lifestyle

Wajib Coba, 4 Cara Ampuh Mengatasi Stres Akibat Di PHK

By  | 

Pandemi virus corona covid-19 memang sangat mengubah situasi ekonomi, bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Ekonomi melemah sehingga mengakibatkan banyak perusahaan yang gulung tikar dan terpaksa PHK para karyawannya.

Selain karena pandemi virus corona covid-19, terkadang PHK juga disebabkan disebabkan oleh berbagai hal lainnya tanpa sepengetahuan karyawan.

Tentu bukan hal yang mudah untuk dilewati, apalagi saat pertama kali tau kalau kamu di PHK pasti rasanya akan sangat sakit dan sulit menerima kenyataan.

Bahkan ada beberapa orang yang sedih selama berhari-hari dan stres! Ada beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres ini yang dilansir dari Girlboss.

Baca juga: 10 Tips Mudah Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

1. Lampiaskanlah emosi dengan cara yang benar

Tips Ampuh Mengatasi Stres Akibat Di PHK, Wajib Coba!

(foto: freepik)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat mengetahui di PHK akan sangat sulit untuk menerima kenyataan dan akhirnya akan menimbulkan rasa emosi berlebihan.

Jika memang melampiaskan emosi akan lebih membantu kamu dalam menenangkan diri dan membuat hati lega, jangan ragu untuk melampiaskannya.

Tapi perlu di ingat, lampiaskanlah emosi tersebut dengan cara yang benar. Beberapa cara yang dianjurkan seperti berilah waktu untuk diri sendiri, buat rencana hidup yang baru, menangis, curhat ke orang yang di percaya dan carilah kegiatan baru.

2. Ingat akan ada pekerjaan baru yang membuatmu maju

Tips Ampuh Mengatasi Stres Akibat Di PHK, Wajib Coba!

(foto: unsplash/armedshutter)

Perusahaan pastinya ingin mempekerjakan seseorang dengan kecerdasan emosional yang kuat misalnya punya kesadaran diri yang tinggi.

Adanya pengalaman karena di PHK pasti akan membuat dirimu lebih siap dengan berbagai tantangan yang ada nantinya.

Secara tidak langsung, kamu akan berkembang menjadi seseorang yang lebih kuat dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Setelah di PHK gunakanlah waktu yang tersisa untuk memikirkan pekerjaan apa saja yang tidak kamu sukai di tempat lama, suasana kantor atau ada beberapa peraturan yang tidak kamu sukai.

Setelah berpikir demikian, kamu bisa mulai melamar pekerjaan baru dan usahakanlah untuk membuat suasana kerja senyaman mungkin sehingga bisa membuatmu lebih baik dan maju.

Baca juga: Untuk yang Super Sibuk? Begini 8 Cara Membagi Waktu yang Benar

3. Pastikan di PHK bukan karena dicurangi

Tips Ampuh Mengatasi Stres Akibat Di PHK, Wajib Coba!

(foto: freepik)

Jika kamu merasa yakin bahwa pekerjaan yang kamu lakukan selama ini sudah sesuai dengan standar dan tidak melakukan kesalahan fatal, cobalah untuk memastikan sebenarnya apa yang membuat kamu di PHK.

Dan jika fakta mengungkapkan bahwa kamu dicurangi sehingga di PHK bisa mengonsultasikannya ke pengacara.

Tapi kalau memang di PHK karena keuangan perusahaan sedang menurun dan jalan satu-satunya dengan mengurangi jumlah karyawan yang ada, kamu harus meyakinkan diri bahwa inilah keputusan yang terbaik untuk perusahaan dan dirimu.

4. Ingat, kekuatan yang kamu punya sangatlah besar

Tips Ampuh Mengatasi Stres Akibat Di PHK, Wajib Coba!

(foto: unsplash/brookelark)

Saat di PHK memang akan membuat pikiran menjadi stres, pikiran cenderung lebih ke arah negatif dan bahkan kamu melihat dirimu yang sekarang sebagai pecundang yang tidak memiliki harga diri.

Hentikan pikiran itu sekarang juga! Berpikir demikian hanya akan membuat kamu lebih terpuruk dan sulit untuk bangkit.

Padahal ada berbagai kekuatan yang kamu miliki. Kamu bisa mengobati rasa sakit itu, memulai segalanya dari awal, bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan berbagai hal positif bisa kamu lakukan sekarang juga!

Meskipun kamu di PHK dan berhenti kerja, bukan berarti hidupmu juga berhenti kan? Tips diatas akan sangat membantumu dalam mengatasi stres karena di PHK.

Perlu kamu ingat bahwa yang bisa menolong kamu hanyalah dirimu sendiri. Jadi kalau terus menangisi keadaan, kapan hidupmu akan mengalami kemajuan?