travel

19 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

Penulis:   | 

Tak hanya Singapura, Thailand, maupun Kualalumpur, Laos bisa menjadi tujuan untuk wisata dengan aneka destinasi menarik untuk bisa dikunjungi.

Padahal masih banyak negara lainnya yang menawarkan keindahan yang mampun memanjakan mata. Seperti Negara Laos misalnya, negara ini punya banyak tempat wisata yang indah dan juga mempesona.

Yang sayangnya belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan wisata-wisata di Laos. Seperti tempat wisata di Laos di bawah ini, yang dapat memberikan pengalaman liburan terbaik dan menyenangkan.

Baca juga: 13 Tempat Liburan di Brunei Darussalam, Wisata Sejarah Hingga Kuliner

1. Berfoto Bersama Patung-Patung Budha di Buddha Park

Buddha Park

(foto: instagram/voraratphui)

Tempat wisata pertama yang direkomendasikan saat berkunjung ke Laos adalah Buddha Park. Wisata terbaik di Laos ini dibangun oleh Luang Pu Bunleae di  tahun 1958.

Yang menarik disini adalah adanya 200 patung dan disertai ukiran indah berbahan batu. Suasana di tempat wisata ini begitu kental akan nuansa Hindu dan Buddha.

Yang paling populer disini adalah Patung Sleeping Buddha yang tingginya mencapai 50m. Dan ada pula Giant Pumpkin yang menggambarkan 3 tempat di alam semesta, yaitu surga, neraka, bumi.

2. Megahnya Kuil Berstupa Emas di Pha That Luang

Pha Tat Luang

(foto: instagram/jpreem)

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Negara Laos adalah banyaknya bangunan kuil dan Pagoda yang ada di Negara ini. Salah satunya yaitu Pha That Luang yang populer akan kehadiran stupa emasnya.

Tempat wisata Laos ini mempunyai arsitektur yang begitu megahnya dan bercampur dengan gaya tradisional Laos.

Wisata ini terdiri atas beberapa komplek kuil, akan tetapi hanya sebagian kecil area saja yang dapat dijelajahi wisatawan Sehingga banyak yang percaya jika objek wisata ini menyimpan banyak misteri.

3. Rumahnya Para Patung Buddha Wat Sit Saket

Wat Sit Saket

(foto: instagram/ericwuj)

Tempat wisata ini adalah biara Buddha sejak abad 19 yang berada di pusat kota Vientiane. Tempat ini merupakan kuil tertua dan memiliki bentuk yang masih sama seperti aslinya. Kini wisata ini menjadi rumah untuk 10 ribu patung Buddha.

4. Mengagumi Keindahan Arsitektur Wat Xieng Thong

Wat Xieng Thong

(foto: instagram/yasaswije)

Destinasi wisata selanjutnya di Laos ini dibangun pada tahun 1599, tempat ini merupakan Candi Buddha Kuno yang lokasinya di utara Semenanjung Luang Prabang.

Meskipun sering disebut sebagai candi, namun bentuk bangunanya tak menyerupai candi-candi di Indonesia. Tempat ini lebih mirip seperti kuil yang memiliki arsitektur Laos kuno.

Disini anda bisa menganggumi keindahan arsitektur bangunannya yang sarat dengan nilai seni tradisional Laos yang begitu indah.

5. Menyelusuri Keindahan Sungai Mekong

Sungai Mekong

foto: instagram/skinnybackkenyan)

Tak lengkap berlibur ke Laos tanpa mengunjungi tempat yang satu ini. Sungai Mekong diklaim menjadi sungai terpanjang yang ada di Asia Tenggara, panjangnya mencapai 4.350 km.

Bukan hanya itu saja, Sungai Mekong juga dinobatkan sebagai sungai utama di dunia dikarenakan volume air nya yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sungai lainnya yang ada di dunia.

Jika mengunjungi sungai Mekong, anda bisa mencoba wisata menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan yang indah di sisi-sisi sungai.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan pemandangan sepasang air terjun Pha Pheng Fall serta Khone Falss yang mengalirkan air berwarna hijau zamrud yang mempesona.

