. 10 Tempat Liburan di Brunei Darussalam, Wisata Sejarah Hingga Kuliner

travel

10 Tempat Liburan di Brunei Darussalam, Wisata Sejarah Hingga Kuliner

By  | 

Meskipun tak sepopuler Negara di kawasan Asia Tenggara lainnya sebagai destinasi wisata, Brunei Darussalam menjadi Negara yang patut dikunjungi saat liburan.

Brunei Darussalam selama ini dikenal sebagai Negara terkaya di Asia berkat ladang minyak serta gas bumi yang dimilikinya. Namun daya tarik Negara ini tak hanya disitu saja.

Kebudayaan yang dimiliki Kesultanan Brunei serta sejarah panjang yang ada di dalamnya begitu kental dan cukup menarik untuk dieksplor.

Selain itu berbagai objek wisata yang menarik juga dimiliki oleh Negara ini yang bisa membuat liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa referesi berbagai tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Brunei Darussalam.

Baca juga: 10 Lokasi Wisata di Thailand yang Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing

1. Melihat kubah emas Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang megah

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/cebupacificair)

Bisa dikatakan jika wisata religi ini menjadi landmark dari Negara Brunei. Berlokasi di Bandar Sri Bengawan, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin memiliki ciri khas pada bagian kubah yang dibuat dari bahan emas murni.

Lokasinya tepat di pinggiran sungai Brunei, yang membuat pemandangan sekitarnya sangat menawan. Tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi, mulai dari wisatawan lokal hingga luar negeri banyak mengunjungi masjid ini. Apalagi saat malam tiba, kawasan masjid ini akan diterangi lampu-lampu LED yang berwarna-warni.

Fungsi utamanya sebagai tempat ibadah masyarakat muslim, tapi Masjid Sultan Omar Saifuddin masih dapat dikunjungi siapapun. Yang terpenting adalah pengunjung yang datang tetap berpakaian sopan.

2. Mengintip kemegahan Istana Nurul Iman, istana negara sekaligus kediaman resmi Sultan

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/cinnamikamon)

Tak jauh dari Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, kamu bisa mengunjungi Istana Nurul Iman yang merupakan Istana Negara sekaligus kediaman resmi dari Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Istana ini telah berdiri sejak 1984 dan di masa pembuatannya menelan biaya hingga $1.4 juta. Istana ini berada di lahan seluas 200.000 m2 dan menjadi istana terbesar yang ada di dunia (menurut Guinness World Records). Lokasinya berada di Bukit Lumadin, Jalan Tutong yang berada di tepi Sungai Brunei.

Gaya arsitektur islam-Melayu klasik sangat kental menyelimuti masjid ini. Hanya saya, keindahan istana ini tidak dapat dinikmati setiap saat.

Istana ini hanya dibuka untuk umum 1 kali dalam setahun yaitu ketika Hari Raya Idul Fitri kurang lebih selama 3 hari.

Namun meskipun begitu, kamu masih dapat menikmati kemegahan Istananya dari luar sambil mengambil beberapa foto.

3. Berkeliling Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/travelsofabookpacker)

Sama seperti masjid sebelumnya, Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah ini pun juga cukup ramai dikunjungi wisatawan. Hal yang menarik disini adalah pagar dan kubah Masjid dilapisi dengan emas yang membuatnya tampak megah.

Suasana di dalam masjid juga sangat teduh dan tenang karena dikelilingi taman yang hijau serta kolam. Hanya saja sayangnya pengunnjung yang datang dilarang mengambil foto di dalam jasid, hanya diperbolehkan dari luar saja. Selain itu pengunjung juga tidak diizinkan masuk saat jam berdoa terkecuali untuk shalat.

Dan untuk non-muslim yang sedang berkunjung dan tidak menggunakan pakaian tertutup akan diberikan khusus jubbah hitam sehingga bisa berkeliling masjid.

4. Menaiki Cruise dan safari Sungai Brunei

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/bruinerivercruise)

Tak hanya wisata sejarha dan religi saja, Brunei juga memiliki wisata alam yang wajib dikunjungi yaitu Safari Sungai Brunei. Disini kamu akan diajak menjelajah ekosistem sungai dengan menggunakan perahu.

Sepanjang safari, kamu juga bisa melihat pemandangan hutan bakau dan berbagai fauna yang ada di dalamnya. Apalagi saat dilakukan di malam hari, Safari bisa memberikan suasana baru yang menantang.

Ingin lebih wah? Sewa saja kapal pesiar untuk berkeliling Sungai Brunei. Brunei River Cruise ini selalu tersedia setiap minggunya.

5. Melihat desa prasejarah di Kampung Ayer

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/royalbruneiair)

Kampung Ayer merupakan desa prasejarah yang dibangun berbentuk panggung diatas Sungai Brunei. Wisata ini terkenal sebagai desa air terbesar yang ada di dunia. Beberapa orang bahkan menyebutnya dengan julukan “Venesia dari Timur”.

