. Indahnya 10 Wisata Alam Penajam Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

travel

Indahnya 10 Wisata Alam Penajam Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

By  | 

Nama Penajam Paser Utara, baru semakin muncul ke permukaan setelah Presiden Jokowi mengumumkan kabupaten yang berada di Kalimantan Timur ini sebagai calon ibukoto baru Indonesia.

Mendengar nama Penajam Paser Utara (PPU), mungkin memang belum terlalu familiar sebelumnya. Sehingga, masih banyak pula yang menyangsikan potensi kabupaten satu ini. Padahal, PenajamPaser Utara menyimpan sejuta pesona yang menanti untuk dijelajahi.

Dikelilingi banyak pesisir pantai, Penajam banyak menawarkan pesona pantai yang memanjakan untuk dikunjungi. Kondisi air terjunnya yang menjulang tinggi dengan pahatan bebatuan yang indah, juga jadi daya tarik wisata dari PPU. Selain itu, Penajam masih punya danau dengan luas hingga beratus-ratus hektar.

Berikut ini 10 tempat wisata yang bisa jadi rujukan kala berwisata ke Penajam Paser Utara (PPU).

Baca juga: 10 Objek Wisata Singkawang, Kota 1000 Klenteng yang Punya Alam Memukau

1. Pesona anggunnya air terjun nan tinggi menjulang, Air Terjun Tembinus

Indahnya 10 Wisata Alam Panajem Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

(foto: instagram/murdi.al.usman)

Wisata Penajam Paser Utara menyimpan banyak kecantikan alam. Salah satu dari kehadiran Air Terjun Tambinus. Air terjun ini, terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Lokassi Air Terjun Tambinus ini berada di kawasan Hak Guna Usaha PT. ITCIb Hutani Manunggal.

Untuk dapat berkunjung ke sini, kamu bisa mendatanginya saat dibuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu. Meskipun masih asing terdengar di telinga para pelancong, Air Terjun Tambinus ini sudah cukup banyak berhasil menarik para pelancong untuk menjelajahi secara langsung keindahannya.

Untuk dapat mencapai air terjun ini, kamu perlu melewati perjalanan yang terbilang cukup melelahkan sekaligus menantang. Waktu tempuh yang harus kamu habiskan dari pusat Kota Penajam sendiri, adalah 3 jam lamanya. Area jalan logging juga akan kamu lintasi dari satu jam perjalanan tersebut.

Setelah itu, perjalanan menyusuru jalan setapak dengan berjalan kaki juga harus siap kamu lalui. Meskipun begiti, sensasi perjalanan menembus alam liar ini, akan terasa seru bagi kamu yang memang senang bercengkrama dengan alam bebas. Jalan setapak ini, kurang lebih memiliki panjang 1 kilometer.

Tenang saja, sesampainya kamu di lokasi air terjun, pemandangan air terjun dengan ketinggian 25 meter, akan langsung mengobati rasa lelahmu. Pancaran airnya yang mengalir deras, terlihat jernih dan menyegarkan. Menggodamu untuk segera menceburkan diri, melepas lelah tubuhmu.

Kolam air yang bisa kamu gunakan untuk berenang di sini, diapit dengan bebatuan besar yang eksotis. Tebing yang menjadi latar air terjun, memiliki pahatan berupa lapisan-lapisan yang nampak artistik. Air Terjun Tambinus memang terbilang tinggi. Namun, masih aman untuk kamu jelajahi.

2. Singgah di tempat pembudidayaan rusa, di Penangkaran Rusa Penajam

Indahnya 10 Wisata Alam Panajem Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

(foto: instagram/nunie_s)

Penajam Paser Utara (PPU) juga punya wisata berupa pusat penangkaran rusa.  Tepatnya, berada di Desa Aoi-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penangkaran ini, sudah dibangun sejak tahun 1991.

Sebagai bentuk keprihatinan dari Gubernur Kalimantan Timur, yang menjabat saat itu, terhadap perburuan rusa yabg illegal. Semula, jumlah rusa yang diambil dari alam bebas tersebut hanya berjumlah 23 ekor.

Jumlahnya kemudian kian bertambah. Hinga kini,  mencapai kurang lebih 169 ekor, yang berasal dari jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei).

