. Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

Cinema & TV

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

By  | 

Siapa yang tidak tahu ‘Running Man’? Bukan hanya penggemar K-Pop, bahkan orang yang tidak mengikuti perkembangan musik Korea kenal dengan variety show yang satu ini.

‘Running Man’ adalah acara yang memadukan kompetisi dan komedi menjadi satu. Anggota-anggota tetap dan bintang tamu bertugas untuk menyelesaikan berbagai misi.

Pemain yang gagal akan mendapat hukuman. Jika berhasil, mereka berhak mendapat hadiah atau keringanan hukuman.

Baca: RTV Tayangkan Program Terkenal Korea Selatan ‘Running Man’

Penggemar ‘Running Man’ di Indonesia dapat menyaksikan acara ini di saluran RTV mulai tanggal 23 Februari pukul 24.00 setelah penayangan ‘High Society’.

Ingin tahu seluk beluk tentang variety show legendaris ini? Yuk simak informasi di bawah ini!

1. Mengalami beberapa kali pergantian anggota tetap

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: SBS)

Anggota tetap ‘Running Man’ sudah berganti beberapa kali. Untuk musim terbaru ada nama-nama lama seperti Yoo Jae Suk, Haha, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Lee Kwang Soo, dan Song Ji Hyo masih setia menemani penggemarnya. Dua anggota terbaru ‘Running Man’ adalah Jeon So Min dan Yang Se Chan.

Yoo Jae Suk, Gary, Haha, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Lee Kwang Soo, dan Song Joong Ki adalah anggota asli ‘Running Man’. Sayangnya Song Joong Ki harus meninggalkan ‘Running Man’ setelah episode 41.

Lizzy sempat didapuk menjadi anggota tetap namun pada akhirnya ia juga memutuskan untuk pergi. Kesibukannya dengan idol group After School mengharuskannya untuk memprioritaskan salah satunya.

Pada tanggal 25 Oktober 2016, penggemar setia ‘Running Man’ dibuat heboh dengan berita kepergian ‘Kang Gary’. Rapper group Leessang tersebut memutuskan untuk fokus dengan karir musiknya.

Uniknya, produser dari acara ini mengaku bahwa ia sempat tidak ingin ada anggota perempuan. Alasannya adalah ia khawatir anggota laki-laki harus selalu mengalah di permainan yang membutuhkan fisik yang kuat.

Kecemasannya tidak berlangsung lama setelah Song Ji-hyo membuktikan bahwa wanita juga bisa bersaing melawan laki-laki dalam urusan tenaga.

2. Diterjemahkan ke dalam banyak bahasa oleh penonton setia

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: SBS)

‘Running Man’ mungkin merupakan variety show yang memiliki penggemar terbanyak di luar Korea. Walaupun di awal-awal penayangannya ‘Running Man’ belum disiarkan secara resmi di negara lain, ada banyak cara yang ditempuh penonton luar Korea untuk mengaksesnya.

‘Running Man’ sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa (fansub) dan tersedia di situs resmi ataupun ilegal di seluruh dunia. Kepopulerannya membuat banyak orang tertarik belajar bahasa Korea.

3. Pernah masuk daftar acara TV teratas di dunia tahun 2016

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: SBS/dramafever)

Pada tahun 2016, situs finansial dan bisnis terkenal Business Insider menobatkan ‘Running Man’ sebagai salah satu dari 20 acara TV teratas.

‘Running Man’ bersanding dengan nama-nama besar seperti ‘Game of Thrones’, ‘The Walking Dead’, dan ‘Stranger Things’.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar ‘Puteri Muslimah Indonesia 2019 (PMI)’ Indosiar

4. Episode dengan rating tertinggi dan terendah

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: twitter/@thekoreandrama)

Sama seperti acara kebanyakan, ‘Running Man’ pernah menduduki puncak dan titik terendah kepopulerannya. Menurut data yang dihimpun oleh Nielsen Korea, episode 133 meraih rating tertinggi dalam sejarah penayangannya dengan perolehan 21% (nationwide).

Dalam episode tersebut Han Hye Jin dan Lee Dong Wook menjadi bintang tamu dan shooting dilakukan di Hong Kong.

Berbanding terbalik, episode dengan rating terendah adalah episode 345 saat Sandara Park, Han Jae Suk, dan Yoon Bak menjadi bintang tamu.

5. Diadaptasi menjadi serial dan film animasi

Walapun popularitas ‘Running Man’ mulai meredup nyatanya pihak rumah produksi masih memiliki banyak rencana untuk variety show ini.

