travel

10 Destinasi Wisata di Malang yang Lagi Hits, Mulai Pantai Hingga Museum

By  | 

Malang yang merupakan salah satu kota di wilayah Jawa Timur, merupakan salah satu kota yang cukup dikenal akan klub sepak bolanya yang sangat terkenal yaitu Arema Malang atau biasa disapa Singo Edan.

Tapi selain klub sepak bola mereka yang sangat terkenal di seluruh Indonesia, kota yang dikenal juga sebagai kota pendidikan ini, juga mempunyai beragam tempat wisata yang sering menjadi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kami memberikan rekomendasi 10 tempat wisata di kota Malang yang wajib banget kamu-kamu kunjungi, baik pada liburan akhir pekan, tahun baru, maupun reward Trip dari tempat kerja kalian.

Baca juga: Ini Dia 10 Tempat Wisata di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

1. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan

(foto: instagram/anggunafrilliia)

Kampung yang berada di kelurahan Jodipan, kecamatan Blimbing, kota Malang ini merupakan salah satu wisata kekinian yang sedang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena kampung warna-warni ini adalah salah satu yang paling hits di Indonesia saat ini.

Sebenarnya kampung ini adalah kampung yang cukup padat penduduk, namun semua itu berhasil dirubah oleh pihak pengelola masyarakat setempat hingga menjadi destinasi wisata yang sangat menguntungkan bukan hanya untuk warga sekitar, tapi juga kota Malang itu sendiri.

Dan asal kamu tahu juga, diseberang Kampung Warna-Warni ini juga terdapat kampung Tridi yang tak hanya memiliki dinding rumah warga yang dicat berwarna warni, tapi juga terdapat banyak gambar 3D yang memiliki efek timbul, yang bisa menjadi spot foto-foto yang sangat keren.

Untuk bisa mencapai kampung Tridi dari kampung Warna-Warni, sekarang sudah terdapat jembatan kaca Ngalam yang menghubungkan kedua kampung tersebut, yang sudah diresmikan sejak Oktober 2017 silam.

2. Kampung Biru Arema

kampung biru arema

(foto: instagram/malangvenue)

Kampung Biru yang tak jauh dari Kampung Warna-Warni Jodipan ini, bisa memberikan pengalaman berwisata kamu selayaknya keindahan Santorini di Yunani, karena memang seakan-akan kampung tersebut seperti meniru style dari salah satu daerah di wilayah Yunani tersebut.

Yang lebih uniknya lagi kampung Biru ini juga banyak dihiasi dengan berbagai gambar-gambar tiga dimensi dari para pemain legenda klub sepak bola Arema, sehingga para penggemar Arema bisa berselfie di depan gambar-gambar yang seakan-akan timbul tersebut, dan tentunya akan membawa pengalaman yang tak akan terlupakan bagi para penggemar klub sepak bola tersebut.

3. Hutan Alas Pinus Coban Talun

Hutan Alas Pinus Coban Talun

(foto: instagram/de_ponzi)

Sebenarnya Hutan Alas Pinus Coban adalah tempat wahana permainan menyerupai tempat-tempat Outbond seperti pada umumnya yang terdapat beberapa wahana permainan yang bisa dicoba, seperti Flying Fox, Hammock, Omah Pinus yang berbentuk seperti bintang, Wall Climbing, hingga Treetop.

Yang membedakannya wahana permainan disini terletak di area Hutan Pinus yang pohon-pohonnya menjulang sangat tinggi, maka tak heran jika pohon-pohon tersebut banyak dijadikan tempat sebagai ajang swafoto oleh para Wisatawan yang mengunjunginya.

Meskipun wahana permainan di tempat ini belum terlalu banyak, tapi keberadaan taman yang banyak menampilkan tanaman kopi hingga berbagai bunga-bunga yang indah ini, jelas sekali sangat memanjakan mata para wisatawan, apalagi bagi mereka yang sangat menginginkan suasana yang tenang dan adem.