Penangkaran Rusa Penajam ini, tidak dikhususkan sebagai objek wisata. Melainkan, hanya sebagai tempat pembudidayaan rusa. Namun, kamu tetap diperkenankan menyaksikan kehidupan rusa-rusa yang ditangkar di sini.

Loading...

Hanya saja, kondisinya tidak dilengkapi dengan wahana maupun fasilitas wisata yang umumnyamelengkapi objek wisata. Tetapi, justru itulah daya tariknya.

Kondisi di kawasan ini akan membuatmu menikmati serunya rusa-rusa berlarian di alam bebas kesana-kemari, seperti di pedesaan. Rusa-rusa yang dibiarkan bermain di rerumputan ini, hanya dihalangi oleh pagr pembatas saja.

Karena bukan sebagai objek wisata, pengunjung tidak diperbolehkan memberi makan kepada rusa-rusa yang ada di sini, maupun melakukan bentuk interaksi lainnya. Interkasi dengan rusa-rusa tersebut ditakutkan akan membuat mereka stress, dang mengganggu proses pembudidayaanya.

Namun, seiring berjalanny waktu, apalagi setelah penetapan rusa sebagai duta Penajam Paser Utara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mulai mencetuskan ide untuk menjadikan pusat penangkaran ini sebagai tujuan ekoswisata, terhitung sejak Januari tahun 2018 lalu.

3. Menelusuri keindahan hutan bakau di Ekowisata Penajam Mangrove

Indahnya 10 Wisata Alam Panajem Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

(foto: instagram/xvivxcviii)

Penajam Paser Utara ternyata masih punya banyak keindahan alam yang patut untuk diulik. Jajaran pesisir pantai, hingga deretan hutan bakau, menjadi tujuan wisata alam yang tak boleh kamu lewatkan. Wisata hutan bakau di kabupaten ini, dapat kamu nikmati dengan berkunjung ke Ekowisata Mangrove Kampung Baru Penajam.

Di sini, kamu bisa menjelajahi hutan bakau, dengan melintasi jemabatan kayu yang ditujukan bagi para pengunjung, dengan berjalan kaki. Keberadaan hutan bakau yang masih amat alami ini, menjadi oase tersendiri bagi alam Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk dapat mengakses objek wisata ini, kamu dapat menemukannya di Kecamatan Kampung Baru. Suasananya yang segar dan sejuk, membuat kamu betah lamam-lama menghirup udara di sini.

Susasana tenang dan damai di obejek wisata ini, menjadikannya cocok untuk kamu gunakan sebagai tempat melarikan diri dari rutinitas padat dari pekerjaan yang menumpuk. Hutan bakau yang memiliki luas 20 hektar ini, juga memiliki letak yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Jumlai.

Sehingga setelah berwisata ke sini, kamu juga bisa menikmati panorama dari salah satu wisata pantai di Penajam Paser Utara.

Selain jembatan, kamu juga bisa menikmati keseluruhan kenampakan alam hutan ini melalui menara pandang yang tersedia. Jenis tumbuhan bakau yang terdapat di sini, berasal dari berbagai jenis.  Seperti Rizhopora, Avicenna, Cattapa, serta Sonneratia.

Sesekali kamu juga akan disapa dengan beberapa satwa yang berkeliaran di antara pepohonannya. Pada tahun 2017 lalu, hutan mangrove ini pernah dijadikan sebagai lokasi Festival Mangrove Seribu Aksi. Inilah, yang membuat lokasi objek wisata ini menarik lebih banyak pengunjung.

4. Berkunjung ke pantai indah yang Instagenic, Pantai Sipakario

Indahnya 10 Wisata Alam Panajem Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

(foto: instagram/murni_as)

Pantai Sipakario, merupakan satu dari banyaknya objek wisata pantai yang memesona dai Penajam Paser Utara. Pantai satu in, tak hanya menyajikan pemandangan alam yang akan membuatmu berdecak kagum, tetapi juga menyulap berbagai spot cantik di pantainya sebagai objek-objek foto yang ciamik.

Kreasi berbagai spot foto tersebut di antaranya adalah frame raksasa berbentuk hati dan berbagai instalasi berbahan kayu yang memiliki bentuk unik.

