travel

10 Destinasi Wisata Ikonic Mamuju yang Buat Liburanmu Semakin Berkesan

By  | 

Kabupaten Mamuju, merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Barat. Ibukota dari kabupaten ini adalah Kota Mamuju. Mamuju letaknya diapit oleh dua kota besar yakni Kota Palu dan Kota Makassar.

Oleh karenanya, wilayah Mamuju juga menjadi jembatan yang menghubungkan perekonomian serta kebudayaan dari Kota Palu dengan Makassar. Sehingga nama Mamuju masih asing terdengar sebagai daerah wisata. Meskipun begitu, Mamuju ternyata punya banyak destinasi wisata yang masih bisa kamu gali.

Topografi Mamuju cukup berakeragam, wilayahnya mulai dari pesisir hingga pegunungan. Seperti wilayah Sulawesi lainnya, Mamuju juga dikelilingi dengan beberapa sungai besar. Wilayahnya yang memiliki formasi gunung, membuatnya memiliki udara yang sejuk.

Keindahan deretan pantai di Mamuju menjadi daya tarik wisatanya. Namun, kekayaan pegunungan di kabupaten ini juga membuat Mamuju banyak dianugrahi dengan keberadaan air terjun. Paket ragam wisata tersebut, semakin lengkap dengan balutan wisata budaya hingga sejarah yang juga ditawarkannya.

Kabupaten Mamuju, memiliki beberapa destinasi yang bisa dijadikan opsi destinasi liburan. Yuk simak ada apa saja.

Baca juga: 10 Objek Wisata Banjarmasin Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan

1. Melihat indahnya wujud Mamuju dari ketinggian, di Anjoro Pitu

10 Destinasi Wisata Ikonic Mamuju yang Buat Liburanmu Semakin Berkesan

(foto: instagram/willy_s7even)

Mamuju menyimpan banyak keelokkan alam di wilayahnya. Untuk itu, menikmati keelokkan alam tersebut dari atas ketinggian pastilah menjadi sebuah aktivitas wisata lainnya.

Sejaka dahuli, Anjoro pitu sudah menjadi objek wisata yanga banyak disambangi oleh pelancong, yang ingin melihat secara jelas bagaimana pesona keseluruhan bentangan alam dari Mamuju.

Dari ketinggian Anjoro Pitu ini, kamu bisa melihat hamparan laut biru, hijaunya perhutanan, hingga permukiman warga serta geliat aktivitas kabupaten ini, melalui lampu-lampu menyala yang berpendar dan semakin jelas terlihat ketika malam tiba.

Kini, bahkan kamu sudah difasilitas dengan jalur pendakian bukit yang sudah diperbaiki. Sehingga, tidak perlu merasa kesulitan lagi jika jalannya terjal atau dipenuhi bebatuan. Anjoro Pitu sendiri, memiliki pengertian yakni Tujuh Kelapa.

Ini dikarenakan, konon dahulunya area perbukitan dari Anjoro Pitu ini, ditmbuhi tujuh pohon kelapan yang tumbug saling berempetan.

Oleh pemerintah, kawasan Anjoro Pintu ini kemudian dijadikan sebuah ikon Mamuju, dengan memasang landmark berupa tulisan besar bertuliskan “Mamuju City” layaknya landmark yang ada di Hollywood.

Beberapa gazebo mempermanis sekaligus memberikan kenyamanan tersendiri, bagi kamu para wisatawan yang ingin bersantai lebih lama di area perbukitan ini. Sembari bersenda gurau denga kerabat, menanti langit senja dan menampakkan panorama matahari terbenamnya yang memesona.

2. Segarnya bermain air di wisata alam Air Terjun Tammasapi

Air terjun Tammasapi Mamuju

(foto: instagam/timurnusantara)

Berada di Dusun Tammasapi, Desa Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kota Mamuju, Air Terjun Tammasapi berdiri dengan megahnya dengan ketinggian kurang lebih 75 km. aliran air terjun ini, berasal dari Sungai Tammasapi.

Berkunjung ke wisata air terjun, memang menjadi destinasi wisata favorit bagi kamu yang senanfg wisata alami. Seperti Air Terjun Tammasapi, yang kebersihan serta kesejukkan airnya masih terjaga sehingga keasriannya masih dapat kamu nikmati.

