travel

10 Objek Wisata di Lombok yang Tak Kalah dengan Bali

Penulis:   | 

Lombok merupakan sebuah kepulauan yang dipisahkan oleh selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan selat alas di sebelah timur dari Sumbawa.

Kepulauan yang berbentuk bulat ini, jika dilihat dari atas satelit, bagi sebagian besar Wisatawan dianggap sebagai Bali kedua dikarenakan pemandangan alam di Lombok sangatlah indah.

Terutama dengan banyaknya pantai-pantai maupun berbagai macam wilayah di dalamnya yang banyak dijadikan sebagai objek Wisata.

Maka tak mengherankan jika banyak para Turis lokal maupun mancanegara yang mendatangi pulau Lombok ini, dikarenakan mereka kebanyakan ingin mencari objek wisata yang menyerupai Bali, tapi relatif lebih sepi dan tak padat keramaian.

Tentu saja selain menawarkan pemandangan yang sangat indah, Lombok juga banyak menawarkan berbagai macam objek wisata yang sangat menarik dan juga bakal membuat momen liburan kalian tambah memorable dan instagramable

Di Lombok kamu akan menemui banyak spot wisata pantai, kuliner, budaya, hingga sejarah, yang bisa kalian jelajahi satu persatu.

Kami berikan 10 refrensi destinasi wisata di Lombok yang mungkin bisa jadi pedoman buat kamu-kamu yang ingin berlibur kesana.

Baca juga: Ini Dia 10 Tempat Wisata di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

1. Bukit Selong Sembalun

10 Objek Wisata di Lombok yang Tak Kalah dengan Bali

(foto: instagram/panz_lombok_liah)

Apabila kamu berkesempatan mengunjungi Desa Selong, di Lombok Timur, kamu mungkin bisa menjajal objek wisata yang cukup dikenal di wilayah tersebut, apalagi jika bukan Bukit Selong itu sendiri.

Bukit ini sendiri sering dijadikan tempat aktivitas fotografi maupun Vlog dari para wisatawan yang berkunjung kesana, karena memang landscape di Bukit ini benar-benar sangat mempesona.

Apalagi dari atas bukit tersebut juga terlihat pemandangan hamparan sawah yang berwarna-warni dengan latar belakang bukit yang sangat indah.

Ini cocok sekali menjadi dokumentasi kenang-kenangan untuk kamu yang bisa berkesempatan berlibur disana.

Untuk bisa mencapai lokasi bukit Selong ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan dari Mataram sekitar 2,5 jam atau malah 3 jam-an perjalanan.

Para Pelancong harus melewati kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah terlebih dulu sebelum akhirnya tiba di kabupaten Lombok Timur, yang menjadi lokasi objek wisata tersebut.

2. Gunung Rinjani

10 Objek Wisata di Lombok yang Tak Kalah dengan Bali

(foto: instagram/rinjaniwonderfull)

Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang memilki ketinggian mencapai 3.726 mdpl.

Tapi semua itu tak menyurutkan para wisatawan terutama yang hobi hikking atau pendakian, untuk menjadikannya salah satu spot wisata favorit ketika di Lombok.

Banyak spot-spot favorit ketika para Wisatawan berkunjung ke gunung Rinjani ini, seperti Taman Nasioanl Rinjani yang merupakan salah satu ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan savana dengan luas 40.000 ha, yang didalamnya terdapat ribuan flora dan fauna yang sangat unik.

Selain itu ada Danau Segara Anak, yang merupakan kawah dari gunung rinjani itu sendiri, dan di danau ini selain kalian bisa melakukan aktivitas memancing, juga bisa menyusuri gua-gua yang ada di sekitaran kawah tersebut.

3. Gili Nanggu

10 Objek Wisata di Lombok yang Tak Kalah dengan Bali

(foto: instagram/lombokuniktravel)

Jika kamu ingin berlibur ke spot wisata yang masih tergolong sangat sepi yang bisa membebaskan pikirannmu dari kepadatan manusia dan juga menenangkan hati ini, mungkin bisa mencoba mengunjungi Gili Nanggu yang masih terletak di wilayah Lombok Barat.