Beberapa kursi pantai, juga di bariskan pada bibir pantainya. Cocok sekali untuk berbaring dan menikmati pemandangan laut yang disapa deburan ombak yang meninggalkan jejak basah di pasirnya.

Pantai Sipakario beralamat di Jl. Coastal Road, Penajam Paser Utara. Pantai ini, memiliki lokasi yang strategis karena berada di Teluk Balikpapan. Beberapa fasilitas di pantai ini, akan membuat liburanmu ke sini semakin seru sekaligus menangkap banyak gambar yang instagrammable.

Pertama, kamu akan disambut dengan jembatan kayu panjang yang menghubungkan area parkiran dengan bibir pantainya. Di atas jembatan ini, kamu sudah disajikan dengan pemandangan Teluk Balikpapan yang memukau.

Pantai ini, juga memilik ayunan di bibir pantai yang membuatnya menjadi latar foto yang eksotis. Di sini juga tersedia hammock, yang berjumlah lima buah dan menggantung di antara pepohonan pinus yang masih berada di kawasa bibir pantai.

Jajaran perahu warna-warni, juga seringkali jadi spot foto menarik. Tak hanya sebagai pajangan, perahu ini juga dapat kamu sewa untuk menyusuri pantai ke tengaj lautnya. Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan pelampung.

Spot foto yang paling banyak digandrungi, memang tulisan love raksasa. Tulisan love ini tercetak di bagunan kayu berbentuk rumah yang pintunya berbentuk love. Sementara itu, di bagian atapnya bertuliskan “Istana Cintaku”.

5. Indahnya senja di Pantai Corong

Pantai Corong Penajam Paser Utara

(foto: instagram/umyalfny_19)

Wisata pantai lainnya di Penajam Paser Utara yang harus kamu nikmati keindahannya adalah Pantai Corong. Tak kalah dengan Pantai Sipakario, Pantai Corong juga menyuguhkan pemandangan menawan yang dilengkapi dengan kreasi spot instagrammable yang menarik banyak perhantian para pelancong.

Pepohonan kelapa yang mengelilingi pantai ini, mepercantik tampilan pantai. Tak jarang, beberapa pengunjung juga mengabadikan foto yang eksotis di sekitar jajaran pohon kelapa tersebut.

Keistimewaan lainnya dari pantai ini, adalah acara tahun rutinan yang banyak diselenggarakan di pantai ini. Salah satu yang paling menarik adalah festival layang-layang.

Di pantai ini, juga diadaka beberapa acara lainnya seperti Sumpah pemuda hingga lokasi untuk melihat secara jelas fenomena gerhana matahari total.

Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah pasir putih pantainya yang membentang hingga puluhan kilometer serta memiki tekstur halus yang dapat memanjakan anak-anak dengan bermain pasir. Untuk dapat mengakses pantai ini, kamu tak perunkhawatir kesulitan. Karena, jalan yang ditempuh sudah beraspal.

Suasana pantai yang masih alami dan asri, juga menjadi alasan mengapa pantai ini menjadi primadona wisata PPU. Air bersih yang dimiliki pantai ini, juga akan membuatmu liburanmu semakin nyaman. Alamnya masih sejuk, bahkan terbebas dari polusi limbah.

Berbagai spot unik yang bisa kamu coba di sini seperti empat duduk berbahan kayu yang dilatari dengan caping berwarna-warni, ada juga pigura raksasa, yang dapat menambah stok spot foto instagrammable  yang cocok ditambahkan ke feed instragrammu.

Baca juga: Nih 10 Destinasi Wisata Ikonik di Kota Pontianak

6. Menjelajahi keragaman biota laut dari Pulau Gusung

Pulau Gusung Penajam Paser Utara

(foto: instagram/ murdi.al.usman)

Pulau Gusung seakan masih menjadi surga dari Kabupaten Penajam Paser Utara karena kecantikan dari keunikan alam yang dimilikinya. Pulau ini, letaknya berada di perairan Pantai Tanjung Jumlai. Pulai ini, menawarkan pesona dari gugusan pasir gusung, yang dikitari oleh bebatuan karang.