Kemegahan air terjun nampak dari derasanya aliran air yang ditumpahkam dari tebingnya. Membuat percikn-percikan air segar yang sesekali mengenaimu ketika sedang bersantai di sekitaran air terjun ini.

Pohon-pohon besar di sekitar air terjun, seakan menaungi sekaligus menghalau kamu dari sinar matahari yang dapat masuk dengan ganasnya.

Menariknya, bagi kamu pencinta Durian, bisa datang ketika buah tersebut sedang musim. Karena, di sini juga terdapat perkebunan Durian milik warga, yang dapat kamu temukan dijajakan oleh warga di sisi kanan dan kiri jalan menuju air terjun.

Kesejukkan air dari Air Terjun Tammasapi juga dapat kamu nikmati dengan melakukan aktivitas berenag di kawasan air terjun ini. Tebing hitam yang curam dibelakang air terjun, menambah keeksotisan tampilan air terjun ini. Kamu pun bisa menikmati wisata foto dengan latar air terjun menakjubkan ini.

3. Menelusuri asrinya hutan bakau, di Wisata Hutan Mangrove Bebanga

Hutan Mangrove Bebanga Mamuju

(foto: instagram/wwdi_)

Jika kamu berlibur ke Mamuju, jangan lupa juga untuk mengunjungi objek wisata hutan bakaunya yang menjadi destinasi favorit, yakni Wisata Mangrove Bebanga. Kawasan hutan mangrove ini menyuguhkan panorama pantai yang memikat di tengah hutan mangrove rimbun yang hijaunya menyegarkan mata.

Kamu juga bisa menyusuri hutan mangrove ini dengan menggunakan jembatan titian yang terbuat dari kayu dan memanjang hingga ke tengah pantai.

Menariknya, beberapa titik di hutan mangrove ini sengaja di kreasikan sekreatif mungkin, untuk dapat dijadikan para pengunjung sebagai spot foto kekinian. Spot-spot ini identiknya dihias dengan kalimat-kalimat lucu menggoda yang juga mengundang tawa.

Seperti salah satunya berbunyi “ #Cintakuterbang “, “Lupakan Mantan, Bahagia Di sini”. Kawasan wista ini, dibuat menjadi objek wisata oleh perseorangan. Dengan luas lahan 5 hektare, perintisnya yakni Munajib, mulai membuka untuk umum sejaka tahun 2013 lalu.

Beberapa titik pada jembatan titiam juga diberi atap kecil serupa gazebo, yang kemudian di cat warna-warni sehingga menjadikan tempat wisata ini nampak lebih sesuai dengan tren objek wisata kebanyakan saat ini. Hutan bakau biasanya tumbuh di wilayah air payau serta dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

4. Menikmati berenang dengan nuansa alam, di Bukit Jati Gentungan

Bukit Jati Gentungan Mamuju

(foto: instagram/galery_lalu_photo)

Bukit Jati Gentungan merupakan area pemandian alam yang lokasai dikelilingi dengan pegunungan. Seperti namanya, di kawasan wisata ini dihiasi dengan deretan pohon jati yang tumbuh di sepanjang jalan, menyambut kamu ketika memasuki objek wisata ini.

Di sinilah tempat yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan kerileksan maupun membebaskan otot-ototmu dari lelah yang menempuk selama sepekan bekerja.

Merasakan nikmatnya pemandian di sini, kamu akan diberikan suasana pemandian alam yang kental, dengan kondisi daerahnya yang masih memiliki udara yang ebbas daru polusi.

Kawasan wisata ini juga menyediakan berbagai pilihan fasiltas hingga wahana berwisata pilihan yang seru serta menyenangkan untuk kamu coba. Di sini juga disediakan tempat untuk pengunjuk yang datang untuk melakukan kegiatan pendidikan maupun pelatihan.

Beberapa jenis lapangan olharaga seperti futsal dan bulutangkis juga tersedia.Terdapat pula kolam renang outdoor hingga yang semi waterboom. Tak hanya itu, di sini juga ada ruang karaoke.

