travel

13 Wisata Menarik di New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

Penulis:   | 

New Zealand atau Selandia Baru merupakan sebuah negara kecil, luasnya hampir sama seperti negara Jepang atau Britania Raya.

Negara ini hanya memiliki populasi sebanyak 4 juta orang, jadi bisa dikatakan jika Negara ini tidak terlalu ramau. Namun meskipun kecil, Negara ini memiliki tampakan alam yang begitu luar biasa.

Gletser yang spektakuler, perbukitan hijau mengalun, fyord yang cantik, gunung-gunung terjal, dataran tinggi vulkanik, pesisir pantai berpasir putih serta masih banyak hal menawan lainnya disini.

Menjelajahi bentang alam yang begitu indah di New Zealand bisa kamu jadikan ide terbaik untuk berlibur bersama keluarga, teman-teman maupun pasangan.

Jika kamu berencana untuk berlibur dan menghabiskan waktu di New Zealand, mungkin rekomendasi wisata-wisata di bawah ini patut untuk dikunjungi.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Alam Filipina yang Menawan dan Menyejukkan Mata

1. Menikmati Keindahan Danau Pukaki (Pukaki Lake) Sambil Berkemah 

Danau Pukaki

(foto: instagram/newzealandtraveldemocracy)

Tempat wisata terbaik ini berada di bawah gunung tertinggi yang ada di New Zealand yaitu Gunung Cook. Danau Pukaki ini merupakan danau gletser yang cukup terkenal dengan dihiasi air berwarna biru susu.

Apalagi ditambah latar belakang pemandangan Mount Cook yang bersalju, gabungan danau dan gunung ini menajdi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Warna air danau Pukaki ini memang begitu memukau, hal ini dikarenakan mineral tanah yang sempurna yang berasal dari gletser yang mencari.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari berjalan, berkendara, hingga mendaki di sekitaran danau sambil melihat pemadangan berbeda dari atas ketinggian. Nikmati kesunyian sambil memandang lanskap yang luas dengan berkemah di area pohon pinus.

2. Pemandangan Fyor Taman Nasional Fiorland yang Luar Biasa Indah 

Fyorland

(foto: instagram/storefortravelers)

Tampakan alam yang begitu luar biasa ini menyuguhkan pemandangan fyor yang menganggumkan. Ditambah lagi dengan air terjun dan puncak berselimut salju yang membuat mata siapapun yang memandang akan terhipnotis.

Fyord merupakan sebuah lembah yang berasal dari lelehan gletser dan membentuk huruf U yang kemudian diluapi air laut. 14 fyord yang ada di sepanjang tepian barat daya dari South Island ini terbentuk kurang lebih dalam waktu 100.000 tahun.

3. Menghabiskan Waktu Menikmati Keindahan Tekapo Lake yang Berwarna Biru Turkis

Tekapo Lake

(foto: instagram/nzstuff)

Tak heran jika Danau Tekapo dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di New Zealand. Danau ini menyuguhkan air berwarna biru turkis dengan dilengkapi latar belakang gunung tinggi serta gereja kecil yang berada dalam satu kawasan.

Danau Tekapo ini menjadi tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur d New Zealand. Saat musim dingin tiba, puncak gunung diselimuti salju yang membuat tampakan danau semakin cantik.

Di bulan-bulan tertentu, kamu bisa melihat pemandangan danau yang begitu cantik dengan dilengkapi hamparan bunga Lupin yang begitu memanjakan mata. B

iasanya hamparan bunga cantik berwarna merah muda, ungu, kuning, oranye, putih dan biru ini bisa dinikmati di bulan November-Desember. Bunga-bunga cantik setinggi 1.5 meter ini akan terlihat berjejer rapi di sepanjang danau.

4. Menikmati Pemandangan Surga Dunia di Paradise

Paradise

(foto: instagram/gracegraham32)

Sesuai dengan namanya, Paradise, tempat ini dapat dikatakan seperti Surga Dunia. Bagaimana tidak? Keindahan pemandangan alamnya begitu mempesona dan membuat siapapun akan takjub memandangnya.

Namun bukan hanya karena tampakan alamnya yang seakan seperti surga saja, tempat wisata ini dinamakan sebagai Paradise karena ada banyak angsa yang hidup dan tinggal disana.