Kekayaan serta keindahan biota laut yang ada di dalamnya menjadikannya tujuan wisata diving maupun olahraga air menyelam lainnya. Salah satunya, di sini kamu dapat menemukan jenis Ikan Napoleon yang merupakan ikan langka yang dilindungi.

Areal terumbu karang ini akan semakin jelas terlihat, ketika air laut surut. Untuk dapat sampai ke pulau ini, kamu harus menggunakan speedboatdengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit atau menggunakan perahu motor yang disebut klotok, dengan waktu tempuh lebih lama, yakni satu jam.

Biota laut yang ditemukan di pulau ini berupa 56 jenis karang, serta 47 jenis ikan yang meliputi ikan hias ataupun ikan konsumsi. Berdasarkan keragaman jenis ikan tersebut, terdapt ikan yang memiliki harga jual yang tinggi. Yakni ikan kakap, kerapu, dan baronang.

7. Pesona luasanya danau buatan, Waduk Sesulu

Waduk Sesulu Penajam Paser Utara

(foto: instagram/cintia.lidia)

Waduk Sesulu terletak di Gunung batu, Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Penampakan danau ini menyita perhatian banyak wisatawan karena keindahan serta ukurannya yang luas. Diperkirakan, luasnya mencapai ratusan hektar.

Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk sekadar bersantau di pinggir danau atau berfoto dengan latar Waduk Sesulu. Menikmati keindahan danau ini akan semakin seru, dengan menelusuri jembatan titian panjang di atas danau, yang bentuknya mengular.

Selain keindahannya, waduk ini juga meilii kondisia yang bersih. Tak banyak terlihat tanaman liar mengganggu yang ada di sekitarnya. Tak jarang, waduk ini juga dijadikan lokasi memancing. Konon, waduk ini juga dihuni oleh Ikan Toman. Ikan Toman merupakan jenis ikan gabus yang memiliki sifat buas.

Bentuk tubuhnya tak jauh berbeda dengan jenis ikan gabus pada umumnya. Namun, ukurannya lebih besar, bahkan dapat memiliki panjang hingga lebih dari satu meter yang menjadikannya yang terpanjang dari jenis ikan gabus lainnya.

Di kawasan waduk ini juga terdapat tempat pembudidayaan ikan keramba terapung. Saat sore hari tiba, banyak pengunjung yang berdatangan untuk berburu panorama matahari terbenam di waduk ini. Kamu juga bisa berkeliling waduk dengan menggunakan kapal.

Keindahan alam hijau yang ada di seberangnya, seperti perbukitan serta deretan pohon rindang menjadi pemanis dari pesona kenampakan alam waduk ini. Waduk Sesulu atau yang disebut juga sebagai Waduk Waru ini, terus dikembangkan untuk menjadi objek wisata yang layak.

8. Menjelajahi goa dengan stalagkit dan stalagmit unik, Goa Tolu Liang

Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara

(foto: instagram/nataliekarinda)

Goa Tolu Liang berada di wilayah konservasi PT. sukses Tani Nusa Subur, yang terletak di Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara. Goa ini memiliki bentuk stalaktit dan stalakmit artistik yang membuatnya menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, goa ini dialiri aliran sungai yang mengalir deras dan berwarna amat jernih. Kamu bisa menjelajahi keindahan goa ini dengan menggunakan tangga yang terbuat dari kayu ulin, memanjang dari mulut goa hingga ke ujung goa.

Keistimewaan lainnya, goa ini juga menyimpan beberapa ragam tumubuhan serta satwa yang dilindungi. Jenis-jenis fauna yang masuk ke dalam kawasan konservasi ini di antaranya adalah Meranti, Rotan, Bangeris, Terap, Ulin, dan masih banyak lainnya.

Sementara satwa yang dilindungi di sini seperti Rangkong Gading, Rangkong Badak, Kucing Hutan, Elang Brontok, Elang Brondong, rusa Samabar, Lutung Merah, dan jenis satwa lainnya.

Menuju ke goa ini, kamu harus berjalan kaki dengan menyusuri hutan selama 30 menit. Selama itu, di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan keindahan dari hutan hujan tropis hingga dataran renda lainnya yang terlewati.

Di sini beberapa hewan langka juga biasanya menampakan diri. Seperti luting merah, rusa samabar, hingga beruang madu.