Berbagai pilihan fasiltas penginapan juga ditawarkan di kawasan ini. Mulai dari cottage, hingga villa yang mampu menampung 24 orang di dalamnya.

Tak perlu waktu lama, untuk dapat mencapai objek wisata alam satu ini, kamu pun hanya perlu menempuh waktu 10-15 menit saja kurang lebih. Area perbukitan di kawasan ini juga membentang asri. Untuk kamu yang hobi memancing, fasiltas kolam ikan pun disediakan di sini.

5. Asyiknya besantai di tepi Pantai Lombang-lombang yang indah

Pantai Lombang-lombang Mamuju

(foto: instagram/eric_al11)

Dari sekian banyak pantai di Mamuju yang terkenal akan keelokkannya, Pantai Lombang-lombang bisa dibilang merupakan primadonannya dari wisata panati di Mamuju. Olej karena itu, jika kamu berwisata ke Mamuju, tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri menikmati pesona indahnya Pantai Lombang-lombang.

Mamuju memang dikenal memiliki garis pantai yang terpanjang di wilayah Sulawesi Barat. Maka dari itu, bukan hal yang mengherankan lagi jika kabupaten ini memiliki segudang wisata pantai yang kaya akan potensi wisata.

Tampilan pantai Lombang-lombang, nampak eksotis dengan warna pasir hitamnya yang memikat. Kurang lebih, pasir hitam di pantai ini memanjang hingga 5 km sepanjang bibir pantai. Sementara itu, lebar rata-rata yang dimiliki pasir ini skitar 50 meter.

Karena luas area pantainya yang lapang tersebut, pantai ini membuat kamu dapat lebih banyak melakukan aktivas rekreasi seperi bermain voli pantai, membuat rumah pasir, atau sekadar membuka tikar di tepiannya dan berpiknik menyantap bekal yang telah disiapkan.

Ombak dari Pantai Lombang-lombang yang sedang, menjadikanmu tetap bisa menikmati bermain air seperti berenang di dekat bibir pantainya. Kamu juga bisa menambah keseruan berenang di tepian pantai tersebut, dengan menyewa pelampung yang juga tersedia di area pantai.

Jika kamu hanya ingin bersantai namun tak ingin basah-basahan, kamu bisa menyewa gazebo beratapkan jerami yang letaknya juga tak jauh dari bibir pantai.

Baca juga: 10 Rekomendasi Objek Wisata Samarinda, Cocok untuk yang Senang Berpetualang

6. Mengintip kehidupan menarik para nelayan, di Kampung Nelayan

Kampung Nelayan Mamuju

(foto: instagram/kurniadilional)

Beriwisata pantau sekaligus mengenali nilai-nilai kearifan lokal yang ada dari masyarakat Mamuju, dapat kamu temukan di Kampung Nelayan. Yaitu, sebuah perkampungan yang mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Kampung ini, tepatnya berada di sebuah pulau kecil bernama Pulau Balabalakang.

Pulau Balabalakang letaknya berada di perbatasan antara Sulawesi Barat dengan Kalimantan Timur. Secara administrasi, pulau ini berlokasi di Kecamatan Simkep, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Selain disajikan dengan pemandangan alam laut yang menakjubkan, wisata ke pulau ini juga kamu akan disajikan dengan wisata budayanya yang unik. Sementara pesona alamnya, terlihat begitu menonjol dengan pesona memikat air laut yang berwarna tosca nan jernih, serta terumbu karang artistik dengan warna putih yang cantik.

Di sekitar terumbu karang tersebut, banyak ikan badut atau clown fish yang berenang mengitarinya. Tak hanya itu, ketika sore hari, kawanan penyu berdatangan memenuhi bibir pantainya. Menjadi tontonan menarik ketika kamu berkunjung ke sini.

Kehidupan masyarakatnya sebagai nelayan, mereka menyediakan ragam ikan hingga membudidayakannya lalu dijual ke rumah-rumah makan. Bukan hanya ikan, ada juga pengumpul lobster. Kegiatan unik berupa jual beli ikan yang mereka peroleh di sini, dapat kamu temukan pada hari Kamis dan Sabtu.

