. Mudah Dicari, Ini 5 Bahan Alami untuk Buat Body Scrub di Rumah

lifestyle

Mudah Dicari, Ini 5 Bahan Alami untuk Buat Body Scrub di Rumah

By  | 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit, salah satunya dengan menggunakan body scrub.

Body scrub atau di Indonesia sering juga disebut dengan lulur bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Dengan harga yang beragam, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tapi ternyata kamu juga bisa kok membuat body scrub sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang tentunya gampang di cari dan lebih hemat.

Selain itu karena terbuat dari 100% bahan alami, pastinya khasiat yang didapat juga lebih banyak ya. Ini dia bahan-bahannya yang dilansir dari Byrdie.

Baca juga: 6 Bahan Murah & Alami Ini Bisa Bantu Atasi Ketiak Hitam

1. Stroberi

Bikin Body Scrub di Rumah Pakai 5 Bahan Alami yang Mudah Dicari

(foto: pixabay)

Untuk kamu yang ingin kulitnya tampak lebih muda, cobalah membuat scrub dari stroberi yang ampuh untuk mengatasi tanda-tanda penuaan.

Stroberi mengandung vitamin C yang dapat membantu melawan radikal bebas dan kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas memang sangat tidak baik untuk kesehatan kulit. Sedangkan kolagen berfungsi untuk meremajakan kulit.

Kandungan AHA yang ada di stroberi juga akan mengeksfoliasi kulit dengan lembut, sehingga kulit akan lebih cerah.

Lumatkan stroberi, campur dengan bubuk oatmeal, minyak kelapa dan gula pasir, aduk hingga merata. Balurkan dan pijat sesekali pada kulit tubuh dan ketiak.

2. Jeruk lemon

Bikin Body Scrub di Rumah Pakai 5 Bahan Alami yang Mudah Dicari

(foto: pexels/madisoninouye)

Untuk kulit yang lebih terlihat cerah, kamu bisa menggunakan lemon sebagai salah satu bahan alami pembuat body scrub karena mengandung vitamin C.

Cara membuatnya juga gampang banget nih. Siapkan garam laut, gula, minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari, dan perasan lemon. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata. Body scrub sudah jadi deh!

3. Oatmeal

Bikin Body Scrub di Rumah Pakai 5 Bahan Alami yang Mudah Dicari

(foto: unsplash/saracervera)

Biasanya oatmeal dijadikan sebagai salam menu makanan sehat untuk sarapan atau seseorang yang sedang menjalani pola hidup sehat.

Tapi karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kulit, oatmeal sering juga dijadikan bahan pembuatan skincare atau body care, salah satunya body scrub atau lulur.

Sunburn atau kemerahan yang diakibatkan sinar matahari akan mereda dengan penggunaan lulur dari oatmeal. Bahan yang perlu disiapkan seperti bubuk oatmeal, minyak zaitun dan gula merah.

Campur semua bahan dan aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu lulur pun sudah siap untuk digunakan ke seluruh tubuhmu.

Baca juga: Berbahaya! Jangan Gunakan 5 Bahan Alami Ini di Kulit

4. Madu

Bikin Body Scrub di Rumah Pakai 5 Bahan Alami yang Mudah Dicari

(foto: pexels/threeshots)

Kulit kering biasanya muncul di sekitar area lengan dan kaki. Jika kulit kering sudah makin parah, maka akan terlihat seperti bersisik dan berbekas goresan putih.

Lulur yang cocok untuk kulit yang kering bisa menggunakan campuran madu dan oat. Sejak dulu, madu memang dipercaya bisa melembapkan kulit yang kering dan berbagai nutrisi yang ada pada madu bisa membuat kulit lebih sehat.

Kamu hanya perlu menyiapkan dua bahan, yaitu madu dan gula pasir. Aduk kedua bahan hingga menjadi seperti pasta. Setelah itu balurkan ke seluruh tubuhmu.

5. Pisang

Bikin Body Scrub di Rumah Pakai 5 Bahan Alami yang Mudah Dicari

(foto: pexels/aleksandarpasaric)

Kulit lebih kencang juga bisa didapatkan dengan body scrub yang mengandung pisang. Vitamin dan mineral di pisang akan membuat kulit lebih kencang sehingga kamu akan terlihat jauh lebih muda.

Vitamin yang terkandung di pisang seperti vitamin B, C dan E. Maka dari itulah, pisang sangat cocok nih untuk dijadikan sebagai body scrub.

Bahan yang perlu kamu siapkan hanya 3 yaitu pisang, gula pasir dan minyak kelapa. Campur kesemua bahan dan aduk hingga merata.

Itulah 5 bahan alami yang gampang dicari dan harganya lebih hemat! Perlu kamu ketahui, untuk menggunakan body scrub ini sebaiknya 2 hingga 3 kali aja dalam seminggu agar kulit tidak iritasi.