9. Cantiknya berendam di air panas dengan nuansa alam yang kental, di Danum Layong

Indahnya 10 Wisata Alam Panajem Paser Utara yang Jadi Ibukota Baru Indonesia

(foto: instagram/alhussein_flowers)

Pemandian air panas Danum Layong, merupakan objek wisata yang berada di atas lahan seluas dua hektar. Letaknya, berada di Desa Long Kali, Kecamatan Long Kali. Wisata pemandian alam ini berasal dari sumber perut bumi. Serta diyakini mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Kolam air panas yang berada di kawasan ini ada dua. Dimana keduanya dihubungkan oleh jembatan titian. Air yang berada di Danum Layong, disebut-sebut berkhasiat karena kandungan belerang yang ada di dalamnya.

Lokasi objek wisata  yang masih berada di area alam yang asri, membuat kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan kenikmatan berendam di air panas saja. Tetapi indahnya pemandangan pepohonan, bebatuan, yang nampak cantik dipandang.

Sumber air panas di kolam Danum Layong, berasal dari bebatuan yang ada di sekitarnya. bebatuan ini nerupa batu kapur serta batu gunung. Keberadaan objek wisata sumber air panas ini, semakin berkembang terutama setelah mendapatkan perhatian dari Pemkab Paser.

Berbagai fasilitas umum sudah banyak tersedia. Salah satunya, terdapatnya gazebo untuk para pengunjung yang ingin bersantai. Untuk sampai ke Danum Layum, kamu memang harus sedikit bersabar. Waktu yang diperlukan jika kamu mengaksesnya dari Tanah Grogot, adalah 1,5 jam.

Sementara itu, jika kamu datanfg dari arah Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, kamu butuh waktu 2 jam untuk sampai ke sini.

10. Rekreasi di Pantai tanjung Jumlai yang punya banyak wahana

Pantai Tanjung Jumlai Penajam Paser Utara

(foto: instagram/iqbal_abdul_azis)

Jika kamu ingin berwisata pantai yang lebih tenang, untuk melepas jenuh di tengah perkotaan yang hiruk pikuk, Pantai Tanjung Jumlai cocok untuk didatangi.

Duduk-duduk hingga berbaring santai di dalam gazebo yang banyak berjejer di tepi pantai ini, menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk kamu coba ketika datang ke Pantai Tanjung Jumlai.

Sementara itu jajaran pephonan di sekitar pantai menaungimu dari panasnya terik matahari. Yang justru menambah kesejukan, ketika semilir angina membelai lembut.

Letak Pantai Tanjung Jumlai, berada di Kampung Baru, Kelurahan Saloloang sampai ke Kelurahan Tanjung Tengah. Garis pantai yang dimiliki pantai ini, mencapai 15 km. berbaga kegiatan besar masyarakat, hingga pemerintah, cukup serin diadakan di sini, diantaranya seperti berbagai acara pentas seni.

Kamu juga bisa coba aktivitas memancing di pantai ini. Memancing di pinggiran pantai, abisa juga coba memancing di tengah laut, menggunakan perahu atau klotok, yang tentunya dengan ditemani oleh pemandu.

Berbagai pilihan permainan rekreasi juga dapat kamu pilih di sini. seperti fly fox hingga speed boat. Fasilitas pendukung di objek wisata ini juga sudah cukup lengkap. Salah satu spot menyeangkan yang bisa kamu pilih saat bertandang ke sini adalah, dermaga yang dikelilingi pepohonan kelapa yang eksotik.

Dermaga tersebut letaknya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Untuk sampai ke dermaga, kamu bisa menggunakan jembatan yang terbuat dari kayu ulin, yang panjangnya kurang lebih 100 meter.

Itu tadi 10 pilihan tempat wisata yang ada di Penajam Paser Utara. Sudah pasti masih ada banyak pilihan lainnya. Nama Penajam Paser Utara mungkin sebelumnya masih asing di telinga kamu.

Namun, sekali kamu meluagkan waktu berwisata ke sini, bisa jadi nama daerah ini akan selalu terngiang karena keistimewaannya. Yuk, sempatkan diri untuk datang langsung dan melihat keistimewaan calon ibukota baru Indonesia ini.