Gili Nanggu sendiri merupakan nama suatu pulau kecil yang berada di kecamatan Sekotong, Lombok Barat dan posisinya terletak ditengah selat Lombok yang memisahkan pulau Lombok dengan pulau Bali.

Selain pantai pasirnya yang putih, ombak yang tergolong rendah, dan biota lautnya yang lumayan cukup banyak, yang membuatnya bisa membuat para pelancong Introvert cukup bahagia adalah, pulau ini masih tergolong sangat sepi, karena memang masih belum terlalu diekspose sebagai tujuan objek wisata.

Tapi walaupun begitu di Gili Nanggu sudah cukup banyak difasilitasi dengan berbagai sarana pendukung untuk menghabiskan waktumu di pulau kecil ini, seperti Watersport, Jogging Trek, hingga perlengkapan Diving bisa kamu dapatkan disini.

4. Air Terjun Tiu Kelep

10 Objek Wisata di Lombok yang Tak Kalah dengan Bali

(foto: instagram/valegingervalli)

Air terjun Tiu Kelep yang terletak di desa Bayan, kabupaten Lombok Utara dan masih berada di dalam kawasan Geopark Rinjani Lombok, merupakan air terjun yang sering menjadi salah satu objek wisata bagi wisatawan yang ingin berkunjung untuk menikmati derasnya air terjun yang masih alami.

Apalagi memang air terjun ini seperti yang sudah dijelaskan sebelumnnya, masuk kedalam wilayah kawasan gunung Rinjani, maka tak mengherankan suasana yang masih sangat alami khas daerah gunung masih terasa kental di spot air terjun yang memiliki ketinggian 40-50 meter-an ini.

5. Pusuk Sembalun

pusuk sembalun

(foto: instagram/noahjonmarshall)

Pusuk Sembalun ini sebenarnya berbentuk spot Taman Wisata, tapi dikarenakan view yang disuguhkan oleh tempat ini benar-benar sangat ciamik apalagi untuk dijadikan objek selfie, maka tak mengherankan jika spot ini lagi hits di kalangan masyarakat ataupun turis lokal.

Di taman Wisata Pusuk Sembalun ini kamu akan mendapatkan panorama alam yang sangat memukau seperti contohnya saja pemandangan gugusan tebing-tebing yang sangat curam yang dapat kita lihat langsung dari puncak jalan atau di lokasi taman wisata ini.

Kamu pun bisa melihat view gunung Rinjani sejauh mata memandang, yang dijamin akan amazing banget jika kamu bisa memandangnya secara langsung nantinya.

Keunikan dari taman wisata ini juga terletak dengan banyaknya sekumpulan monyet liar di sepanjang jalan raya hutan Rinjani hingga lokasi taman wisata Pusuk Sembalun ini.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Malang yang Lagi Hits, Mulai Pantai Hingga Museum

6. Bukit Pergasingan

bukit pergasingan

(foto: instagram/kdinesen)

Bukit Pergasingan ini dikelilingi oleh megahnya gunung Rinjani, pemandangannya masih sangat hijau sekali ditambah dengan petak-petak sawah warga desa Sembalun yang terlihat berwarna-warni jika dilihat dari atas ketinggian bukit ini.

Biasanya bukit ini dijadikan latihan awal untuk mendaki oleh para kikkers, sebelum mereka mendaki gunung Rinjani yang tentu saja medannya lebih berat lagi.

Bukit ini sendiri bisa didaki dengan pendakian normal sekitar 2,5 jam-an dan karena ketinggiannya yang sangat pas, maka tak mengherankan di spot bukit ini banyak dilakukan aktivitas olahraga extreme yang banyak digemari juga oleh para wisatawan yang berkunjung kesana.

Karena di bukit ini kamu bisa melakukan aktivitas Paralayang ditengah hamparan sawah dengan pemandangan gunung Rinjani, yang tentu saja semua ini diawasi oleh para Profesioanl yang ahli dibidangnya. Terdapat pula aktivitas lain seperti Sepeda Gunung, mendaki tebing, dan masih banyak lagi.

