. Supaya Cepat Langsing, Ini 6 Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa

lifestyle

Supaya Cepat Langsing, Ini 6 Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa

By  | 

Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadhan saat yang tepat untuk melakukan diet. Tapi sayangnya beberapa dari mereka seakan lupa diri saat menyantap makanan berbuka puasa.

Ya, karena tidak makan dan juga minum selama seharian, ada banyak keinginan menyantap makanan atau minuman yang ada di pikiran mereka saat buka puasa sehingga diet pun akhirnya gagal dilakukan.

Nah, jika kamu memang berniat untuk diet atau menurunkan berat badan agar langsing selama bulan Ramadhan ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba dilansir dari Al Arabiya.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan, Coba 5 Jenis Diet yang Lagi Hits di Dunia

1. Hidrasi yang cukup

Ini Cara Tepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

(foto: unsplash/dylanalcock)

Jangan biarkan saat puasa tubuhmu malah dehidrasi, maka dari itu minumlah air putih yang cukup seperti 8 gelas air per harinya.

Tapi kenapa minum air putih yang cukup juga bisa membantu dalam proses diet? Ternyata saat tubuh kekurangan cairan, kamu akan cenderung lebih ingin mengonsumsi sesuatu yang manis dan tentunya kurang sehat untuk tubuh.

Maka dari itu, dengan hidrasi yang cukup tubuhmu akan lebih bisa mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung gula.

Cara mengonsumsi air putih yang cukup selama puasa seperti 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat setelah buka puasa dan menjelang sahur, dan 2 gelas air saat sahur.

Perlu di ingat bahwa mengonsumsi teh dan kopi tidak masuk ke dalam hitungan. Akan lebih baik kamu mengonsumsi teh herbal yang sangat baik untuk pencernaan.

2. Berbuka dengan makanan yang tidak berlebih

Ini Cara Tepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

(foto: pexels/enginakyurt)

Saat puasa, tentunya tubuh akan melambat metabolismenya dan juga kebutuhan energi akan berkurang. Banyak orang yang karena tidak makan saat puasa, mereka mengonsumsi banyak makanan saat berbuka.

Sebaiknya kamu jangan pikirkan untuk menyantap semua makanan yang dihidangkan karena perut yang terasa lapar. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang secukupnya saja ya.

Kurma menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk berbuka puasa, karena mengandung sumber gula yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Meskipun demikian, jangan terlalu banyak mengonsumsi kurma karena sesuatu yang berlebihan memang kurang baik.

Jika kamu mengonsumsi sup hindarilah cream sup, cobalah untuk memilih sup yang menggunakan banyak sayuran agar manfaatnya bertambah.

3. Jangan lewatkan waktu sahur

Ini Cara Tepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

(foto: unsplash/brookelark)

Jam makan saat puasa memang sangat terbatas, dan biasanya sebelum sahur kamu mengonsumsi banyak makanan sehingga ketika sahur menjadi tidak terlalu lapar.

Meskipun demikian sebaiknya jangan lewatkan waktu sahur. Karena melewatkan waktu sahur hanya akan membuat perut lebih lapar dari sebelumnya dan puasamu jadi kurang lancar bahkan bisa batal.

Tidak mau itu terjadi kan? Makanya jangan lewatkan waktu untuk sahur ya.

Baca juga: Waspada, 5 Masalah Kesehatan Ini Sering Muncul Saat Puasa

4. Batasi garam saat sahur

Ini Cara Tepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

(foto: pexels/malimaeder)

Garam menjadi salah satu pemicu rasa haus ketika berpuasa. Saat sahur, sebaiknya hindari mengonsumsi garam berlebih.

Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan memiliki tingkat kestabilan glukosa yang baik seperti roti gandum, keju dan telur. Kombinasi tersebut akan membantu mengatasi rasa lapar berlebih saat puasa.

5. Tetap berolahraga

Ini Cara Tepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

(foto: pexels/nathancoley)

Puasa bukan menjadi halangan untuk kamu melakukan olahraga, apalagi untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Tapi tidak semua olahraga bisa kamu lakukan saat puasa. Cobalah untuk memilih olahraga yang ringan dan tidak memerlukan banyak energi sehingga tubuhmu tidak lemas.

Waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu beberapa menit sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa.

6. Hindari gula berlebih

Ini Cara Tepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

(foto: unsplash/thkelley)

Sekarang bisa dengan mudah ya ditemui berbagai macam makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Padahal konsumsi makanan dan minuman dengan gula berlebih akan mudah membuat berat badan naik.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari seperti minuman berkarbonasi, dressing salad, saus tomat kemasan, selai roti dan lainnya.

Memang awalnya tidak mudah melalukan cara-cara diatas, tapi jika kamu sudah terbiasa dan konsisten dengan diet, pasti deh berat badan akan turun. Selamat mencoba ya!