Baca juga: 13 Lokasi Wisata di Thailand yang Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing

6. Menikmati Hijaunya Pemandangan Alam Bolaven Plateau

10 Objek Wisata Di Laos Ini Akan Berikan Pengalaman Liburan Yang Berbeda Dan Tak Terlupakan

(foto: instagram/claudia.codinar)

Laos tak hanya dipenuhi dengan wisata kuil dan Candi yang megah dan mempesona saja, ada banyak pilihan tempat wisata alam terbaik yang bisa ditemukan di Laos.

Seperti misalnya Bolaven Plateau, dimana anda bisa menyaksikan langsung keindahan alam Laos yang begitu asri dan dan menyegarkan.

Tempat ini merupakan dataran tinggi yang berlokasi sekitar 1000-1350 mdpl. Tempat ini populer dengan sungai-sungai dan air terjunnya yang mempesona.

Salah satunya yaitu Air Terjun Tad Lao yang memiliki aliran deras dan berada di tengah-tengah rimbunan pohon-pohon yang hijau.

8. Berfoto di Patuxai, Gerbang Ala Paris di Laos

10 Objek Wisata Di Laos Ini Akan Berikan Pengalaman Liburan Yang Berbeda Dan Tak Terlupakan

(foto: instagram/min_426)

Jika di Paris terdapat Landmark Arc de Triomphe de l’Etoile, maka di Laos kamu bisa menemukan bangunan serupa yang bernama Patuxai.

Bangunan ini merupakan monuman yang menjadi simbol perjuangan Laos pasca terbebas dari penjajahan Perancis selama 1 abad lebih. Dekorasi berbentuk gerbang yang megah ini memiliki unsur arsitektur Laos dan Eropa yang begitu mempesona.

Meskipun sebenarnya Patuxai belum rampung dibangun karena kondisi perekonomian Laos yang kurang begitu stabil.

Namun tetap saja banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk berfoto ataupun melihat pemandangan seluruh kota dari atas Patuxai.

9. Vientiane Night Market, Tempat Belanja Terlengkap di Tepian Sungai Mekong

10 Objek Wisata Di Laos Ini Akan Berikan Pengalaman Liburan Yang Berbeda Dan Tak Terlupakan

(foto: instagram/madmansmoment)

Vietnam juga memiliki banyak tempat wisata belanja dan kuliner yang difavoritkan banyak wisatawan. Seperti Vientiane Night Market yang berada di sepanjang sisi Sungai Mekong.

Ada banyak kios yang menjajakan berbagai macam barang, mulai dari pakaian, kerajinan tangan, hingga barang elektronik.

Wisata belanja di Vietnam ini bukan setelah matahari terbenam, dan akan ramai menjelang pukul 8 malam. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Vietnam dengan harga terjangkau disini.

10. Berada di Atas Ketinggian Phousi Melihat Beberapa Bangunan Candi Buddha

10 Objek Wisata Di Laos Ini Akan Berikan Pengalaman Liburan Yang Berbeda Dan Tak Terlupakan

(foto: instagram/minammm777)

Spot wisata populer yang ada di Laos ini merupakan sebuah bukit yang berada di ketinggian 100 mdpl dan berlokasi di Kota Tua Lang Prabang.

Bukit ini dikenal sebagai rumah agama dan diapit 2 sungai, yaitu sungai Mekong dan Sungai Nam Khan. Yang menariknya disini, kamu bisa menemukan beberapa bangunan candi Buddha.

Bahkan saat berada di atas ketinggian kamu bisa melihat Wat Tham Phousi dan Wat Chom Si yang ada di bawahnya dengan jelas.

11. Melihat Pemandangan Menakjubkan dari Puncak Nong Khiaw Viewpoint

10 Objek Wisata Di Laos Ini Akan Berikan Pengalaman Liburan Yang Berbeda Dan Tak Terlupakan

(foto: instagram/justinavalyte)

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Nong Khiaw View Point yang berada di Kota Nong Khiaw.