7. Taman Narmada

taman narmada

(foto: instagram/moechsinin)

Tema alam yang eksotik dan ditata menyerupai replika bentuk gunung Rinjani adalah konsep utama dari wisata kota Taman Narmada ini.

Taman Narmada sendiri merupakan bentuk miniatur dari gunung Rinjani yang dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem untuk berdoa.

Dikarenakan sang raja sudah tak kuat untuk mendaki Rinjani lagi, yang membuatnya terpaksa membangun replika gunung Rinjani dan danau Segara Anak pada tahun 1727 Masehi yang digunakannya untuk berdoa kala itu.

Di taman wisata ini terdapat juga Pura Kalasa di bagian atas dari replika gunung Rinjani tersebut, dan untuk mecapainya kita harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat sebagai gambaran menaiki gunung Rinjani untuk bisa sampai di Pura tersebut.

Selain Pura Kalasa, kamu juga akan melihat Bale Agung, yang merupakan tempat pertemuan atau rapat sang Raja, hingga Bale Loji yang merupakan tempat penyimpanan persenjataan yang digunakan oleh para Prajurit.

8. Dusun Sade

dusun sade

(foto: instagram/ariyadewi)

Jika kamu ingin berwisata ke desa di Lombok yang masih terjaga kebudayaan dan tradisinya hingga saat ini, mungkin bisa mencoba mengunjungi dusun Sade yang bisa melengkapi keinginan kamu akan hal tersebut.

Karena di dusun ini kamu akan menemui banyak keistimewaan dibandingkan desa-desa yang ada di kepulauan Lombok lainnya, seperti penduduknya yang kebanyakan masih sedarah, bangunan yang masih memakai unsur tradisional yang masih menggunakan alang-alang ataupun anyaman bambu.

Dan yang uniknya lagi masyarakat disini menggunakan kotoran kerbau dengan campuran air untuk membersihkan lantai rumah mereka.

9. Rumah Pohon Gangga

rumah pohon gangga

(foto: instagram/rumpo_gangga.murmas)

Rumah pohon ini memiliki konsep serupa dengan taman wisata Pusuk Sembalun, yakni gardu panjang yang berada di ketinggian yang membuat para pengunjung bisa menikmati view gunung Rinjani dengan sangat eksotik. Rumah pohon ini sendiri berlokasi di desa Gangga Munas, Lombok Utara.

Ditempat ini kamu akan dimanjakan dengan pemandanagan yang serba hijau selain keindahan dari gunung Rinjani itu sendiri yang membuatnya semakin luar biasa jika dilihat dengan mata kepala sendiri,.

Apalagi lokasi Rumah Pohon ini juga yang dekat dengan air terjun, yang tentu saja menambah keelokan Rumah Pohon Gangga tersebut.

10. Air Terjun Madu

air terjun madu

(foto: instagram/panz_lombok_liah)

Kamu yang sedang berkunjung ke Bukit Selong, mungkin juga bisa sesekali menyempatkan untuk berkunjung ke spot wisata Air Terjun Madu, yang lokasinya tak jauh dari bukit Selong itu sendiri. Lokasinya masih di daerah Sembalun, tepatnya di desa Bilok Petung, Lombok Timur.

Ketinggian air terjun ini sendiri mencapai 20 meter dan airnya cukup segar dan berwarna hijau kebiruan.

Saking masih alaminya alam dan air di sekitaran wilayah air terjun tersebut, sehingga memancarkan keindahannya tersendiri yang tentu saja ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung kesana.

Yup, itu dia tadi 10 spot wisata di Lombok yang bisa kamu jadikan refrensi altrenatif jikalau kamu sedang bosan karena sudah cukup keseringan untuk berkunjung ke Bali, maka Lombok yang dianggap sebagai Bali kedua ini, bisa menjadi tujuan liburan kamu berikutnya selain Bali tentunya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.