inspirasi

7 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

Penulis:   | 

Dalam perjalanan bangsa Indonesia, tidak sedikit hasil karya seni yang sudah berhasil menjadi sejarah. Luasnya peradaban negeri sudah menginspirasi banyak seniman untuk berekspresi dalam karya.

Pelukis Indonesia menjadi orang-orang yang sudah menampilkan beragam sudut pandang yang indah dan menceritakan banyak keunikan.

Dari sabang sampai Merauke, pelukis terkenal dari tanah air masih banyak yang karyanya abadi.

Bukan hanya di lingkup dalam negeri, tapi hasil karya pelukis Indonesia sudah melegenda dan berhasil diakui oleh dunia. Beberapa lukisan bahkan dipajang di museum seni di luar negeru.

Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Indonesia yang masih bisa melihat dan mengapresiasi karyanya. Berikut adalah 10 pelukis Indonesia yang terkenal dan karyanya sudah menjadi legenda.

Baca juga: Sejarah Prasasti Katiden, Konservasi Alam Peninggalan Majapahit

1. Raden Saleh (1807-1880)

7 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: gnfi)

Raden Saleh adalah pelukis legendaris dari Indonesia yang juga pernah menempuh pendidikan di bidang seni sampai ke Eropa. Raden Saleh menjadi seorang maestro lukis dengan banyak penghargaan yang diraihnya.

Raden Saleh sempat tinggal lama di Eropa dan menghasilkan karya genre naturalis.

Beberapa karyanya yang terkenal antara lain adalah A Flood on Java, Lion and Tiger Fighting, Fighting With a Lion, Fleeing Animals, Forest Fire dan lain-lain.

2. Abdullah Suriosubroto (1878-1941)

 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: lingkarpng)

Abdullah Suriosubroto adalah salah satu pelukis Indonesia yang terkenal pada abad ke-20. Pendidikan formalnya memang kedokteran, tapi akhirnya memilih fokus menjadi pelukis sejak pindah ke Belanda.

Ciri khas lukisan Abdullah Suriosubroto adalah pemandangan alam yang tampak seperti nyata.

Orang-orang Belanda menjulukinya ‘Mooi Indie’ atau Hindia yang indah. Sampai sekarang, karya-karyanya masih tersimpan rapi di museum.

3. Affandi Koesoema (1907-1990)

 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: detik)

Nama Affandi Koesoema menjadi salah satu pelukis Indonesia yang terkenal di dunia. Tidak kurang dari 2000 karya telah dibuatnya. Teknik melukisnya sangat unik karena tidak memakai kuas, melainkan memakai jari.

Pada tahun 1950-an Affandi pernah mengadakan suatu pameran di Inggris, Amerika, Eropa, dan beberapa negara Asia. Kini karya-karyanya disimpan dan dipamerkan di Museum Affandi di Yogyakarta.

Baca juga: Cerita Kancil dan Buaya, Punya Pesan Moral Penting

4. Agus Djaya (1913-1994)

 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: pojokseni)

Pelukis Agus Djaya adalah keturunan bangsawan asal Banten. Latar belakang keluarganya yang berada membuatnya mampu melanjutkan studu ke Academy of Fine Art, Amsterdam.

Bahkan di Belanda ia sempat bertemu dan berdiskusi dengan beberapa pelukis terkenal seperti Pablo Picasso, Ossip Zadkine, dan Salvador Dali.

Salah satu kontribusi pentingnya adalah mendirikan Persatuan Ahli Gambar Indonesia atau Persagi.

5. Sindu Sudjojono (1913-1985)

7 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: ivaa-online)

Sindu Sudjojono merupakan seorang pelukis Indonesia yang berasal dari Kisaran, Sumatera Utara. Semasa hidupnya, Sindu pernah belajar ilmu seni lukis di Jepang.

Karya lukisannya banyak bertema seputar perjuangan bangsa Indonesia untuk memperebutkan kemerdekaan.

Karya-karyanya yang terkenal antara lain adalah Pasukan Kita, Cap go meh, Wanita di Atas Bukit dan masih banyak lagi.

6. Basuki Abdullah (1915-1993)

 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: invaluable)

Nama Basuki Abdullah terkenal dengan karya lukisan potret. Seniman kelahiran kota Solo ini termasuk pelukis potret yang berpengaruh di seantero dunia.

Sepanjang kariernya, Basuki Abdullah sempat diangkat menjadi pelukis di Istana Merdeka dan pelukis di Istana Kerajaan Thailand pada tahun 1960-an.

Karyanya banyak diapresiasi para pemimpin dunia. Sampai sekarang, sudah lebih dari 20 negera di seluruh dunia yang mengoleksi karya terbaiknya.

7. Dullah Suleiweh (1919-1996)

7 Pelukis Indonesia Terkenal, Karyanya Sudah Melegenda

(foto: ivaa-online)

Sama seperti Basuki Abdullah, pelukis Dullah Suleiweh juga lahir di kota Solo, Jawa Tengah. Dullah juga menjadi pelukis di istana sejak tahun 1950-1960.

Ada beberapa pameran yang dilakukan antara tahun 1978-1980. Lukisannya juga banyak disukai oleh para pejabat tinggi di dalam dan luar negeri misalnya Ir. Soekarno, Adam Malik, Muhammad Hatta, Eisenhower presiden Amerika, sampai ke museum seni di Ceko.

Itulah nama-nama pelukis Indonesia yang terkenal sepanjang sejarah. Semoga kita bisa menjadi generasi yang mengapresiasi karya-karya para pendahulu kita.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.