Untuk menuju ke tempat ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sekitar 3 jam perjalanan dari Luang Prabang.

Ditambah lagi dengan transportasinya yang kurang begitu bagus. Akan tetapi jalur pendakian di tempat ini begitu indah, terutama saat musim kemarau.

Apalagi saat berada di atas, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan yang membuat kamu merasa berada di alam mimpi.

11. Menenangkan Diri di Sore Hari, di That Dam

14 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/lakwatsa.world)

Bisa ditemukan di kawasan Rue Samsenthai, Vientiane, Laos, That Dam Stupa ini tentu saja wajib untuk kamu datangi langsung.

Hanya saja, tempat ini terkadang hanya dilewati begitu saja karena lokasinya yang ada di tengah-tengah jalan atau bundaran.

Meski begitu, dengan bentuk stupa yang khas dan warnanya yang hitam, berhenti sejenak dan menenangkan pikiran di sini bisa dicoba.

Belum lagi bagi yang ingin menghabiskan waktu yang lebih banyak, kamu bisa menemukan aneka tempat makan dan kafe di sekitar.

Konon dulunya, stupa yang ada di sini ditinggali oleh naga sehingga tak heran banyak orang yang menganggap tempat ini sebagai sesuatu yang sakral.

12. Menyaksikan Arsitektur Khas Laos di Luang Prabang

14 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/evie3p7)

Luang Prabang sendiri bisa dikenal sebagai salah satu distrik yang paling terkenal yang ada di Laos sehingga jangan dilewatkan.

Kawasan ini cukup dikenal tak hanya di daalm negeri namun juga bagi mancanegara. Apalagi dengan arsitektur yang khas Laos di sini.

Awalnya, tempat ini dikenal dengan istilah Muang Suang, sebelum diganti ke Luang Prabang karena ditaklukan oleh Thai Khun Lo.

Tak hanya memiliki keindahan yang tak membosankan dan selalu memanjakan mata, Ditambah rumah-rumah adat yang bisa ditemukan dengan mudah.

Saat ini, distrik Luang Prabang ini dimasukkan ke salah satu daftar warisan UNESCO yang masih dilestarikan di Laos.

13. Menikmati Warisan Dunia UNESCO Lainnya, di Vat Phou

14 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/alexandralepee)

Tempat wisata yang terakhir ini ada di Muang Champassak, Laos. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari mulai dari jam 8 pagi.

Jika kebetulan berkunjung ke Sungai Mekong, maka bisa mencoba untuk pergi ke sini dengan jarak sekitar 6 kilometer saja.

Tempat ini dikenal sebagai kawasan candi khmer Hindu yang menjadi keunikan tersendiri untuk tidak dilewatkan begitu saja.

Awalnya, ada banyak candi yang bisa ditemukan di sini, mulai dari abad ke-5 Masehi. Hanya saja, candi yang masih bertahan terbatas pada abad ke-13 Masehi.

Selain juga ditetapkan sebagai salah satu warisan dari UNESCO, tempat ini menjadi pusat untuk ibadah kaum budhis Theravada.

14. Jauhkan Diri dari Keramaian di Pou Khao Khouay National Park

16 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/skybluekraver)

Kamu tentu saja tak ingin melewatkan kesempatan begitu saja untuk tidak menikmati pemandangan yang menarik di sini.

Berkunjung ke Phou Khao Khouay National Park ini, kamu pasti akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu indah.

Belum lagi nantinya kamu bisa menikmati waktu luangmu bersama orang-orang yang kamu sayangi termasuk kekasih.

Kamu bisa menemukan tempat ini dengan begitu mudah, hanya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Vientiane.

Berbagai fauna dan flora yang menarik juga bisa kamu temukan di sini, saksikan langsung, dan abadikan melalui berbagai foto.

15. Abadikan Momen Romantis Bersama Kekasih di Tad Sae Waterfall

16 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/gitarrendavid)

Selanjutnya, ada sebuah tempat wisata yang lainnya yang bisa dibilang tak kalah menarik untuk didatangi, yaitu Tad Sae Waterfall.

Tempat seperti ini secara sederhana sangat cocok untuk kamu yang ingin mendambakan sebuah pengalaman tak terduga.

Biasanya kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 12 mil dari Luang Prabang dan temukan suasana yang lebih sepi.

Jika kamu memang tertarik untuk pergi ke sini, maka kamu lebih disarankan untuk datang saat musik kemarau.

Selain itu, kamu bisa bertemu beberapa gajah yang sedang berada di dalam penangkaran dan dilestarikan di sana.

16. Mengintip Aneka Kupu-Kupu di Kuang Si Falls Butterfly Park

16 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/kuangsifalls.butterflypark)

Jika kamu kebetulan sedang berada di Kuang Si Waterfall, kamu akan menemukan Kuang Si Butterfly Park dengan mudah.

Konon tempat yang begitu indah ini memiliki lokasi yang mudah untuk dicari, hanya sekitar 300 meter dari sana.

Selain itu, daya tarik yang ditawarkan oleh tempat ini ada pada habitat kupu-kupu yang banyak dan begitu cantik disajikan.

Belum lagi, tujuan alias keberadan dari tempat ini tak lain untuk melestarikan aneka kupu-kupu yang ada di sana.

Setelah berkunjung ke taman kupu-kupu, kamu dan keluarga juga bisa mampir sebentar ke tempat Air Terjun Kuang Si.

17. Mengusir Kebosanan dengan Saksikan Peninggalan Bersejarah di The Plain of Jars

19 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/taisiache)

Bagi kamu yang ada di Laos dalam waktu yang lama, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi The Plain of Jars.

Tempat yang indah nan menarik ini berada di kawasan Xieng Khuang. Sudah dikenal secara luas sebagai kawasan dengan pemandangan yang begitu indah.

Tak hanya dilengkapi dengan pemandangan alam di sekitar, kamu juga bisa menemukan banyaknya tempat bersejarah di sini.

Bahkan tak hanya wisatawan yang datang ke sini. Para arkeolog juga datang demi melakukan penyelidikan yang lebih lanjut.

Pasalnya, di tempat ini, ada ribuan guci dari batu yang konon sudah ada sejak 1.500 hingga 2.000 tahun lalu.

18. Menguji Keberanian dengan Mendaki Phu Chi Fa

19 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/popmayrika)

Tak kalah indah dari tempat-tempat yang sebelumnya, kamu juga bisa menghabiskan waktumu dengan datang ke Phu Chi Fa.

Tempat ini pun sering dijadikan sebagai pilihan utama untuk para wisatawan yang datang sejak jauh-jauh hari ke sini.

Bagi kamu yang memiliki waktu yang luang untuk datang ke sini, maka temukan lokasinya di egunungan sebelah timur Chiang Rai di distrik Thoeng.

Kamu sebaiknya melakukan persiapan secara matang sebelum datang ke sini dan secara perlahan mendaki pegunungan di ketinggian 1.628 meter.

Meski nanti kamu merasa lelah, kamu akhirnya bisa menyaksikan pemandangan yang sangat nyata di kedua matamu.

19. Menyaksikan Keindahan Langit yang Tak Tertandingi di Mount Phousi

19 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

(foto: instagram/mirka_hydi)

Rekomendasi obyek wisata terakhir yang bisa kamu kunjungi ini adalah salah satu obyek wisata terkenal bernama Mount Phousi.

Mirip dengan yang sebelumnya, kamu harus memiliki persiapan yang matang dan tenaga yang besar untuk mendaki di sini.

Bagi kamu yang merasa bingung, kamu bisa menemukan tempat ini Luang Prabang dan ajak semua orang yang membuatmu nyaman.

Tak hanya itu, kamu harus siap untuk s menaiki 300 anak tangga menuju puncaknya dan mereka memori akan pemandangan indah di sana.

Tempat ini termasuk salah satu kawasan yang dijaga oleh UNESCO, jadi pastikan kamu tidak merusak apapun di sana.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Laos? Kamu bisa menjadikannya sebagai destinasi untuk liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan bersama keluarga dan teman.