupai batu yang berada di dalam organ tersebut.

Batu tersebut terbentuk dari garam dan mineral yang ada di dalam ginjal. Biasanya, penyakit ini muncul di sepanjang saluran urine, yakni mulai dari ginjal hingga saluran kemih.

Batu ginjal terjadi akibat kurangnya asupan cairan, kelebihan berat badan, dan masih banyak lainnya.

Sementara, gejala yang ditimbulkan adalah sering buang air kecil, nyeri perut pada bagian bawah, terasa sakit saat buang air kecil. mual, dan jumlah urine sedikit atau tidak keluar sama sekali walau terasa ingin buang air kecil.

Penyebab terjadinya penyakit ini yang tak kalah pentingnya adalah terlalu banyak mengonsumsi sayur bayam.

Hal ini dikarenakan, sayuran hijau tersebut mengandung asam aksalat yang mana dapat menyebabkan resiko terbentuknya batu ginjal.

2. Menyebabkan tulang keropos

Tulang keropos atau yang biasa disebut dengan osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang bisa menyerang siapa saja.

Gejala yang ditimbulkan adalah sakit punggung, tinggi badan berkurang seiring waktu, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D dan kalsium, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan tak kalah pentingnya adalah akibat terlalu banyak mengonsumsi bayam.

Sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan membantu menyehatkan tubuh ini, rupanya memiliki efek samping yakni menyebabkan tulang keropos jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Kandungan asam oksalat yang terdapat di dalamnya dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium, diaman kita tahu bahwa kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan dan kepadatan tulang.

3. Menyebabkan diare

Sejatinya, segala sesuatu yang berlebihan dapat mneyebabkan dampak buruk, tidak terkecuali makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari, seperti sayur bayam.

Tubuh membutuhkan serat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak mengalami susah buang air besar alias sembelit.

Serat tersebut bisa di dapatkan dari bayam. Namun, jika sayuran tersebut dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak, maka dapat menyebabkan efek samping yang lebih buruk, yakni diare.

Sebab, serat yang masuk ke dalam tubuh membuatnya sulit untuk dicerna, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan, yaitu diare.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi bayam sewajarnya saja.

4. Keracunan makanan

Makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan vitamin seperti bayam, rupanya dapat menyebabkan efek samping yang lebih buruk, yakni keracunan.

Mengonsumsi sayuran hijau tersebut dalam jumlah yang sangat banyak dapat memicu reaksi keracunan makanan. Sebab, hal tersebut dikaitkan dengan kemungkinan adanya kontaminasi bakteri.

Perlu diketahui, keracunan makanan merupakan suatu kondisi yang bisa dianggap serius, sebab dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk seperti badan lemas, diare, muntah, hingga kematian.

5. Menyebabkan anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi dimana tubuh memiliki tekanan darah yang cukup rendah karena produksi sel darah merah yang sedikit.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah mudah Lelah, baan terasa lemas, pucat, pusing, sakit kepala, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, anemia terjadi akibat kurangnya asupan zat besi. Sehingga, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti ikan, daging, dan lain sebagainya.

Mengonsumsi bayam terlalu banyak rupanya juga dapat meyebabkan anemia. Hal ini dikarenakan, sayuran tersebut dapat menyulitkan tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

6. Menyebabkan rematik

Rematik merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah asam urat dalam tubuh. Akibat yang ditimbulkan adalah nyeri sendi di bagian jari-jari tangan, pergelangan tangan, Pundak, siku, dan pergelangan kaki.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, faktor genetic, serta obesitas atau kelebihan berat badan.

Namun, tahukah kamu bahwa penyakit ini juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi bayam?

Mengonsumsi sayuran hijau tersebut dalam jumlah banyak ruoanyak dapat menyebabkan penyakit rematik.

Hal ini dikarenakan, kandungan purin cukup tinggi yang terdapat di dalam bayam mampu meningkatkan jumlah asam urat, yang mana kita tahu bahwa ia merupakan penyebab utama penyakit rematik.

7. Menyebabkan reaksi alergi

Alergi merupakan reaksi tubuh melawan benda asing yang mencoba untuk masuk. Biasanya, penyebabnya adalah salah pilih makanan atau minuman, alergi obat, dan masih banyak lainnya.

Saat benda asing seperti mikroorganisme mencoba masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan meproduksi antibody untuk melawannya.

Semakin sering tubuh terpapar oleh penyebab alergi atau yang biasa disebut dengan allergen, maka produksi antibodi semakin meningkat, sehingga mengakibatkan munculnya gejala alergi.

Gejala umum yang ditimbulkan oleh alergi adalah gatal-gatal, ruam merah, batuk, bersin, sesak napas, sakit tenggorokan, mata merah, hingga mual dan muntah.

Selain karena salah makan, efek alergi juga bisa disebabkan oleh konsumsi bayam terlalu banyak. Hal ini dikarenakan, sayuran hijau tersebut mengandung histamin yang dapat menyebabkan efek alergi.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memperhatikan jumlah asupan bayam setiap harinya agar tidak menyebabkan gejala alergi yang tidak diinginkan.

8. Menyebabkan kristal gigi

Efek samping mengonsusmi bayam juga dapat berpengaruh pada kesehatan gigi., salah satunya adalah adanya kristal gigi.

Hal ini diakrenakan, kandungan asam oksalat yang terkandung di dalam sayuran hijau tersebut membentuk kristal kecil yang tidak larut dalam air.

Kristal gigi merupakan kantong berisi cairan yang terbentuk di sekitar gigi dan gusi. Masalah ini bisa dirasakan dari kasarnya permukaan gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman.

Walaupun bisa dikatakan sebagai penyakit yang tidak membahayakan, namun terkadang menyebabkan infeksi pada gigi dan gusi, serta radang.

Selain disebabkan oleh konsumsi bayam terlalu banyak, penyebab umum lainnya adalah akibat infeksi gigi yang tidak segera diobati, gigi tertinggal di dalam gusi, faktor genetic, Kelainan pada pertumbuhan gigi, dan lain sebagainya.

9. Perubahan dalam antikoagulan

Efek samping mengonsumsi bayam terlalu banyak, bisa menyebabkan perubahan dalam antikoagulan.

Antikoagulan sendiri adalah obat pengencer darah yang biasa digunakan untuk pertolongan pertama pada pennderita penyakit stroke.

Tujuannya adalah agar resiko penggumpalan darah dapat diatasi, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah dan organ vital lainnya, seperti jantung, paru-paru, dan otak.

Kembali ke penjelasan awal bahwa bayam jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perubahan dalam antikoagulan karena kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya, bereaksi dengan obat sintesi hati yang dikonsumsi.

Sehingga, dapat mempengaruhi faktor koagulasi tertentu. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk tetap berhati-hati ketika ingin menambahkan bayam sebagai menu diet harian.

Akhir kata

Demikianlah 17 manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang wajib dicoba. Mengonsumsi bayam memang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak boleh secara berlebihan. Sebab, jika mengonsumsinya terlalu banyak maka dapat menimbulkan efek samping seperti yang sudah dijelaskan di atas.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.