5. Kombinasi Pemandangan Laut, Hutan, dan Gunung di Milford Sound

Milford Sound

(foto: instagram/bennlang)

Milford Sound merupakan tempat wisata teluk kecil yang sangat indah dan populer di New Zealand. Wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Fiorland dan juga masuk ke dalam situs Te Wahipounamu.

Tempat ini menawarkan kombinasi pemandangan laut, hutan dan gunung yang membentang 16km begitu indahnya. Bukan hanya itu, tempat ini juga menjadi rumah bagi 120 orang yang tinggal disini.

Ada kafe kecil yang dijadikan sebagai pusat informasi dan disini kamu bisa menikmati makanan ringan serta makan siang.

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Jerman, Cocok untuk yang Suka Nuasa Romantis

6. Indahnya Warisan Dunia Bercorak Budaya di Tongariro National Park

Menjelajahi Bentang Alam New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/gottalovenz)

Taman Nasional Tongariro merupakan taman nasional tertua yang ada di New Zealand, lokasinya berada di tengah North Island dan menjadi salah satu warisan dunia alami yang dihiasi corak budaya.

Taman ini mempunyai luas sebesar 796km² yang didirikan pada bulan Oktober 1887. Tempat ini dikelilingi dengan gunung berapi Ngauruhoe, Tongariro, dan Ruapehu yang terkenal dengan keragaman landskapnya.

Disini kamu bisa mencoba bermain ski menuruni lereng hingga bermain sepeda sambil melihat keindahan pemandangan yang disajikan.

7. Melihat Rumah-Rumah Hobbit Bak Negeri Dongeng di Hobbiton

Menjelajahi Bentang Alam New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/hobbbitontours)

Desa Hobbiton menjadi tempat wisata terbaik di New Zealand lainnya yang populer karena dijadikan sebagai tempat syuting The Lord of The Rings serta The Hobbit.

Jadi tak mengherankan jika ratusan ribu pengunjung telah berdatangan untuk melihat bagaimana keunikan dari tempat wisata ini. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah banyak tempat wisata yang meniru konsep desa Hobbiton.

Hamparan rumput yang hijau, kontur tanah berbukit, danau berair jernih,  dan rumah-rumah hobbit dibawah tanah ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki tempat wisata ini.

Rumah-rumah Hobbit disini hanya dibuat untuk bagian depan saja. Beberapa tidak mempunyai interior, namun ada beberapa lainnya yang pintunya dapat dibuka.

8. Nikmati Perjalanan Seru dan Menantang di Fox Glacier

Menjelajahi Bentang Alam New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/topdecktravel)

Ingin liburan yang berbeda, lebih seru dan menantang? Maka Fox Glacier bisa jadi pilihan yang terbaik.

Tempat wisata ini berada di Pulau Selatan, kamu bisa mencoba mendaki ataupun menjelajahi area es ini hingga dekat air terjunnya yang berwarna biru jernih menggunakan helicopter.

Jika kamu punya jiwa petualang tinggi, mungkin bisa mencoba memanjat tebing es. Dan tak jauh darisana, kamu bisa menemukan Gua Glowwonr yang begitu populer dengan tampakan alam yang begitu membuat takjub.

9. Melihat Kehidupan Bahari Kaikoura yang Begitu Kaya dan Indah

Menjelajahi Bentang Alam New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/nzwithme)

Kaikuro adalah kota tempat wisata di New Zealand yang berada di bagian selatan Selandia Bara. Kaikuro dari bahasa Maori, “Kai” yang memiliki arti makanan  dan “koura” memiliki arti lobster air tawar, jadi Kaikuro memiliki arti “memakan lobster”.

Jika kamu penikmat wisata bahari, kamu akan sangat menyukai kota pesisir Kaikuora. Hal ini karena kamu akan melihat kehidupan bahari yang begitu kaya.

Bukan hanya bisa menikmati keindahan alam pesisir pantai nya saja, kamu juga bisa menikmati sajian lobster yang mana menjadi ciri khas dari kota Kaikuora.

Dan yang paling seru disini adalah kamu bisa melihat langsung satwa liar yang hidup di perairan dari jarak dekat. Dan bulan Juni-Agustus adalah waktu terbaik melihat ikan paus langsung yang akan bermunculan di pesisir pantai.