4. Museum Angkut

museum angkut

(foto: instagram/emanovilia)

Kamu-kamu yang merupakan penggila otomotif atau apapun yang berkaitan erat dengan yang namanya kendaraan, mungkin bisa mencoba mengunjungi tempat yang bernama Museum Angkut. Karena disini kalian akan mendapatkan informasi dan juga perkembangan transportasi baik dari Indonesia maupun seluruh dunia ada disini.

Museum yang nama belakangnya berasal dari kata angkutan ini, memiliki beberapa tema/ style kendaraan yang bisa kalian lihat perkembangannya dari zaman ke zaman, yaitu style/tema Eropa sampai ada juga tema Hollywood.

Pokoknya Museum yang bisa kalian tempuh sekitar 2 jam-an dari kota Surabaya ini benar-benar menjadi pilihan yang sangat tepat bagi kalian para pecinta otomotif maupun keluarga kalian yang ingin mendapatkan edukasi maupun entertainment sekaligus, terkait sarana transportasi di dunia.

5. Coban Rondo

Coban Rondo

(foto: instagram/_riyansans)

Coban Rondo yang kalau diartikan ke bahasa Indonesia secara harfiah berarti air terjun janda, dan merupakan salah satu objek wisata di kota Malang yang sudah dibuka untuk umum semenjak tahun 1980-an.

Kenapa bisa air terjun ini disebut air terjun janda? ini karena legenda yang berkembang di masyarakat setempat yang mengatakan jika dulunya air terjun inilah yang digunakan oleh Dewi Anjarwati dari gunung kawi bersembunyi dari cengkraman Joko Lelono yang tak jelas asal-usulnya dan begitu mencintai beliau.

Hingga pada akhirnya atas saran suaminya yaitu Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara, menyuruh sang dewi untuk bersembunyi di balik air terjun tersebut, sedangkan sang suami berhadapan dengan Joko Lelono sampai keduanya tewas, dan Dewi Anjarwati tak mengetahui jika suaminya itu sudah meninggal, tapi ia tetap setia menunggu suaminya di balik air terjun tersebut walaupun ia harus menjanda selamanya.

Wisata yang sangat menonjolkan akan keindahan alam sekitarnya dan juga air terjunnya yang sangat besar dipadu dengan suara gemericik airnya yang tenang, dan udaranya yang juga masih sangat bersih sekali.

Tapi selain beberapa hal tersebut, tetap para wisatawan juga bisa menikmati beberapa wahana permainan lainnya yang juga menjadi daya tarik di sekitar lokasi tersebut, seperti Taman Kelinci, ATV, Playground, hingga Wisata Berkuda ada di sini.

6. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

(foto: instagram/callmeandre)

Keunikan dan ciri khas utama dari pantai ini adalah warna airnya yang berbeda-beda yaitu berwarna biru, hijau, dan juga putih. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air laut di dekat pantai tersebut.

Di pantai 3 warna ini juga banyak pengunjung yang melakukan aktivitas Snorkeling untuk bisa menikmati berbagai macam keindahan taman bawah laut yang didalamnya banyak biota laut yang bisa kalian nikmati keindahannya seperti berbagai macam terumbu karang misalnya.

Pantai 3 warna ini juga merupakan salah satu wilayah konvervasi alam yang dikelola oleh Clungup Mangrove Conservation (CMC), maka dari itulah salah satu spot wisata di Malang ini, tetap alami dan terjaga kebersihan dan keindahan alamnya.

7. Taman Selecta

taman selecta

(foto: instagram/must_alishaq)

Jika kalian dan keluarga ingin mencari objek wisata dengan bentang alam dan udara yang sangat sejuk di tambah dengan hamparan bunga-bunga yang berwarna warni, maka Taman Selecta ini bisa menjadi pilihan spot wisata yang tepat bagi kamu dan keluarga lainnya.

Nama taman yang nama belakangnya diambil dari bahasa Belanda ini, sebenarnya pada jaman dulu tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum, dan hanya dibuka untuk peristirahatan orang-orang Belanda saja.

Namun setelah direnovasi oleh pihak pemerintah daerah setempat pada tahun 1950, wisata ini baru bisa dibuka untuk kalangan masyarakat umum hingga sekarang ini.