Dimana, menariknya mereka akan melakukan sistem barter dalam memperjual-belikan hasil tangkapannya tersebut. Umumnya, mereka menerima sembako sebagai nilai tukar hasil tangkapan mereka.

7. Menawannya pesona Masjid Agung Suada yang unik

Masjid Raya Suada Mamuju

(foto: instagram/sunfloower__)

Masyarakat Mamuju yang mayoritas masyarakatnya muslim, menjadikan kabupaten ini banyak didirikan masjid-masjid megah yang tampak menawan. Salah satunya, Masjid Agung suada yang seringkali dianggap sebagai ikon religi dari Kabupaten Mamuju.

Masjid Agung Suada sudah mulai berdiri sejak tahun 2008. Keistimewaan masjid ini terlihat dari bentuk hingga nuansa warna hijau, biru, dan tosca yang mendominasi bangunan masjid ini. Dimana, menurut Bupati Mamuju yang saat itu meresmikan masjid ini, arsitekturnya terisnpirasi dari bangunan-bangunan masjid yang ada di Turki.

Serupa dengan kebanyakan bentuasjid di Turki, masjid ini juga dibangun dengan empatnmenara tinggi yang semakin menambahkan kesan agung dari tampilannya. Keempat menara tersebut, memiliki ketinggian hingga mencapai 75 meter.

Masjid memiliki dua lantai. Dengan tujuh kubah sebagai gambaran mengenai tujuh lapisan bumi dan langit. Meskipun gaya arsitekturnya terisnpirasi dari majid-masjid di Turki, namun arsitek yang membangun masjid ini tetap merupakan masyarakata sli Indonesia, yakni Hasan Yamani.

Menariknya, masjid ini memiliki keseluruhan jumlah anak tangga sebanyak 99, yang melambangkan Asmaul Husna. Selain itu di bawah kubah utama, tertulis 25 nama nabi. Di bagian atas mihrab terdapat kaligrafi berbahan emas 22 karat, yang merupakan tulisan dari lafaz “Allah” dan “Muhammad”.

Tidak hanya dapat difungsikan sebagai tempat beribadah saja. Masjid ini juga memungkinkan para umat muslim yang datang ke sini, untuk dapat melakukan berbagai kegiatan islami seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an serta aula yang digunakan untuk melangsungkan berbagai upacara keagamaan, yang letaknya berada di lantai satu bersamaan dengan tempat wudhu. Sementara itu, di lantai dua dikhususkan sebagi tempat beribadah saja.

8. Berkunjung ke indahnya Rumah Adat Mamuju

Rumah Adat Mamuju

(foto: instagram/: manusialangka___)

Jalan-jalan ke Mamuju, jangan lupa sambangi juga kekhasan budaya masyarakat Mamuju, melalui wisata ke Rumah Adat Mamuju. Kawasan ompleks Rumah Adat Mamuju ini, dapat kamu kunjungi di pusat kotanya, yang berada di sisian pantai utar.

Kompleks rumah adat ini terdiri dari dari dua jenis bangunan rumah adat berasarkan fungsinya. Yakni terdiri dari Rumah Raja dan Rumah Utama.

Bangunan rumah adat ini sebenarnya sebelumnya digunakan sebagai kantor KPUD setempat. Kini, menjadi tujuan wisata para pelancong, yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai rumah adat dari Provinsi Sulawesi Barat.

Meskipun begitu, rumah adat ini masih terus dirawat dengan baik. Sehingga, pengunjung pun betah berdatangan ke sini. Apalagi, selain lokasinya yang strategis, rumah adat ini juga dilatara oleh pemandangan lanskap alam yang memukai. Kawasannya masih asri dan alami.

Bangunan Rumah Utama dan Rumah Raja di sini, dihubungkan dengan sebuah jembatan kecil. Sementara itu disekitarnya terdapat rumah pengawal. Lalu, ada beberapa gubuk yang digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan dahulunya, seperti pandai besi, pandai emas, lumbung padi, hingga kandang rusa dan kandang kuda.

Bangunan Rumah Adat Mamuju ini, di dalamnya didisi dengan berbagai benda tradisional khas Sulawesi Barat. Mulai dari ranjang, tungku, lemari, hingga busana kerajaan dan lainnya. Rumah Adat Sulawesi Barat ini, dikenal dengan nama Rumah Boyang.

