lifestyle

12 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Penulis:   | 

Manfaat susu beruang seringkali dijadikan sebagai minuman ketika sedang sakit. Pasalnya, susu ini dipercaya dapat memberikan energi sehingga membantu proses pemulihan agar lebih cepat.

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa susu beruang berasal dari beruang, karena terdapat gambar beruang di kemasannya.

Nyatanya, susu ini berasal dari susu sapi namun yang membedakannya adalah susu beruang melalui tahap sterilisasi yang lebih baik. Sehingga, susu ini memilikk kandungan yang lebih sehat dibanding dengan susu biasa.

Selain bermanfaat sebagai minuman yang mampu mempercepat proses pemulihan saat sakit, ternyata masih banyak manfaat susu beruang lainnya yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Manfaat tersebut diantaranya:

Baca juga: 7 Fungsi Hati, Serta Cara Merawatnya Agar Tetap Sehat

1. Membersihkan darah dan organ tubuh

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: pexels)

Darah merupakan alat angkut yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, darah harus selalu bersih agar oksigen tidak yang dibutuhkan oleh organ tubuh tidak terkontaminasi oleh virus dan bakteri penyebab penyakit.

Manfaat susu beruang adalah dapat membersihkan darah dan organ tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan, terdapat senyawa antioksidan di dalam susu ini yang bermanfaat membersihkan aliran darah.

Selain aliran darah, juga dapat membersihkan organ tubuh lainnya seperti hati, perut, rongga dada, dan organ dalam lainnya.

2. Membuat tidur lebih lelap

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Manusia membutuhkan tidur cukup sekitar 7-8 jam dalam sehari. Tujuannya, untuk mengistirahatkan organ tubuh dan menambah energi yang nantinya akan digunakan kembali untuk beraktivitas.

Namun, tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur, akibatnya tidur menjadi tidak cukup dan tidak lelap.

Jika terus dibiarkan, kebutuhan tidur tidak akan terpenuhi, akibatnya akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti anemia, mudah lelah, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat tidur menjadi lebih lelap dan berkualitas. Caranya, dengan mengonsumsi susu beruang secara rutin.

Hal ini dikarenakan, zat gizi yang terkandung di dalam susu tersebut mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tidur menjadi lebih lelap.

3. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: pexels)

Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Pasalnya, jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, maka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman mengandung lemak jahat.

Susu beruang mengandung lemak baik sehingga sangat aman dikonsumsi dan tidak membuat kadar kolesterol naik.

Dengan demikian, susu ini sangat berperan penting dalam mencegah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol.

4. Baik untuk ibu hamil

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Manfaat susu beruang ternyata juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Rupanya, susu ini memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

Beberapa manfaat tersebut diantaranya dapat mencegah kelainan tulang pada janin, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, mencegah asam lambung pada ibu hamil, serta memenuhi protein pada janin.

Konsumsilah susu beruang secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan karena justru akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

5. Meningkatkan fungsi kerja otak

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Otak merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Organ ini memiliki fungsi sebagai pengendali organ lainnya sehingga bisa menjalankan tugas dan peran dengan baik.

Selain itu, otak juga berfungsi untuk berpikir sehingga sangat penting untuk selalu dalam kondisi sehat.

Manfaat susu beruang bisa meningkatkan fungsi kerja otak. Mengonsumsi susu ini secara rutin dapat menstimulasi otak lebih aktif sehingga saat digunakan untuk berpikir, ia akan bekerja secara optimal.

6. Menjaga tulang tetap kuat

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Sangat penting untuk selalu menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Mengonsumsi susu beruang membantu menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari masalah tulang keropos.

Hal ini dikarenakan susu ini memiliki kandungan vitamin dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Seperti yang kita tahu bahwa kedua nutrisi tersebut dapat membuat tulang kuat dan terhindar dari radang sendi dan masalah tulang lainnya.

Baca juga: 7 Gerakan Senam Irama, dari Marching hingga Lunge

7. Menyembuhkan flu dengan cepat

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kankerh Nyenyak

(foto: istockphoto)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa susu beruang kerap dimanfaatkan untuk proses pemulihan ketika sakit. Jika kamu sedang sakit flu, makan mengonsumsi susu ini adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu mempercepat pemulihan tubuh dari penyakit flu.

Selain itu vitamin tersebut juga mampu melawan virus dan bakteri penyebab flu yang masuk ke dalam tubuh.

8. Haluskan kulit wajah

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat susu beruang juga bagus untuk kecantikan, terutama pada kulit.

Menjadikan susu ini sebagai masker rupanya dapa membantu menghaluskan kulit wajah. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan nutrisi di dalam susu beruang yang mampu membantu meregenerasi kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah masker wajah dari susu ini secara rutin.

9. Melembabkan kulit wajah

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Kulit wajah lembab sangat penting agar terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering yang akhirnya menyebabkan pecah-pecah dan iritasi.

