. 6 Bahan Murah & Alami Ini Bisa Bantu Atasi Ketiak Hitam | Dailysia

lifestyle

6 Bahan Murah & Alami Ini Bisa Bantu Atasi Ketiak Hitam

By  | 

Ketiak hitam pastinya bikin percaya diri menurun. Apalagi kamu gak bisa memilih pakaian lengan pendek, karena hanya akan memperlihatkan kulit ketiak yang gelap.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Mulai dari mencukur bulu ketiak, mencabut bulu ketiak, hingga penggunaan deodoran dengan bahan yang keras.

Masalah ini memang umum terjadi, apalagi untuk para cewek. Tapi bisa gak ya kulit ketiak cerah seperti semula? dan apa biayanya mahal?

Tenang aja, dengan 76 bahan yang murah kamu tetap bisa kok mendapatkan kulit ketiak cerah yang dilansir dari Swirlster.

Baca juga: Berbahaya! Jangan Gunakan 5 Bahan Alami Ini di Kulit

1. Cuka apel

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: unsplash/anshu18)

Kandungan asam amino dan laktat pada cuka apel akan mengurangi sel-sel kulit mati dan memudarkan bekas luka.

Sedangkan sifat astringennya dapat membuka pori pada ketiak yang tersumbat dan mencerahkan kulit yang gelap.

Cara menggunakannya juga gampang banget, kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes cuka apel ke selembar kapas. Taruh kapas pada ketiak yang bersih, tepuk-tepuk hingga kapas mengering.

Setelah itu cucilah ketiak dan jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, ulangi cara ini setiap hari ya.

2. Aloe vera gel

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: unsplash/pisauikan)

Sejak dulu, tanaman lidah buaya atau aloe vera memang dikenal akan khasiat dan manfaatnya yang begitu banyak untuk kulit bahkan bisa mengembalikan warna ketiak yang cerah.

Kamu hanya perlu mengambil satu lembar dauh lidah buaya oleskan gelnya pada ketiakmu. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air.

Gunakan cara ini setiap hari. Jika kamu gak punya tanaman lidah buaya, bisa gunakan aloe vera gel yang sudah banyak tersedia di pasaran saat ini.

3. Gula dan minyak zaitun

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: unsplash/nazarhrbv)

Gula bisa menjadi bahan untuk membuat kulit lebih cerah karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Apalagi jika dicampur dengan minyak zaitun yang kaya akan vitamin dan bisa melembapkan kulit.

Campurkan dua sendok makan minyak zaitun ke dalam wadah yang berisi 2 sendok makan gula pasir, aduk hingga merata.

Basahi ketiak dan mulailah scrub ketiak dengan campuran kedua bahan tadi. Lakukan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu agar hasil bisa terlihat optimal. Scrub gak boleh dilakukan setiap hari ya, agar kulit ketiak gak iritasi.

Baca juga: Supaya Cepat Langsing, Ini 6 Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa

4. Mentimun

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: unsplash/f17photo)

Selain bisa mencerahkan, mentimun juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Iris mentimun lalu letakkan pada ketiak yang kering dan bersih. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Menggunakan cara ini setiap hari, dijamin deh kulit ketiakmu akan kembali cerah.

5. Soda kue dan lemon

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: pexels/lisafotios)

Campuran soda kue dan lemon memang bisa menjadi penyelamat kulit ketiak yang gelap. Karena campuran ini akan membuat pori yang tersumbat menjadi lebih bersih dan cerah.

Antiseptik alami yang ada pada lemon akan membunuh berbagai bakteri di kulit. Campurkan soda kue dengan air perasan lemon, aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan ke bagian ketiak dan gosok selama 5 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.

6. Kentang

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: pexels/rkhalil)

Selain bisa mengurangi lingkaran hitam di sekitar area mata, kentang juga bisa mencerahkan ketiak. Kamu hanya perlu memarut kentang, peras airnya dan oleskan pada ketiak dan diamkan 10 menit.

Setelah 10 menit, kamu bisa membilasnya. Cobalah untuk melakukannya setiap hari agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Jika kamu merasa memarut kentang adalah cara yang ribet, kamu bisa kok mengiris kentang dan meletakannya di ketiak selama 10 menit. Kentang juga sangat membantu menghaluskan kulit ketiak yang kasar.

Sekarang kamu sudah tau kan gimana cara mencerahkan kulit ketiak yang gelap? Cara diatas selain gampang, pastinya juga terjangkau banget ya.