Karena provinsi yang baru diresmikan pada tahun 2004 lalu ini terdiri dari ragam suku, termasuk Jawa. Rumah adat ini seperti pada rumah adat luar Jawa pada umumnya. Yakni, berbentuk panggung dan memiliki atap yang runcing.

9. Singgah di pulau primadonanya Mamuju, Pulau Karampuang

Pulau Karampuang Mamuju

(foto: instagram/wulandapr)

Jika kamu ingin menikmati wisata alam bawah laut Mamuju yang indah, Pulau Karampuang. Pulau yang dalam bahasa Indonesia berarti rembulan ini, menawarkan sejuta pesona alam bawah laut yang akan buat kamu terkesima begitu menjelajahinya.

Airnya yang masih amat jernih, membuat kamu bahkan sudah bia melihat kecantikan terumbu karang mulai dari soft coral hingga hard coral dari atas permukaan airnya.

Begitu sampai ke pulau ini, kamu akan disambut dengan landmark berupa dermga kayu dari Pelabuhan Ujung Bulo yang menjorok ke tengah laut, kurang lebih hingga 500 meter. Indahnya alam bawah laut di sini, akan dapat langsung membuat kamu tergoda untuk menceburkan diri untul menyelami pesonannya.

Tak heran jika pulau ini menjadi potensi wisata yang besar bagi Mamuju. Khususnya sebagai destinasi wisata untuk menikmati diving hingga snorkeling.

Selain itu, suasana alam bawah lautnya juga semakin memesona dengan kehadiran beberapa jenis ikan laut yang menggemaskan, seperti ikan badut, hingga ikan bumphead.

Tak hanya itu, kamu juga masih bisa menikmati aktivitas wisata tak kalah seru lainnya di sini, seperti menikmatin spot menyelam yang terdapat wal site dengan beberapa terumbu karang yang menyerupai dinding besar, inilah yang membuat pengalaman berwisata kamu di Pulau Karampuan pun akan semakin tak terlupakan.

10. Bersantai di anjungan Pantai Manakarra yang ikonik

Pantai Manakarra Mamuju

(foto: instagram/ rizkindrap)

Wisata pantai selanjutnya di Mamuju yang wajib kamu  kunjungi adalah Pantai Mannakara. Pantai ini, seringkali disebut sebagai Losari-nya Mamuju. Karena, disebut-sebut keindahannya menyamai indahnya Pantai Losari di Makassar.

Tak hanya menawarkan keseruang beriwisata air di pinggir pantai, Pantai Mannakarra ini juga diengkapi anjungan yang seringkali menjadi tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan. Luas anjungan ini, mencapai 12 hektare.

Selain menikmati panorama sambil bersantai di anjungan tersebut, kamu juga bisa sambil menikmati jajanan-jajanan  di kios-kios yang berjajar di sekitarnya. Pantai Mannakara terletak di Kota Mamuju, Ibukota Sulawesi Barat dan merupakan bagian dari Teluk Mamuju.

Saat kamu ke sini, kamu akan menemukan banyak pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan usia, karena memang Anjungan Pantai Mannakara ini menjadi ruang terbuka publik yang cocok sekali untuk digunakan berbgaai aktivita wisata.

Di lokasi Pantai Mannakara ini juga terdapat sebah gong perdamaian.Tulisan nama “Pantai Mannakara” yang besar dan berwarna merahm juga menjadi ikon tersendiri bagi Kota Mamuju.

Beberapa payung terbalik berwarna putih seperti yang ada di Mekkah pun nampak memayungi pengunjung yang sedang menikmatin datangnya senja. Sementara itu, anak-anak juga bisa menikmati permain odong-odong yang juga disewakan di sini.

Berlibur ke Pulau Sulawesi, kamu memang tidak pernah habis disuguhkan dengan wisata pantainya yang indah-indah. Seperti di Kota Mamuju.

Meskipun ketenaran akan destinasi wisatanya belum begitu terdengar, namun melihat deretan wisata di atas, kamu sudah mulai tertarik untuk berwisata alam, hingga sejarah, di Kota yang sarat akan budaya ini, bukan?