hiburan

Keren! 7 Animasi Buatan Indonesia yang Sudah Go International

Penulis:   | 

Animasi Buatan Indonesia – Film animasi sangat identik dengan nama-nama studio besar seperti Toei Animation, Disney, Pixar, Studio Ghibli, dan lainnya.

Banyak judul film garapan mereka yang pernah menemani kita menghabiskan waktu liburan, dulu maupun saat ini.

Di tahun 2010 sampai 2015-an, dunia animasi lokal mulai tumbuh secara perlahan-lahan dan akhirnya menghasilkan beberapa judul yang kualitasnya diakui sampai ke dunia internasional.

Tidak tanggung-tanggung, ada 7 animasi buatan Indonesia yang go international.

Baca juga: Keren, Inilah 7 Game Buatan Indonesia yang Sudah Mendunia

1. Kuku Rock You (2014)

Keren! 7 Animasi Buatan Indonesia yang Sudah Go International

(foto: liputan6)

Kuku Rock You adalah film yang menceritakan sekelompok ayam kampung. Mereka ingin menjadi penyanyi rock dan go internasional. Akan tetapi, perjuangan kelompok tersebut penuh dengan tantangan.

Film yang mirip dengan Shaun the Sheep ini dibuat oleh Achmad Rofiq, seorang animator asal Malang. Pada tahun 2008, Kuku Rock You berhasil mendapatkan kemenangan dalam kompetisi Japan Asiagraph.

2. Battle of Surabaya (November 10th) (2015)

Keren! 7 Animasi Buatan Indonesia yang Sudah Go International

(foto: gnfi)

Battle of Surabaya adalah film animasi yang mengadopsi sejarah perang 10 November di Surabaya.

Film ini berhasil menyabet tiga penghargaan Internasional, yaitu; International Movie Trailer Festival (2013), Seoul International Cartoon & Animation Festival (2016), dan Filmmaker Festival of World Cinema (2018).

Bercerita tentang petualangan Musa, seorang penyemir sepatu berusia 13 tahun yang beralih menjadi kurir istimewa karena idealismenya sendiri.

Musa memiliki semangat patriot dan cinta damai yang terbalut dalam nilai ketuhanan, karena itu profesi penyemir sepatu tidak mengarah kepada hal yang dia perjuangkan.

Sementar itu, pekerjaannya saat menjadi kurir istimewa adalah menyampaikan surat-surat rahasia mengenai strategi perang.

Hal ini jelas lebih sesuai dengan idealisme yang dia junjung. Dari pekerjaannya ini juga, dia menjadi perantara untuk kemenangan para pejuang Republik Indonesia.

3. Kiko and Friends (2016)

Keren! 7 Animasi Buatan Indonesia yang Sudah Go International

(foto: pinterest)

Film besutan MNC Animation ini pernah mendapatkan pengakuan dalam acara Asian Academy Creative Award pada tahun 2019 yang lalu.

Film animasi buatan Indonesia ini menceritakan tentang kehidupan hewan laut yang bermutasi.

Mereka adalah Lola si ikan diskus, Patino si ikan patin, Poli si ikan cupang, dan Kiko si ikan mas koki. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka sering berpetualang.

Namun saat berpetualang itu, Kiko dan teman-temannya justru kerap mendapat gangguan dari Pupus si ikan belut juga Karkus si ikan lele. Konflik di antara mereka lantas menghasilkan cerita yang menegangkan sekaligus lucu.

Baca juga: 7 Publisher Game Asal Indonesia, Bisa Tembus Pasar Internasional

4. Knight Kris (2017)

Keren! 7 Animasi Buatan Indonesia yang Sudah Go International

(foto: liputan6)

Film garapan Viva Fantasia Animation ini memiliki durasi yang pendek, yaitu sekitar 15 menit saja.

Namun Knight Kris telah mengikuti tiga kompetisi bergengsi di luar negeri, yaitu London Independent Film Award (Inggris), Calcutta Film Festival (India), dan Cartoon on Bay (Italia).

Dalam Knight Kris, diceritakan ada anak laki-laki yang menemukan keris di sebuah kuil rahasia di hutan. Sejak itu dia berubah menjadi superhero harimau.

Namun, di saat yang sama musuh sejatinya, yakni Asura Murka yang sudah terperangkap lama ikut bebas.

5. Si Juki The Movie (2017)

Keren! 7 Animasi Buatan Indonesia yang Sudah Go International

(foto: beritagar)

Ini adalah film adaptasi dari  komik yang berjudul Si Juki. Diproduksi oleh Kumata Studio, dalam film ini tokoh Juki pun dibuat semakin hidup. Dalam Si Juki The Movie, Juki adalah seorang selebritis terkenal.

Namun karena kesalahan yang dia buat, dia pun menjadi musuh nomor satu bagi masyarakat.

Lalu suatu hari, ada sebuah meteor yang diprediksi jatuh di wilayah Indonesia. Seorang ilmuwan meminta Juki menghentikan meteor tersebut.

Film ini berhasil mendapatkan penghargaan Piala Citra (2018) dan ikut tampil dalam film The Spongebob Movie: Sponge on the Run yang dirilis tahun 2020 kemarin.

6. Candy Monster (2020)

Keren! 7 Kartun yang Sudah Go International

(foto: merahputih)

Candy Monster menceritakan tentang kehidupan Chloe, seorang gadis berusia 6 tahun dan sangat menyukai permen. Bahkan, dia sampai mendekor kamar dan pakaiannya dengan unsur permen.

Namun, Chloe sangat ketakutan pada monster-monster yang berniat mencuri semua permennya. Karena itu, semua permen miliknya disimpan di dalam toples.

Film 3D ini memiliki durasi pendek, namun berhasil diakui oleh dunia internasional.

Tahun 2020 kemarin, Candy Monster tayang dalam acara Zlin Film Festival ke-60 di Ceko dan International Comic and Animation Festival 2020.

7. Meraih Mimpi (2009)

Keren! 7 Kartun yang Sudah Go International

(foto: singtothedawn)

Meraih Mimpi merupakan film animasi 3D musikal yang digarap oleh studio Infinite Frameworks.

Alkisah, seorang anak perempuan dan adik laki-lakinya harus berjuang untuk menyelamatkan desa dari cengkraman seorang pengusaha dan tuan tanah kejam bernama Pairot.

Mereka berdua kemudian mencari surat warisan raja agar desanya bisa terselamatkan.

Produksi film ini diperkirakan mengeluarkan biaya sebesar lima juta dollar. Untungnya, biaya yang mahal itu mendapatkan hasil yang memuaskan.

Film Meraih Mimpi berhasil tayang di beberapa negara, yaitu Singapura, Malaysia, Korea, dan Rusia.

Itulah animasi buatan Indonesia yang terbukti kualitasnya. Bukan hanya menarik dilihat, tapi juga seru ceritanya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.