lifestyle

8 Manfaat Bekam, Jenisnya Beserta Efek Samping

Penulis:   | 

Manfaat bekam seringkali dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bahkan, pengobatan ini merupakan salah satu pengobatan dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW karena memang memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Banyak yang percaya bahwa bekam dapat mengeluarkan berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh.

Lantas, seperti apa sebenarnya cara kerja bekam? Apa jenis, manfaat, serta efek samping pengobatan tersebut?

Apa itu bekam?

Manfaat Bekam untuk Kesehatan beserta Efek Sampingnya

(foto: pexels)

Bekam merupakan pengobatan alternatif yang berasal dari Timur Tengah dan Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu.

Banyak orang menyukai pengobatan ini karena dianggap mampu memberikan segudang bagi kesehatan tubuh.

Cara kerja bekam adalah dengan menusuk lapisan kulit terluar menggunakan jarum, kemudian bekas tusukan tersebut ditutup dengan menggunakan cawan.

Cawan tersebut nantinya akan menghisap pembuluh darah kapiler sehingga darah kotor akan keluar. Darah yang keluar tersebut dianggap sebagai racun penyebab penyakit.

Umumnya, bahan cawan yang digunakan tersebut dari plastik, bambu, keramik, logam, dan silikon.

Namun, bahan tersebut harus terlebih dahulu di sterilkan agar tidak terpapar oleh virus dan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi.

Jenis-jenis bekam

Manfaat Bekam untuk Kesehatan beserta Efek Sampingnya

(foto: istockphoto)

Selama ini, yang kita tahu hanyalah bekam basah saja. Padahal, bekam dibedakan menjadi dua jenis, yakni bekam kering dan bekam basah.

1. Bekam kering

Bekam kering merupakan jenis bekam yang dilakukan menggunakan cawan. Sebelum digunakan, cawan tersebut dipanaskan terlebih dahulu.

Tujuannya, agar pada saat di letakkan pada permukaan kulit, cawan bisa menempel dengan sempurna.

Kemudian, akan tercipta ruang hampa udara di dalam cawan yang kemudian akan menarik kulit dan otot ke atas akibat adanya tekanan.

2. Bekam basah

Bekam basah merupakan jenis bekam yang umum kita jumpai. Sama seperti bekam kering, jenis bekam ini juga menggunakan cawan. Bedanya, cawan yang digunakan adalah sejenis pompa karet.

Perbedaan lainnya adalah pada bekam basah, lapisan kulit disayat terlebih dahulu sebelum ditempelkan cawan. Tujuannya, agar darah di dalam tubuh keluar.

Darah yang keluar disebut dengan darah kotor yang mengandung racun. Kemudian, ditampung di dalam cawan, lalu dibuang. Bekas sayatan tadi ditutup agar tidak menyebabkan infeksi.

Manfaat bekam

Manfaat Bekam untuk Kesehatan beserta Efek Sampingnya

(foto: istockphoto)

Bekam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah meredakan sakit dan nyeri otot. Berikut adalah manfaat lain dari bekam, diantaranya:

1. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala seringkali menyerang dan membuat aktivitas terganggu. Biasanya, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tekanan darah terlalu tinggi, terlalu banyak pikiran, dan masih banyak lainnya.

Akibatnya, aliran darah ke otak tidak lancar, sehingga otak kekurangan oksigen yang akhirnya membuat kepala terasa sakit.

Untuk mengatasinya, sebagian besar orang biasanya mengonsumsi obat penghilang sakit kepala, baik berupa obat dokter maupun obat tradisional.

Bekam rupanya memiliki manfaat untuk mengatasi sakit kepala. Ketika pengobatan ini dilakukan di daerah punggung, maka aliran darah akan menjadi lancar, sehingga sakit kepala dapat diatasi

2. Melancarkan aliran darah

Darah memiliki peranan penting bagi tubuh yakni sebagai alat angkut yang membawa oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Akan tetapi, tak jarang aliran darah mengalami masalah seperti kurang lancar. Hal tersebut diakibatkan oleh darah kotor yang menyumbat.

