. Berbahaya! Jangan Gunakan 5 Bahan Alami Ini di Kulit | Dailysia

lifestyle

Berbahaya! Jangan Gunakan 5 Bahan Alami Ini di Kulit

By  | 

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang banyak dipilih adalah penggunaan bahan alami.

Selain harga yang terjangkau, bahan alami memang lebih berkhasiat untuk kulit. Dan juga efek negatifnya sangat sedikit.

Tapi dari berbagai bahan alami yang biasa digunakan untuk kecantikan kulit, ada beberapa yang sebaiknya tidak digunakan langsung pada kulit karena berbahaya. Ini dia daftarnya yang dilansir dari Healthy Skin Glows.

Baca juga: Supaya Cepat Langsing, Ini 6 Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa

1. Lemon

Berbahaya! Jangan Pakai 5 Bahan Alami ini Di Kulit

(foto: pexels/aleksandrslobodianyk)

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa lemon sangat baik untuk kulit, terutama kulit wajah karena mengandung vitamin C yang tinggi.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan irisan lemon ke wajah seperti mencerahkan, mengurangi jerawat dan memudarkan noda gelap.

Sama seperti buah lainnya, ada banyak zat yang terkandung di buah lemon. Dan dari berbagai zat tersebut, ada yang bisa menyebabkan iritasi.

Seperti zat furocoumarin (psoralens) yang ketika terkena sinar matahari psoralens dapat bereaksi dengan cara yang menyebabkan kerusakan DNA di sel-sel kulit, membuat kulit terbakar dan bahkan membuat kulit rusak permanen.

Zat lain yang ada di lemon seperti limonene dan citral juga sangat berpotensi membuat kulit iritasi. Karena pH yang rendah, lemon akan mengganggu pelindung kulit. Sehingga menyebabkan kulit dehidrasi, lebih rentan terhadap penuaan dini, jerawat dan juga iritasi.

2. Cuka apel

Berbahaya! Jangan Pakai 5 Bahan Alami ini Di Kulit

(foto: unsplash/richasharma96)

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa cuka apel menjadi salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kulit karena bisa mengurangi jerawat dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Memang benar ada segudang manfaat dari cuka apel untuk kesehatan kulit. Tapi menggunakan cuka apel tanpa dilarutkan pada air terlebih dahulu akan sangat berisiko untuk kulitmu.

Karena pH-nya dibawah 3 sehingga bisa merusak pelindung kulit dan bahkan bisa lebih berisiko menyebabkan kerusakan kulit dibandingkan dengan manfaatnya untuk kulit.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan cuka apel untuk merawat wajah, sangat tidak disarankan untuk penggunaan langsung pada kulit tanpa dilarutkan terlebih dahulu.

Cobalah untuk melarutkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1/2 gelas air putih.

3. Minyak zaitun

Berbahaya! Jangan Pakai 5 Bahan Alami ini Di Kulit

(foto: unsplash/stairhopper)

Minyak zaitun juga bisa merusak pelindung kulitmu dan bahkan membuat kulit menjadi iritasi. Ada suatu studi yang mengatakan bahwa minyak zaitun bisa berdampak pada penyembuhan kulit yang semakin lama.

Selain itu, untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun ini karena bisa membuat kulit lebih berminyak.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan, Coba 5 Jenis Diet yang Lagi Hits di Dunia

4. Gula dan garam

Berbahaya! Jangan Pakai 5 Bahan Alami ini Di Kulit

(foto: unsplash/sharonmccutcheon)

Gula dan garam memang sering dijadikan sebagai bahan alami untuk pembuatan body scrub karena teksturnya yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Tapi gula dan garam ini tidak bisa digunakan terlalu sering karena akan membuat kulitmu iritasi seperti kemerahan dan kulit menjadi lebih tipis.

Untuk penggunaan pada kulit tubuh, kamu bisa pakai gula dan garam 2 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk wajah, bisa gunakan sekali saja dalam seminggu.

Perlu diingat jika ingin menggunakan pada wajah, jangan menggosoknya terlalu keras karena hanya akan membuat lebih rentan terkena iritasi.

5. Minyak kelapa

Berbahaya! Jangan Pakai 5 Bahan Alami ini Di Kulit

(foto: unsplash/izgubljenausvemiru)

Ada manfaat yang terkandung di minyak kelapa untuk kulit, tapi untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak sangat tidak disarankan untuk menggunakannya.

Minyak kelapa bertekstur kental dan berminyak sehingga bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan penumpukan jerawat, menyebabkan komedo dan bahkan memberi makanan untuk bakteri.

Tapi ada sebagian dari 5 bahan alami diatas yang masih bisa digunakan pada kulit, hanya saja kamu harus memperhatikan jumlah yang digunakan.