Cara untuk melembabkan kulit wajah, cukup menggunakan masker dari susu beruang. Pasalnya, susu ini mengandung AHA dan vitamin yang mampu melembabkan wajah dengan cara menghidrasi kulit dengan optimal.

Selain menjadikannya sebagai masker wajah, kamu juga bisa mengonsumsinya secara rutin.

10. Mencerahkan kulit wajah

Mencerahkan kulit wajah

(foto: adobestock)

Hampir semua wanita pasti akan merasa kurang percaya diri ketika memiliki wajah kusam. Pasalnya, wajah kusam membuat kulit terlihat tidak sehat.

Untuk mencerahkan wajah, selain menggunakan produk kecantikan kamu juga bisa menggunakan susu beruang. Sebab, susu beruang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Caranya, jadikan susu ini sebagai masker yang bisa digunakan secara rutin. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu menutrisi kulitmu dan mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam sehingga tampak lebih cerah dan sehat.

11. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Mengatasi jerawat dan bekasnya

(foto: adobestock)

Jika kamu memiliki masalah kulit jerawat dan bekasnya yang sulit diatasi, kamu bisa menggunakan susu beruang sebagai masker wajah.

Kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat di dalam susu ini mampu menghilangkan jerawat serta bekasnya yang membandel.

12. Menghilangkan mata panda

Menghilangkan mata panda

(foto: adobestock)

Lingkaran hitam di bawah mata atau yang biasa disebut dengan mata panda, cukup mengganggu penampilan. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh kurangnya istirahat akibat begadang.

Cara menghilangkan mata panda bisa dengan menggunakan susu beruang. Caranya, tuangkan susu beruang ke dalam mangkuk. Ambil kapas, lalu celupkan ke dalam susu tersebut.

Setelah itu, tempelkan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam susu beruang ke area lingkaran mata yang menghitam. Tunggu hingga beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

13. Menetralkan racun dalam tubuh

(foto: istockphoto)

Tanpa kita sadari, terdapat banyak racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun tersebut berasal dari berbagai macam hal, seperti makanan dan minuman yang dikonsumsi, pikiran, udara kotor, dan masih banyak lainnya.

Jika racun tersebut tidak segera dinetralkan, maka dapat menimbulkan resiko yang lebih buruk bagi tubuh.

Manfaat susu beruang rupanya mampu membantu menetralkan racun dlaam tubuh. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan mineral baik yang terdapat di dalam susu tersebut.

Selain mineral, terdapat kandungan lainnya yang juga mampu meluruhkan racun dalam tubuh, seperti kandungan zat gizi yang juga bisa diperolej dari mengonsumsi susu beruang.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika mengonsumsi susu tersebut secara rutin untuk menghilangkan racun dalam tubuh secara alami.

14. Mengurangi pengeroposan kulit

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Tidak hanya tulang yang bisa mengalami pengeroposan, kulitpun juga bisa mengalami gangguan tersebut.

Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya kamu mengonsumsi susu beruang, sebab ia memiliki banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Beberapa kandungan tersebut diantaranya, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Seperti yang kita tahu bahwa ketiga vitamin tersebut sangat bagus dalam membantu meregenerasi kulit, sehingga dapat mencegah pengeroposan kulit.

Selain dapat mencegah pengeroposan, kandungan tersebut juga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel pada kulit.

15. Mengurangi dampak merokok

Hindari Beberapa Hal ini Yang Bikin Puasa Batal!

(foto: unsplash/fotografierende)

Merokok merupakan kebiasaan  buruk yang tidak baik untuk kesehatan. Seseorang yang suka merokok dapat meningkatkan resiko terserang penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dan masih banyak lainnya.

Jika kamu termasuk  perokok aktif, maka ada baiknya jika rutin mengonsumsi susu beruang. Pasalnya, susu tersebut dapat membantu mengurangi dampak merokok.

Terdapat kandungan vitamin kompleks di dalam susu beruang yang bermanfaat untuk merawat sel paru-paru agar tidak terjaid kerusakan akibat merokok.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin tersebut juga mampu melindungi paru-paru dari serangan virus berbahaya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi peroko aktif maupun pasif untuk mengonsumsi susu beruang secara rutin agar terhindar dari dampak buruk merokok.

16. Mencegah penyakit paru-paru

Fungsi Paru-Paru beserta bagian-bagian Penting di dalamnya

(foto: adobestock)

Saat manusia bernapas, meraka akan menggunakan saah satu organ yakni paru-paru untuk mengolah oksigen dan karbondioksida.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga dan memelihara kesehatan paru-paru agar terhindari dari berbagai macam penyakit.

Mengonsumsi susu beruang memiliki manfaat yang sangat baik bagi sel paru-paru. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan vitamin di dalamnya yang membuat organ tersebut bebas dari serangan virus ataupun paparan debu berbahaya dari luar.

17. Mengencangkan kulit wajah

19 Manfaat Daun Kelor, Enak Dimasak & Baik untuk Tubuh

(foto: adobestock)

Jika kamu memiliki kulit wajah kencang, maka dapat dipastikan bahwa kamu akan terhindari dari penuaan dini. Pasalnya, kondisi kulit tidaklah keriput, yang merupakn ciri dari penuaan.