Tempat ini merupakan rumah untuk 40.000 warga dan telah dihuni selama 1 millenium. Meskipun terlihat kuno, namun Kampung Ayer ini  sudah memiliki fasilitas lengkap seperti sekolah, satelit, layanan darurat, bahkan hingga Wifi.

Baca juga: Menjajal 10 Destinasi Wisata Rusia yang Bak Negeri Dongeng

6. Menengok keberagaman budaya di Teng Yun Temple

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/inigo_atomos)

Meskipun dikenal sebagai Negara Muslim, namun di Brunei Darussalam kamu pun juga bisa menemukan keberagaman dengan budaya dan agama lainnya. Bukan hanya masjid, kamu juga dapat mengunjungi Teng Yun Temple.

Lokasinya persis di pinggiran jalan kota Bandar Sri Bengawan. Tak terlalu luas, namun cukup bersih dan terawat. Apalagi dengan warnanya yang cerah memang cukup mencolok.

Arsitekturnya terlihat kuno karena bersaing dengan bangunan modern lainnya. pengunjung yang datang dapat berdoa sekaligus menyalakan dupa.

7. Berpetualang dan menikmati alam Ulu Temborong National Park

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/adel.travels)

Bagi kamu pecinta petualangan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Ulu Temburong National Park. Disini kamu dapat menikmati pemandangan beberapa air terjun yang sangat indah dengan dihiasi berbagai aneka flora dan fauna.

Ingin menginap? Disini tersedia resort yang dapat digunakan bermalam dan istirahat. Sambil menikmati pemandangan alamnya yang menakjubkan, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Seperti kayak, camping, rafting, hingga night jungle walk.

Jika kamu ingin berkunjung, sebaiknya datang ketika musim panas karena taman nasional ini benar-benar terlihat asri. Ketika musim hujan tiba, tentunya akan sangat menganggu perjalananmu menuju Ulu Temburong.

Mengingat lokasinya yang terpisah dengan daratan Brunei, pengunjung harus menaiki kapal untuk bisa mencapai lokasi.

Saat berada disini, jangan lupa untuk menaiki jembatan agar bisa melihat hutan hijau yang indah dari atas ketinggian sambil berfoto.

8. Menikmati air terjun tengah kota di Tasek Lama Recreational Park

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/kimbccng)

Rekomendasi tempat wisata lainnya di Brunei Darussalam yang patut untuk dikunjungi adalah Tasek Lama Recrenational Park. Taman Rekreasi ini berada di Bandar Sri Begawan dan terletak di tengah perkotaan, jadi aksesnya sangat mudah.

Jadi jika mungkin kamu tak berkesempatan untuk mengunjungi Ulu Temborong National Park, maka taman ini dapat menjadi alternative wisata lainnya. kamu pun juga bisa melihat air terjunnya yang indah.

Apalagi setelah hujan, air terjunnya begitu indah karena aliran air lebih deras. Berbeda di saat musim kemarau tiba, debit air menjadi lebih sedikit jadi kurang begitu bagus saat dijadikan tempat berfoto.

9. Berfoto dan menikmati kemegahan Billionth Barrel Monument

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/renz_maano)

Tempat wisata menarik lainnya di Brunei Darussalam yang patut dikunjungi ini didirikan pada tahun 1991. Monumen ini dibangunj dengan tujuan memperingati produksi 1 Milyar tong minyak yang ada di Seria.

Lokasinya berada dekat dengan Seria Oil Field yang mana menjadi ladang minyak pertama yang ditemukan. Mengingat Brunei Darussalam menjadi Negara produsen gas alam cair yang paling besar no-4 di dunia, tak heran jika monument ini dibangun.

10. Nikmati kuliner khas Brunei di Gadong Night Market

Rekomendasi Tempat Liburan Di Brunei Darussalam, Dari Wisata Sejarah Hingga Kuliner Lengkap

(foto: instagram/dinnax)

Tak puas rasanya jika berlibur ke Brunei Darussalam tanpa mencicipi aneka kulinernya yang lezat.  Kamu bisa mencicipi aneka kuliner khas Brunei di Gadong Night Market.

Tempat ini merupakan surga belanja dan kuliner yang populer di Brunei. Ada banyak makanan lokal dan jajanan enak yang bisa kamu temukan. Bahkan makanan yang ada di Brunei Darussalam sebenarnya tak jauh berbeda dengan makanan di Indonesia.

Nah itu tadi deretan berbagai tempat-tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Brunei Darussalam. Jika kamu mencari tempat wisata di kawasan Asia Tenggara yang unik dan berbeda, mungkin Brunei bisa jadi pilihan terbaik.