travel

Kunjungi 10 Destinasi Wisata Vietnam yang Indah dan Unik Ini

By  | 

Bukan hanya Singapura dan Kuala Lumpur saja yang memiliki tempat wisata terbaik di Asia Tenggara, namun Vietnam juga memiliki banyak kawasan wisata favorit yang bahkan beberapanya masuk sebagai situs warisan dunia UNESO.

Keindahan alam Vietnam yang begitu mempesona dan tempat wisatanya yang cukup beragam, pastinya akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Apalagi bagi kamu yang mencari liburan luar negeri yang low budget, kamu bisa mencoba berkunjung ke Vietnam dan mengunjungi wisata-wisata di bawah ini.

Baca juga: 11 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

1. Melihat keindahan warisan dunia Ha Long Bay yang bak surga dunia

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/gadventures)

Jika berbicara tentang Vietnam, Ha Long Bay menjadi destinasi wisata pertama yang rasanya wajib untuk dikunjungi. Kepopuleran tempat wisata ini sudah teruji bahkan hingga ke Mancanegara.

Hal ini karena Ha Long Bay merupakan salah satu keajaiban alam dunia yang masuk sebagai situs Warisan Dunia UNESCO yang diresmikan pada tahun 1994. Lokasinya berada di Vietnam utara, dekat perbatasan Cina.

Pesona air lautnya yang berwarna hijau toska dan gelombang yang tinggi bak naga laut serta dikelilingi pulau-pulau batu kapur menjulang tinggi memang membuat Ha Long Bay terlihat bak di negeri dongeng.

Kawasan wisata ini mempunyai hingga 1.600 pulau batu kapur yang begitu indah dan terukir akibat fenomena alam. Sebagian tertutup oleh hutan, namun sebagian pulau lainnya mempunyai danau dan gua di dalamnya.

2. Melihat kemegahan bangunan kompleks Monumen Hue sebagai situs warisan UNESCO

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/vietnamtravelers),

Bukan hanya satu, Vietnam juga memiliki situs warisan Dunia UNESCO lainnya. Tepatnya di Kota Hue, Vietnam Tengah. Dulunya kota ini dibangun sebagai Ibu Kota Vietnam oleh Raja Pertama Dinasti Nguyen di tahun 1802.

Terdapat hingga ratusan monumen serta reruntuhan bersejarah seperti Purple City, Forbidden, Kota Imperial, Menara Bendera, Makan Kerajaan, Kuil, Pagoda, Museum, hingga perpustakaan.

Kompleks bersejarah ini tak hanya mempunyai arsitektur yang menawan, namun juga pemandangan alamnya yang begitu indah. Selain itu kawasan ini juga populer akan kulinernya, jadi jangan sampai melewatkannya.

3. Jalan santai dan berbelanja khas Vietnam di Kota Tua Hoi An

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/pointandshootwanderlust)

Bukan sekedar kota tua biasa, Hoi An merupakan salah satu pelabuhan perdagangan yang cukup penting karena menghubungkan Benua Eropa dan Asia selama 17 abad.

Meskipun kini kota perdagangan telah dipindahkan ke daerah lainnya, namun kelestarian Hoi An tetap terjaga sebagai kota tua yang menakjubkan.

Jalanan kecil yang dilalui pejalan kaki dan sepeda serta bangunan-bangunan klasik yang hingga kini masih berdiri kokoh menjadi daya tarik tersendiri.

Disini kamu bisa menemukan banyak bangunan kuno khas Cina, Jepang dan kanal-kanal khas Perancis disini.

Sungai Hoi An juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan waktu malam, tak heran jika Hoi An kini menjadi salah satu Warisan Dunia UNESCO yang diresmikan pada tahun 1999.

4. Pemandangan hijau sawah dan terasering Sa Pa Terraces  yang mempesona

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/four_magazine)

Bukan hanya di Bali saja yang memiliki pemandangan sawah terasiring, Vietnam juga memiliki kawasan yang serupa yang berada di Sa Pa. Sa Pa merupakan kota yang lokasinya tidak begitu jauh dari perbatasan Cina.

Kota ini memang terkenal dengan keindahan sawah yang hijau dan indah. Kamu bisa melihat hamparan pemandangan terasering sawah yang hijau di lembah Muong Hoa.

Bagi kamu yang menyukai tempat dengan pemandangan yang begitu indah dan alami, tak salah untuk memilih tempat ini sebagai destinasi wisata.

Kamu bisa mengambil foto menggunakan latar belakang sawah yang hijau dan tentu saja ini akan jadi momen special untuk liburanmu.

5. Pemandangan perbukitan batu kapur dan marmer, Marble Mountains

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/travelintoliving)

Marble Mountain merupakan kompleks wisata di Vietnam yang memiliki sekelompok 5 perbukitan kapur dan marmer yang berada di Ngũ Hành Sơn, di bagian selatan kota DaNang.

Lokasi ini merupakan sebagai situs ziarah agama yang dipenuhi lorong-lorong, kuil, gua-gua, dan puncaknya yang menawarkan pemandangan eksotis nan indah.