Mengencangkan kulit wajah bisa dengan cara menggunakan krim wajah ataupu produk kecantuikan lainnya. Selain itu, juga bisa dengan melakukan perawatan kecantikan di sebuah klinik kecantikan, namun dengan biaya yang tidak murah.

Akan tetapi, jika kamu ingin memiliki wajah kencang dan sehat namun tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya, kamu bisa menggunakan susu beruang.

Kandungan vitamin D yang terdapat di dalam susu tersebut dapat membantu produksi kolagen. Seperti yang kita tahu, bahwa kolagen sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Dalam penggunaan susu beruang untuk mengencangkan kulit, kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah yang digunakan secara rutin.

Efek samping susu beruang

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Susu beruang memang memberikan manfaat luar boasa bagi kesehatan tubuh dan juga kulit. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi susu ini harus dalam jumlah wajar.

Pasalnya, jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping, seperti alergi, muncul jerawat pada wajah, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

1. Alergi protein susu

Susu merupakan minuman yang menyehatkan. Tak heran, jika banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengonsumsinya secara teratur.

Mengonsumsi susu setiap hari tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti bagi tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa tidaks emua orang bisa mengonsumsi susu?

Meski tak banyak, namun rupanya ada orang yang ternyata memiliki alergi terhadap susu karena terdapat kandungan protein di dalamnya.

Bisanya, kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar antibody susu yang ada di dalam tubuh. Tanda yang dihasilkan berupa alergi pada kulit.

Oleh sebab itu, jika kamu termasuk orang yang memiliki kondisi tersebut, maka sebaiknya untuk mengurangi konsumsi susu beruang, sebab knadungan protein tinggi di dalamnya dapat memperparah alergimu.

2. Muncul jerawat di wajah

Mengonsumsi susu beruang juga dapat menimbulkan efek samping pada kecantikan, salah satunya adalah tumbuhnya jerawat pada wajah.

Hal ini dikarenakan, kandungan protein tinggi yang terdapat di dalam susu ini mampu menghasilkan minyak berlebih pada kulit. Akibatnya, pori-pori akan tersumbat yang akhirnya berubah menjadi jerawat.

Terlebih lagi pada usia remaja, karena di masa itu mereka akan mengalami yang namaanya masa pubertas, yang mana kita tahu bahwa pada masa tersebut produksi hormon sangat berlebih.

Agar tidak terjadi kondisi demikian, sebaiknya konsumsi susu beruang dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan.

3. Peningkatan resiko kanker

Semua orang pasti tidak ingin menderita suatu penyakit berbahaya dan mematikan, seperti kanker.

Kita pasti tahu bahwa penyebab penyakit ini cukup beragam, namun yang paling umum terjadi adalah akibat pola hidup yang tidak sehat.

Penyebab lainnya yang mungkin membuat kita susah untuk percaya adalah akibat mengonsumsi susu beruang secara berlebihan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi susu tersebut dalam jumlah terlalu banyak, maka dapat menimbulkan resiko terserang penyakit kanker, seeprti kanker ovarium dan kanker prostat.

Hasil tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 500.000 lebih wanita. Wanita yang mengonsumsi 3 gelas susu per hari memiliki resiko mengidap kanker lebih tinggi dibanding wanita yang mengonsumsi susu lebih sedikit.

4. Gangguan pencernaan

Susu beruang memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan. namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menimbulkan efek samping pada pencernaan, terutama bagi ibu hamil.

Jika selama kehamilan ingin mengonsumsi susu ini, maka sebaiknya dalam porsi wajar dan diimbingi dengan asupan makanan sehat dan segar, agar janin di dalam kandunngan dapat berkembang dan tumbuh sehat.

Disamping itu, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi susu mengandung asam folat dibanding dengan susu beruang.

5. Menimbulkan dampak buruk bagi wajah

Susu beruang dapat dijadikan sebegai masker wajah. Pasalnya, di dalam susu tersebut terdapat kandungan vitamin yang mampu menyehatkan kulit.

Akan tetapi, bagi kamu yang tidak cocok dengan susu tersebut, maka sebaiknya hindari penggunaannya sebagai masker.

Sebab, dapat menimbulkan dampak buruk seperti kulit berminyak, alergi pada kulit, hingga munculnya beruntusan dan jerawat.

Oleh sebab itu, kenali dulu jenis kulitmu apakah cocok dengan kandungan yang terdapat di dalam susu beruang atau tidak.

Jika cocok. Bisa digunakan sebagai perawatan rumahan, namun jika tidak, sebaiknya dihentikan.

Akhir kata

Demikianlah, 17 manfaat susu beruang yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Mengingat efek samping yang ditimbulkan cukup berbahaya, maka sebaiknya konsumsi susu ini secukupnya saja dan tanpa berlebihan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.