Tanggal 14 Juni 2017 yang lalu, diumumkan bahwa serial animasi ‘Running Man’ akan dibuat dalam bentuk serial animasi. Serial tersebut tersedia dalam 24 episode dan OST-nya dinyanyikan oleh EXO-CBX.

Selain itu, pada tanggal 5 Desember 2018 kemarin juga telah dirilis versi filmnya di Korea.

6. Kontroversi kepergian Kang Gary

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: SBS)

Kepergian Kang Gary menjadi isu yang besar di antara penggemar ‘Running Man’. Banyak penggemar yang kecewa dengan keputusannya. Walaupun Gary menyatakan ingin fokus dengan karir musiknya, namun banyak dugaan kepergiannya disebabkan oleh insiden ‘Super 7 Concert’.

‘Super 7 Concert’ merupakan konser musik yang diisi bintang-bintang dari variety show ‘Infinity Challenge’. Awalnya, konser ini diadakan secara gratis namun promotor konser yang juga satu agensi dengan Kang Gary menetapkan harga tiket yang cukup mahal.

Setelah munculnya protes dari banyak pihak, konser tersebut dibatalkan. Gary yang merasa bersalah memutuskan untuk menghentikan semua pekerjaannya di TV.

Baca juga: GTV Luncurkan Program Pencarian Bakat ‘Voice Of Ramadan The Next Sabyan’, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

7. Pernah shooting di Indonesia

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: SBS)

‘Running Man’ dikenal sering membuat episode internasional di banyak negara tidak terkecuali Indonesia. Anggota-anggota ‘Running Man’ sudah beberapa kali mampir ke tanah air.

Pada kesempatan pertama, ‘Running Man’ bersama pesepakbola Park Ji-sung berkompetisi di turnamen ‘Asian Dream Cup’ melawan tim Indonesian All-Star. Setelah itu, shooting dilanjutkan di Taman Safari di Bogor untuk episode 200.

Yang kedua adalah saat Lee Kwang-so dan Jeon So-min ke Yogyakarta untuk menjalani hukuman karena kalah di episode sebelumnya.

8. Dibeli lisensinya oleh beberapa negara

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: ZRTG: Zhejiang Television)

Hingga saat ini ada beberapa versi ‘Running Man’ yang dibuat oleh negara lain. ‘Keep Running’ adalah versi Mandarin dari acara populer ini. Beberapa anggota ‘Running Man’ pernah menjadi bintang tamu.

Di Indonesia sendiri ada acara ‘Mission X’ yang memiliki format acara yang sama. Pihak Trans TV mengaku bahwa ‘Mission X’ sudah membeli lisensi ‘Running Man’ secara sah.

9. Hanya beberapa idol group yang hadir komplit dalam satu episode

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: soompi)

Popularitas ‘Running Man’ tidak lepas dari bintang tamu terkenal terutama dari kalangan idol. Dari sekian banyaknya idol group yang pernah mampir hanya sedikit yang semua anggotanya tampil bersamaan di satu episode. Beberapa di antaranya adalah 2ne1, TVXQ, Sistar, Twice, Big Bang, CNBlue, Shinhwa, dan ZE:A.

Semua anggota BTS, Red Velvet, GFriend, dan lainnya pernah tampil komplit namun hanya untuk waktu yang pendek bukan satu episode penuh.

Baca juga: Drama ‘Love in Sadness’, Kisah Cinta Tragis Seorang Artis

10. Tiap member punya panggilan unik berdasarkan nama binatang

Running Man Tayang di RTV, Simak Dulu 10 Faktanya Kalau Ngaku Fans

(foto: devianart/@dejamart)

Fans setia ‘Running Man’ pasti sudah tahu panggilan masing-masin member. Mulai dari Yoo Jae Suk yang dikenal sebagai Grasshopper karena ia pernah memakai kostum belalang di sebuah acara komedi. Ia juga memiliki panggilan Yoo-mes Bond hingga Yoo-ruce Willis di episode-episode tematik.

Haha dikenal sebagai Penguin atau Pororo si karakter animasi karena kemiripannya. Hewan impala berkaitan erat dengan Ji Suk Jin karena dianggap sebagai sasaran empuk. Ada pula Lee Kwang Soo yang dipanggil si Jerapah karena tinggi badannya.

Selain itu, Kim Jong Kook yang kuat dan berotot dikenal sebagai harimau. Berbeda dengan yang lain Song Ji Hyo tidak memiliki nama binatang namun di versi animasi ia memiliki telinga seperti kucing.

Dari 10 fakta di atas, nomor berapa yang kalian baru tahu? Jangan lupa saksikan ‘Running Man’ ya di RTV setiap hari Sabtu!

Loading...