Manfaat bekam bisa mengeluarkan darah kotor penyebab masalah pada aliran darah dengan cara disedot menggunakan cawan. Sehingga, darah yang tersumbat akan mengalir dengan lancar.

3. Mampu menurunkan berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu bisa menggunakan pengobatan alternatif ini.

Pasalnya, bekam bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengeluarkan lemak yang menempel pada pori-pori kulit.

Oleh karenanya, melakukan bekam secara rutin bisa membuatmu mendapatkan bentuk badan sesuai dengan yang diinginkan.

4. Mengatasi rasa lelah

Rasa lelah biasanya muncul setelah tubuh melakukan aktivitas berat maupun ringan. Selain itu, rasa lelah juga bisa diakibatkan oleh saraf yang kaku.

Saat mengalami kondisi tersebut, tubuh membutuhkan istirahat sebelum akhirnya bisa melanjutkan aktivitas kembali.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah selain beristirahat adalah melakukan pengobatan bekam.

Hal ini dikarenakan, cara tersebut dapat melenturkan saraf yang kaku sehingga rasa lelah akan hilang.

5. Menghilangkan rasa sakit dan nyeri

Rasa sakit dan nyeri yang terjadi di beberapa bagian tubuh seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas.

Manfaat bekam rupanya bisa mengatasi masalah tersebut. Pengobatan ini mampu menghilangkan rasa nyeri pada area punggung, pinggang, dada, bahu, serta mengatasi penyakit encok.

Tidak hanya itu, bekam juga bisa mengatasi sakit pada gigi, kepala, serta dapat mengurangi keluhan penyakit batuk dan tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi asam urat

Asam urat disebabkan oleh meningkatnya produk limbah alami yang dihasilkan oleh proses pencernaan.

Jika dibiarkan, maka asam urat akan menumpuk dan menyebabkan darah dan urin dalam kondisi asam yang sangat tinggi.

Bekam memiliki manfaat mengatasi asam urat dengan cara mengeluarkan limbah alami sisa metabolisme.

Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kinerja sistem limfatik, yang mana sistem tersebut memiliki peran dalam menghilangkan limbah tubuh.

7. Mengobati jerawat

Manfaat bekam juga sangat bagus untuk kesehatan kulit dan mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti jerawat.

Jerawat di wajah maupun di punggung kerap menyerang banyak orang, terutama yang memiliki produksi minyak berlebih.

Jerawat bisa juga disebabkan oleh virus dan bakteri yang masih menempel pada kulit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan wajah dan tubuh agar tidak timbul jerawat.

Manfaat bekam bisa mengobati jerawat. Hal tersebut telah didukung oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa bekam mampu mengatasi masalah pada kulit terutama jerawat.

Namun, hingga kini masih belum ada penelitian lanjut mengenai pernyataan tersebut. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

8. Membuang racun

Manfaat bekam bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Racun yang dibiarkan terus menerus berada di dalam tubuh, maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Cara kerja bekam dalam menghilangkan racun adalah dengan menghisap darah pada lapisan kulit.

Darah yang keluar dianggap sebagai racun dan kotoran yang harus di buang.

Efek samping bekam

Walaupun bekam memiliki manfaat luar biasa, namun perlu diingat bahwa pengobatan tersebut juga memilik efek samping jika dilakukan secara berlebihan.

Efek samping tersebut diantaranya dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, perubahan warna kulit yang tahan lama, jaringan parut, luka bakar, infeksi, mual, bahkan pingsan.

Tidak hanya itu, pada bekam basah juga memiliki efek samping yakni pendarahan internal yang mengakibatkan anemia. Hal tersebut terjadi jika praktisi mengambil terlalu banyak darah.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai bekam. Lakukanlah pengobatan alternatif tersebut sewajarnya saja agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Tidak lupa juga untuk memilih praktisi atau ahli bekam yang memang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Jangan lakukan pengobatan tersebut dengan seseorang yang masih coba-coba karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.