inspirasi

Hebat! Inilah 5 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

Penulis:   | 

Indonesia memiliki banyak seniman hebat yang sudah mendunia. Karya-karyanya tidak lekang oleh waktu dan selalu bisa diapresiasi, walaupun sosoknya mungkin telah tiada.

Nama-nama besar seniman senior Indonesia seperti Raden Saleh, Basoeki, Barli Sasmitawainata, dan Affandi sudah menghasilkan karya yang terkenal baik di dalam maupun di luar negeri.

Tapi Indonesia hari ini juga tidak kekurangan seniman berbakat. Hal ini terbukti dari lahirnya seniman muda yang karya-karyanya diakui dunia. Inilah para seniman muda Indonesia yang sudah mendunia.

Baca juga: Keren, Inilah 7 Game Buatan Indonesia yang Sudah Mendunia

1.Darbotz

Hebat! Inilah 7 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

(foto: detik)

Mural seringkali dianggap sebagai coretan acak yang hanya mengotori kota, namun tidak ditangan Darbotz. Ia terkenal  ke dunia internasional berkat karya-karya mural yang digambarnya.

Darbotz adalah seorang seniman Jakarta yang mengawali karier pada awal tahun 2000-an. Karyanya yang berupa mural sudah tersebar di banyak tempat seperti gedung, jalanan, sampai sepatu, dan kaos.

Darbotz yang konon selalu enggan mengungkapkan nama aslinya sudah melalang buana.

Beberapa karyanya bahkan ikut dipamerkan dalam berbagai ajang pameran tingkat internasional, seperti di Perancis, Singapura, Hongkong, Australia, dan Filipina.

Puncak karirnya adalah saat Darbotz berkolaborasi dengan salah satu merek sepatu asal California, yaitu DC Shoes. Hasil kolaborasi mereka terjual dengan jumlah yang cukup fantastis di Jepang dan Brazil.

2.Bayu Santoso

Hebat! Inilah 7 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

(foto: detik)

Bayu Santoso adalah lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang karyanya pernah memenangkan kompetisi desain cover alternatif untuk album V dari Maroon 5 tahun 2014 yang lalu.

Kemenangannya dalam kompetisi tidak lepas dari keunikan karyanya yang menggabungkan unsur barat dan ornamen khas Indonesia. Kedua unsur ini disatukan dalam satu objek utama berupa harimau.

Sejak saat itu, pria kelahiran tahun 1994 ini semakin dikenal. Karena kemenangannya, banyak seniman dunia pun mengapresiasi karyanya yang hebat.

Bayu juga punya minat tersendiri dalam musik. Sebelum mendesain cover album Maroon 5, ia juga memenangkan lomba poster yang diadakan oleh musisi Billy Joel.

3.Roby Dwi Antono

Hebat! Inilah 7 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

(foto: detik)

Roby Dwi Antono adalah seniman muda Indonesia berikutnya yang terkenal dengan lukisannya yang unik, terkadang menyeramkan, dan detail menawan. Siapa saja yang melihat lukisannya akan berdecak kagum.

Pelukis asal Semarang ini lahir pada tahun 1990 dan telah berhasil mengikuti pameran di pagelaran seni Art Fair Tokyo pada usia 26 tahun.

Prestasi lain yang berhasil dia raih adalah mengikuti pameran bergengsi di ART Stage Singapore dan Art Phillipine.

Keunikan lukisan Roby lahir dari campuran unsur drama dan melankolis. Tak jarang lukisan yang dia buat juga menimbulkan beragam interpretasi.

Selain itu, Roby juga selalu memasukan cerita mengenai keluarganya di setiap lukisan yang dibuatnya.

Baca juga: 7 Publisher Game Asal Indonesia, Bisa Tembus Pasar Internasional

4.Naufal Abshar

Hebat! Inilah 7 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

(foto: detik)

Naufal Abshar adalah seniman muda Indonesia yang telah menggelar pameran solonya di Art Porters Gallery, Singapura tahun 2018 yang lalu. Pameran bertajuk ‘Is This Fate?’ dikuratori oleh pengamat seni dari Israel.

Pria lulusan Lasalle College of the Arts, Singapura ini sudah menyukai dunia gambar sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Roby terus menekuni hobi menggambar tersebut hingga akhirnya berhasil mendunia seperti saat ini.

Hebatnya, kini karya-karyanya telah dibeli oleh kolektor seni dari berbagai negara seperti Singapura, Spanyol, Perancis, sampai Afrika Selatan.

5.Sinta Tantra

Hebat! Inilah 7 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

(foto: framer-framed)

Sinta Tantra adalah seniman visual keturunan Bali yang karyanya berhasil dipajang di Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Salah satu karya Sinta yang terkenal adalah sebuah lukisan dinding jembatan dengan panjang 150 meter yang dibuat di Canary Wharf, London.

Sinta juga terkenal dengan ciri khasnya yang selalu menggunakan warna cerah pada bidang-bidang yang besar.

Sepanjang karirnya, seniman kelahiran 1979 ini sudah menerima banyak penghargaan di antaranya dari Deutsche Bank Award in Fine Art, dan Research Grants dari Britis Council and Arts Council England.

Dalam proses pembuatan lukisannya, Sinta kerap mendapatkan inspirasi dari tempat asalnya, yaitu Bali. Salah satu karyanya juga  dipajang di The Collections of Britain’s Government Art Collection.

Itulah 5 nama seniman mudah Indonesia yang sudah mendunia. Tentu saja masih banyak seniman muda lain yang juga berbakat dan layak diapresiasi karyanya.

Sudah semestinya kita bisa memberi apresiasi untuk anak bangsa yang berkarya dengan hebatnya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.