. ";s:18:"ihaf_insert_footer";s:0:"";s:16:"ihaf_insert_body";s:0:"";s:21:"_transient_doing_cron";s:33:"1596417378.3123149871826171875000";}} Ada Kuil & Candi, Ini 10 Wisata Populer Myanmar yang Perlu Disinggahi

travel

Ada Kuil & Candi, Ini 10 Wisata Populer Myanmar yang Perlu Disinggahi

By  | 

Asia Tenggara memang jadi kawasan yang menarik untuk dijadikan tempat berlibur. Dengan beragam budaya dan keunikan serta tempat tempat wisata menarik di masing-masing Negara, membuat banyak wisatawan dari berbagai Negara mengunjunginya.

Namun, kawasan Asia Tenggara tak hanya sekedar Singapura, Thailand, dan Indonesia saja. Ada banyak pilihan Negara lainnya di Asia Tenggara yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur, salah satunya yaitu Myanmar.

Negara ini punyai wisata yang cukup beragam, terutama kuil dan pagoda nya yang membuat Myanmar dijuluki sebagai Negeri 1000 Pagoda.

Akan tetapi di Myanmar kamu tak hanya bisa mengunjungi wisata religi dan sejarah saja, banyak wisata lainnya seperti danau, pantai, hingga wisata belanja yang bisa dituju.

Nah kali ini akan dibahas berbagai destinasi wisata populer di Myanmar yang wajib dikunjungi.

Baca juga: Kunjungi 10 Destinasi Wisata Vietnam yang Indah dan Unik Ini

1. Shwedagon Pagoda yang berkilau emas megah

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/nothingfamiliar)

Objek wisata bangunan kuil dan pagoda ini begitu cantik nan megah. Bangunan unik ini memang tak ketinggalan diserbu wisatawan ketika berlibur di Myanmar.

Lokasinya berada di Singuttara Hill, Yangoon (Rangoon), Pagoda ini diduga menjadi pagoda tertua yang ada di dunia karena dibangun 2.5000 tahun silam.

Dijuluki pula sebagai Pagoda Emas, hal ini karena terlihat dari stupa utamanya yang menjulang 98 meter dan dilapisi dengan warna emas. Sehingga membuat bangunan stupa ini terlihat dari berbagai penjuru kota.

Bukan hanya itu saja, puncak Shwedagon ini juga bertahtakan 7.000 batu berlian, rubi, hingga giok yang membuat mata pelancong terkagum-kagum dengan kilauan batu permatanya.

2. Keindahan Danau Inle yang tak Jauh dari Biara dan Stupa

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/myanmartourism)

Selain dikelilingi bangunan pagoda dan kuil, Myanmar juga memiliki keindahan alam yang begitu menawan, seperti yang bisa kamu lihat di Danau Inle.

Tempat wisata alam Myanmar ini merupakan danau yang cukup luas dengan air berwarna biru dan sangat bersih serta terbebas dari sampah hingga polutan.

Dan tak hanya bersih saja, di sekitaran danau ini wisatawan bisa mengunjungi stupa dan biara yang tidak begitu jauh dari lokasi danau.

Jika ingin bermalam, ada banyak penginapan terapung di sekitaran lokasi danau yang bakal buat pengalaman menginap kamu yang berbeda.

3. Wisata religi yang menyuguhkan pemandangan alam tak terkira di Mandalay Hill

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/ikkually)

Ingin mencari tempat wisata religi dan bersejarah namun memiliki pemandangan alam keren di Myanmar? maka Mandalay Hill adalah salah satunya.

Destinasi wisata Myanmar ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah tak terkira yang mungkin tak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Bagaimana tidak? Di Mandalay Hill ini  kamu bisa melihat pemandangan langsung dari atas ketinggian, sebab lokasi pagoda ini berada di atas gunung.

Jika ingin masuk ke dalam pagodanya, wisatawan diwajibkan untuk mencuci kaki, mengingat tempat ini adalah tempat suci dan disakralkan bagi umat Budha terutama warga asli Myanmar.

4. Melihat Stupa berlapis emas di Ananda Temple

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/stephvye)

Bukan tanpa sebab jika Myanmar disebut sebagai Negara 1000 pagoda, mengingat ada banyak sekali bangunan pagoda yang indah dan unik di Negara ini. Salah satu yang cukup populer adalah Candi Ananda yang berada di kota Bagan.

Candi ini disebut sebagai salah satu wisata yang paling indah dan juga sangat terawat. Saat berkunjung di tempat ini kamu bisa melihat Stupa berlapis emas.

Namun bukan itu saja, ada pula patung Shin Arahan berlapis emas, Seorang Biarawan yang berasal dari Kerajaan Thaton dimana dirinyalah yang berhasil mengubah keyakinan Raja Anawrahta dan Raja Kyanzitta  yang sudah membangun pagoda ini.

5. Kyaiktiyo Pagoda, Pagoda unik dengan batu besar di ujung tebing

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/myanmartourism)

Pagoda yang juga dikenal sebagai The Golden Rock ini menjadi tempat ibadah umat Budha yang cukup populer di Myanmar. Pagoda ini cukup unik karena mempunyai batu besar yang ada di ujung tebing.

Meskipun begitu batu tersebut tak pernah jatuh dan tetap diam di posisinya. Umat budha yang bersembahyang di sini selalu menempelkan daun emas di batu tersebut, namun yang diperbolehkan hanya kaum  pria saja. Lokasi Kyaiktiyo Pagoda ini berjarak 3.5 jam perjalanan dari kota Yangon.

Baca juga: 11 Objek Wisata di Laos, Mampu Berikan Pengalaman Liburan yang Berbeda

6. Wisata pantai eksotis yang cocok untuk menyepi di Ngapali

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/instamyanmar)

Myanmar tidak hanya dipenuhi dengan bangunan pagoda dan candi nya saja. Wisata alamnya juga menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata eksotis ini memiliki pemandangan yang begitu indah dengan dihiasi laut biru serta pasir berwarna putih bersih. Ada banyak hotel-hotel berbintang dan mewah yang ada disini.

Dan jika kamu sedang mencari liburan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan Myanmar, Ngapali adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai sambil menikmati pemandangannya yang begitu menghipnotis mata. Sekedar informasi, waktu terbaik berkunjung ke Ngapali adalah saat Bulan November hingga bulan Maret.

7. Melihat sisa-sisa reruntuhan kuno di Mrauk U

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/instamyanmar)

Mrak U merupakan reruntuhan kuno yang mempunyai cerita sejarah yang begitu kaya dan juga pemandangan alam yang begiu luar biasa. Lokasi Mrak U terbentang luas di Perbukitan Rakhine, Myanmar Barat.

Dulunya kota ini merupakan kota terpenting untuk Kekaisaran Arakan. Mrak U sering dijadikan tempat singgah bagi para pedagang Belanda, Perancis, dan Portugis.

Menurut legenda, di kawasan ini pernah berdiri hingga lebih dari 6.000 kuil dengan desain yang berbeda satu sama lainnya.

Namun dikarenakan kondisi cuaca yang begitu keras serta dinasti yang perlahan jatuh membuat Kerajaan Rakhine ini kini menjadi reruntuhan yang ditempati 700 Pagoda.

Sayangnya Mrak U belum begitu ramai dikunjungi karena akses menuju lokasi yang terbilang sulit. Namun bagi kamu yang hobi berpetualang mencari tempat-tempat liburan terbaik dan berbeda, tak ada salahnya untuk mencoba datang kesini.

8. Taung Kalat, wisata religi yang tak kalah eksotis dari Mandalay Hill

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/nikonvietnam)

Tak kalah eksotis dari Mandalay Hill, kamu bisa menikmati pemandangan yang jauh lebih menantang di Taung Kalat.

Wisata religi ini berada di puncak bukit, dimana pengunjung bisa menikmati keindahan kota Bagan dari atas ketinggian.

Namun untuk dapat mencapai puncak, setidaknya kamu harus menaiki 770 buah anak tangga. Dan menariknya, di sepanjang pendakian hingga mencapai puncak, kamu akan ditemani kawasan monyet yang menjadi penghuni hutan yang ada di sekeliling tempat wisata ini.

9. Menikmati hamparan pasir laut yang menyenangkan di Pantai Ngwe Saung

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/anita/lasota)

Wisata alternative pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi di Myanmar adalah Pantai Ngwe Saung. Seperti pantai Ngapali, Ngwe Saung juga menawarkan suasana pantai yang begitu menyenangkan dan damai.

Ditemani dengan hamparan pasir pantai yang begitu luas dan ombak yang cukup bersahabat, dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

10. Pagoda Mingun yang setengah jadi dan terbesar di Myanmar

Bukan Hanya Kuil Dan Candi Saja, Destinasi Wisata Populer Di Myanmar Ini Wajib Dikunjungi

(foto: instagram/lovehardtraveloften)

Pagoda Mingun mungkin akan jadi penutup terbaik untuk perjalanan liburanmu selama di Myanmar. Jika dilihat dari bentuknya, mungkin kamu akan merasa jika pagoda ini berbeda dengan bangunan pagoda lainnya yang ada di Maynmar.

Hal ini karena Pagoda Mingun merupakan Pagoda terbesar di Maynmar yang belum selesai. Konon dulunya ketika masa pembangunan muncul sebuah ramalan tentang keruntuhan kerajaan seusai pembangunan pagoda ini. Dan inilah yang membuat proses pembangunan Pagoda terhenti hingga kini.

Meskipun belum selesai, bangunan ini masih jadi pagoda terbesar di Negara Myanmar. Dan daya tarik tersendiri dari destinasi wisata ini adalah keberadaan gigi sang Buddha yang berada di dalam bangunan Pagoda ini.

Bagaimana? Menarik bukan liburan di Myanmar. Jadikan Myanmar sebagai tujuan destinasi wisatamu selanjutnya bersama orang-orang kesayangan.