Taman yang memiliki luas hingga 18 hektar ini sebagian besarnya diisi oleh taman bunga dan juga kebun bunga, yang dikonsep secara petak-petak berbentuk persegi.

Tapi selain hal itu pula, taman bunga ini juga dilengkapi dengan fasilitas wahana pendukung yang sudah cukup modern, untuk semakin memanjakan para wisatawan agar betah di taman Selecta ini, seperti Perahu Ayun, Skybike, hingga Bioskop 4D.

8. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

(foto: .instagram/sfamilytrip)

Objek wisata bertema Agro wisata ini mengedepankan edukasi terkait tanaman teh, dan berlokasi di daerah Lawang-kota Malang, dan perkebunan teh disini memiliki luas kawasan 1.144 hektar dan berada di dekat lereng gunung Arjuno.

Di spot wisata ini juga kalian akan mendapatkan edukasi terkait penanaman teh hingga membuatnya menjadi produk siap saji dan bagaimana mendistribusikannya kepada masyarakat, karena memang kebun teh Wonosari ini sebenarnya adalah proyek PTPN XII yang menangani pendistribusian teh dan juga memproduksi teh celup semenjak tahun 1910.

Selain keindahan perkebunan teh ini yang hawanya masih sangat segar dan juga sejuk, disini kalian juga bisa menikamti aktivitas dan juga wahana permainan yang disediakan seperti Wall Climb, Flying Fox, Lapangan Sepak Bola, hingga Paint Ball.

9. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

(foto: instagram/hawaiwaterpark)

Kalian yang mendambakan keinginan untuk bisa pergi ke Hawai tapi belum kesampaian, mungkin bisa mengunjungi salah satu spot waterpark bertema Hawai ini. Karena dengan berkunjung di waterpark ini, kamu akan merasakan suasana Hawai yang begitu terasa.

Yap ditempat ini kamu akan mendapatkan wahana seperti layaknya suasana di Hawai seperti, Mavi Island, Hawai Water House,hingga Ekolu Slide.

Di lokasi spot wisata yang berada di kecamatan Singosari-Malang ini, kalian juga bisa merasakan ombak Tsunami buatan yang memang sengaja diciptakan untuk semakin menambah pengalaman kalian ketika berkunjung di spot Waterpark yang fasilitasnya sudah cukup canggih ini.

10. The Bagong Adventure Museum Tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh

(foto: instagram/salsalafiaa)

Jika kalian ingin belajar tentang edukasi berbagai macam tubuh manusia beserta organ-organnya dan kebetulan sedang berada di kota Malang, mungkin museum unik ini bisa kalian jadikan refrensi yang tepat untuk kalian yang sedang mencari spot wisata yang bersifat edukatif.

The Bagong Adventure Museum Tubuh juga merupakan museum tubuh terbesar di Asia dan juga satu-satunya yang ada di negara Indonesia, dan memiliki struktur bangunan yang unik, artistic, dan juga modern.

Dari bagian luarnya saja kalian sudah disambut dengan design bangunan ini yang sedikit nyeleneh, yaitu wajah Bagong yang sangat besar yang sedang membuka mulutnya dan merupakan pintu masuk para pengunjung kedalam museum tersebut.

Museum ini sendiri di dalamnya terdapat 13 zona yang masing-masing menggambarkan seperti apa organ dalam tubuh manusia sebenarnya seperti, zona mata, telinga, paru-paru, hingga otak ada semua disini.

Kamu yang datang ke museum ini dijamin tak akan bosan ataupun jenuh, karena disini kalian akan benar-benar mendapatkan edukasi yangb mendetil terkait organ tubuh manusia dan akan lebih peduli lagi akan kesehatan bagi tubuh kita.

Nah, itu dia 10 tempat wisata yang bisa dikunjungi jika sedang berkunjung ke Malang, dan ke 10 tempat wisata ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya objek wisata yang dimiliki oleh kota yang berada di wilayah Jawa Timur ini. Selamat traveling and enjoy this Holliday’s.