10. Menikmati Pemandangan Sambil Mendaki di Roys Peak

Menjelajahi Bentang Alam New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/travelandleisure)

Jika kamu menyukai pendakian gunung, mungkin Roys Peak menjadi pilihan tempat wisata yang pas untuk dikunjungi. Roys Peak akan menjamin pemandangan alam pegunungan yang begitu memukai.

Terletak di kawasan Danau Wanaka, akan banyak hal yang bisa kamu lihat bahkan sepanjang pendakian. Termasuk pula tampakan Mount Aspiring yang sangat jelas terpampang. J

alur pendakian Roys Peak juga lumayan aman, bahkan tersedia penanda di sepanjang jalur sehingga memudahkan pengunjung yang akan mendaki.

11. Memancing Sambil Berlayar di Bay of Islands

13 Wisata Menarik di New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/bayofislands)

Bay of Islands bisa disebut sebagai salah satu tempat wisata yang paling populer di Selandia Baru. Tempat ini bisa dibilang cocok untuk acara keluarga.

Saat datang ke sini, kamu bisa mencoba melakukan berbagai aktivitas yang menarik, mulai dari sekadar memancing atau berlayar sembari bersantai.

Jika menggunakan kendaraan mobil, kamu bisa menghabiskan waktu hanya sekitar tiga jam dari pusat kota dan cocok untuk akhir pekan.

Kamu yang ingin lebih berlama-lama di sini, maka bisa mencoba untuk membawa makanan kesayangan dari rumah dan memulai piknik.

Namun untuk kamu yang ingin menguji adrenalin, jelas kamu bisa mencoba wahana menarik seperti scuba-diving, atau lebih dekat dengan satwa laut.

12. Mencicipi Makanan dengan Metode Khas di Rotorua

13 Wisata Menarik di New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/the.world.bucket.list)

Ada sebuah kawasan paling dikenal dan sangat direkomendasikan saat liburan , yaitu Rotorua. Ditambah, ada  lembah geothermal Te Whakarewarewa di sini.

Sayangnya, kamu tetap perlu berhati-hati karena lembahnya masih aktif sehingga hindari beberapa bagian yang memang lebih berbahaya.

Saat kamu ada di kawasan seperti Rotorua ini, kamu bisa sekalian mampir ke sebuah lahanan pertanian yang indah nan memesona, yaitu Agrodome.

Kamu bisa jalan santai di sana, sekitar 10 menit sambil berkeliling. Belum lagi dengan banyaknya hewan ternak yang bisa kamu temukan.

Di Agrodome, kamu bisa bertemu dengan anak-anak hewan ternak yang lucu-lucu yang bisa kamu peluk ataupun ajak berfoto. Selain itu ada juga tur yang mengajak kamu mencicipi buah-buahan segar yang ditanam di lahan ini.tempat wisata di new zealand

Kamu pun akan dimanjakan dengan interaktsi bersama para penduduk di sana. Wilayah ini memiliki jumlah penduduk 59,500 orang.

13. Menyaksikan Pemandangan Gunung Berapi di White Island

13 Wisata Menarik di New Zealand, Seakan Masuk Ke Negeri Dongeng

(foto: instagram/__irina__kim)

Tempat wisata yang terakhir yang bisa kamu kunjungi saat ada di Selandia Baru tentu saja adalah White Island. Pulau ini pun sangat terkenal di media sosial.

Tempat ini dipenuhi dengan pemandangan alam yang begitu indah yang semakin menarik wisatawan untuk datang. Misalnya saja, ada gunung berapi di sana.

Nama lain dari gunung api yang ada di sini adalah Te Puia o Whakaari. Nama ini diambil dari bahasa Maori yang artinya adalah “Gunung Berapi yang Dramatis”.

Jika tertarik untuk datang, lokasinya ada di  dekat pantai timur Pulau Utara, Selandia Baru, di Teluk Plenty. Tinggi gunung berapinya sampai 321 meter.

Gunung berapi ini sudah ada sejak lama dan aktif selama ratusan ribu tahun. Tak jauh dari sana, kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai sembari bersantai.

Bagaimana? Menakjubkan bukan? Melihatnya saja seakan masuk ke dalam negeri dongeng. Ingin membuat pengalaman liburan berbeda dengan keindahan alam yang menawan? Maka New Zealand bisa kamu jadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburanmu.