lifestyle

16 Manfaat Kangkung, Mengatasi Anemia & Menjaga Kesehatan Ginjal

Penulis:   | 

Manfaat kangkung tidak hanya sebagai teman makan nasi yang diolah menjadi sayur tumis maupun olahan lainnya. Kangkung memiliki rasa yang cukup lezat, tak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati karena rasanya yang lezat, apalagi jika diolah menjadi tumisan alisan cah kangkung.

Selain memiliki rasa yang cukup enak ketika dimakan dengan nasi, kangkung rupanya juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah melancarkan pencernaan.

Kandungan serat tinggi yang terdapat di dalamnya mampu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Sehingga, buang air besar akan menjadi lancar dan perut terbebas dari rasa melilit.

Tidak hanya untuk melancarkan pencernaan, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kankung. Lantas, apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh?

Baca juga: 10 Manfaat Bawang Putih, Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

1. Mengatasi anemia

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Anemia atau tekanan darah rendah biasanya menyerang tubuh disebabkan oleh terlalu sering bergadang. Selain itu, karena kurangnya asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akibatnya, tubuh akan mudah lelah, letih, dan terlihat lesu. Bahkan, bisa menyebabkan kepala pusing dan bisa mengganggu aktivitas jika tidak segera diatasi.

Mengonsumsi kankung ternyata bisa mengatasi masalah anemia. Hal ini dikarenakan, sayuran ini mengandung zat besi dan fosfor yang berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Caranya, pilihlah kangkung muda karena memiliki kandungan zat besi lebih tinggi. Rebus atau olah menjadi sayuran. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Mencegah sariawan

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Sariawan merupakan salah satu panyakit yang menyerang rongga mulut seperti gusi, lidah, bibir, serta langit-langkit mulut.

Penyebab terjadinya sariawan adalah kurangnya konsumsi air putih dan juga asupan vitamin C.

Saat penyakit ini menyerang, akan timbul rasa sakit dan tidak nyaman ketika berbicara dan mengonsumsi makanan atau minuman. Alhasil, kita tidak bisa makan dengan lahap.

Jika terus dibiarkan, maka akan menimbulkan dampak yang lebih buruk. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengobatan seperti meneteskan antibiotik atau bahan alami pada bagian mulut yang terserang sariawan.

Sebelum mengalami rasa sakit akibat penyakit tersebut, maka sebaiknya dilakukan pencegahan seperti mengonsumsi makanan atau minuman mengandung vitamin C, salah satunya adalah kangkung.

Kangkung mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara teratur makaa dapat mencegah sariawan.

Selain itu, kandungan antiseptik yang terdapat di dalamnya juga dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang dan bau tidak sedap pada mulut.

3. Mengatasi insomnia

10 Cara Agar Bisa Tidur Cepat Saat Malam Hari, Biar Gak Insomnia

(foto: guff)

Insomnia merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan waktu tidur yang tidak teratur seperti terjaga di malam hari namun tertidur di siang hari.

Biasanya, penyakit tersebut disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah terlalu banyak pikiran.

Jika terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti kurangnya konsentrasi, serta tubuh mudah terserang penyakit.

Mengatasi insomnia, bisa dengan cara mengonsumsi olahan kangkung secara rutin.

Pasalnya, kandungan lemak dan karbohidrat yang terdapat di dalam sayuran tersebut dapat memperbaiki kualitas tidur sehingga mata akan mudah mengantuk lebih awal.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Ada ribuan hingga jutaan virus dan bakteri penyebab penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, mereka akan dicegah oleh sistem kekebalan tubuh kita yang baik. Dengan demikian, virus dan bakteri tersebut tidak dapat masuk.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman mengandung nutrisi dan protein lengkap.

Manfaat kangkung rupanya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh alias imunitas. Sebab, sayuran ini mengandung vitamin C dan kaya akan serat. Sehingga, tubuh tidak mudah terserang penyakit, terutama penyakit infeksi.

5. Menjaga kesehatan ginjal

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh yang memiliki peranan penting, yakni menyaring darah agar racun yang dibawa tidak ikut dialirkan ke seluruh tubuh.

Ginjal yang sehat dapat berfungsi dengan baik. Namun, masih banyak orang yang belum sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Akibatnya, tidak sedikit orang yang terserang penyakit gagal ginjal dan harus melakukan serangkaian pengobatan, seperti cuci darah.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka sebaiknya kita selalu menjaga ginjal agar tetap sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seperti kankung.

Kangkung mengandung air yang membantu ginjal untuk bisa menyaring darah. Perlu diketahui bahwa kurangnya konsumsi air putih juga menjadi faktor penyebab terserang penyakit gagal ginjal.

Baca juga: 8 Manfaat Bekam, Jenisnya Beserta Efek Samping

6. Baik untuk mata

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: pexels)

Mata merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk melihat semua yang ada di dalam bumi. Dengan mata, kita bisa melihat keindahan dunia.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu merawat dan menjaga kesehatan mata agar tidak terserang berbagai macam masalah mata seperti mata rabun, katarak, dan lain sebagainya.

Menjaga mata bisa dengan cara mengonsumsi makanan mengandung vitamin A. Kankung memiliki kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein yang berperan penting dalam mencegah penyakit mata, khususnya katarak.

7. Menjaga kesehatan gigi

10 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Gigi merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang memiliki peran dalam mengunyah dan menghaluskan makanan sebelum masuk ke dalam tubuh.

Gigi yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai macam masalah, seperti gigi keropos, gigi berlubang, karang gigi, dan masih banyak lainnya.

Saat gigi dalam masalah, maka sistem pencernaan akan terganggu. Kita akan kesulitan dalam mengunyah makanan, akibatnya nafsu makan akan semakin menurun.

Manfaat kangkung bisa menjaga kesehatan gigi. Hal ini dkarenakan, kangkung mengandung kalsium serta fosfor yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan juga tulang.

8. Mengatasi masalah penyakit kuning

Mengatasi masalah penyakit kuning

(foto: pexels)

Penyakit kuning atau yang biasa dikenal dengan penyakit hati bisa menyerang siapa saja. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh paparan zat kimia berbahaya.

Jika penyakit kuning tidak segera diatasi, maka akan merusak hati secara permanen sehingga tidak bisa berfungsi dan menyebabkan kematian.

Mengonsumsi kangkung bisa memberikan manfaat mengatasi penyakit kuning. Pasalnya, sayuran ini seringkali digunakan untuk pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati.

9. Membuat rambut tampak lebih tebal

Membuat rambut tampak lebih tebal

(foto: istockphoto)

Kangkung memiliki manfaat penting bagi kesehatan rambut. Kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya mampu membantu pertumbuhan rambut agar tampak lebih tebal.

Tidak hanya itu, sayuran ini juga bisa membantu mengatasi masalah ketombe dan gatal pada kulit rambut.

Kangkung juga mengandung vitamin E yang dapat membuat rambut menjadi hitam berkilau, sehingga akan tampak lebih sehat.

Cara menggunakan kankung untuk merawat rambut adalah dengan merendamnya selama satu malam hingga warna air rendaman berubah menjadi hijau kebiruan.

Kemudian, gunakan air rendaman tersebut sebagai sampo. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya gunakan secara rutin.

10. Mampu mengontrol berat badan

Mampu mengontrol berat badan

(foto: istockphoto)

Manfaat kangkung mampu membantu mengontrol berat badan. Sehingga, sayuran ini sangat cocok dikonsumsi saat sedang dalam proses penurunan berat badan.

Kandungan serat tinggi yang terdapat di dalamnya mampu melancarkan pencernaan. Dengan demikian, sisa sampah makanan akan mudah dikeluarkan dalam bentuk kotoran saat buang air besar.

Ketika sisa sampah pencernaan dibuang dengan mudah, maka tidak akan menjadi lemak dan mengendap di dalam tubuh, yang akhirnya menyebabkan berat badan semakin bertambah.

11. Menurunkan kadar kolesterol

10 Manfaat Bawang Putih, Obat Flu dan Batuk serta Mencegah Kanker

(foto: istockphoto)

Manfaat mengonsumsi kankung adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa kolesterol tinggi dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti stroke, darah tinggi, obesitas, hingga penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan, dinyatakan bahwa konsumsi kankung secara rutin mampu menurunkan jumlah kadar koleterol serta triglikosida dalam tubuh.

Dengan demikian, sayuran hijau ini sangat aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

12. Mencegah diabetes

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: istockphoto)

Tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol, mengonsumsi kangkung secara rutin juga dapat mencegah diabetes alias meningkatnya kada gula dalam darah.

Manfaat ini juga dapat dirasakan oleh ibu hamil. Seperti yang kita tahu bahwa ibu hamil memiliki tingkat resiko cukup tinggi untuk mengalami diabetes, apalagi janin yang dikandungnya.

Dengan mengonsumsi sayuran hijau ini, maka senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya akan menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

13. Mencegah kanker

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan& Kanker

(foto: istockphoto)

Siapa yang menyangkan, bahwa sayuran yang cukup murah dan mudah dijumpai ini dapat mencegah kanker? Manfaat kankung rupanya dapat melindungi tubuh dari penyakit mematikan tersebut.

Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan senyawa antioksidan di dalamnya, yang mana kita tahu bahwa senyawa tersebut sangat berperan aktif dalam melawan dan membunuh bakteri serta virus yang kemungkinan menyerang sel-sel dalam tubuh.

Dengan demikian, mengonsumsi kangkung secara rutin dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

14. Mencegah dehidrasi

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Dehidrasi merupakan suatu kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih setiap harinya.

Normalnya, manusia membutuhkan asupan air putih sedikitnya delapan gelas per harii agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Tidak hanya dengan mengonsumsi air putih, cara lain untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi kangkung secara rutin.

Hal ini dikarenakan, kandungan kalium dan natrium yang terdapat di dalamnya mampu menjaga kesimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh, sehingga resiko tubuh mengalami dehidrasi akan menjadi lebih rendah.

15. Meningkatkan kinerja otak anak

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: istockphoto)

Manfaat kangkung juga bisa dirasakan oleh anak kecil, yakni mampu meningkatkan kinerha otak. Anak merupakan generasi penerus bangsa, sehingga sangat penting untuk selalu menjaga dan memelihara fungsi otaknya agar bisa berfungsi dengan baik.

Dengan berfungsinya kinerja otak pada anak, maka mereka dapat menjadi sosok yang lebih cerdas dan bisa memajukan bangsa dan negara.

Mengonsumsi kangkung dapat meningkatkan kinerja otak pada anak, sebab terdapat kandungan vitamin B kompleks dan omega-4 di dalamnya.

Dengan demikian, anak akan memiliki daya ingat dan kecerdasan yang dapat digunakan ketika dewasa kelak.

16. Mencegah radikal bebas

(foto: istockphoto)

Radikal bebas merupakan salah satu faktor utama penyebab timbulnya berbagai macam penyakit, baik yang ringan maupun berbahaya.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk bisa menangkalnya sebelum mengendap di dalam tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Manfaat kangkung rupanya bisa mencegah radikal bebas yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Ia juga bisa menghancurkan radikal bebas yang mengendap di dalam sel-sel tubuh.

Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya, yang mana kita tahu bahwa kedua kandungan tersebut dapat membantu menyerap racun dan membuangnya dari dalam tubuh.

Namun, perlu diperhatikan cara memasaknya agar bisa memberikan manfaat, yakni jnagan terlalu lama memasaknya, cukup kukus ataupun rebus saja dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Akhir kata

Demikianlah 16 manfaat kangkung bagi kesehatan dan juga kecantikan. Walaupun bermanfaat baik, namun perlu diingat bahwa mengonsumsi kangkung sebaiknya sewajarnya saja.

Sebab, jika mengonsumsi sayuran ini dalam porsi besar, maka dapat menimbulkan efek samping seperti diare, pusing, mual, dan masih banyak lainnya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.