Kelima gunung tersebut mempunyai elemen yang terdiri atas logam (Kim), Kayu (Moc), Air (Thuy), Api (Hoa), dan bumi (Tho).

Semua gunung mempunyai pintu masuk dan terowongan yang menjadi tempat pendakian yang menuju puncak Gunung Thuy.

Wisatawan bisa menaiki tangga batu yang dihiasi ukiran unik untuk bisa sampai ke Situs Rahasia Hingga ke puncak gunung.

Namun jika kamu tak kuat untuk mendaki hingga ke puncak, pengelola tempat ini menyediakan lift yang akan membawamu menuju puncak, namun dengan biaya tambahan tentunya.

Baca juga: 10 Tempat Liburan di Brunei Darussalam, Wisata Sejarah Hingga Kuliner

6. Bersantai sejenak menikmati pantai terindah di Pulau Phu Quoc dan pemandangan bawah lautnya yang mempesona

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/travel_drops_)

Jika Thailand memiliki Phuket, maka Vietnam memiliki Pulau Phu Quoc yang berada di depan pantai Kamboja.

Pulau ini adalah pulau terbesar yang ada di Vietnam, di dalamnya terdapat hutan tropis alami dan hijau yang tumbuh lebat, pantai yang besar, serta terumbu karang yang belum pernah terjamah.

Salah satu pantai terindahnya yaitu Bai Dau (Long Beach) menjadi salah satu dari 5 pantai terindah dunia. Jadi rasanya tempat ini tak bisa dilewatkan begitu saja saat berlibur ke Vietnam.

Pantai ini terkenal sangat bersih dan indah. Dan hal lainnya yang populer disini adalah nuoc nam (saus ikan fermentasi) yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia.

7. Menikmati waktu santai sejenak di Hoan Kiem Lake yang berada di tengah Kota Hanoi

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/so_vietnam_travel)

Jika sedang berlibur di Hanoi, ibukota Vietnam maka jangan lupa untuk singgah di Danau Hoan Kiem yang menjadi wisata cukup populer di kota Hanoi. B

erada di tengah kota, Danau Hoan Kiem mempunyai arti “Returned Sword”, dimana ini merupakan adapatasi Legenda Raja Le Loi.

Legenda tersebut menceritakan jika Raja Le Loi mempunyai pedang magis yang didapat dari para dewa yang digunakan untuk mengusir Cina.

Kemudian Raja mengembalikan pedang tersebut pada “Golden Turtle God” yang ada di dalam danau. Karena itulah di tengah danau ini kamu bisa melihat keberadaan  kuil “Gorden Turtle”.

8. Melihat ikon jembatan emas, Ba Na Hills

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/serenastravel)

Layaknya negeri dongeng, wisata puncak gunung ini begitu mempesona dengan ketinggian 1.478 mdpl di sisi barat kota Da Nang.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, pengunjung tak perlu mendaki dikarenakan lobi resort berada di kaki gunung. Ba Na Hills mempunyai objek yang cukup menarik, yaitu Jembatan Emas yang berada di Kebun Thien Thai.

Dari Jembatan Emas ini, wisatawan bisa melihat pemandangan kota Da Nang dari atas ketinggian yang begitu modern dan dinamis.

Di sini juga terdapat Desa Perancis, yang mana di dalamnya terdapat bangunan-bangunan Prancis Kuno mulai dari gereja, mobil antic, dan tiang lampu. Jika beruntung, kamu mungkin bisa menyaksikan karnaval.

9. Berlibur bersama pasangan di Nha Trang, kota resor yang penuh pesona

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/so_vietnam_travel)

Jika kamu sedang berlibur bersama pasangan di Vietnam, mungkin pilihan yang sangat tepat jika kamu berkunjung ke Nha Trang.

Kota resor yang dipenuhi dengan sejuta keindahan ini menawarkan objek wisata bahari beserta keseruan bermain olahraga air yang menyenangkan.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba disini, mulai dari snorkeling, scuba diving, catamaran rides, berlayar hingga kite boarding. Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk mencicipi aneka Hoi An Local Food yang lezat disini.

10. Menikmati petualangan seru di bukit pasir Bau Trang

Menjelajahi Negara Vietnam? Kunjungi Destinasi Wisata Indah Dan Unik Ini

(foto: instagram/k_c.alm)

Wisata Vietnam yang tidak kalah menarik lainnya untuk dikunjungi yaitu The Sand Dunes yang merupakan buikit berpasir berwarna keemasan.

Tempat ini berada 65 km dari Phan Tiet yang menawarkan liburan khas Timur Tengah yang seru dan menyenangkan.

Uniknya ada 2 tempat yang serupa dengan Gurun Sahara yaitu The White Dunes & The Red Dunes. Untuk lokasi pertama lebih dikenal sebagai Bau Trang oleh penduduk setempat.

Tempat ini memiliki pemandangan pohon-pohon pinus yang hijau dan teduh. Sedangkan Red Sand Dune mempunyai tampakan pemandangan pasir berwarna coklat kemerahan.

Tempat ini menjadi lokasi terbaik jika kamu ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Itulah beberapa tempat wisata yang unik dan indah khas Vietnam yang jarang dijumpai di negara lain.